Ciri khusus hewan pada umumnya berfungsi perumpamaan bentuk adaptasi mudahmudahan dapat bertahan hidup. Hewan mempunyai rangka kemampuan bertahan hidup yang dapat dilihat dari bentuk fisik atau warna jasad fauna. Sejumlah hewan mempunyai ciri spesial farik lakukan boleh bertahan usia di lingkungannya. Setiap fauna memiliki ciri khusus yang berlainan karena kebutuhan hewan juga berbeda-beda. Misalnya, ikan yang spirit di laut tentu akan memiliki ciri khusus nan farik dengan unta nan vitalitas di sahara.

Fungsi ciri spesial fauna digunakan bikin bilang maksud seperti melindungi diri berpunca musuh, mencari mangsa sebagai makanannya, maupun kecondongan hidup untuk menyesuiakan diri terhadap lingkungan. Bagaimana belaka bentuk ciri distingtif dabat? Sobat idschool bisa mencari senggang jawabannya melangkahi ulasan di sumber akar.

Table of Contents

  • Ciri Solo Hewan untuk Melindungi Diri berbunga Oponen

    • 1) Cicak
    • 2) Trenggiling
    • 3) Kuda loreng
    • 4) Oportunis
    • 5) Walang Puja, Belalang Patera
    • 6) Cenangau
    • 7) Kelinci
  • Ciri Khusus Hewan untuk Mendapatkan Makanan/Incaran

    • 1) Cicak
    • 2) Jerapah
    • 3) Titit Hantu
    • 4) Lauk Pemanah
    • 5) Kupu – Kupu
    • 6) Kelinci
  • Ciri Spesifik Hewan sebagai Cara Spirit

    • 1) Unta
    • 2) Kelelawar
    • 3) Bebek/Itik dan Belibis
    • 4) Kanguru
    • 5) Platypus
  • Acuan Soal Ciri Khusus Hewan dan Pembahasan

    • Acuan 1 – Soal Ciri Khusus Hewan
    • Konseptual 2 – Soal Ciri Khusus Hewan

Baca Kembali: Ciri Khusus Tumbuhan

Ciri Khusus Hewan cak bagi Melindungi Diri bermula Musuh

Keseleo suatu bentuk penyesuaian yang dilakukan hewan yaitu memiliki kemampuan untuk melindungi diri dari musuh. Hewan dengan matra relatif kecil biasanya menjadi alamat hewan karnivora dengan format kian besar. Sebagai bentuk perlawanan, hewan yang dimangsa punya pendirian lakukan mereservasi dirinya.

Misalnya  pada ketika plin-plan merasa terancam akan menyelubungi keberadaan dengan prinsip merubah warna raga mengikuti rona sekitarnya agar runyam dikenali lawan.

Apa namun susuk ciri spesifik sato untuk mencagar diri terbit musuh diberikan sebagai halnya berikut.

Ciri Khusus Hewan

1)
Cicak

Hewan melata yang cukup sering dijumpai ini n kepunyaan kemampuan cak bagi memutuskan ekornya jikalau internal keadaan bahaya. Maksud cicak membelakangkan ekornya adalah kerangka upaya cicak untuk mengelabuhi mangsanya. Kemampuan cicak nan dapat memutuskan ekornya ini disebut

autotomi
.

2)
Trenggiling

Bentuk tubuh trenggiling diselimuti sisik gentur pada babak asing tubuhnya. Sisik yang terlampau gentur pada bagian luar tubuhnya in imerupakan ciri khusus nan dimiliki trenggiling. Dalam keadaan bahaya, trenggiling akan memuntal sehingga seluruh bagian tubuhnya yang lunak akan diselimuti tembakau keras. Cara nan dilakukan ini merupakan lembaga trenggiling kerumahtanggaan mempertahankan diri dari serangan predator alaminnya.

3)
Zebra

Bentuk tubuh zebra lampau mirip dengan kuda, namun dandan tubuh zebra berbeda dengan kuda. Zebra memiliki warna kulit belang hitam – putih. Fungsi rona belang hitam putih pada tubuh zebra berguna bikin bertabir dengan lingkungannya. Cara ini merupakan upaya zebra melindungi diri seyogiannya bisa mengelabuhi musuhnya.

4)
Bunglon

Bunglon merupakan fauna melata yang biasanya hayat bebas di duaja seperti kebun, taman, ataupun hutan. Plin-plan memiliki ciri khusus yaitu mampu meniadakan warna tubuhnya menyerupai mileu sekitarnya. Cara ini dilakukan agar dapat mengelabuhi musuhnya sehingga keberadannya sulit diketahui. Kemampuan bunglon yang dapat merubah warna badan sesuai lingkungannya ini disebut

mimikri
.

5)
Walang Sembah, Belalang Daun

Variasi belalang puja dan belalang daun mempunyai ciri spesifik yang digunakan untuk menghindari bahaya. Kedua macam walang ini memiliki corak yang menyerupai mileu sekitarnya. Sehingga, kedua diversifikasi ini dapat mengelabuhi mangsanya sebagai gambar upaya mencagar dirinya.

6)
Walang Sangit

Walang sangit adalah jenis belalang yang dapat melepaskan bau busuk. Kemampuannya mengeluarkan bau ini menjadi ciri spesial nan dimilikinya. Bau yang dikeluarkan cenangau dapat membuat musuhnya menjauh karena baunya. Walang sangit akan mengasingkan bau menyengat nan tidak legit sebagai rajah kaidah menlindungi diri dari musuh.

7)
Kucing belanda

Selain itu, kelinci memiliki kuping nan jenjang takhlik pendengarannya sangat ekstrem. Dengan kemampuan pendengaran di atas rata – rata, kelinci dapat mendeteksi keberadaan hewan enggak di sekitarnya. Kemampuan pendengarannya pula termaktub bikin mendeteksi predator nan mungkin akan memangsanya. Sehingga kelinci dapat mendeteksi secara lebih mulanya dan n kepunyaan kesempatan melarikan diri.

Baca Juga: 5 Mandu Penyesuaian Penguin Umur di Kutub

Ciri Khusus Hewan untuk Mendapatkan Rezeki/Mangsa

Makanan merupakan salah satu faktor penting lakukan hewan agar bisa terus bertahan hidup. Beberapa hewan karnivora mendapatkan makanannya dengan cara memangsa hewan lainnya. Beberapa sato lain memiliki jenis rezeki bersumber bagian tanaman seperti mana pucuk daun, nektar sreg dasar rente, dan lain sebagianya. Sehingga ciri singularis hewan pula terwalak pada sesuai dengan kebutuhan kerjakan mendapatkan makanan.

Kumpulan Hewan dan Ciri Khususnya

Contoh-cermin ciri unik sato kerjakan mendapatkan makanan beserta penjelasannya diberikan seperti berikut.

1)
Cicak

Ciri khusus yang dimiliki cicak sebagai susuk pertahanan diri disinggung di atas yaitu melalui cara autotomi. Ciri eksklusif lain yang dimiliki cicak adalah kaki yang dapat berapit pada dinding dan benda padat lainnya. Ciri khusus yang dimiliki cicak ini membantunya dalam berburu mangsanya maujud insek.

2)
Zurafah

Rezeki jerapah adalah pucuk daun muda. Kebutuhan akan ki gua garba yang berada ditempat tinggi ini membuat jerapah punya ciri singularis puas bentuk gala. Tubuh jerapah punya leher yang sangat panjang sehingga memungkinka jerapah dalam mencari makanannya yang bera di tempat yang hierarki.

3)
Elang malam

Zakar mambang merupakan salah satu predator bagi tikus. Biasanya, ceceh hantu punya roh di lebih-lebih masa. Sehingga celepuk memiliki penglihatan yang habis baik di malam hari dibanding kebanyakan hewan lainnya. Selain itu, kalam hantu juga punya ciri unik berupa kemampuan untuk mengarun kepalanya sampai 180o
(180 derajat). Kemampuan burung hantu ini berguna dalam melancarkan pengudakan bulan-bulanan.

4) Iwak Pemanah

Ikan pemanah memangsa insek bakal dijadikan makanannya. Ikan pemanah n kepunyaan ciri khusus buat dapat menepati kebutuhan makanannya. Ciri khusus yang dimiliki ikan pemanah ialah kemampuan bakal menembakkan air kepada bulan-bulanan nan semenjana diincarnya sehingga akan jebluk ke air. Serangga yang berdampak jatuh tersebut kemudian menjadi nafkah buat ikan pemanah.

5)
Kupu – Kupu

Ki gua garba kupu – kupu adalah nektar yang biasanya terdapat pada sumber akar bunga. Mulut kupu – kupu berbentuk sama dengan terompet dilengkapi dengan alat perokok yang disebut

probosis
. Bentuk mulut yang dimiliki kupu – kupu ini dangat berguna baginya pada saat menghisap nektar.

6)
Kelinci

Kelinci memakan aneka daun dan sayuran seperti wortel, kol, dan pernak-pernik sayur alias daun lainnya. Babak mulut terwelu dilingkapi dengan dua gigi yang bertambah osean cak bagi memotong makanannya. Lembaga gigi nan dimiliki kelinci tersebut ialah ciri partikular yang dimilikinya bagi mendapatkan makanan.

Baca Juga: 4 Diversifikasi Simbiosis (Mutualisme, Komensalisme, Amensalisme, dan Parasitisme)

Sejumlah satwa n kepunyaan ciri istimewa yang sesuai kebutuhan mereka bikin bertahan hidup, di mana ciri solo hewan memungkinkan buat mengamalkan aktivitas sehari-hari. Misalnya unta yang kehidupan di provinsi gersang dan tandus atau kelelawar yang halal hidup di malam hari.

Ciri Khusus Hewan Beserta Penjelasannya

Beberapa ciri khusus hewan sesuai dengan cara hidup untuk menyesuaikan aktivitas dan lingkungannya terdapat sreg beberapa hewan berikut.

1)
Unta

Bakal memiliki ciri khusus lega bagian tubuh yang disebut punuk. Letak bonggol unta berada puas penggalan bekas kaki nan konkret lambak legit. Keberadaan punuk unta signifikan lakukan menyimpan cadangan kandungan dan simpanan air.

Dalam satu waktu menemukan sumur air, unta dapat minum internal besaran yang sangat banyak. Kondisi tersebut memungkinkan unta dapat hidup tanpa bersantap dan minum privat paser masa nan lama. Punuk nan dimiliki gamal ini sangat bermanfaat bagi unta yang hidup di sahara gersang dan cengkar.

Episode-fragmen tubuh unta sebagaimana mata, hangit, telinga, dan tungkai juga sangat sesuai dengan tempat hidupnya di gurun. Gamal memiliki rambut netra dengan sistem pengaitan. Bulu mata untua akan secara otomatis menutup dalam keadaan bahaya, misalnya badai gurun. Rambut mata yang saling berkait ini mencegah masuknya serbuk ke netra. Hidung dan telinga ditutupi maka dari itu bulu panjang seyogiannya terlindungi berasal debu dan pasir.

Ukuran kaki unta samudra nan bisa membantunya berjalan di atas pasir tanpa terperosok. Selain itu, suku unta memiliki jejak kaki yang luas dan menggembung. Pada bagian bawah jejak kaki kaki onta terdapat alat peraba rimbun partikular yang menjadi melindunginya dari batu halus yang sangat seksi.

2)
Kelelawar

mempunyai kemampuan untuk membedakan suara ultrasonik nan bermanfaat untuk membantu menentukan jarak benda yang ada di depannya karena biasanya aktivitas kelalawar puas malam perian dan kemampuan ini akan sangat kondusif kelalawar beraktivitas di malam musim.

3)
Belibis/Itik dan Angsa

Ciri individual dabat bersumber diversifikasi unggas ini merupakan punya kaki yang berselaput yang membantunya mudahmudahan mudah dalam berenang serta kakinya enggak mudah terbenam jauh kedalam lumpur, ciri lainnya yaitu paruhnya yang berfungsi mencari makanan didalam air serta bulu pada tubuhnya nan mempunyai saduran minya yang membantunya bisa mengambang diatas air.

4)
Kanguru

Ciri khusus hewan kanguru mempunyai kantong yang di dalamnya terdapat kelenjar susu. Jala-jala nan dimiliki kanguru menjadi ciri tunggal untuk kanguru. Kanguru menguunakan kantung plong babak depannya untuk menaruh anaknya. Lega kantong tersebut, anak kanguru dapat mudah dibawa, terlindungi, sekaligus mendapatkan sendang makanan.

5)
Platypus

Platypus yaitu mamalia belaka berakibat sehingga termasuk internal binatang ovovivipar. Ciri khusus bermula episode tubuh platypus terletak pada paruh atau moncong pada bagian mulutnya. Sejenak, platypus memiliki paruh/mocong seperti mana bebek.

Biarpun paruh platypus menyerupai tengah bebek, namun tubuh platypus lebih mirip dengan marah – murka. Pada tengah atau moncong platypus terdapat

elektroresepto

yaitu pengawasan nan dapat mendeteksi adanya gerakan atau arena elektris nan dihasilkan hewan tidak disekitarnya.

Platypus memiliki empat kaki dengan selaput yang memudahkannya berenang dalam air.  Bulu platypus kedap air sehingga dapat menjaga tubuhnya agar senantiasa kering.

Baca Pun: Perkembangbiakan Vegetatif Tumbuhan (Alami dan Buatan)

Contoh Pertanyaan Ciri Unik Hewan dan Pembahasan

Sobat idschool dapat melatih kemampuan melalui beberapa pola tanya yang diberikan di asal. Setiap soal yang diberikan dilengkapi dengan pembahasan apa ciri khusus hewan yang tepat. Pembahasan soal nan diberkan bisa sobat idschool gunakan sebagai tolak ukur kemenangan melakukan soal. Selamat Berlatih!

Contoh 1 – Soal Ciri Khusus Fauna

Contoh Soal Ciri Khusus Hewan

Pembahasan:

Ciri khusus pada fauna kucing, belalang sembah, landak, dan kalajengking diberikan masing-masing seperti berikut.

  • Meong

    Ciri Singularis: bantalan kaki
    Guna: meredam suara langkah
  • Belalang puja

    Ciri Eksklusif: warna tubuh yang menyerupai lingkungan sekitar
    Fungsi: melindungi diri
  • Landak

    Ciri Khusus: bulu duri
    Faedah: mereservasi diri
  • Ketungging

    Ciri khusus: memiliki dapat
    Fungsi: melindungi diri

Jadi, antitesis yang etis antara sato, ciri khusus, dan fungsinya ditunjukkan nomor 1 dan 3.

Jawaban: C

Acuan 2 – Soal Ciri Unik Hewan

Kemampuan mahluk kehidupan bakal menentukan keadaan di sekitarnya dengan menggunakan bunyi pantul disebut ….
A. adaptasi
B. ekolokasi
C. mimikri
D. iritabilita

Pembahasan:

Beberapa fauna menggunakan sistem sonar privat aktivas kesehariannya, seperti mendeteksi keikhlasan benda di sekitarnya. Sistem sonar adalah sistem yang digunakan bagi mendeteksi tempat/objek n domestik melakukan rayapan dengan deteksi suara miring frekuensi tinggi (ultrasonik).

Contoh dabat yang memperalat sistem sonar adalah paus, lumba – lumba, dan kelelawar. Sistem sonar ini memungkinkan kelelawar terbang dengan baik pada apalagi hari. Ciri solo nan dimiliki hewan – binatang tersebut dalam mengetahui lingkungan sekitarnya menunggangi sistem sonar dikenal dengan istilah

ekolokasi
.

Jawaban: B

Demikianlah ulasan kumpulan ciri khusus sato beserta dengan fungsinya. Terima kasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, agar berharga.

Baca Juga: Proliferasi Generatif Tumbuhan