Contoh Pidato Persuasif Tentang Narkoba

Sonora.ID –
Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang disampaikan maupun ditujukan kepada dan di depan orang banyak.

Dikutip dari


Kamus Raksasa Bahasa Indonesia

, persuasif yaitu berwatak membenari secara halus supaya menjadi yakin, hanya dengan prinsip pendekatan.

Dari dua arti tersebut, dapat disimpulkan bahwa pidato persuasif adalah kalimat yang membangkitkan emosi orang yang mendengarnya, membangkitkan kehidupan, tetapi dengan cara nan halus dan dengan pendekatan nan tepat sehingga wanti-wanti nan cak hendak disampaikan bisa masin lidah dengan baik.

Pidato persuasif berisi ajakan, larangan, ataupun saran, jenis pidato ini lazimnya menjadi materi kelas 9 atau kelas 3 SMP.

Pidato persuasif bisa berisi banyak topik, riuk satunya ialah narkoba.


Agar lebih jelasnya, berikut ini adalah 8 eksemplar teks pidato persuasif tentang narkoba.

1. Waspada narkoba

Assalamualaikum Wr. Wb. Yang saya hormati, Ibu Pemimpin Sekolah, Kiai/Ibu Guru, dan kutub-pasangan nan saya cintai.  Yuk kita panjatkan puji syukur kehadirat Almalik nan telah melimpahi nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul di sini dan lega hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang Narkoba.

Di Indonesia besaran pengguna narkoba sejenis itu samudra, karena lemahnya penegakan hukum di Indonesia para pengedar internasional dapat bekerja sebagai halnya warga negara Indonesia dan memperoleh keuntungan nan besar.

Penyalahgunaan Narkotika dan zat aditif lainnya itu karuan mengirimkan dampak nan luas dan mania. Sebagai dampaknya antara lain pergantian perilaku, gangguan kesegaran, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya.










Video Sortiran




Source: https://www.sonora.id/read/423539256/8-contoh-teks-pidato-persuasif-tentang-narkoba-materi-kelas-9