Ketelitian Dari Penggaris Tersebut Adalah

hasil pengukuran dari jangka sorong berikut adalah

Hasil pengukuran dari paser sorong berikut yakni


Hasil pengukuran dari jangka sorong berikut adalah… cm

Jawaban

Hasil pengukuran jenjang dari jangka sorong tersebut yakni4.35 cm atau 43.5 mm.


Penjelasan

Salah suatu total pokok yang minimum masyarakat kita jumpai adalah besaran panjang. Besaran panjang memiliki asongan SI meter (m) namun dalam kehidupan sehari-tahun pelalah juga kita gunakan cm alias mm. Cak semau tiga alat ukur besaran panjang yang awam digunakan, ialah penggaris, jangka tolak, dan mikrometer sekrup.

Jangka tolak memiliki dua neraca yaitu skala terdahulu dan proporsi nonius. Skala utama terdapat di atas, padahal skala nonius terletak dibawahnya. Skala utama memiliki ketelitian 1 mm, sedangkan skala nonius memiliki ketelitian 0.1 mm.

Mandu membaca hasil bacaan jangka dorong adalah dengan menjumlahkan hasil pustaka skala terdepan dan skala nonius. Skala utama dan skala nonius dibaca dengan mandu yang sama merupakan:

“jumlah garis dikali nisbah terkecil”

Kita lihat neraca utama pada gambar diatas. Julmah garis yang terbaca adalah 43 buah (dihitung dari angka zero, angka nol-nya kebetulan tidak ditampilkan di gambar). Maka hasil bacaan skala utama adalah

43 ×  1 mm = 43 mm

Habis kita lihat perimbangan nonius, nampak bahwa garis kelima skala nonius berimpitan dengan garis skala utama diatasnya. Maka, jumlah garis yang terbaca adalah lima. Sehingga hasil bacaannya adalah

5 × 0.1 mm = 0.5 mm

Maka hasil bacaan total jangka sorong adalah

43 mm + 0.5 mm = 43.5 mm


Source: https://www.ranalino.id/3829/hasil-pengukuran-dari-jangka-sorong-berikut-adalah.html