Perbedaan Warna Ungu Dan Biru

Liputan6.com, Jakarta –
Sebuah studi ilusi optik baru privat jurnal
Science
menanyakan tentang serangkaian bulatan bercat-warni dengan ungu atau biru.

Dalam penelitian yang diterbitkan pada 29 Juni 2022, tim ilmuwan bermula Harvard, Dartmouth, dan New York University menunjukkan kepada bilang keramaian mahasiswa Amerika deretan 1.000 titik yang berwarna sangat biru hingga lewat ungu (jangkauan warna dapat disimak dalam video di bawah ini).

  • Selamat, 4 Amoi Peneliti Indonesia Raih L’Oréal-UNESCO For Women In Science Fellowship 2022
  • Sering Merasa Lelah Walau Mutakadim Tidur 8 Jam? Ternyata Ini Penyebabnya
  • Banyak Manfaatnya, Ternyata Ini 4 Dampak Positif Puasa Bagi Raga

Para peserta harus menjawab hanya satu pertanyaan: Apakah bulatan nan ditampilkan dalam klip tersebut berwarna sensasional alias ungu?

Kedengarannya tersisa.

Pada awalnya, penekanan ini membuahkan hasil yang mudah dijawab lakukan 200 percobaan mula-mula. Saat itu para peserta ditunjukkan jumlah bundaran yang setinggi berusul putaran radius spektakuler dan ungu, dan sebagian ki akbar pesuluh mengenali perbedaan corak dengan pas baik.

Namun, bakal 800 percobaan yang tersisa, mereka menanggung kesulitan kerjakan menemukan bundaran warna sensasional, sehingga mereka menjawab makin banyak menemukan dandan ungu.

“Detik bulatan-bulatan dramatis menjadi langka, para pelajar tiba melihat rona ungu umpama biru,” catat para pemeriksa dalam penelitian tersebut, seperti dikutip dari
Live Science, Senin (1/7/2019).

Sejauh 200 percobaan buncit, bundaran-bundaran yang sebelumnya diidentifikasi oleh murid sebagai ungu, masa ini kelihatan biru buat mereka.

Para peserta terus menyahajakan bahwa bulatan ungu tersebut merupakan biru, bahkan ketika mereka secara khusus diperingatkan bahwa jumlah bulatan biru akan dikurangi, alias ketika mereka ditawari hadiah US$ 10 agar tidak menanggapi corak-dandan yang diulang dengan cara yang sama pada akhir penggalian, seperti mana nan mereka lakukan di awal penelitian.

Lantas, kok perubahan persepsi seperti itu terjadi secara seketika?

Menurut para pengkaji, kelihatannya dedengkot sosok bukan membuat keputusan beralaskan puas sifat warna seperti
cool
(dandan yang tenang maupun membaikkan di alam, seperti hijau, sensasional dan ungu) dan aturan diskriminatif yang dibuat maka dari itu para peneliti, tetapi lebih pada rangsangan sebelumnya.

Saat keseimbangan warna pada bulatan biru berubah menjadi ungu, para peserta memperluas definisi mereka tentang “biru”, yang sepatutnya ada digunakan lakukan menyesuaikan ekspektasi yang terbentuk di otak dari uji coba sebelumnya.


* Fakta maupun Hoaks? Bakal memafhumi kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik pembukaan kunci yang diinginkan.

Source: https://www.liputan6.com/global/read/4002186/ini-bukti-warna-berubah-sesuai-persepsi-biru-atau-ungu-yang-anda-lihat