Arti Tak Lekang Oleh Waktu

Pranala (link): https://kbbi.web.id/lekang

le·kang
a
1
belah (seperti tanah kepanasan); retak:
musim kemarau jenjang menyebabkan sawah menjadi kersang dan — tanahnya;
2
absolusi (seperti cat kena erotis); terderai (semenjak):
pakaian yang satu itu tidak — berusul badan, tetapi selalu dipakainya; matanya menatap lumat dan tidak — mencela wajah gadis pujaannya;tak — oleh seksi, tak bercendawan makanya hujan, pb
konsisten enggak berubah selamanya (akan halnya adat);
lain — di bibir, portal
selalu disebut-sebut;
enggak — mulai sejak hati, bopeng
lain abolisi dari ingatan (selalu diingat);

derita·le·kang
1
a
belah (tentang tanah dan sebagainya); retak;
2
v
abolisi; terkelupas (mengenai pewarna dan sebagainya)

✔ Mengenai KBBI daring ini

Permintaan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ini merupakan KBBI Daring (Dalam Jaringan /
Online
lain protokoler) yang dibuat buat melampiaskan pencarian, penggunaan dan pembacaan arti alas kata (lema/sub lema). Berbeda dengan bilang situs web (website) sejenis, kami berusaha memberikan berbagai fitur lebih, seperti kelajuan akses, tampilan dengan berbagai rona pembeda lakukan jenis kata, tampilan yang patut cak bagi segala perambah web baik komputer desktop, laptop maupun telepon ampuh dan sebagainya. Fitur-fitur selengkapnya bisa dibaca dibagian Fitur KBBI Daring.

Database Utama KBBI Daring ini masih mengacu puas KBBI Daring Edisi III, sehingga isi (pengenalan dan kemustajaban) tersebut merupakan Kepunyaan Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (dahulu Pusat Bahasa). Diluar data utama, kami berusaha menambah kata-alas kata baru yang akan diberi siaran tambahan dibagian intiha arti atau definisi dengan “Definisi Eksternal”. Semoga semakin menambah perbendaharaan referensi pendidikan di Indonesia dan bisa memberikan keefektifan nan luas. Permintaan ini bertambah berperilaku sebagai arsip semata-mata, seharusnya pranala/tautan (link) yang mengarah ke situs ini setia tersedia. Untuk mencari kata dari KBBI edisi V (terbaru), yuk merujuk ke website resmi di kbbi.kemdikbud.go.id

✔ Fitur KBBI Daring

  • Pencarian satu alas kata alias banyak kata refleks
  • Tampilan yang tertinggal dan ringan kerjakan fasilitas penggunaan
  • Proses pengutipan data yang sangat cepat, pengguna tidak wajib memuat ulang (reload/refresh) jendela maupun laman web (website) kerjakan mencari prolog berikutnya
  • Arti introduksi ditampilkan dengan warna yang memudahkan mencari kata kepala maupun sub lema. Berikut sejumlah penjelasannya:
    • Jenis alas kata atau keterangan istilah semisal n (nomina), v (verba) dengan warna merah jambu (pink) dengan garis bawah titik-titik. Arahkan mouse lakukan menyibuk keterangannya (belum semua ada keterangannya)
    • Manfaat ke-1, 2, 3 dan lebih jauh ditandai dengan lambang bunyi tebal dengan latar lingkaran
    • Transendental pemanfaatan kata kepala/sub-lema ditandai dengan warna biru
    • Paradigma privat peribahasa ditandai dengan corak oranye
    • Detik diklik hasil dari daftar kata “Memuat”, hasil yang sesuai dengan kata pemburuan akan ditandai dengan satah corak kuning
  • Menampilkan hasil baik yang ada di intern prolog dasar maupun orang, dan kebaikan atau definisi akan ditampilkan sonder harus mengunduh ulang data berpangkal peladen
  • Pranala (Pretty Permalink/Link) nan mulia dan mudah diingat untuk definisi introduksi, misalnya :
    • Pengenalan ‘apartemen’ akan mempunyai pranala (link) di https://kbbi.web.id/rumah
    • Pembukaan ‘pintar’ akan mempunyai pranala (link) di https://kbbi.web.id/pintar
    • Kata ‘komputer’ akan n kepunyaan pranala (link) di https://kbbi.web.id/komputer
    • dan selanjutnya

    Sehingga diharapkan pranala (link) tersebut dapat digunakan sebagai referensi privat penulisan, baik di kerumahtanggaan jaringan ataupun di luar jaringan.

  • Permohonan dikembangkan dengan konsep
    Responsive Design, artinya tampilan situs web (website) KBBI ini akan cocok di bermacam rupa media, misalnya smartphone ( Tablet pc, iPad, iPhone, Tab), terdaftar komputer dan netbook/laptop. Tampilan web akan menyesuaikan dengan ukuran jib yang digunakan.
  • Suplemen alas kata-alas kata baru diluar KBBI edisi III
  • Penulisan singkatan di bagian definisi seperti misalnya: yg, dng, dl, tt, dp, dr dan lainnya ditulis model, tidak seperti yang terdapat di KBBI PusatBahasa.

✔ Warta Tambahan

Tidak semua hasil pencarian, terutama jika kata yang dicari terdisi dari 2 atau 3 huruf, akan ditampilkan semua. Kalau hasil penguberan berpokok daftar kata “Memuat” suntuk banyak, maka hasil nan dapat serempak di klik akan dibatasi jumlahnya. Selain itu, bagi pengejaran banyak perkenalan awal berbarengan, sistem namun akan mencari kata yang terdiri berbunga 4 huruf atau lebih. Misalnya yang dicari merupakan “air, minyak, larut”, maka hasil pencarian yang akan ditampilkan adalah patra dan sagu belanda saja.

Untuk pengejaran banyak kata refleks, boleh dilakukan dengan menenangkan masing-masing kata dengan tanda koma, misalnya:
pelihara,program,komputer
(untuk berburu alas kata tuntun, acara dan komputer jinjing). Jikalau ditemukan, hasil terdepan akan ditampilkan dalam kolom “kata dasar” dan hasil yang berupa kata turunan akan ditampilkan kerumahtanggaan rubrik “Memuat”. Pencarian banyak kata ini namun akan mencari kata dengan paling kecil tangga 4 huruf, jika prolog nan panjangnya 2 atau 3 huruf maka kata tersebut akan diabaikan.

Edisi online/daring ini adalah alternatif versi KBBI Offline nan mutakadim dibuat sebelumnya (dengan khazanah kata yang kian banyak). Bagi yang ingin mendapatkan KBBI Offline (tidak memerlukan afiliasi internet), ayo mengunjungi halaman web ini KBBI Offline. Seandainya ada masukan, saran dan perbaikan terhadap kbbi daring ini, silakan mengangkut ke alamat email:
ebta.setiawan || gmail || com

Kami sebagai koordinator website berusaha untuk terus memfilter iklan yang tampil mudah-mudahan tetap menampilkan iklan yang pantas. Sahaja jika anda mengawasi iklan yang tidak sesuai maupun tidak pantas di website kbbi.web.id, ini silakan klik Laporkan Iklan

Source: https://kbbi.web.id/lekang