Bolehkah Sholat Syuruq Di Rumah

Cekricek.id - Banyak yang menanyakan apakah boleh menunaikan salat syuruq di rumah? simak jawaban lengkapnya dari Ustaz Adi Hidayat

Salat Syuruq [Canva]

Cekricek.id
– Banyak nan menanyakan apakah boleh menunaikan salat syuruq di flat?. Tapi untuk menjawab pertanyaan tersebut tentunya harus mengetahui terlebih silam apa itu salat syuruq. Yaitu salat yang ditunaikan di semula masa Dhuha sekeliling satu seligi bayangan setelah matahari terbit.

Mengenai boleh ataupun tidaknya bikin menunaikan sendiri di rumah juga masih menjadi perdebatan oleh banyak kalangan. Hingga ada suatu orang netizen yang menunangi kejadian ini kepada Ustaz Adi Hidayat dalam tayangan di channel YouTube pribadinya mengutip pada Sabtu (8/10/2022).

Ustaz Adi Hidayat mencoba buat menjawabnya dengan bijak dengan menjumut bermacam ragam dalil yang membantu berkaitan dengan soal ini. Pecah salah satu dalil yang sira baca bahwasanya salat ini sendiri terserah yang beranggapan harus dilakukan di masjid setelah berjamaah.

“Jadi ditekankan mula-mula itu salatnya itu di masjid beramai-ramai,” ucapnya.

Tapi suka-suka juga Dalil yang menyatakan apabila secara syar’i seseorang tidak bisa mengerjakan salat berkumpulan di masjid pun diperbolehkan. Misalnya karena terserah kondisi yang dibenarkan dalam Islam.

Contohnya menjatah ASI kepada anak, tidak ada tempat khas untuk putri di sajadah maupun lainnya. Maka ia boleh tunaikan di apartemen namun harus ditunaikan secara beramai-ramai.

Untuk tata cara salat ini sendiri merupakan sesudah melakukan salat subuh berombongan di Masjid adalah jangan sewaktu pulang. Melainkan harus menunggu dengan jalan angan-angan atau lagi membaca Quran.

“Begitu selesai salat tidak langsung pulang. Tetapi berfikir apalagi dahulu,” tegasnya.

Pahala Salat Syuruq

Bolehkah Menunaikan Salat Syuruq di Rumah?
Ilustrasi salat. [Foto/Ist]

Mengingat jika waktu pelaksanaan salat dini hari ini tidaklah semacam itu lama melainkan hanya di mulanya musim Dhuha sebelum terbit. Provisional salat nan ditunaikan secara dua rakaat ini sekali lagi memiliki pahala yang amat besar sekiranya didapatkan dan berbuah tergarap oleh koteng muslim.

Karena Allah menjanjikan pahalanya seperti menjalani ibadah haji dan umroh. Walau demikian situasi ini tidak berjasa bila seorang muslim menjalani ibadah nyata salat fajar ini telah menjadi ibadah haji.

Tetapi hanya nilai pahala yang bernilai sama.

Baca juga:
Apakah Boleh Mengulang Salat Fardhu Apabila Merasa Enggak Khusyuk?

“Riwayat lain secara berjamaah kemudian duduk berzikir kepada Allah SWT sampai dengan matahari kemudian terbit. Diriwayat lain oleh syubhat di mulanya waktu Dhuha kemudian menunaikan salat dua rakaat maka mendapatkan pahala senilai haji dan umroh,” ujar Ustaz Adi Hidayat.

Selain itu salat syuruq ini juga absah dikenal dengan istilah salat isyro oleh berbagai limbung.

Source: https://cekricek.id/bolehkah-menunaikan-salat-syuruq-di-rumah/