Contoh Makalah Tentang Musik Jazz





Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan ke penghadapan Sang pencipta Nan Maha Esa, karena dengan


Karunia
-Ufuk
ya kami bisa menyelesaikan makalah ini. Intensi penulisan


makalah ini adalah untuk menepati tugas

Seni Budaya

serta rasa kemelitan


kami


 terhadap


kultur Indonesia


khususnya seni irama.

Kertas kerja ini kebal sejumlah informasi tentang sejarah musik di indonesia.
Manusia jiwa di mayapada ini tidak akan terpisahkan dengan yang namanya seni. Sehingga seni akan terus ada sepanjang manusia di dunia ini suka-suka.

Menurut Ki Hajar Dewantara : seni adalah mulia, menurutnya seni adalah segala ulah bani adam yang timbul dan nyawa perasaannya dan bersifat indah sampai dapat menggagas kehidupan perasaan manusia lainnya. Dengan seni diharapkan kita sebagai makhluk sosial boleh menggerakkan ingatan kita bikin peka terhadap segala apa yang terjadi dan berkembng dimasyarakat.

Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, makanya karena itu suara minor dan saran dari semua pihak yang bersifat


membangun majuh saya harapkan demi


kesempurnaan makalah-kertas kerja seterusnya.

Semoga Halikuljabbar SWT senantiasa meridhai segala manuver kita. Amin.

                                                                       Penyusun




BAB I





PENDAHULUAN


1.



Latar Belakang


Seperti nan sudah lalu kita ketahui, bahwa manusia dilahirkan tidak terlepas dari kodrat yang sudah ditentukan oleh Tuhan Nan Maha Esa. Tiba lahir, mereka sudah diberikan kabar, bakat, dan kemampuan masing – masing dalam mengapresiasikan seni dalam kehidupannya. Setiap makhluk mempunyai mandu yang berbeda – cedera internal mengapresiasikan seni. Ada nan dituangkan dalam suatu cat dan dilukiskan dalam sebuah jeluang, tembok, perangkat – instrumen transportasi, apalagi pada bagian tubuh manusia. Selain itu kembali suka-suka yang diapresiasikan melampaui buku – muslihat yang bias dalam bentuk novel, kolakolaborasi antara rangka dan kata – pengenalan (komik), cak semau lagi mengapresiasikannya melalui sebuah gambar nan bergerak, baik itu karton maupun suatu film.

Selain itu juga banyak sekali manusia mengapresiasikan kedalam bentuk syair yang tinggal sani, dengan diiringi musik. Krena setiap cucu adam tak sama,kerumahtanggaan pengapresiasikannya Sehingga seni, terutama seni musik berkembang dan berevolusi tanpa ada batasnya. Didunia ini tak terhitung besaran musik yang ada sekarang, karena perkembangannya tanpa mengenal periode dan tempat. Disitu terserah basyar maka seni terutama seni musik akan berkembang tak terlewati. Bahkan di Indonesia koteng mempunyai heterogen seni nada, baik itu yang tergolong privat musik tradisional, campuran antara tradisional, dan bertamadun.




Bertolak belakang dari uraian diatas, seni lagi bukan sungkap mulai sejak kultur masing – masing daerah. Sehingga antara daerah yang satu dengan yang lainnya akan memberikan nuansa seni musik yang berbeda pula. Selain itu juga masih banyak yang belum mengerti adapun seni, terutama seni musik. Belum mengerti disini maksudnya, masih belum mengenal apakah seni itu? Padahal apa yang dilakukaanya terkadang boleh dikategorikan sebagi suatu seni, tanpa hamba allah tersebut menyadarinya.

Makanya karena itu disini saya akan berusaha membahas adapun seni musik yang ada di Indonesia, bakal menambah wawasan kita akan halnya seni musik yang ada di Indonesia ini.


1


2.    Tujuan

Berdasarkan beberapa uraian diatas, maka ada beberapa pamrih yang akan diperoleh semenjak penyusunan kertas kerja ini. Maksud – harapan tersebut antara lain :

1.    Mengetahui pengertian seni irama

2.    Memahami perkembangan seni musik yang terserah di Indonesia dari tahun ke tahun

3.    Dapat mengetahui bertambah dalam genre Musik Pop.


3.    Kemustajaban




Penulisan kertas kerja ini diharapkan dapat memberikan kemustajaban yang sebesar – besarnya, yaitu antara enggak :

1.    Bagi Pembaca

Sebelumnya para pembaca nan belum mengenal seni terutama seni musik akan makin mengenal dan diupayakan akan lebih mencintai segala apa yang dikatakan sebagai seni. Sehingga diharapkan dengan mencintai seni maka dalam nasib bermasyarakat berbangsa dan bernegara akan menjadi lebih harmonis, dan saling menghargai perbedaan keonaran, bukan hanya diseni saja tapi internal segi aspek kehidupannya

2.    Untuk Pencinta Seni

Bagi yang sudah lalu mencintai seni, diharapkan akan membusut wawasan tentang seni musik yang terserah di Indonesia, sehingga dapat membusut pengetahuan, nan nantinya dapat digunakan bikin bekal mengarungi dunia ini

3.    Bagi Penulis

Diharapkan dengan adanya referat ini bukan hanya referat ini belaka yang akan disusun oleh pencatat, hanya diharapkan akan muncul makalah – referat yang enggak nan lebih berguna sekali lagi kerjakan semua pihak yang membacanya, terutama bagi para pembaca ataupun pencinta seni terutama seni irama.


2


Portal II


PEMBAHASAN


A.    Pengertian Seni Musik


1.    Konotasi Seni

Kata “seni” yaitu sebuah kata yang semua orang di pastikan mengenalnya, meskipun dengan kadar kognisi yang berlainan. Konon kata seni berasal dari kata “sani” nan artinya “Jiwa Nan Indah/ Ketulusan jiwa”. Dalam bahasa Inggris dengan istilah “ART” (artivisial) yang artinya adalah barang/maupun karya dari sebuah kegiatan. Konsep seni terus berkembang sejalan dengan berkembangnya kebudayaan dan semangat masyarakat yang dinamis.

Beberapa pendapat adapun pengertian seni:


a.



Ensiklopedia Indonesia


:

Seni adalah reka cipta benda ataupun segala hal nan karena kendahan bentuknya, orang senang menyibuk dan mendengar


b.



Aristoteles :



seni yaitu kemampuan membuat sesuatu internal hubungannya dengan upaya hingga ke suatu tujuan yang telah ditentukan oleh gagasan tertentu,


c.



Bopeng Hajar Dewantara :



seni adalah indah, menurutnya seni ialah barang apa perbuatan basyar yang keluih dan hidup perasaannya dan bersifat indah hingga bisa menggerakkan atma perasaan bani adam lainnya,


d.



Akhdiat K. Mihardja :


seni adalah kegiatan bani adam yang merefleksikan amanat dalam sesuatu karya, yang beruntung bentuk dan isinya mempunyai daya buat membangkitkan asam garam tertentu dalam alam rohani sipenerimanya.


e.



Erich Kahler


:


seni adalah suatu kegiatan manusia nan mengarungi, menciptakan realitas itu dengan symbol atau kiasan tentang keutuhan “dunia kecil” yang mencerminkan “dunia lautan”.


2.    Pengertian Musik

Musik adalah salah satu media ungkapan kesenian, musik mencerminkan tamadun masyarakat pendukungnya. Di internal musik terkandung nilai dan norma-norma yang menjadi penggalan dari proses pembudayaan budaya, baik internal bentuk formal maupun informal. Irama itu sendiri n kepunyaan buram yang khas, baik pecah sudut struktual maupun jenisnya internal peradaban. Demikian sekali lagi yang terjadi pada musik internal kebudayaan publik melayu.

Intern Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990: 602)
Nada ialah: guna-guna atau seni memformulasikan musik atau suara diutarakan, pernah dan hubungan temporal bakal menghasilkan atak (suara) nan mempunyai keadilan dan kesatuan, nada maupun suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan (terutama yang boleh menghasilkan bunyi-bunyi itu)

Sehingga Seni musik yakni cetusan ekspresi perhatian maupun perhatian yang dikeluarkan secara teratur n domestik rajah bunyi. Bisa dikatakan, bunyi (suara miring) adalah elemen nada paling dasar. Suara nada yang baik adalah hasil interaksi dari tiga elemen, yaitu: nada, melodi, dan harmoni. Irama merupakan dominasi suara intern suatu waktu, panjang, pendek dan temponya, dan ini memberikan khuluk tersendiri lega setiap nada. Koalisi beberapa tinggi irama dan irama akan menghasilkan melodi tertentu. Lebih jauh, kombinasi yang baik antara musik dan melodi beranak bunyi yang harmoni.

Musik tercantum seni sosok nan minimal bertongkat sendok. Terlebih bisa dikatakan, enggak suka-suka sejarah kultur insan dilalui tanpa musik, termuat sejarah peradaban Melayu. Dalam masyarakat Melayu, seni irama ini terbagi menjadi musik vokal, instrument dan sangkutan keduanya. Internal nada gabungan, suara alat nada berfungsi misal pengiring suara vokal atau tarian. Alat-perangkat musik yang berkembang di kalangan masyarakat Melayu di antaranya: canang, tetawak, nobat, nafiri, lengkara, redap, gambus, marwas, gendang, rebana, teluki, rebab, beduk, mungmungan, seruling, kecapi, biola dan akordeon. Alat-peranti musik di atas menghasilkan irama dan melodi partikular yang berbeda dengan alat musik lainnya.


3.
Signifikasi Musik Pop

Populer pecah pengenalan Pop ( Popular), di gemari, disenangi masyarakat, musik pop berarti irama yang lagi digemari dimasyarakat dalam kurun hari tertentu. Keberagaman musik ini tak resistan lama, mudah hilang dan berpalis lagi dengan lagu lagu lain yang hijau. Proses penciptaannya kembali kebanyakan musykil menggunakan buram komposisi ( termaktub ), rancangan lagu , lirik , progresi chord, aransemen umumnya juga tersisa, mudah diingat dan sifatnya menghibur.


4. Memori Musik Pop

Musik pop maupun Irama naik daun yakni tanda bagi arus-aliran musik yang didengar luas oleh pendengarnya dan kebanyak bersifat komersial.
Musik Pop pertama kali berkembang di Amerika Sekutu sreg tahun 1920 di mana rekaman permulaan kali dibuat berdasarkan penemuan Thomas Edison.
Ragtime di Amerika Serikat sejak 1890. Musik Ragtime atau Cincang-Babi, yaitu musik Amerika yang dipengaruhi oleh kesukuan Afrika-Amerika dan irama klasik Eropa. Musik ini mulai tersohor di daratan Amerika seputar masa 1890 setakat 1920. Musik ini mempuyai tempo ataupun irama yang cepat dengan dominasi sinkopasi, tetapi ada juga yang berirama agak lamban.
Biasanya musik ini dimainkan istimewa dengan piano, tren cincang-babi, dan para pianis dan kreator antara tidak Scott Joplin (1868-1917), James Scott (1885-1938), dan Joseph Lamb (1887-1959).
Setelah Perang Bumi I berakhir (1918), maka musik bau kencur di benua Amerika lahir nan disebut dengan Musik Terkenal. Nada ini terutama sebagai musik lantai dansa nan pada waktu itu menjadi tersohor sekali dan digemari maka itu masyarakat seluruh dunia.
Musik Amerika Latin lahir sejak 1857
Ciptaan-ciptaan pencipta pada waktu itu dengan pengaruh latin adalah antara lain dari George Bizets Hababera dari opera Carmen (1875); Scott Joplin’s Mexican Serenade, Solace (1902); Maurice Ravels Rapsodie Espagnole (1907), dan Bolero (1928).
Nada pop latin dimulai sejak dansa latin dikenal, yaitu sejak tahun 1920 sekali lagi. Dansa Tango menjadi pelecok suatu balroom dance yang populer pada musim 1920 di Amerika maupun Eropa, di mana lagu Tango yang bertangga nada minor dan melankolik, serta step dansa nan agresif. Sesudah itu tahuj 1930 dan 1940 berkembang menjadi keseleo satu musik nan digemari di dunia, tokoh music pop
Xavier Cugat, Peres Prado, dlsb. Musik yang berkembang puas periode itu adalah Rhumba, Samba, Conga, Salsa, Rentak irama, dlsb.



5. Macam-macam Musik Po
Heavy Metal
Hip-Hop
R&B
Teen Pop
Balada
Emo
Dance
Disko
Disko Emo
Pop
Soul
Rock
Reggae
Musik Elektronik
New Age
Dark Metal
Death Metal
Grind Logam
Progressive Rock
Progressive Pop
Progressive Metal
Alternative Rock
Alternative Pop
Alternative Metal
Slow Rock




6. Ciri-ciri irama pop :

Melodi mudah diterapkan dengan bervariasi karakter lirik, fleksibel dan mudah dipadukan dengan dengan keberagaman lain, lagu mudah disenandungkan dan mudah dipahami, harmoni bukan rumpil, tempo bermacam-macam.

Musik Pop merupakan musik yang minimal banyak memiliki peminat. Musik Pop n kepunyaan ciri khas kasatmata musiknya nan easy listening dan memiliki lirik yang komersial.

Selain sederhana internal lirik dan nada nan cenderung bertemakan peristiwa-kejadian komersial, keefektifan enggak dalam irama Pop yaitu eksploitasi berbagai inovasi teknologi lakukan mengantuk musiknya.

7. TOKOH Musik POP

Musik pop sepantasnya adalah nama nada secara umum. Dengan demikian tokohnya pun kadang rumpil dibedakan antara musik pop dengan irama yang lainnya.


asal-usul-nama-para-penyanyi-top-dunia-55867d



Pendendang pop pria yang terkenal dari asing negri:
Elton Jhon, Jesse McCartney, Michael Jackson Ricky Martin, Robbie Williams, justin biber dll.
Penyanyi pop wanita yang terkenal berusul luar negri:
Chantal Kreviazuk, Celine Dion, Madonna, Mariah Carey, Whitney Houston,selena gomes dll.
Grup irama popular dari asing negri:
The Beatles, Bee Gees, Duran Duran, Boyzone, Westlife,1 Direction dll.
Penyanyi pop individual yang terkenal dari Indonesia:
Big Slamet, Hetty Koes Endang, Ruth Sahanaya, Krisdayanti, Agnes Monica, dll.
Grup musik popular dari Indonesia:
Koes Bersisa, Ada Band, Mercy’s, Gigi, Peter pan,Wali, Ungu dll…


Gerbang III


Intiha


A.    Penali

Ada beberapa konklusi nan dapat kita rebut berpunca uaraian diatas, adalah antara lain :

1.    Seni musik ialah sebuah karya dari manusia, yang n domestik perkembangannya tidak dapat dipungkiri sekali lagi, bahwa seni musik akan berkembang sesuai dengan jalan jaman.

2.    Seni musik dapat takhlik pribadi seseorang boleh menghargai karya orang tak kerumahtanggaan segala rataan. Dengan menghargai perbedaan tersebut maka dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara akan tercipta suasana yang aman, nyaman dan harmonis dalam masyarakat.

3.    Seni Nada tidak akan afiliasi padam atau tidak akan bias dipadamkan maka itu siapapun, dengan kondisi apapun dan dimanapun berada.


B.    Saran

Dalam penulisan atau pembuatan makalah ini ada sejumlah saran yang dapat dicantumkan disini. Dalam penciptaan seni musik hendaknya disisipkan poin – nilai moral, sehingga secara otomatis terdapat penataran yang bernilai berupa kerjakan perkembangan tiap basyar yang mendengarkannya


DAFTAR PUSTAKA



http://www.padangekspres.co.id/content/view/37120/104/


Campursari riway


a


tmu sangat dan masa ini.



http://kabarsoloraya.com/2009/08/20/campursari-
riwayatmu-dulu-dan-kini/
Campursari identitas di intern nada.



http://id.shvoong.com/humanities/arts/1905136-
campursari-identitas-di-dalam-irama/



https://amy0511.wordpress.com/2013/02/19/ki kenangan-dan-perkembangan-musik-pop/



https://jepri12411488.wordpress.com/2015/03/25/tokoh-irama-pop/


http://ardyan1593.blogspot.co.id/2012/09/makalah-seni-musik.html

Source: https://smplamtim.blogspot.com/2016/09/makalah-musik-pop.html