Contoh Penutup Pidato Maulid Nabi

Contoh Teks Pidato Maulid Nabi Terbaik Lengkap ( Teoretis Pidato Terbaik  )
– Maulid Nabi Muhammad SAW kadang-kadang Maulid Rasul atau Maulud saja (Arab: مولد النبي‎, Mawlid an-Nabī), adalah peringatan hari lahir Utusan tuhan Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap copot 12 Rabiul Awal dalam almanak Hijriyah. Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari jadi. Perayaan Maulid Utusan tuhan merupakan tradisi yang berkembang di mahajana Selam jauh sehabis Nabi Muhammad SAW wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kesenangan dan penghormatan kepada Rasul Muhammad. ( Source :wikipedia )

Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yaitu acara rutin nan dilaksanakan oleh mayoritas kaum muslimin untuk mengingat, mengahayati dan meluhurkan kelahiran Rasulullah. Bulan Rabiul Awal ini adalah wulan yang individual. Bagaimana tidak unik?, sreg bulan tersebut manusia terbaik Utusan tuhan Muhammad SAW , manusia dan utusan Allah teratas dilahirkan di dunia. Pada 1400 abad yang lalu, tepatnya pada perian Senin 12 Rabiul Awal 576 M, raja Nabi Muhammad Saw dilahirkan berasal pasangan Sayyid Abdullah dan Sayyidah Aminah Radliya Allahu ‘anhuma.   Setiap tahun hari kelahirannya dirayakan oleh umat Muslim di seluruh penjuru mayapada. Berbagai macam acara mulai di tingkat desa sampai istana negara menyelenggaraan perayaan maulid. ( islam.nu.or.id )

Nah diartikel kali ini kami akan memberikan referensi referensi tentang ” Contoh Pustaka Pidato Maulid Nabi Terbaik Lengkap “. Bisa sira jadikan korban awalan sebelum bersyarah.

Contoh Teks Pidato Maulid Nabi Terbaik Lengkap ( Contoh Pidato Terbaik  )

Berikut Contoh Teks Pidato Maulid Nabi Terbaik Contoh ( Contoh Pidato Terbaik  ) :


( Hipotetis 1 )



wacana pidato maulid rasul saw singkat


Assalamu’alaikum wr.wb

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ،السّلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ، الَّذِيْ قَدْ أَوْجَدَ مِنْ نُّوْرِهِ نُوْرًا بِهِ عَمَّ الْهُدَى. وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ، سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى ءَالِهِ وَأَصْحَابِهِ. أَشْهَدُ أَنْ لاإِلهَ إِلا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ،  وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ..أما بعد

Pertama-tama yuk kita memanjatkan rasa syukur kita kepada Almalik Swt. yang telah melimpahkan hidayah, taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat bertemu di panggung yang berbahagia ini intern rangka Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Selanjutnya, shalawat dan salam kita haturkan kepada Nabi akhir zaman Utusan tuhan Muhammad SAW.

Hadirin nan saya muliakan.

Bulan Rabiul Awwal yaitu bulan yang bersejarah dalam kehidupan  khalayak, karena plong terlepas 12 Rabiul Awwal perian gajah, telah dilahirkan seorang ketua umat manusia nan merupakan rahmat kerjakan alam segenap. Anda yaitu suami kita ialah Nabi Besar Muhammad SAW. Melalui beliau Allah menunjukan manusia mendatangi alam yang munjung dengan binar kimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt.

Oleh sebab itu sebaiknya jika bulan Rabiul Awwal itu kita jadikan sebagai ki alat dan media buat mengumpulkan kaum muslimin di masjid-musala, majelis ta’lim dan tempat-tempat lainnya dengan tujuan :

1. Bikin menanamkan, memupuk dan menambah rasa burung laut (Mahabbah) kita kepada Rasulullah Saw.

Allah telah mensejajarkan dan menempatkan secara bersama-sama antara kesetiaan kita kepada-Nya dan kepada Rasul-Nya. Sedangkan Rasul Saw. makin utama bersumber kita, sebagaimana firman Almalik dalam surah Al-Ahzab ayat 6 :

النَّبِيُّ أَوْلَىٰ بِالْمُؤْمِنِينَ مِنْ أَنفُسِهِمْ

Artinya:

“Nabi itu lebih utama buat individu-manusia mukminin dari diri mereka sendiri.” (Q.S Al-Ahzab: 6)

Karena itu, kita harus cepat-cepat menyatakan ki ajek kepada Rasulullah Saw. dan mencintainya, melebihi besarnya pelahap kepada diri kita sendiri. Beliaulah yang memasrahkan petunjuk kepada kita akan kebenaran, temporer kita bosor makan cenderung untuk mengajuk hawa nafsu, sementara itu hawa nafsu itu gelojoh mengajak kita kepada kejahatan.

Dengan demikian, sudah menjadi keharusan lakukan kita untuk mempersering kecintaan kepada Almalik dan Rasul-Nya di privat hati, lebih bersumber barangkali ataupun apa yang dicintai.

2. Untuk mengungkap sekali lagi sejarah umur Rasulullah Saw, untuk diteladani.

Dengan peringatan kelahiran Rasulullah Saw. ini dapat mengungkap kembali sebagian dari jiwa Rasulullah Saw. dan jihad perjuangannya di intern menegakkan agama Islam. Dalam menjabat dan memperingati maulid Utusan tuhan Muhammad  Saw. ayo kita telusuri dan kita hayati perilaku nasib Rasulullah, yang selanjutnya, kita jadikan acuan di dalam aktivitas kita sehari-periode dan berjuang di jalan Allah Swt. . Allah berfirman di dalam surah Al-Ahzab ayat 21 nan berbunyi :

لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِر

وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Artinya :

“Sebenarnya sudah ada pada diri Rasulullah itu suri pola bagimu, ialah cucu adam yang mengharapkan hadiah Almalik dan kedatangan hari kiamat dan  ia banyak menamai akan Almalik.”

Dengan kelahiran anda, kita umat basyar seluruh mayapada mendapat habuan rahmat yang tidak terhingga, yakni faktual cahaya hidayah nan dapat menembus keremangan jahiliah. Bila dibadingkan dengan kejadian dunia sesudah beliau diutus sebagai Nabi dan Utusan tuhan, suka-suka 3 perubahan yang sasngat penting,yakni :

1. Perubahan di rataan sosial

Sreg zaman jahiliah terjadi ketidakadilan di dalam umum. Pada ketika itu tinggal menonjol sekali perbedaan ras, perbedaan papan bawah, yakni kelas majikan atau pemilik dan kelas budak. Kemudian Rasulullah Saw. menclok dan mengubah segala kebengisan tersebut. Engkau berdakwah kepada mereka bahwa manusia enggak ada bedanya antara suatu sama lain, insan mempunyai kedudukan nan sama dihadapan Halikuljabbar Swt. takdirnya terserah perbedaan, maka peristiwa itu hanya diukur dari tingkat ketakwaan seseorang kepada Almalik Swt

2. Perubahan di meres akidah

Sebelum Nabi Muhammad Saw. diutus bagaikan Nabi dan Rasul, bangsa Arab pada ketika itu merupakan pengikut berhala, arca dan lainnya yang dianggap punya kelebihan dan arti. Kemudian Nabi Muhammad Saw. datang menghancurkan kepercayaan itu dan menyadarkan anak adam bahwa patung-patung tersebut hanyalah benda sepi yang tak bisa memberikan maslahat kepada yang menyembahnya. Hanya Tuhan-lah satu-satunya yang menciptakan dan memelihara umbul-umbul semesta beserta isinya.

3. Perubahan di satah kenegaraan dan strategi

Pada musim jahiliah adv amat sulitnmencari validitas dan keadilan. Segala apa keputusan atau ketentuan-kadar syariat tidak didasarkan plong kebenaran atau peruntungan, melainkan didasarkan pada kekuatan dan otoritas. Nan lestari dan yang berkuasa akan menindas yang lemah. Begitu Rasulullah Saw. cak bertengger, maka diubahlah semuanya itu dengan sistem demokrasi, keseimbangan dan kebersamaan serta kebebasan. Apa perundang-ajakan harus bersumber kepada Al-Quran. Adapun yang belum ditentukan dalam wahyu Allah, maka ditentukan dalam berembuk bersama.

Akhirulkalam, saya mengharapkan mudah-mudahan dengan peringatan maulid Nabi Muhammad Saw ini dapat membukit keimanan kita kepada Yang mahakuasa dan Nabi-Nya, mencintainya dan membawa perubahan-perubahan positif internal apa latar jiwa , Amin

Kelihatannya sekian berpangkal saya

Wassalamu’alaikum wr.wb.

——————————————————————-


( Ideal 2 )


abstrak teks pidato maulid nabi saw


pustaka pidato maulid nabi muhammad saw

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ،السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ، اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ فَرَضَ لِمَنِ اسْتَطَاعَ فِيْ سَبِيْلِهِ الْحَجَّ،  أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الْأَحَدُ الصَّمَدْ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ خَيْرُالْعِبَادِ، وَصلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَى سَيِّدِنَا وَنَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُحَمَّدٍ، وَ عَلَى اٰلِهِ وَ جَمِيْعِ اَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الْمِعَادِ، لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لَاشَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، اِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لَاشَرِيْكَ لَكَأَمَّا بَعْدُ

Yang terhormat superior sekolah Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta staf Pengelolaan Usaha Dan teman-teman yang saya cintai

Alhamdulillahirabbil alamin, washolatu wasalamu ala asyrafil anbiya’ wal mursalin, wa’ala alihi washohbihiajma’in.Ammaba’du

Pertama-tama mari kita panjatkan

puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, hadiah dan inayah-Nya kepada kita semua, sehingga dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat..

Sholawat dan salam mari kita panjatkan kepada Rasul Besar Muhammad SAW, semoga sira senantiasa di tempatkan oleh Allah di arah-Nya andai umat yang memperoleh derajat yang paling kecil janjang di darul baka, Amin.

Hadirin Nan Berbahagia ……………….

Puas kesempatan ini, saya akan menguraikan tema “MAULID NABI Saat PENINGKATAN TSAQOFAH ISLAM.”

Hadirin Yang Saya Hormati…………

Mengapa kita memperingati Maulid Rasul Muhammad SAW. ? Sebelumnya mari kita menghafaz kembali bagaimana paparan publik Jahiliyah.

Bahwasannya sebelum islam datang di Tanjung Arab, bangsa Arab hidup dengan penuh kebebasan yaitu roh berbuat sekehendak hatinya.

Dimana masyarakat puas zaman itu di kenal sebagai mahajana jahiliyah yaitu publik yang bebal, karena tidak mengenal Allah SWT. Mereka menyembah berhala, melakukan peroncean, penganiayaan, untung-untungan, mabuk-mabukan dan perbudakan menjalar di kalangan nasion Arab. Mereka memperlakukan budak tanpa perikemanusiaan. Lebih lagi anak asuh perawan di anggap pembawa sial, karena dianggap memburukkan martabat anak bini.

Hadirin Yang Berbahagia……………..

Pada periode bangsa Arab masih dalam kegelapan, kekacauan dan komplikasi etik, lahirlah Nabi Muhammad SAW. sebagai Rahmatan lil ‘Alamin, Belas kasih buat semesta alam.

Hadirin Nan Kami Mulyakan…………..

Seperti kita ketahui bersama, bahwasannya Nabi Muhammad SAW. lahir di kota Makkah pada waktu Senin, tanggal 12 Rabi’ul Tadinya hari Gajah atau sreg terlepas 20 April 571 M. Ayahnya bernama Abdullah kacang Abdul Muttolib dan ibunya bernama Siti Aminah Az Zuhriyah.

Dan kapan ini kita telah memasuki wulan Rabi’ul Awal 1426 H alias wulan Maulid berarti bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. nan tentunya sedang kita peringati bersama dan di peringati oleh seluruh umat Islam.

Hadirin Nan Berbahagia……………

Mengapa ? tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW. di sebut Tahun Gajah, karena pada tahun itu kota Mekkah sedang di serbu laskar Abrahah berpangkal Yaman yang ingin menghancurkan Kakbah dengan mengendarai Gajah.Hanya maksud Abrahah kerjakan menghanyutkan Ka’bah sia-sia. Sebab Abrahah dan tentaranya lebur oleh lemparan batu kerikil yang di gendong maka itu burung Ababil atas perintah Sang pencipta SWT.

Seperti mana firman Tuhan SWT. dalam pertinggal Al-Karakter ayat 1 – 5 :

Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhan telah berperan terhadap legiun gajah.

Bukankah Sira telah menjadikan tipu daya mereka (bagi menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia?

Dan Ia mengirimkan kepada mereka burung nan berbondong-bondong

Yang menimpuk mereka denagn bisikan (bermula) dari tanah yang terbakar.

Lalu Dia menjadikan mereka sebagaimana daun-daun nan di makan (ulat).

Hadirin Yang Berbahagia……………

Begitulah beberapa peristiwa nan mengiringi kelahiran Utusan tuhan Muhammad SAW.

Harapan kami Kiranya pidato yang singkat ini bisa mengingatkan kita betapa pentingnya memperingati Maulid Nabi Ki akbar Muhammad SAW. Besar harapan kami, dengan kita memperingati Maulid Rasul, akan menambah keagamaan dan ketaqwaan kita kepada Tuhan SWT. dan semakin bertambahnya rasa gemar bersholawat atas Nabi Muhammad SAW. di mana hanya kita berada serta kita di akui sebagai umat Utusan tuhan Muhammad SAW. Amin 3 x Yaa Rabbal ‘Alamiin.

Hadirin Yang Asian……………

Hanya itu nan boleh saya sampaikan, seharusnya penting bagi kita semua dan akhirnya “Tiada gading yang tidak retak” Tiada suatupun yang konseptual, biarpun mungil karuan ada cacat dan celanya. Untuk itu bila ada kata-kata nan tidak berkenan, saya mohon keikhlasan hati bikin mema’afkan. Akhirul kallam. Billahi Taufiq Wal Anugerah Warridho wal Inayah.

WASSALAMUALAIKUM WAR WABAROKATUH

—————————————————————————


( Eksemplar 3 )


Acuan wacana pidato maulid utusan tuhan saw ringkas

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ خَلَقَ الْإِنسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ،  أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الْمَالِكُ الْحَقُّ الْمُبِيْنُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ أَرْسَلَهُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ، وَصلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَ عَلَى اٰلِهِ وَاَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ

Kepada Yang Terhormat kiai Kepala sekolah SMP 02 Selomerto  yang saya hormati

Nan terhormat kiai ibu guru yang saya sayangi

Yang terhormat dewan juri, para hadirin serta teman-dagi nan mendapat habuan.

Puji terima kasih Alhamdulillah, karena apa ! karena  sampai saat ini kita masih diberi kesempatan hidup, sehingga kita dapat berkumpul di sini Majlis dalam keadaan cegak wal ‘afiyat sonder sesuatu apapun Amin.

Shalawat serta salam semoga tegar tercurahkan kepada laki kita Nabi Besar Muhammad SAW., karena beliaulah kita dapat merasakan bukan main nikmatnya Iman dan Selam dan beliaulah yang kita besok-nantikan syafa’atnya Ila Yaumil hadza Ila Yaumil Qiyamah.

Hadirin Nan Berbahagia ……………….

Pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan tema “MAULID NABI Saat PENINGKATAN TSAQOFAH Selam.”

Hadirin Yang Saya Hormati…………

Mengapa kita memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. ? Sebelumnya mari kita mengingat kembali bagaimana gambaran masyarakat Jahiliyah.

Bahwasannya sebelum islam datang di Ancol Arab, bangsa Arab hidup dengan mumbung kebebasan adalah usia berbuat sekehendak hatinya.

Dimana mahajana pada zaman itu di kenal sebagai masyarakat jahiliyah merupakan publik yang bodoh, karena tidak mengenal Almalik SWT. Mereka menyembah berhala, melakukan perampasan, penganiayaan, perjudian, mabuk-mabukan dan perbudakan merambat di kalangan bangsa Arab. Mereka memperlakukan budak tanpa perikemanusiaan. Bahkan anak perempuan di anggap pembawa sial, karena dianggap memburukkan martabat tanggungan.

Hadirin Yang Berbahagia……………..

Pada hari bangsa Arab masih n domestik keremangan, kekacauan dan kelainan moral, lahirlah Rasul Muhammad SAW. umpama Rahmatan lil ‘Alamin, Karunia lakukan semesta pan-ji-panji.

Hadirin Yang Kami Mulyakan…………..

Seperti kita ketahui bersama, bahwasannya Nabi Muhammad SAW. lahir di ii kabupaten Makkah pada tahun Senin, sungkap 12 Rabi’ul Mulanya hari Gajah atau pada rontok 20 April 571 M. Ayahnya bernama Abdullah bin Abdul Muttolib dan ibunya bernama Siti Aminah Az Zuhriyah.

Dan kapan ini kita telah memasuki bulan Rabi’ul Awal 1426 H atau bulan Maulid berjasa wulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. yang tentunya sedang kita peringati bersama dan di peringati oleh seluruh umat Islam.

Hadirin Yang Berbahagia……………

Mengapa ? tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW. di ucap Tahun Gajah, karena pada tahun itu ii kabupaten Mekkah sedang di serbu tentara Abrahah dari Yaman nan ingin menghancurkan Kakbah dengan menunggang Gajah.Sekadar maksud Abrahah lakukan menghempaskan Ka’bah batal. Sebab Abrahah dan tentaranya hancur oleh lemparan batu kerikil nan di bawa oleh burung Ababil atas perintah Halikuljabbar SWT.

Seperti firman Allah SWT. dalam surat Al-Fiil ayat 1 – 5 :

Apakah beliau bukan menghakimi bagaimana Tuhan sudah lalu bertindak terhadap tentara gajah.

Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia?

Dan Dia mengirimkan kepada mereka kontol yang berbondong-bondong

Yang melempari mereka denagn alai-belai (berasal) terbit tanah yang hangus.

Dulu Engkau menjadikan mereka seperti mana patera-patera yang di makan (ulat).

Hadirin Yang Berbahagia……………

Begitulah beberapa peristiwa nan mengiringi kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Semoga ceramah yang singkat ini bisa mengingatkan kita sungguh pentingnya memperingati Maulid Nabi Samudra Muhammad SAW. Lautan harapan kami, dengan kita memperingati Maulid Nabi, akan meninggi keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. dan semakin bertambahnya rasa senang bersholawat atas Nabi Muhammad SAW. di mana saja kita rani serta kita di akui sebagai umat Utusan tuhan Muhammad SAW. Amin 3 x Yaa Rabbal ‘Alamiin.

Hadirin Yang Berbahagia……………

Namun itu yang bisa saya sampaikan, sebaiknya bermakna bagi kita semua dan akhirnya “Tiada gigi anjing yang tak retak” Tiada suatupun nan sempurna, walaupun kecil pasti cak semau cacat dan celanya. Cak bagi itu bila suka-suka introduksi-introduksi yang tidak berkenan, saya mohon kemurahan hati untuk mema’afkan. Akhirul kallam. Billahi Taufiq Wal Hidayah Warridho wal Inayah.

————————————————————————————–

( Acuan 4 )


PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Kaum muslimin dan muslimat nan kami hormati. Dengan memuji syukur kita panjatkan kehadirat Yang mahakuasa Swt, karena pada kesempatan hari ini kita masih ditaqdirkan oleh Allah, dapat berkumpul roman di sajadah yang menginjak ini tanpa suka-suka limbung suatu apapun. Sepatutnya pertemuan kita plong malam ini membawa arti marcapada dan akhirat, amiin.

Selanjutnya shalawat serta salam kiranya tetap tercurahkan kepada junjungan nabi samudra Muhammad Saw, karena beliau, yang telah bertelur membawa, agama islam nan penuh dengan rahmatnya.

Kabilah muslimin dan muslimat yang berbahagia, lilin lebah ini kita berkumpul di masjid terbiasa memperingati masa kelahiran Nabi Saw. Karena bulan Rabi’ul awal ada peristiwa yang terpenting yakni Iahimya nabi kita Muhammad Saw. Beliau lahir membawa rahmat, yakni agama islam, sehingga yang asalnya kita di alam jahiliyah memusat duaja terang benderang, sehingga bisa mengecualikan mana nan haq dan yang bathil. Kita bisa memisalkan bagaimana Utusan tuhan saw. sebelum lahir di durja bumi tentunya umat dalam keadaan tembelang, wanita mutakadim diperbudak lelaki, adat jahiliyah memasyarakat, yang miskin tambah miskin, yang kaya tambah berlambak, begitulah lebih lanjut.

Kaum muslimin dan muslimat yang berbintang terang.

Selepas islam nan dibawa Nabi Muhammad Saw, maka isi tatanan jahiliyah bisa berubah dengan total menjadi resan islami, sehingga yang dulunya saling memperbudak, akhimya saling bantu membantu antara nan suatu dengan yang lainnya. Wajib diketahui, bahwa menurut sejarah islam, Nabi Muhammad Saw. lahir tepatnya pada terlepas 12 Rabbana’ul Awwal tahun Gaj ah ataupun bertepatan dengan terlepas 20 April tahun 571 Masehi. Dinamakan tahun gajah, karena tepatnya lahir Nabi Saw, banyak tentara menunggang gajah yang hendak menghancurkan pasukan Ka’bah nan dipimpin oleh gubemur Yaman bernama Abraha. Tetapi tujuan nan jahat itu sama sekali lain boleh dicapai, karena dihujani bisikan gravel oleh burung ababil berusul neraka.

Kabilah muslimin dan muslimat yang asian.

Nabi Muhammad Saw, lahir kerumahtanggaan hal yatim, karena kurang lebih tujuh rembulan Ayahnya wafat yaitu Abdullah. Ibunya bernama Siti Aminah. Kerjakan kita sosok-hamba allah Islam yang terpenting dalam memperingati peristiwa ini kita senantiasa ki belajar akhlak Nabi Saw. nan sangat mulia, sekaligus menjadi panutan orang-orang yang menginginkan bertarung dengan Allah Swt. Dalam kejadian ini Yang mahakuasa berfirman sebagaimana nan terjadwal kerumahtanggaan Surat

Al-Ahzab: ayat 21.

Artinya:

Sememangnya Rasulullah (Muhammad Saw) menjadikan paradigma yang baik bagikamu dan bakal manusia-khalayak yang mengharapkan menunaikan janji Tuhan dan hari kemudian, dan yang mengingati Tuhan sebanyak-banyaknya.

Demikian perkelahian kami, bila terwalak introduksi-introduksi yang sedikit berkenan privat perian kami minta izin yang sebesar- besamya. Mudah-mudahan yang mite sampaikan tadi membawa maslahat, ihdinash shirathal mustaqiim,

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

————————————————————————————


( Cermin 5 )


2. Pidato Maulid Nabi

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat bos sekolah Yang saya hormati Bapak/Ibu Temperatur serta staf Sekretariat Dan teman-teman yang saya cintai

Alhamdulillahirabbil alamin, washolatu wasalamu ala asyrafil anbiya’ wal mursalin, wa’ala alihi washohbihiajma’in.Ammaba’du

Permulaan-tama silakan kita panjatkan

puji terima kasih kehadirat Allah SWT yang telah mencurahi karunia, taufik, hidayah dan inayah-Nya kepada kita semua, sehingga dapat berkumpul di ajang ini dalam keadaan afiat wal afiat..

Sholawat dan salam mari kita panjatkan kepada Nabi Ki akbar Muhammad SAW, semoga beliau senantiasa di tempatkan oleh Halikuljabbar di sisi-Nya sebagai umat yang memperoleh derajat yang minimal tinggi di akhirat, Amin.

Hadirin Yang Berbahagia ……………….

Sreg kesempatan ini, saya akan menjelaskan tema “MAULID NABI MOMEN Pertambahan TSAQOFAH Islam.”

Hadirin Yang Saya Hormati…………

Mengapa kita memperingati Maulid Rasul Muhammad SAW. ? Sebelumnya mari kita mengingat kembali bagaimana gambaran umum Jahiliyah.

Bahwasannya sebelum selam cak bertengger di Ancol Arab, bangsa Arab hidup dengan mumbung independensi yaitu hidup berbuat sekehendak hatinya.

Dimana umum puas zaman itu di kenal sebagai masyarakat jahiliyah ialah masyarakat yang bego, karena tidak mengenal Sang pencipta SWT. Mereka menyembah berhala, melakukan perampokan, teratu, perjudian, mabuk-mabukan dan perabdian menjalar di kalangan bangsa Arab. Mereka memperlakukan budak sonder perikemanusiaan. Bahkan anak kuntum di anggap pengiring sial, karena dianggap merendahkan gengsi tanggungan.

Hadirin Nan Mujur……………..

Pada waktu nasion Arab masih internal kesamaran, kekacauan dan ki aib etik, lahirlah Rasul Muhammad SAW. sebagai Rahmatan lil ‘Alamin, Hadiah buat semesta alam.

Hadirin Nan Kami Mulyakan…………..

Begitu juga kita ketahui bersama, bahwasannya Rasul Muhammad SAW. lahir di kota Makkah pada hari Senin, tanggal 12 Tuhanku’ul Awal waktu Gajah maupun pada tanggal 20 April 571 M. Ayahnya bernama Abdullah bin Abdul Muttolib dan ibunya bernama Siti Aminah Az Zuhriyah.

Dan puas waktu ini kita telah memasuki bulan Tuhanku’ul Mulanya 1426 H maupun bulan Maulid berarti wulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. nan tentunya sedang kita peringati bersama dan di peringati oleh seluruh umat Islam.

Hadirin Nan Berbahagia……………

Cak kenapa ? tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW. di sebut Masa Gajah, karena pada tahun itu kota Mekkah sedang di serbu tentara Abrahah semenjak Yaman yang ingin menghancurkan Kakbah dengan mengendarai Gajah.Tetapi maksud Abrahah kerjakan menghancurkan Ka’bah sia-sia. Sebab Abrahah dan tentaranya lebur makanya lemparan batu kerikil yang di bopong maka dari itu burung Ababil atas perintah Allah SWT.

Sama dengan firman Allah SWT. dalam akta Al-Fiil ayat 1 – 5 :

Apakah anda lain menuduh bagaimana Allah telah bertindak terhadap angkatan gajah.

Bukankah Dia telah menjadikan semu daya mereka (buat menabrakkan perahu Ka’bah) itu batal?

Dan Ia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong

Yang melempari mereka denagn bisikan (berasal) dari kapling yang tutung.

Lalu Dia menjadikan mereka seperti patera-daun nan di bersantap (ulat).

Hadirin Yang Mendapat habuan……………

Begitulah beberapa situasi nan mengiringi kelahiran Utusan tuhan Muhammad SAW.

Harapan kami Hendaknya lektur yang pendek ini bisa mengingatkan kita alangkah pentingnya memperingati Maulid Utusan tuhan Besar Muhammad SAW. Osean harapan kami, dengan kita memperingati Maulid Nabi, akan membukit keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. dan semakin bertambahnya rasa senang bersholawat atas Nabi Muhammad SAW. di mana saja kita berada serta kita di akui seumpama umat Rasul Muhammad SAW. Amin 3 x Yaa Rabbal ‘Alamiin.

Hadirin Nan Berbahagia……………

Hanya itu yang boleh saya sampaikan, sebaiknya bermanfaat bagi kita semua dan kesudahannya “Tiada gading nan tidak retak” Tiada suatupun nan eksemplar, meskipun kecil karuan cak semau kurang dan celanya. Bagi itu bila ada perkenalan awal-kata yang enggak berkenan, saya minta keridaan lakukan mema’afkan. Akhirul kallam. Billahi Taufiq Wal Anugerah Warridho wal Inayah. WASSALAMUALAIKUM WAR WAB

—————————————————————————-


( CONTOH 6 )


Contoh Bacaan Pidato

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati. Dengan memuji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt, karena pada kesempatan hari ini kita masih ditaqdirkan oleh Allah, bisa berkumpul muka di masjid nan start ini tanpa ada galengan suatu apapun. Moga pertemuan kita plong malam ini membawa faedah marcapada dan alam baka, amiin.

Lebih jauh shalawat serta salam agar tetap tercurahkan kepada junjungan rasul besar Muhammad Saw, karena beliau, yang telah berdampak membawa, agama selam yang mumbung dengan rahmatnya.

Suku bangsa muslimin dan muslimat yang berbahagia, malam ini kita berkumpul di zawiat wajib memperingati hari kelahiran Utusan tuhan Saw. Karena bulan Illah’ul awal terserah peristiwa yang terpenting adalah Iahimya nabi kita Muhammad Saw. Sira lahir membawa rahmat, yakni agama islam, sehingga yang asalnya kita di alam jahiliyah menumpu duaja seri benderang, sehingga dapat membedakan mana yang haq dan yang bathil. Kita bisa mengumpamakan bagaimana Nabi saw. sebelum lahir di paras bumi tentunya umat intern keadaan busuk, wanita telah diperbudak maskulin, aturan jahiliyah memasyarakat, yang miskin tambah miskin, yang berbenda tambah produktif, begitulah selanjutnya.

Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia.

Setelah islam yang dibawa Nabi Muhammad Saw, maka isi tatanan jahiliyah bisa berubah dengan total menjadi kebiasaan islami, sehingga yang dulunya tukar menindas, akhimya ganti bantu mendukung antara yang satu dengan yang lainnya. Perlu diketahui, bahwa menurut sejarah islam, Rasul Muhammad Saw. lahir tepatnya pada copot 12 Rabi’ul Awwal periode Gaj ah atau bertepatan dengan rontok 20 April tahun 571 Kristen. Dinamakan masa gajah, karena tepatnya lahir Nabi Saw, banyak tentara mengendarai gajah yang hendak menghancurkan pasukan Ka’bah yang dipimpin oleh gubemur Yaman bernama Abraha. Tetapi tujuan yang bengis itu adakalanya tidak boleh dicapai, karena dihujani godaan kerikil maka itu titit ababil mulai sejak neraka.

Kaum muslimin dan muslimat yang mendapat habuan.

Rasul Muhammad Saw, lahir kerumahtanggaan peristiwa yatim, karena kurang lebih tujuh bulan Ayahnya wafat yaitu Abdullah. Ibunya bernama Siti Aminah. Bagi kita orang-sosok Islam yang terpenting intern memperingati hal ini kita senantiasa mencontoh khuluk pekerti Nabi Saw. nan sangat mulia, sekaligus menjadi panutan hamba allah-orang yang menginginkan bertemu dengan Allah Swt. Kerumahtanggaan kejadian ini Allah berfirman sebagai halnya yang termuat dalam Surat Al-Ahzab: ayat 21.

Peringatan Maulid

Artinya:

Sesungguhnya Rasulullah (Muhammad Saw) menjadikan teladan nan baik bagikamu dan untuk orang-orang yang mengharapkan memenuhi Almalik dan hari kemudian, dan yang mengingati Allah sebanyak-banyaknya.

Demikian pertampikan kami, bila terletak pembukaan-kata nan kurang berkenan dalam hari kami minta absolusi yang sebesar- besamya. Agar yang mite sampaikan tadi membawa manfaat, ihdinash shirathal mustaqiim,

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

———————————————————————————–


( Hipotetis 7 )

Pidato Maulid Nabi

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Terlebih dahulu marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat dan kasih-Nya pada detik ini kita dapat memperingati waktu Mulud Nabi Muhammad SAW dalam suasana cerah, sehat walafiat enggak kurang sesuatu apapun.

Hendaknya salam dan belas kasih senantiasa terlimpah kepada junjungan kita Utusan tuhan Besar Muhammad SAW yang sudah mengangkut umat manusia bersumber zaman kegelapan ke zaman terang benderang yaitu dengan tegaknya agama selam.

Hadirin berbarengan yang mendapat habuan !

Peringatan Maulud Rasul nan rata-rata diselenggarakan secara meluas di seluruh Tanah Air kita kiranya tidak sekedar yakni kegiatan upaccara nan bersifat lahiriah saja, tetapi lebih dari itu mudah-mudahan hendaknya serius yakni kesempatan yang baik kerjakan merefleksikan kembali dan menyelami secara mendalam arti dan makna dari lahirnya seorang Utusan tuhan dan Rasul terakhir yang membawa petunjuk dari Halikuljabbar Yang Maha Agung yang mengasihkan suri Tauladan bagi seluruh umat manusia.

Hadirin sekalian yang berbahagia !

Pada hakikatnya, mempercayai kesahihan wahyu yang telah dibawa maka dari itu Rasul Muhammad SAW dan menirukan suri tauladan yang telah diberikan olehnya yaitu merupakan inti daripada Peringatan Maulud Nabi.

Dalam hal ini Allah sudah lalu berfirman  dalam Surat Al-Ahzab : 21 :

Artinya :

Sebenarnya sudah lalu ada lega (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) untuk cucu adam yang mengharap (belas kasih) Sang pencipta dan (kedatangan) hari hari akhir dan Dia banyak menamai Halikuljabbar.

Dengan memperhatikan arti dan makna ayat-ayat tersebut diatas maka jelaslah bahwa Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW ini, juga merupakan kesempatan untuk mawas diri hingga dimana kesanggupan kita internal mengikuti pimpinan dan suri tauladan nan telah diberikan oleh Nabi kita Muhammad SAW.

Hadirin sekalian yang mujur !

Intern kesempatan yang berbahagia ini ada bilang situasi yang teristiadat kita renungkan bersama dalam rencana memetik suri tauladan nan mutakadim dicontohkan dalam haur spirit dan nyawa Utusan tuhan Muhammad SAW.

Internal nyawa berbangsa sebagai bangsa nan waktu ini tengah membangun bagi menciptakan satu hari depan yang lebih baik, banyak suri tauladan nan kita petik pecah pengembaraan semangat Nabi Muhammad SAW baik sejak kamu masih taruna maupun sesudah diangkat seumpama Nabi, ialah antara lain tauladan tentang kecenderungan jiwa sehari-hari.

Kebahagiaan dan kenikmatan hidup nan dirasakan oleh Utusan tuhan Muhammad SAW, bukanlah terletak lega kelezatan dan kemegahan nasib lahiriah, melainkan kebahagiaan dan kenikmatan yang ditemukan dalam kesederhanaan.  Permintaan hidup terlambat yang didukung makanya kepribadian nan tegar, fiil pekerti yang luhur serta tingkah laku yang penuh anugerah sayang dan lemah lumat ialah mahkota keindahan yang menghiasi arwah Rasul Muhammad SAW.

Dengan memperhatikan bervariasi riwayat spirit Utusan tuhan yang mencitrakan bagaimana kecondongan hidup dan jalinan engkau dengan orang-orang disekitarnya, maka kesemuanya mencerminkan tingkah laris kesopanan dan kesederhanaan spirit.

Demikian apa nan boleh saya sampaikan, sepatutnya dapat bermanfaat untuk kita semua. Amin.

Akibatnya Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


( CONTOH 8 )

Orasi Maulid Nabi

Asyhadu anlaa ilaaha illallah, wahdahu laa syarikalahu, wa asyhadu annaa muhammadan abduhuu warosuuluhu. Ayyuhannaas ittaqullah, haqqo tuqootihii illa waantum muslimuun.

Pertama-tama, ayo kita panjatkan puji serta terima kasih ke hadirat Allah SWT. Atas Rahmat dan Karunia-Nya kita masih boleh bernapas dan berkumpul di gelanggang ini. Hendaknya Allah menjadikan anju kaki kita sebagai dedikasi saleh ketika kita melangkahkan-nya bagi beribadah dan menimba ilmu.

Sama seperti kita yang telah menyenggangkan waktu untuk cak bertengger dan menghadiri tausiah maupun pidato di periode Maulid Nabi Muhammad nan ke …. ini.

Semoga di hari nan bersejarah ini kita mendapatkan syafaat dari Rasul Muhammad SAW.

Shalawat dan salam, mudahmudahan loyal tercurah-limpahkan kepada Utusan tuhan kita beserta keluarganya, sahabatnya, dan seluruh umat yang senantiasa konstan pada risalah yang diajarkan maka dari itu dia.

Di waktu yang kuno kerjakan umat muslim ini, mari kita mengkaji sejarah maulid Nabi Muhammad yang penuh dengan persangkalan. Kita telah mengetahui bahwa beliau lahir pada tanggal 12 rabiul tadinya waktu gajah. Yang mana pada hari di mana beliau lahir ada peristiwa besar yang terjadi di daerah tingkat mekah merupakan terjadinya serangan dari syah Abrahah pada ka’bah.

Pada detik itu, Rasul Muhammad lahir andai anak yatim karena ayahnya sayyidina Abdullah telah wafat sejak beliau masih suka-suka privat kandungan Ibunya Siti Aminah.

Menginjak usia beliau yang terus kian, dia dibesarkan oleh pamannya. Dari sana muncul plural situasi-peristiwa nan menunjukkan ciri-ciri kenabiannya.

Semasa hidupnya, Utusan tuhan Muhammad dikenal sebagai anak nan jujur. Pekerjaannya sehari-hari adalah ibarat penggembala. Karena kejujurannya itu, banyak orang-orang di sekelilingnya nan mencintai beliau dan percaya kepadanya, sehingga sira pun mendapatkan gelar amanah yakni basyar yang terpercaya.

Banyak keadaan baik dari sikap anda yang perlu kita ikuti. Sikapnya yang amanah, fathonah, tabligh, merupakan sikap-sikap terpuji.

Sama dengan telah diterangkan internal sebuah keterangan yang bunyinya: “Innamaa buistu liutamimma makarimal akhlaq”. Artinya: “sepatutnya ada aku (Nabi Muhammad) di utus untuk memenuhi kepatutan”.

Dalam ki kenangan hidupnya kita tahu dan semua orang pun mengetahui bahwa Utusan tuhan Muhammad yaitu bani adam yang penyayang dan pemberi pembebasan.

Masih ingatkah hadirin? Segala apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad kepada orang-orang nan memperlakukannya dengan pendirian bukan baik? Ya, beliau membalasnya dengan kebaikan. Sehingga tidak rendah di antara mereka yang iman kepada Nabi Muhammad karena akhlakul karimah yang diperbuatnya.

Semoga di hari yang mujur dan penuh memori ini, kita dapat memaknai Maulid Nabi Muhammad, dan semoga kita selaku muslim boleh mencontoh perilaku baik yang dimiliki maka itu beliau. Amin.

Semoga ceramah yang singkat dan tercecer ini dapat memberikan pelajaran berharga dan memberikan inspirasi bagi hadirin nan telah mendengarkan.

Marilah kita tutup persuaan ini dengan beribadat: “Robbanaa atinaa fiddunya hasanah wafil akhiroti mal waqinaa ‘adzaabannaar”. Aquulu qouli haadza, wassalamu alaikum wr., wb..

———————————————————————————————————-


( Konseptual 9 )

Pidato Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Assalamu alaikum Wr. Wb

BISMILLAH ALHAMDULILLAH WASSHOLATU WASSALMU ‘ALA ROSULILLAH WA’ALA ALIHI WASHOHBIHI WAMAWWALAH. AMMA BA’DUH.

Yang terhormat para dewan Juri,

Para suhu, serta tembuni-saudaraku para peserta Selam yang berbahagia.

Alhamdulillah, puas pagi hari ini,

Kiita dapat bersilaturrahim bersama

Dengan satu tujuan yaitu memperingati kelahiran Rasulullah Muhammad SAW.

Seyogiannya kegiatan ini bisa mengirimkan barokah, komplemen kebaikan bagi kita semua. Amiin

Kerjakan itu pada kesempatan nan baik ini,

Saya akan menyampaikan sebuah materi syarah dengan titel,

Hikmah peringatan Maulid Nabi di tengah deteriorasi moral bangsa.

Tali pusar-saudaraku, Kalau kita mengajuk berita di televisi, surat pesiaran ataupun majalah,

Cak semau satu hal yang membuat kita prihatin ,

Yaitu fenomena tiada hari tanpa kejahatan , kemaksiatan dan permusuhan.

Tiba berpangkal pencurian , genosida, pemerkosaan hingga perselingkuhan belalah menghiasi berbagai wahana.

Politisi dan pejabat saling menghujat,

Para birokrat lega lahap mengeruk uang rakyat,

Para selebritis sama berebut popularitas,

Kita generasi akil balig dininabobokkan dengan bervariasi permainan.

Play Station, Hand phone, internet seakan menjadi surga dunia yang melupakan.

Kita sudah kehilangan sosok panutan, Kita lebih mengidolakan artis dari lega ulama.

Kita lebih berbesar hati menjadi bonek kompleks tinimbang anggota jamiyah dibaiyah.

Karena itu saudaraku,

Andai generasi akil balig , pemegang estafet penampikan ummat Selam,

Saya mengajak , marilah kita kembali sreg inisiator panutan kita yang suci.

Makhluk yang layak kita teladani akhlaknya, kita ikuti ajaran-ajarannya, kita harapkan syafaatnya.

Beliaulah Rasululloh Muhammad SAW.

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ

Alangkah, Lega diri Rasulullah terdapat suri teladan bagi dia sekalian.

Karena itu hadirin, Pada peringatan Maulid nabi kali ini.

Marilah kita buka kembali lembaran sejarah nyawa Rasulullah Muhammad SAW.

Ada 3 situasi yang bisa kita garis bawahi

Pertama, beliau lahir n domestik keadaan yatim.

Bahkan ketika berusia enam masa .

Kamu telah menyandang gelar bak yatim piatu.

Lalu yang kedua,

Kepiluan yang dialami Rasulullah di masa kecil,

ternyata lain menghalanginya menjadi turunan yang hebat.

Turunan pilihan, hamba allah terbaik, teladan usia.

Bukan heran kalau kemudian, Michael Heart mengingat-ingat beliau

sebagai penggerak nomor satu nan berdampak merubah dan membetulkan tatanan dunia.

Dan yang ketiga,

Semua manifestasi yang beliau capai, tak minus perjuangan

Beliau harus berdarah-pembawaan menghadapi kekejaman kaum kafir

Berbagai halangan, kendala dan batu dihadapi

Lemparan alai-belai, kotoran hewan dan bentakan pedang terus menghadang

Tapi, bernasib baik ketahanan, kegigihan dan keikhlasan, belliau akhirnya mencapai kesuksesan.

Karena itu hadirin, mengakhiri orasi ini saya kepingin mengajak kepada tembuni-saudaraku,

para pelajar Islam di manapun beliau berada

Marilah kita teladani budi pekerti Rasululloh.

Karena tetapi dengan hidup itulah kita bisa memperbaiki keadaan bangsa ini.

Semoga di perian 1432 hijriyah ini,

kita senantiasa mendapat perlindungan dan hidayah dari Alloh SWT

Negeri kita dijauhkan berpokok laskar bencana

Menjadi negeri nan Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafuur.

Demikianlah nan dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Akhirul kalam : Assalamu’alaikum Wr. Wb

———————————————————————————————


( Komplet 10 )

6.       Pidato Maulid Nabi

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Bapak-bapak, ibu-ibu serta para hadirin undangan sinkron yang berbahagia!

Tiada sepatah katapun yang patut kita ucapkan pada kesempatan ini kecuali perkataan tahmid dan tasyakur kehadirat Halikuljabbar SWT, karena atas pemberian-Nya serta hidayat-Nya kita semua masih ditakdirkan makanya Almalik berjumpa dengan bulan Rabbana’ul awal, dimana di intern wulan Rabbana’ul awal itu lahirlah Nabi besar Muhammad saw, nan mana puas malam ini kita semua Islam akan memperingati hari lahirnya alias yang protokoler seremonial disebut dengan maulid utusan tuhan (muludan).

Seterusnya semoga kesejahteraan dan keselamatan tetap terpenuhi kepada junjungan Rasul Muhammad saw, karena dari akhlak beliaulah kita semua bisa menjadi orang muslim yang kalis, karena adab yang dipancarkannya adalah merupakan kandungan/gambaran bersumber al-Qur’anul karim. Begitu juga kesejahteraan dan keselamatan dilimpahkan kepada para keluarga Nabi, para sahabatnya dan semua orang yang menirukan petunjuknya.

Hadirin sekalian nan berbahagia!

Kita semua sekarang berada di bulan Tuhanku’ul mulanya, dengan memasuki bulan Rabi’ul awal ini kita semua Islam diingatkan makanya suatu peristiwa yang besar nilainya, yakni lahirnya Nabi kita Muhammad saw di tampang marcapada ini dengan membawa seperanggu ajaran-ramalan islam, yang asalnya kita ini hidup di alam kegelapan/kekufuran menumpu vitalitas yang terang benderang merupakan agama Islam. Coba bayangkan sebelum Nabi Muhammad lahir di muka bumi! tatanan umur di masyarakat Arab semrawut, banyak yang menyembah berhala patung, kaum wanita telah diperbudak makanya laki-laki, yang lemas ditindas oleh yang kuat dan begitulah seterusnya. Sesudah Selam datang yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw, maka berubahlah sedikit berangsur-angsur kurang tatanan aturan nyawa jahiliyah, dari tindas menindas menjadi ubah ajar mengasuh, dan saling bantu kondusif, dan juga kaum wanitanya telah dipersamakan kedudukannya dengan kaum maskulin , tidak ada perbedaan antara hamba/manusia nan satu dengan makhluk yang lain, semuanya setinggi saja, baik yang bakir, miskin, yang punya kedudukan atau nan tidak punya kedudukan, akan tetapi yang menjadi dorong ukur atau standar kemujaraban seseorang di hadapan Tuhannya adalah kadar taqwanya kepada Alloh SWT.

Hadirin sekalian yang berbahagia!

Menurut tarikh Islam bahwa Nabi Muhammad itu lahir itu pada tanggal 12 Rabi’ul Awal Tahun Gajah atau bertepatan dengan tanggal 20 April tahun 571 Kristen. Akan halnya sebab dinamakan musim kelahiran Nabi dengan tahun gajah, karena pada tahun itu kota Mekkah telah diserang dan kepingin dihancurkan oleh tentara Nasrani yang dipimpin maka itu Raja Abrahah dengan berkendaraan Gajah. Dan belum kembali tergapai maksud jahatnya itu mereka mutakadim dimusnahkan makanya Alloh SWT, melalui burung ababil nan melontari batu dari neraka. Sebelum Rasul Muhammad lahir ayahnya yang bernama Abdulah sudah wafat sedikit lebih tujuh bulan, dan ibunya bernama Siti Aminah.

Hadirin simultan yang berbintang terang!

Di n domestik kita memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad saw, atau maulidan Rasul saw, yang terpenting ialah kita harus memetik hikmah pecah peristiwa-peristiwa yang pernah di alami oleh Nabi, termasuk di dalamnya ki mawas atau meneladani tata krama-tata susila sira yang polos (akhlakul karimah). Janganlah kita di intern memperingati maulid utusan tuhan kita berfoya-foya, dan berpesta pora tapi kita tambahan pula meneledorkan tujuan utama peringatan itu sendiri.

Kaprikornus sekali lagi kita ingatkan sekaligus himbauan kepada seluruh umat islam di dalam kita memperingati Maulid Nabi itu moga kita menjumut intisari spirit yang pernah di alami Rasulillah yang kemudian kita praktekan/kita wujudkan dalam kehidupan sehari-hari, sebab akhlak-akhlak atau prilaku -prilaku Rasulillah saw, itu yakni merupakan rujukan dan acuan dari orang-basyar yang mengangankan kebahagiaan kehidupan di marcapada dan semangat di darul baka.

Alloh SWT, telah menyatakan bahwa pada diri Rasulillah saw. terletak akhlak yang mulia, sekaligus menjadi panutan bagi khalayak-orang yang mengangankan bertemu dengan Alloh:

“Sesungguhnya adalah bikin sira pada Rasulullah itu teladan nan baik; Bagi barangsiapa yang mengharapkan Allah dan Hari Kemudian dan yang banyak ingat kepada Sang pencipta. ( Al Ahzaab Ayat 21 )”

Marilah dalam kesempatan ini kita mengupas invalid adapun kepribadian Rasulillah yang merupakan panutan dan suri tauladan, sama dengan firman Alloh swt. Dan kemudian kita buktikan/ kita wujudkan internal bentuk lahiriyah/amal perbuatan. Diantara akhlak-akhlak ia itu yakni sebagai berikut:

Pertama: Toleransi YANG DIMILIKI Maka itu RASULULLAH SAW.

Sreg suatu momen Rasulullah saw menjauhi ke negri Thaif dengan harapan seruan da’wahnya mendapat peluang dan sambutan yang baik berpunca penduduk Thaif, sebab disana berkumpulah keluarganya nan dekat. Puas awal keikhlasan anda itu disambut dengan mumbung mesra, tetapi setelah Rasulullah saw berdakwah mengenai kebenaran yang hakiki, mengingatkan dan mengajak mereka buat keluar bermula dunia kesamaran menuju atma yang lebih baik mudah-mudahan terhindar bermula hukuman Alloh SWT. Mereka lebih lagi menertawai dengan prinsip yang amat berangasan, dan tambahan pula kamu disakiti dengan dilempari batu, sampai bercucuranlah darahnya, hingga takhlik beliau tidak sadarkan diri. Pron bila yang demikian itu malaikat jibril menyodori Rasul Muhammad agar beliau berdo’a kepada Alloh untuk menumpaskan suku bangsa Thaif, dan kamipun (alas kata Jibril) sanggup untuk mengangkat gunung Uhud ini bakal kuhancurkan kepada kaum Thaif. Apa yang diperbuat oleh Utusan tuhan detik ditawari oleh malaikat jibril? beliau lalu menyanggang kedua tangannya seraya berdo’a kehadirat Sang pencipta ( Ya Alloh tunjukan kaumku itu, karena mereka itu belum memafhumi.) Maka selamatlah suku bangsa Thaif dari siksa alloh.

Sungguh besar jiwanya Nabi Muhammad, alahkah luhur dan baik khuluk pekertinya, alangkah sabarnya Rasul Muhammad saw. Kalaupun cak semau seribu belaka suatu orang cuma

Kedua: KEIKHLASAN HATINYA RASULULLAH SAW.

Suatu ketika Rasulullah saw tertidur di bawah pohon tamar terpisah berpangkal tentara umat Islam yang lain. Tiba-tiba datanglah seorang tandingan seraya menghunuskan lamang di atas lehernya dan membangunkannya, lalu bertanya : Hai Muhammad siapakah saat ini yang boleh menolong dari bahaya maut ini? Sepontanitas dengan suara miring lantang Rasulullah menjawab : Sang pencipta yang menolong aku. Tiba-tiba itu pun pedang yang ada di tangannya tercatak, dan kini gilirannya Nabi Muhammad yang menghunus pedang dan berkata kepada orang itu : Sekarang siapakah yang bisa menyelamatkan kamu bermula bahaya maut ini : Hanya engkaulah ya Rasulullah yang boleh menguburkan jiwaku, jawab orang itu. Maka dikembalikan pedangnya oleh Nabi untuk menyatakan Timbrung Islam, karena kagum atas kemurahan hati, ketegaran, kelapangan hati yang dimiliki makanya Rasululloh, dan kamu belum gayutan mematamatai turunan tubuh nan sifatnya dan perilakunya seperti Utusan tuhan Muhammad ini.

Ketiga, KETEGUHAN HATI RASULULLAH SAW

Hatinya teguh, pendiriannya kukuh. Tidak surut langkahnya intern menghadapi kebatilan. Pendiriannya tetap, tidak tergoyahkan oleh gelombang elektronik arus bumi yang selalu digunakan pihak tandingan sebagai tipu daya muslihat.

Sreg suatu ketika Utbah sebagai pimpinan/utusan berpokok suku bangsa Quraisy telah menangkap basah Rasulullah cak bagi mengadakan perundingan. Dalam perundingan itu Utbah menawarkan harta, martabat kursi kepada Rasulullah agar beliau meninggalkan da’wah Islamiyah. Dengan adanya tawaran yang berada di hadapan sira itu, dengan sopan dan hormat dia membacakan ayat-ayat sui Al-Qur’an yang baik, dan akhirnya ia pun kepada kaumnya (bani adam-anak adam Quraisy) bahwa telah mendengarkan ajaran Nabi Muhammad yang belum didengar selama ini, dan mengajak kaumnya mengikuti petunjuk Nabi Muhammad.

Dengan keteguhan lever dan kaidah Nabi Muhammad itu, menjadikan orang tertarik, prinsip hidupnya tidak mudah digadaikan walau dengan emas sedunia ini sekalipun.

Hadirin sekalian yang berbintang terang!

Sebenarnya akhlak-tata susila Rasulullah saw yang menjadi mata air panutan privat meniti hidup di dunia ini untuk berorientasi hidup di akhirat banyak sekali, akan hanya ketiga kepatutan Rasulullah saw tersebut di atas. Kami kira sudah cukup, apabila kita semua kepingin mengamalkannya dan mempraktekan dalam semangat ini.

Dan tentang selengkapnya hikmah-hikmah yang terkandung dalam nilai-skor atma Rasulullah saw, belakang hari akan di jelaskan maka itu …………………………. dalam gambar memperingati Maulid Nabi Muhammad saw

Demikian pidato/sambutan dari kami, apabila ada minus lebihnya kami mohon lepas yang sebesar-besarnya, dan pengunci prolog : Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuhu


( CONTOH 11 )

Pidato Maulid Nabi

Assalamualaikum,wr.wb.

Hadirin yang berbintang terang.

Alhamdulillah wasyukurillah, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt. Karena atas kuasanya kita dapat berkumpul, bersemuka paras/bermuajahah ditempat ini.

Shalawat beserta salam senantiasa terlimpahkan pada suritauladan umat manusia, yang membawa  jaman jahiliyyah ke era penuh cahaya. Tiada lain; yaitu habibana, wanabiyyana, Muhammad Sallalahu Alaihi Wasalam

Tidak lupa sreg keluarganya, shabatnya, dan para pengikut ia. Mudah2an kita dicatat bak umatnya. Amin ya rabbal alamin..

Dewan hakim yang saya hormati,

Dalam kesempatan ini, saya, Reisha Rahmatun Nissa, kelas V SDN 1 Cikalongsari, perwakilan Kabupaten Karawang, insyaAllah akan menyorongkan jabaran ceramah akan halnya Hikmah Muharram dan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW, yang saya kirim dalampaket hikmah berjudul 5M.

Barang apa itu 5M?

M yang mula-mula merupakan ki belajar.

1. Mencontoh

Maksudnya yakni meneladani akhlak rasul dalam semua aspek kehidupan, seperti mana firman Allah n domestik sahifah Al-ahzab ayat 21.

“sesungguhnya telah cak semau pada diri rasulullah suri tauladan yang baik”.

M yang kedua yaitu mengubah

2. Menidakkan

Perubahan seperti apakah nan dimaksud? Setara dengan nilai-ponten bulan muharram, perlintasan nan dimaksud yakni Berhijrah bermula prilaku yg negative menjadi positif.

– Berhijrah terbit yang tadinya berat pinggul belajar menjadi gegares,

– Dari yang tidak perantaraan shalat menjadi shalat,

– Dan berhijrah dari jarang membaca quran jadi rutin

Hadirin yg berbahagia,

M yang ketiga, hikmah bermula muharram dan mauled nabi Muhammad SAW yakni berlatih.

3. Membiasakan

karena amalan yg  rutin walau kurang, lebih disukai maka dari itu Yang mahakuasa tinimbang amalan banyak nan serempak tapi jarang dilakukan.

Contohnya adalah adalah Puasa as-syura,

apa itu puasa Assyura? saingan, tau tidak..?

Bu guru.. apa sih puasa assyura?

Puasa assyura ialah berpuasa pada tanggal 10 rembulan Muharram. Hadist riwat muslim menyebutkan:

”Puasa nan minimum utama setelah (puasa) Ramadhan ialah puasa plong bulan Muharram.”

4. Membaca Al-Qur’an dan hadits,

Dua wasiat berusul rasul, atau bahasa kerennya: S.O.P. (Barometer Operational Prosedur) nan bertindak di barang apa zaman, sebagai pedoman kita mudah-mudahan selamat di dunia dan akhirat.

5. Menembang shalawat plong Yang dipertuan Utusan tuhan,

Bagaimana caranya? hadirin baca shalawat bareng yu,

“shalatullah salamullah, ala thaha rasulillah

shalaatullah salamullah

ala yaasin habibillah”

Hadirin walhadirat Rahimakumullah,

Sebagai kesimpulan, dengan hikmah mauled rasul dan bulan Muharram ini mudah-mudahan kita bisa mengaplikasikan 5 M tadi intern semangat sehari-hari.

M yang permulaan yaitu Mencontoh,

M yang kedua Mengubah,

M yang ketiga merupakan Membiasakan,

M nan keempat Membaca,

Dan M yang terkhir yaitu Melantunkan Shalawat kepada sri paduka Rasul Muhammad SAW.

Alhamdulillah kita disini bisa menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, namun ternyata itu tetapi bukan sepan, sebab

terselenggaranya program :  umpama udara.

meriahnya suasana : misal hujan abu.

pelanginya adalah : mutiara hikmah dan pergantian.

Sekian dari saya,

Minus dan lebihnya mohon dimaafkan, karena Reisha dalam tahap belajar.

Wabillahi taufik walhidayah, wassalamualaikum wr.wb.


( Sempurna 12 )

8.       Syarah Maulid Nabi

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ، الْحَمْدُ للهِ الَّذِى فَضَّلَ بَنِى آدَمَ بِالْعِلْمِ وَالْعَمَلِ عَلَى جَمِيْعِ الْعَالَمِ، وَالصَّلاَةُ عَلَى مُحَمَّدٍ سَيِّدِ الْعَرَبِ وَالْعَجَمِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ يَنَابِيْعِ الْعُلُوْمِ وَالْحِكَمِ. أَمَّا بَعْدُ.

Yang pertama marilah kita ucapakan rasa sukur kepada Allah SWT atas barang apa limpahan rahmatnya, sehingga kita bisa menghadiri acara peringatan maulid nabi Muhammad SAW dalam keadaan sehat wal bugar.

Sholawat dan salam agar tetap tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW dan semua yang hadir disini semoga mendapatkan syafaat dia di hari akhir, Amin yarobbal alamin.

Hadirin yang saya hormati, puas kesempatan kali ini saya akan bersyarah tentang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sebelumnya saya akan bertanya kepada hadirin bertepatan, apakah Nabi Muhammad mencintai umatnya? Karuan iya. Dan apakah hadirin lagi menyayangi Nabi Muhammad? Hmmmm jawabnnya silahkan pikir sendiri ya….

Bagaimana cara mencintai Rasulullah SAW? Yaitu dengan mengikuti ajaran dia.

Wajib hadirin siuman, taat dengan tidak setengah-setengah, misalnya mengajuk perintah tidak meninggallkan shalat yang itu merupakan perintah pecah Allah SWT nan diwajibkan lakukan umat. karena Allah SWT telah berfirman dalam kopi An Nisa ayat 80. Yang artinya : “Barang kali yang menaati rasul itu, berarti ia telah menaati Allah.”

Yang kedua kalinya yaitu mengimak sunahnya, banyak contoh sunah misalnya kita membaca shalawat kepada utusan tuhan Muhammad itu merupakan contoh amalan sunah.

Yuk kita ucapkan sholawat kepada nabi dengan nada yang bagus. Sholatullah… salamullah… ala thoha… rosulillah…. sholatullah… salamullah… ala yasin… habibilla…

Allahumma sholli’ala sayyidina muhammad…..

Nah itu tadi beberapa lengkap kita mencintai rasulullah dengan menaati perintah dan melaksanakan sunahnya.

Hadirin yang mujur, demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan. Sebaiknya bermanfaat. Dari awla hingga akhir kurang lebihnya mohon absolusi.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


( Abstrak 13 )

9.       Ceramah Maulid Rasul

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.Kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati. Dengan memuji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt, karena pada kesempatan hari ini kita masih ditaqdirkan oleh Allah, bisa berkumpul cahaya muka di masjid yang tiba ini tanpa ada galengan suatu apapun. Hendaknya pertemuan kita pada malam ini membawa kebaikan dunia dan alam baka, amiin.Selanjutnya shalawat serta salam mudahmudahan tunak terwujud kepada junjungan nabi besar Muhammad Saw, karena beliau, yang telah berhasil mengirimkan, agama islam yang penuh dengan rahmatnya.Suku bangsa muslimin dan muslimat yang berbahagia, malam ini kita berkumpul di masjid perlu memperingati tahun kelahiran Rasul Saw. Karena bulan Tuhanku’ul awal cak semau peristiwa yang terpenting adalah Iahimya nabi kita Muhammad Saw. Beliau lahir mengirimkan hidayah, yakni agama islam, sehingga yang asalnya kita di alam jahiliyah merentang alam terang benderang, sehingga dapat membedakan mana nan haq dan yang bathil. Kita bisa membayangkan bagaimana Nabi saw. sebelum lahir di tampang dunia tentunya umat dalam kejadian kemungkus, wanita mutakadim diperbudak lelaki, resan jahiliyah memasyarakat, nan miskin tambah miskin, yang kaya tambah berharta, begitulah seterusnya.Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia.Setelah selam yang dibawa Nabi Muhammad Saw, maka isi tatanan jahiliyah bisa berubah dengan kuantitas menjadi adat islami, sehingga nan dulunya ubah menindas, akhimya saling sokong kontributif antara yang satu dengan yang lainnya. Perlu diketahui, bahwa menurut rekaman islam, Nabi Muhammad Saw. lahir tepatnya pada tanggal 12 Rabi’ul Awwal tahun Gaj ah ataupun serempak dengan tanggal 20 April waktu 571 Masehi. Dinamakan tahun gajah, karena tepatnya lahir Nabi Saw, banyak armada mengendarai gajah nan hendak menghancurkan pasukan Ka’bah yang dipimpin oleh gubemur Yaman bernama Abraha. Tetapi tujuan yang brutal itu setara sekali tidak bisa dicapai, karena dihujani provokasi kerikil oleh burung ababil berusul neraka.Kabilah muslimin dan muslimat yang berbahagia.Nabi Muhammad Saw, lahir privat keadaan yatim, karena kurang kian tujuh bulan Ayahnya wafat adalah Abdullah. Ibunya bernama Siti Aminah. Cak bagi kita anak adam-orang Islam yang terpenting dalam memperingati situasi ini kita senantiasa mencontoh kesusilaan Nabi Saw. yang sangat mulia, sekaligus menjadi panutan anak adam-orang nan menginginkan bertemu dengan Halikuljabbar Swt. Dalam situasi ini Allah bertutur sebagaimana yang tercantum privat Sertifikat Al-Ahzab: ayat 21. Artinya:Sesungguhnya Rasulullah (Muhammad Saw) menjadikan teladan yang baik bagikamu dan lakukan turunan-orang yang mengharapkan menetapi Halikuljabbar dan musim kemudian, dan yang mengingati Tuhan sebanyak-banyaknya.Demikian pertampikan kami, bila terwalak pengenalan-kata yang kurang berkenan privat hari kami minta maaf yang sebesar- besamya. Seyogiannya yang saga sampaikan tadi mengangkut khasiat, ihdinash shirathal mustaqiim,Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

—————————————————————————————


( CONTOH 14 )

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Terlebih dulu marilah kita panjatkan puji terima kasih kehadirat Almalik SWT karena dengan rahmat dan hadiah-Nya pada saat ini kita boleh memperingati hari Mulud Nabi Muhammad SAW dalam suasana cerah, cegak walafiat bukan sedikit sesuatu apapun.

Semoga salam dan hadiah senantiasa terlimpah kepada junjungan kita Nabi Raksasa Muhammad SAW yang mutakadim membawa umat bani adam dari zaman kegelapan ke zaman terang benderang yaitu dengan tegaknya agama islam.

Hadirin kontan yang mujur !

Peringatan Maulud Utusan tuhan yang umumnya diselenggarakan secara meluas di seluruh Persil Air kita sepatutnya tak sekedar ialah kegiatan upaccara yang berperilaku lahiriah namun, namun bertambah dari itu seyogiannya semoga ter-hormat-bermoral merupakan kesempatan nan baik kerjakan merenungkan pun dan meresapi secara mendalam fungsi dan makna dari lahirnya seorang Nabi dan Rasul terakhir yang membawa wahyu berasal Allah Yang Maha Agung yang memberikan suri Tauladan bagi seluruh umat manusia.

Hadirin sekalian yang berbahagia !

Puas hakikatnya, mempercayai kebenaran wahyu yang sudah lalu dibawa oleh Utusan tuhan Muhammad SAW dan mengajuk suri tauladan yang telah diberikan olehnya ialah merupakan inti tinimbang Peringatan Maulud Nabi.

Dalam peristiwa ini Allah sudah merenjeng lidah n domestik Surat Al-Ahzab : 21 :

Artinya :

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) buat orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (keberadaan) masa yaumudin dan Dia banyak menyebut Allah.

Dengan memperhatikan keefektifan dan makna ayat-ayat tersebut diatas maka jelaslah bahwa Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW ini, juga merupakan kesempatan untuk introspeksi sampai dimana keikhlasan kita internal mengikuti pimpinan dan suri tauladan yang telah diberikan oleh Utusan tuhan kita Muhammad SAW.

Hadirin serta merta yang mujur !

Dalam kesempatan yang mendapat habuan ini ada beberapa hal yang perlu kita renungkan bersama dalam rangka ranggah suri tauladan yang telah dicontohkan internal peri hidup dan atma Utusan tuhan Muhammad SAW.

Dalam kehidupan berbangsa sebagai nasion nan kini tengah membangun bikin menciptakan satu hari depan nan lebih baik, banyak suri tauladan yang kita petik berpunca avontur hidup Nabi Muhammad SAW baik sejak dia masih akil balig ataupun sesudah diangkat sebagai Utusan tuhan, yaitu antara lain tauladan akan halnya gaya hidup sehari-hari.

Kebahagiaan dan kenikmatan vitalitas yang dirasakan oleh Nabi Muhammad SAW, bukanlah terwalak puas kelezatan dan kemegahan hidup ragawi, melainkan kebahagiaan dan kenikmatan yang ditemukan dalam kewajaran. Tuntutan semangat sederhana yang didukung makanya kepribadian nan setia, tata krama yang indah serta tingkah laku yang mumbung kasih cangap dan lemah lembut ialah mahkota keindahan yang menghiasi spirit Rasul Muhammad SAW.

Dengan memperhatikan berbagai riwayat spirit Nabi yang menggambarkan bagaimana gaya sukma dan pergaulan dia dengan makhluk-manusia disekitarnya, maka kesemuanya mencerminkan tingkah laku kesopanan dan kepolosan hidup.

Demikian barang apa yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bikin kita semua. Amin.

Akhirnya Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

————————————————————————————


( Hipotetis 15 )

10.   Pidato  Maulid Nabi

’alaikum wr. Wb

Yang terhormat Kiai Kepala SMPN 05 Bangkalan, Bapak ibu guru serta teman-teman seperjuangan. Bakal mengawali kegiatan plong kesempatan pagi perian ini, marilah kita sejenak membeberkan rasa khidmat dan puji syukur kehadirat Allah S.w.tepi langit. karena dengan limpahan rahmatNya kita dapat berkumpul di palagan ini minus ada halangan satu apapun. Hendaknya pertemuan kita senantiasa asian ridla Allah Swt, sehingga keberadaan kita selalu mendapat pahala berbunga-Nya.

Shalawat serta salam semoga kukuh tercurahkan kepada suami nabi besar Muhammad saw, karena hanya beliaulah umpama suri tauladan dalam spirit ini, sehingga kita dapat mengetahui mana nan hoki dan nan bathil. Seyogiannya kita tergolong umat beliau yang senantiasa mengikuti jejaknya. Amien

Buya ibu guru serta teman-teman sepenanggungan, saya selaku perwakilan berpunca pelajar kelas IX A RSBI mengucapkan banyak-banyak terima kasih karena bapak dan ibu guru dapat meluangkan sedikit perian tahu  Kiai ibu master cak bagi menghadiri acara maulid nabi ini, saya berdiri disini akan mengedepankan pidato yang berjudul maulid nabi.

Seperti yang sudah lalu kita makllumi bersama, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, bukanlah adalah suatu kewajiban, dan tak terserah perintah dalam Al-qur’an maupun hadist rasulullah, walaupun demikian, dengan penuh kesadaran kita memperingati tahun kelahiran Utusan tuhan Muhammad SAW kerjakan menarik kemustajaban yang sebesar-besarnya dengan menelaah nilai-poin yang terletak privat petunjuk agama islam dan suri tauladan kehidupan anda, dan selanjutnya mempergunakan bagaikan hipotetis hidup kita seorang.

Sungguh Muhammad SAW sudah lalu menjadi bukti validitas, beliau dilahirkan internal peristiwa yatim dan dibesarkan dalam keadaan ang kurang produktif. Beliau pun tak juru membaca dan batik serta hidup dalam lingkungan yang terbelakang. Tetapi demikian, enggak satupun factor negatif itu mengapalkan dampak terhadap dirinya. Lebih lagi sebaliknya, beliau dinilai oleh banyak pakar dari bermacam-macam kepatuhan guna-guna dan dengan beraneka diversifikasi tolok ukur umpama khalayak terbesar dalam sepanjang sejarah kemanusiaan. N domestik konteks ini Al-qur’an menyatakan: “ sememangnya kami pasti akan meninggikan namamu(Q.S. Al insyirah:4).

N domestik susuk memperingati maulid nabi ini, pertama-tama harus disadari apakah inti dari risalah kehidupan Rasulullah? Al-Qur’an menekankan kerumahtanggaan pertinggal Al-Anbiyaa: 107” dan tidaklah aku (allah) mengutus engkau Muhammad, kecuali untuk menjadi karunia bakal seluruh alam” dari ayat yang pendek itu jelaslah kepada kita, bahwa Muhammad dipilih dan diutus oleh Allah untuk menjadi rahmat, pengarak keselarasan hidup dan kebahagiaan bagi seluruh duaja, baik pataka bani adam, maupun alam lingkungan turunan. Keselarasan atma dari seluruh manajemen jagad raya dicapai dengan manuver membina keselarasan hidup di lingkungan micro cosmos yaitu masyarakat manusia.

Rasullullah sudah mempertemukan fitrah khalayak dengan tajali illah. Nabi Muhammad SAW telah membawa satu perubahan besar internal masyarakat. Dari masyarakat jahiliyah kepada publik mardhatillah, dari masyarakat yang jamud dan beku kepada publik yang memberti tempat kepada perkembangan ide dan hobatan pengetahuan, dari publik nan penuh perbudakan oleh yang lestari kepada nan lemah dengan dorongan hayat mengejar kepuasan atas radiks nafsu nafsiah, menjadi awam demokratis nan bermotivasikan kemajuan atas dasar keimanan dan nilai-kredit kemanusiaan dan kemasyarakatan yang luhur.

Cukup sampai disini nan boleh saya sampaikan, bila terdapat hal-hal yang invalid berkenan relung hati hadirin sewaktu kami minta maaf nan sebesar-besarnya. Kiranya yang saya sampaikan tadi membawa kekuatan kepada kita semua. Amieen. Billahi taufiq walhidayat. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


( CONTOH 16 )

11.   Lektur Maulid Rasul

Assalaaamualaikum wr. Wb

Alhamdulillaahilladzi Hada naa lihaadaa wama kunna linnah tadia laulaa an hadaanalloh, asyahdu an lla illaa ha illalloh walah dahuu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rosuuluh alladzi laa nabiya ba’da

Qoo lallohu ta’aala fi quraanilkariim a uu’dzubillaahiminasyaitoonirrojiim bismillaahirrohmaanirrohiim : “laqod kaana lakum fi rosulillaahi uswatun hasanah” shodaqollohul a’dzim ma’na na wallohu a’lam

Bapak kepala sekolah yang saya hormati, Bapak dan Ibu guru yang saya hormati lagi para inversi-lawan nan saya cintai

Pertama-tama yuk kita panjatkan puji beseta syukur kepada Alloh SWT, nan mana pada kesempatan kali ini kita bisa berkumpul dalam program peringatan Maulid Nabi, mudah-mudahan acara ini menjadikan sarana diturunkannya kasih pula taufiknya dari Alloh SWT, amiiin..

Sholawat serta salam semoga tetap terlimpah curah kepada Nabi Muhammad SAW kepada para keluarganya,para sohabatnya,para tabi’in dan tabi’at sekali lagi moga sampai kepada kita selaku ummatnya,amiiin

Para hadirin Rohimakumulloh…

Bulan rabbana’ul awwal merupakan bulan dimana Alloh SWT sudah mentakdirkan terlahirnya sosok individu yang agung melalui rahim ibunda Siti Aminah merupakan Muhammad Rosululloh SAW, copot 12 Rabi’ul Awwal tepat nya beliau terlahir, yang mana Wulan Rabi’ul awwal ini populer dengan sebutan rembulan mulud karena di bulan rabi’ul Awwal terserah detik hari kelahiran Rasul Muhammad SAW kalau bahasa Arabnya di sebut Maulid Rasul

Para hadirin Rohimakumulloh, esensi dari Maulid Rasul bukanlah belaka sebatas tontonan seremonial saja melainkan bagi meng-upgrade religiositas kita selaku umat Islam, menambah keilmuan sekali lagi meningkatkan kualitas ibadah kita kepada Alloh SWT. Di balik itu juga, moment Mualid Rasul ini bisa dijadikan media untuk memahami sejarah Nabi Muhammad dalam memperjuangkan Islam, agar kita bisa tahu seperti segala Sunnah-sunnah beliau sehingga kita selaku ummat Selam bukan keliru dalam memahami dan menjalankan Sunnah Utusan tuhan, Alloh SWT berfirman dalam QS Al-Ahzab :21

Artinya : “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik    bagimu (merupakan)        bagi orang nan mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Almalik”.

Jelas sekali bahwa Alloh SWT telah memberikan peneranagan kepada kita bahwa terdapat suri tauladan yang baik pari diri Rosululloh, dengan menelanjangi lembaran-lembaran siroh Nabi diharap kita semua boleh mencontoh perilaku Rosululloh bahkan mengaplikasikannya di dalam arwah sehari-hari

Para hadirin Rohimakumulloh, mengapa kita harus ki mawas Rosulullah???

Yang pertama sudah jelas intern QS al-Ahzab : 33, Rosululloh yaitu contoh yang baik cak bagi kita yang patut kita contoh,enggak kepada biang keladi-tokoh dari Barat nan senantiasa akan mendamparkan Islam, di zaman modern ini banyak kasus yang terjadi malah terhadap para remaja, banyak sekarang cukup umur-taruna Muslim yang buta akan siroh Nabi sehingga mereka lebih mengidolakan seniman yang mereka sukai tinimbang Nabi Muhammad, wal hasil efek negatifnya para cukup umur-mulai dewasa mukmin ini menuruti gaya vitalitas para seniman yang jauh dari tun-tunan syari’at Selam, pecah mulai mode berbusana sampai ke pola vitalitas sehari-tahun, betul gak teman-teman????….nau’dzubillah summa nau’dzubillah….

Yang kedua, semua orang dalam nasib ini ingin mempunyai akhlaq yang baik, orang tua ingin mempunyai anak yang berakhlaq baik, buya suhu,Ibu guru kepingin agar momongan didiknya mempunyai akhlaq yang baik,

Alloh mengomong dalam QS Al-Qolam : 4

“WA INNAKA LA’ALAA KHULUQIN A’DZIM”

Artinya : ”Dan selayaknya dia serius berbudi pekerti yang agung”.

Kerumahtanggaan ayat ini Alloh SWT menggelari Rosululloh dengan Akhlaq yang baik, jadi dengan memahami Siroh Rasul, kita dapat tahu seperti apa indahnya akhlaq Rosul dengan harapan kita bisa meng-copy ketel akhlaq beliau kemudian kita pastekan dalam kehidupan kita sehari-hari

Para hadirin Rohimakumulloh, di cukupkan sekian hanya pembahasan saya adapun Maulid Nabi, yang benarnya mutlak dari Alloh SWT, nan salahnya dari ke khilapan diri pribadi saya, juga mohom belas kasihan atas kesalahan perkataan saya yang saya ucapkan tadi, mudah-mudahan Alloh memaafkan kita semua,Aminnn….

Billahi tauik walhidaayah, wassalaamu’alaikum wr.wb


( Pola 17 )

12.   Orasi Maulid Nabi

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Terlebih dahulu marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Almalik SWT karena dengan hidayah dan karunia-Nya bilamana ini kita dapat memperingati perian Mulud Rasul Muhammad SAW n domestik suasana cuaca, cegak walafiat tidak abnormal sesuatu apapun.

Moga salam dan pemberian senantiasa terlimpah kepada junjungan kita Utusan tuhan Ki akbar Muhammad SAW yang telah mengapalkan umat anak adam dari zaman kesamaran ke zaman terang benderang ialah dengan tegaknya agama selam.

Hadirin sekalian nan berbintang terang !

Peringatan Maulud Nabi nan biasanya diselenggarakan secara meluas di seluruh Petak Air kita sebaiknya bukan sekedar yakni kegiatan upaccara yang berwatak badaniah tetapi, tetapi bertambah semenjak itu seharusnya agar serius yakni kesempatan yang baik bakal merefleksikan kembali dan menyelami secara mendalam faedah dan makna bersumber lahirnya seorang Nabi dan Rasul terakhir yang mengangkut wahyu dari Allah Yang Maha Agung yang memberikan suri Tauladan bagi seluruh umat manusia.

Hadirin sekalian nan berkat !

Sreg hakikatnya, mempercayai kebenaran ilham yang telah dibawa maka itu Nabi Muhammad SAW dan mengikuti suri tauladan yang telah diberikan olehnya adalah merupakan inti ketimbang Peringatan Maulud Nabi.

Intern peristiwa ini Yang mahakuasa telah berfirman  internal Surat Al-Ahzab : 21 :

Artinya :

Senyatanya sudah ada lega (diri) Rasulullah itu suri eksemplar yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) musim kiamat dan Beliau banyak menyebut Allah.

Disamping itu Allah menegaskan pula dengan  firmannya Surat Ali Imran ayat 31 :

Artinya :

Katakanlah: “Kalau kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Yang mahakuasa mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Dengan memperhatikan kekuatan dan makna ayat-ayat tersebut diatas maka jelaslah bahwa Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW ini, pula ialah kesempatan untuk mawas diri sampai dimana kesanggupan kita dalam mengajuk pimpinan dan suri tauladan nan sudah lalu diberikan makanya Nabi kita Muhammad SAW.

Hadirin sekalian yang berbahagia !

Privat kesempatan yang berbahagia ini ada beberapa hal yang terlazim kita renungkan bersama dalam rancangan memetik suri tauladan yang telah dicontohkan dalam peri roh dan kehidupan Rasul Muhammad SAW.

Dalam kehidupan berbangsa umpama bangsa yang kini tengah membangun bikin menciptakan suatu hari depan yang lebih baik, banyak suri tauladan yang kita petik bermula pengembaraan hidup Nabi Muhammad SAW baik sejak dia masih muda ataupun pasca- diangkat laksana Nabi, yaitu antara tidak tauladan tentang gaya atma sehari-perian.

Kebahagiaan dan kenikmatan jiwa yang dirasakan oleh Nabi Muhammad SAW, bukanlah terletak pada kelezatan dan gebyar hidup lahiriah, melainkan kebahagiaan dan kenikmatan yang ditemukan dalam kesahajaan.  Tuntutan hidup sederhana yang didukung oleh khuluk yang teguh, karakter pekerti yang luhur serta tingkah laku yang penuh anugerah sayang dan lemah lembut yaitu mahkota keindahan yang menghiasi kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Dengan mengaibkan plural riwayat usia Nabi nan melukiskan bagaimana kecondongan hidup dan jalinan beliau dengan orang-orang disekitarnya, maka kesemuanya mencerminkan tingkah laku kesopanan dan kesederhanaan kehidupan.

Demikian segala apa nan dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Amin.

Akhirnya Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

—————————————————————-


( CONTOH 18 )

Assalamualaikum,wr.wb.

Hadirin yang berbahagia.

Alhamdulillah wasyukurillah, mari kita panjatkan puji terima kasih kehadirat Almalik swt. Karena atas kuasanya kita bisa berkumpul, bertatap muka/bermuajahah ditempat ini.

Shalawat beserta salam senantiasa terlimpahkan puas suritauladan umat insan, nan mengapalkan  jaman jahiliyyah ke era penuh semarak. Tiada tak; yakni habibana, wanabiyyana, Muhammad Sallalahu Alaihi Akhir kata

Tak tengung-tenging pada keluarganya, shabatnya, dan para pengikut dia. Mudah2an kita dicatat sebagai umatnya. Amin ya rabbal alamin..

Dewan juri nan saya hormati,

N domestik kesempatan ini, saya, Reisha Rahmatun Nissa, inferior V SDN 1 Cikalongsari, perwakilan Kabupaten Karawang, insyaAllah akan menyampaikan uraian ceramah mengenai Hikmah Muharram dan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW, nan saya bingkis dalam kelongsong hikmah berjudul 5M.

Barang apa itu 5M?

M yang purwa adalah mencontoh.

1. Meneladan

Maksudnya ialah meneladani moral rasul dalam semua aspek roh, sebagaimana firman Allah dalam surat Al-ahzab ayat 21.

“sebenarnya telah ada sreg diri rasulullah suri tauladan yang baik”.

M yang kedua yakni mengubah

2. Mengubah

Perlintasan seperti apakah yang dimaksud? Selaras dengan nilai-nilai wulan muharram, perubahan yang dimaksud adalah Berhijrah berusul prilaku yg negative menjadi positif.

– Berhijrah dari nan tadinya indolen belajar menjadi caruk,

– Dari yang tak pernah shalat menjadi shalat,

– Dan berhijrah dari sukar membaca quran jadi rutin

Hadirin yg mujur,

M nan ketiga, hikmah berusul muharram dan mauled rasul Muhammad SAW yakni membiasakan.

3. Belajar

karena amalan yg  rutin walau cacat, lebih disukai oleh Allah daripada amalan banyak yang kontan tapi jarang dilakukan.

Contohnya adalah ialah Puasa as-syura,

barang apa itu puasa Assyura? p versus, tau enggak..?

Bu guru.. apa sih puasa assyura?

Puasa assyura adalah bertarak pada rontok 10 bulan Muharram. Hadist riwat muslim menyebutkan:

”Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram.”

4. Membaca Al-Qur’an dan hadits,

Dua wasiat berbunga rasul, atau bahasa kerennya: S.O.P. (Standar Operational Prosedur) yang berlaku di segala zaman, sebagai pedoman kita agar selamat di dunia dan akhirat.

5. Melantunkan shalawat pada Baginda Utusan tuhan,

Bagaimana caranya? hadirin baca shalawat menyerentakkan yu,

“shalatullah salamullah, ala thaha rasulillah

shalaatullah salamullah

ala yaasin habibillah”

Hadirin walhadirat Rahimakumullah,

Andai deduksi, dengan hikmah mauled nabi dan rembulan Muharram ini semoga kita bisa mengaplikasikan 5 M tadi dalam kehidupan sehari-tahun.

M yang pertama yaitu Bercermin,

M yang kedua Mengingkari,

M yang ketiga merupakan Belajar,

M nan keempat Mendaras,

Dan M yang terkhir yaitu Menyanyikan Shalawat kepada baginda Utusan tuhan Muhammad SAW.

Alhamdulillah kita disini dapat menyelenggarakan peringatan Maulid Utusan tuhan Muhammad SAW, namun ternyata itu saja tidak cukup, sebab

terselenggaranya acara :  laksana peledak.

meriahnya suasana : umpama hujan.

pelanginya adalah : dur hikmah dan perubahan.

Sekian dari saya,

Minus dan lebihnya mohon dimaafkan, karena Reisha dalam tahap belajar.

Wabillahi taufik walhidayah, wassalamualaikum wr.wb.

Source: https://www.vestitijayastore.com/2019/10/contoh-teks-pidato-maulid-nabi-terbaik.html