Pertemuan 1 (Selasa, 15 Februari 2022)


Dag dig dug
tidak karuan itulah perhatian saya 5 sejak beberapa masa nan suntuk. Tepatnya sejak mendapatkan kirimkan email semacam peringatan prematur dari dosen mata kuliah mandarin. Beliau menganjurkan patokan umum dari standar mahasiswa yang dapat ikut kelasnya. Sebagai pemula, saya merasa sangat gelisah mengakui dua email yang setinggi. Tapi saya tidak punya seleksian, saya harus patuh maju segala lagi nan terjadi. Waktu ini sudah semester 4 dan saya menjadwalkan semua mata kuliah radu saya cabut di semester ini. Makara mari kita lihat bagaimana kesan pertama dari perkuliahan malam ini. Kebetulan karena satu dan enggak hal, teachernya melakukan perkuliahan online buat pertemuan mangkubumi malam ini.

Finally, jadinya krisis saya terjawab dengan ketenangan, karena lamun emailnya cenderung meningkatkan rasa gelisah, tetapi faktanya orangnya cukup seru, membimbing dan tidak menjustifikasi yang lain membuat nyaman. Selama ini karenanya cukup faktual walaupun sangat membutuhkan konsentrasi, dan hafalan kosa introduksi yang lebih cepat karena intim 90% perkuliahan menggunakan bahasa mandarin. Pada awal perkuliahan dosen menjelaskan silabus. Dosen menyediakan inferior online menggunakan google classroom yang digunakan untuk mengunggah slide materi yang beliau gunakan, terjadwal bikin mengumpulkan tugas dan pekerjaan apartemen yang akan diberikan dalam setiap pertemuan. Selain itu memang benar bahwa setiap pekan akan cak semau kuis baik voccabulary maupun grammar untuk mengeti kesiapan kita terhadap materi nan akan dipelajari.

Hari ini kami belajar beberapa vocabullary antara lain 比較=bǐjiào nan bergunakan untuk membandingkan suatu baik benda, alas kata sifat, kemampuan, dan lain-bukan. A 比較 Vs/Vst, 咖啡和珍珠奶茶, 哪個比較貴?, 咖啡比較貴。你比較喜歡A還是B?, 你比較常V1還是V2?, 你V1OV得比較好,還是, V2OV得比較好?. Lebih jauh kami belajar bilang perabot transportasi sama dengan kereta, MRT, HSR, bus, taxi, car, motor, pesawat. silam kami diminta pendapatnya mana yang kian cepat, mana yang lebih nyaman, mana yang lebih murah, mana yang lebih mudah, dan lain-enggak. Kami juga membiasakan perkenalan awal 非常=fēicháng=very, 慢=màn=slow, 快=kuài=cepat. Selanjutkan kata 舒服=shūfú=comportable.

我常坐公車去台北。我騎機車回家。我坐飛機去台灣。Lalu kami belajar kata 鐘頭=zhōngtóu = 小時 = xiǎo shí = hour. bisa digunakan untuk menerangkan lama perian/durasi. misalnya 開車到台北要 一個鐘頭/小時。Lalu kami membiasakan alas kata 便利商店=biànlìshāngdiàn=convinient store. Itulah materi yang kami pelajari hari ini. Kami harus menghafalkan karakter dan pinyin mulai sejak sebanyak 16 alas kata kerjakan anju kuis hari kami kelak.

Persuaan 2 (Kamis, 17 Februari 2022)

Kuliah hari terasa menegangkan, rasanya jelang menghadapi testing. Karena setiap persuaan kami diberikan kuis. Hari ini ada 10 soal yang harus dikerjakan, saya namun dapat menjawab lengkap 5 soal, semoga tidak ada nan salah. Mendadak ngeblank lupa segala nan harus ditulis. Agak sedikit keseleo politik, saya tebak semua vocabularry 1 CH8 akan ditanyakan, ternyata saja bertanya vocab nan diajarkan pertemuan sebelumnya. Tapi waktu ini jadi tahu apa yang harus dipersiapkan. Walaupun untuk kuis pekan pertemuan berikutnya modelnya agak berbeda. Kami harus menghafal seluruh karakter pada dialog suatu. Ada sekitar 12 percakapan yang harus dipahami artinya dan dihafal cara penulisannya. Ini pasti lebih menantang. Masih ada waktu 5 hari bagi mempersiapkan. Namun bilamana yang sepadan kami diberikan dua PR nan bukan kalah menantang. Kami harus menulis dalam karakter bahasa mandarin. PR berhubungan dengan materi yang diajarkan di inferior malam ini. Kami sebaiknya buru-buru mengerjakannya agar bukan keburu lupa apa yang sebaiknya kami tuliskan dalam kertas jawaban.

Malam ini dosen menjelaskan beberapa kata yunior antara tidak gen, wan, selain itu kami dikelompokkan bakal melakukan conversation berdasarkan materi adapun neraca dan pendapat akan halnya setiap pemberitahuan yang teragendakan. Di bagian penutup kami diminta berkelompok sebanyak 3 orang, kami mencekit satu kertas nan berilmu 4 foto. Lalu kami secara seling mengambil satu persatu pembukaan sifat yang terhidang, kemudian kami mempersalahkan menggunakan perbandingan berasal foto yang kami pegang. Lumayan menarik lamun lakukan menghafal karakter dalam bahasa mandarinnya penis bantahan. Karena terserah beberapa karakter baru di luar kata-kata pada dialog. Arah positifnya kosa kata kami bertambah.

Perjumpaan 3 (Selasa, 22 Februari 2022)

Syarah hari ini saya merasa habis sedih karena hasil kuis pertama saya nilainya bukan sesuai tujuan, namun sesuai prediksi. Selain itu kuis hari ini di asing rencana. Kami diperintahkan untuk mempelajari dialog 2 namun yang dikuiskan dialog 1. Sungguh adv amat menyedihkan. Sehingga saya bukan dapat mengisi cak bertanya dengan baik. Semakin sedih sekali lagi karena ada dua kebalikan kami yang musim ini bukan masuk inferior karena mutakadim mendrop mata kuliahnya. Kemudian salah satu teman saya lagi akan menyusul untuk mendrop mata kuliahnya. Sepertinya tersisa saya sendiri mahasiswa PHD di kelas itu. Tapi saya tidak mempunyai banyak saringan. Saya harus menyelesaikan semua courses plong semester ini Saya akan hadapi barang apa sekali lagi sulitnya. Biarpun kali nilainya tidak akan seperti angka nan lainnya. Saya akan berusaha semaksimal yang dapat saya lakukan. Tahun ini kami membicarakan beberapa vocabullary plong dialog 2 dan mengulang materi dialog satu secara audio sampai kami dapat mempraktikkan dalam rang conversation. Kami diberikan PR membuat video conversation berdasarkan cerita lega dialog 1. Kami diminta mengunggahnya di grup line sebelum periode kami. Alhamdulillah tadi dibantu Jhon orang Korea nan tinggal di Taiwan untuk merekamnya. Tadi saya adv pernah bertanya bagaimana prinsip terbaik untuk merekognisi dan mengingat chinese character, teachernya bilang hanya dengan mandu menuliskan sebanyak 100 mungkin. Jika dengan cara itu tidak bekerja, maka dia akan meluluskan mahasiswanya asal menunjukkan usahanya privat batik minimal 100 kali pada setiap karakter. Saya akan coba melakukannya pada semester ini.

Pertemuan 4 (Kamis, 24 February 2022)

Gambaran kuliah mandarin hari ini antara sedih, suka dan terbang. Terharu karena hasil kuis kemarin yang tidak sesuai harapan, suka tapi saya dapat kesempatan buat mengulang kuis lega persuaan berikutnya. Selain itu saya senang untuk soal kuis hari ini karena merasa bernas menjawab dengan kian yakin, moga jawabannya benar menurut dosen. Berikutnya gugup karena materi hari ini habis complicated dan rumpil bagi saya kerjakan mengikutinya. Materi masa ini melanjutkan tentang ki kesulitan waktu adalah topiknya adapun time duration. Harus memahfuzkan fiil dan grammarnya. Selain itu masa ini juga kami mendapatkan PR yang pas banyak. Harus menjawab sekitar 21 soal berhubungan dengan time duration. Selain itu kami juga harus mewujudkan video seperti tugas 2 tahun lalu. Sebaiknya saya boleh menjawabnya. Terserah banyak waktu untuk mengerjakan hingga Selasa depan tapi pada saat yang sama saya juga harus mulai berbuat pekerjaan yang lain. Sehingga intiha pekan ini harus saya kelola sedemikian rupa seharusnya boleh menjawab mengerjakan semuanya.

Pertemuan 5 (1 Maret 2022)

Orasi musim ini sama dengan lazimnya silam menyita musim, manah, tenaga dan perasaan. Musim ini saya melakukan kuis ulang buat kuis nan kedua (dialog 1) alhamdulillah dengan soal yang sama sesuai dengan yang telah dipersiapkan 火車太曼了,鐘頭, 國鐵比较快, 國鐵車票, 國鐵又快又舒服, 國鐵站, 網路上 或是便利商店. Semoga hasilnya maksimal. Tadi dosennya bilang saya ada progres yang bermakna. Sesudah itu kami melakukan kuis yang ke 4 (vocabullary 1 chapter 9: 星期, 回國, 打算, 電視, 影片, 㢳行, 功课, 大概, 出去, 放假, 下個 星期, 有時候, 多久,臺東). Alhamdulillah berpokok 10 soal nan keluar semuanya bisa terjawab hendaknya benar semua. Sebelumnya pun mendapatkan hasil koreksi dari kuis yang ke 3 Kamis lalu, alhamdulillah bisa kredit 48 bermula 50. Cukup memuaskan dan sesuai harapan. Tahun ini belajar vocab lega chapter 1 dan chapter 2. Persuaan berikutnya adalah kamis lusa, kami kuis dialog 1 dan vocabullary 2 chapter. Selain itu hari ini kami mendapatkan PR nan harus dikumpulkan musim Selasa depan ada 8 pertanyaan yang harus dijawab kerumahtanggaan karakter mandarin.

Pertemuan 6 (3 Maret 2022)

Orasi waktu ini tidak ada bedanya dengan pertemuan sebelumnya, suasanya gegares sama karena menghadapi kuis dan pembelajaran yang silam menuntut banyak persiapan. Hasil kuis pertemuan sebelumnya alhamdulillah dapat 16 bermula 20. Terserah beberapa kesalahan penulisan budi tapi itu mutakadim bertambah berasal cukup terbit ekspektasi saya. Kuis tahun ini lebih berat karena membentangi dua dialog ialah dialog 1

A: 下個星期我們放五天的假, 你要回國嗎?B: 不, 我打算在家看電視, 影片學中文, 你呢?

A: 我 想跟朋友去玩, B: 不错啊, 去什嚒地方?

A: 臺東, 聽說那裡的疯景非常票亮, B: 我也聽說。 放假的時侯, 你 常去㢳行嗎?

A: 不一定。 有時候在家功課, 有時候出去玩, B: 你們什嚒時候去臺東?

A: 這個星期六下午去, B: 去玩多久?A: 大概玩四, 五天

dan vocab pada dialog 2. 奴 +noun nu girls, Number + 月 yue month, Bunber + 號 hao date, 帶 dai to take, 她 ta she her. 還 hai still, 建議 jianyi suggestion, 夜市 yeshi night market, 應該 yinggai should, 逛 guang to arround, 特別 tebie special, 茶館 chaguan tea house, 決定 jueding to decide, 要是 yaoshi if
就 jiu then, 貓空 maokong. Cak semau beberapa karakter nan riuk penulisan, semoga akhirnya kukuh positif. Pengajian pengkajian hari ini seperti model pembelajaran kamis lalu, kami membahas bersama dialog 1, kemudian kami diminta menutup taktik, lalu diminta gotong tangan yang bisa menyebutkan satu kalimat, sehabis itu memasalahkan sejumlah soal berkaitan dengan informasi pada teks. Lebih lanjut kami meributkan beberapa vocab yang mentah dikuiskan berpangkal dialog 2. Dosen mengklarifikasi makna dan mempertunjukkan mandu penggunaannya dalam kalimat. Selanjutnya kami diberikan incaran buat menekat kemampuan speaking kami. Hari ini kami sparing tentang materi kalau maka menggunakan alas kata youshi A jiu B. Kami juga diberikan PR suplemen, sehingga lakukan pertemuan hari selasa, kami n kepunyaan 3 PR. Semoga diberikan semangat dan kelancaran dalam mengerjakannya.

Pertemuan 7 (8 Maret 2022)

Ceramah hari ini sedikit lemas karena kondisi badan saya yang belum mendalam pulih setelah vaksin ketiga kemarin pagi. Hari ini badan saya terasa lemas dan cacat demam (36.9) sementara itu temperatur di luar madya dingin. Selain itu bahu kiri arena disuntik pula masih terasa sakit. Dorongannya ingin istirahat, sementara hari ini ada kuis dialog dua. Saya sudah berusaha untuk mengingat semua karakteri pada dialog dua sejak semalam, terlebih sempat ditulis beberapa barangkali baik dalam bentuk digital di hp, ipad, maupun ditulis manual di daluang. Berikut dialog kamil dari dialog 2 chapter 9.

A: 我奴朋友九月三十號 来臺彎看我
B: 你想带她去哪裡玩?
A: 還不知道,你有什嚒建議?
B: 臺彎的夜市很有名。 你們影該去逛逛
A: 谢谢。 還有什嚒好玩的特别?
B: 臺彎的茶也很特别。 臺北有很多茶館
A: 到哪裡和茶比較好?
B: 你們可以貌空。 那裡的風景很美
A: 谢谢你,我決定带她去猫空。你也一起去, 好不好?
B: 要是那時候我我有空, 就跟你們一起去
A: 太好了, 谢谢

Intinya cerita tentang temannya nan akan di taiwan si A ini meminta saran ke si B mengenai medan yang bisa dikunjungi. Dalam kuis hari ini ada sejumlah kata yang saya lalai menuliskannya, seperti biasanya, waktu latihan sudah merasa yakin, sekadar waktu kuis mulai-tiba lupa misalnya kata 知道 dan 決定. Alhamdulillah alas kata yang lainnya ingat walaupun belum tentu sopan persis, karena dosennya sepan cermat mengecek setiap karakternya.

Perian ini lagi kami belajar vocab 1 dan 2 pada chapter 10. Vocab berbicara tentang buah-buahan, sedangkan vocab dua berbicara akan halnya pakaian. Kami juga berlatih adapun warna. Berikut ini vocab 1:
水果, 黄色, 忙果, 给, 块, 香, 甜,红色,西瓜,吧,對,以前,機會,晴,吃吃看,
Sedangkan ini vocab 2 拍,笑,開心,穿,衣服,魯館,太太,男,矮, 高,弟弟,乾井,窗户,往,蓝色,因溈,住, 上個月,這些. Hari kami lusa kami harus hafal mandu penulisan hanzi dan pinyin berpunca semua pembukaan tersebut, mudahmudahan diberikan kemudahan untuk menghafalkannya.

Perjumpaan 8 (10 Maret 2022)

Hari ini saya mengamini hidayah kuis Kamis dan Selasa lampau, kesannya dapat 22 dan 26 dari maksimal skor 30. Kesalahan dalam bentuk curek kecil doang menjadi penyunatan poin. Boleh jadi karena boleh merubah makna dari pengenalan yang ditulis. Walaupun sedemikian itu saya merasa cukup puas karena setidak tiadk harus mengulang. Periode ini kami kuis vocab 1dan 2 pada chpater 10. Jumlah ada sekitar 34 budi yang hanya dipilih sebanyak 15. Beberapa opsi katanya antara lain Vocab1
Shuiguo 水果 fruit; Huangse 黄色 yellow; Mangguo 芒果 mango; Gei 给 to give; Kuai 块 a piece; Xiang 香 fragnant; Tian 甜 sweet; Hongse 红色 red; Xigua 西瓜 watermelon; Ba 吧 sentence final guesing; Dui 對 correct; Yiqian 以前 before; Jihui 機會 opportunity; Qing 請 to treat; Chichikan 吃吃看 to have a taste

Vocab2
Pai 拍 to take picture; Xiao 笑 to laugh, to smile; Kaixin 闓心 happy; Chuan 穿 to wear; Yifu 衣服 clothes; Luguan 㢳館 hotel; Taitai 太太 wife; Nan 男 boy; Ai 矮 short; Gao 高 tall; Didi 弟弟 younger brother; Ganjing 乾淨 clean; Chuanghu 窗户 window; Wang 往 toward; Lanse 蓝色 blue; Yinwei 因溈 because; Zhu 住 to stay; Shanggeyue 上個月 lastmonth; Zhexie 這些 these.

Dari ke 15 kata yang dikuiskan, saya dapat mengerjakan semuanya namun ada dua fiil yang saya lain batik dengan komplet cak semau adegan yang terlewat, sebaiknya dapat nilai nan lebih baik.

Hari ini kami pun belajar beberapa vocab baru nan belum dibahas puas vocab 2. Terutama dalam penggunaan 以前 before dan 以後 now, artinya dulu saya A, saat ini saya B, dulu saya enggak bisa A, sekarang saya dapat A, adv amat saya tidak suka A, sekarang saya sangat doyan A dan seterusnya. Selain itu sekali lagi hari ini kami mempertanyakan beberapa cak bertanya dengan imbangan urun rembuk. Selebihnya dibuat PR kerjakan dikumpulkan Selasa depan. Minggu depan kami tak ada kuis tapi kami diminta untuk mempelajari grammar 1-3 puas chapter 10. Agar semuanya diberikan kederasan.

Pertemuan 9 (15 Maret 2022)

Kuliah waktu ini adv minim lebih tenang karena tidak ada kuis, kami semata-mata n kepunyaan dua PR yang bau kencur saya kerjakan tadi sore. Dari kemarin banyak rayuan. Kuis saya pertemuan sebelumnya adalah 26,5/30 dan 22/30. Skornya masih kisaran segitu, karena banyak kesalahan minor privat penulisan karakternya, sehingga banyak pengurangan skor. Hari ini dosen memberikan pengajaran tentang grammar lega chapter 10 nomor 1-3. Grammar ini sepan runyam adapun penempatan clause pada sebuah kalimat. Puas grammar 1 kami membiasakan menggunakan kata V V Kan untuk menunjukan makna menawarakan lakukan mencoba dan mengaram, misalnya icip-icip (chichikan), coba minum dikit (he he cerek), tatap-lihat (kan teko). Selanjutnya penggunaan formula Vs Vs De, yang artinya menyuramkan maka yang tidak terlalu jelas, misalnya tian-tian de (tebak manis), suan suan de (agak asam), hong hong de (sangka merah), dan selanjutnya. Musuh semenjak Vs Vs De adalah feichang artinya sangat. Grammar ketiga pengusahaan De + Falak, polanya S+V+O, misalnya anak adam yang baru merah itu merupakan bandingan ku, chuan hong yifu ren shi wo de fengyou. Sosok nan paling tinggi adalah kaka saya, gao de ren shi, wo gege. Dan lain-bukan. Perjumpaan berikutnya kami mendapatkan dua PR dan persiapan cak bagi kuis pada dialog 1 chapter 10. Seharusnya dipermudah.

Perjumpaan 10 (17 Maret 2022)

Kuis periode ini berjalan laju, saya boleh mengamalkan semua soal dengan optimistis sungguhpun belum tahu bagaimana risikonya akan datang karena dosennya sangat teliti kerjakan mengenali kesalahan walaupun hanya satu curek kecil. Saja pasca- kuis saya merasa gelisah karena materi yang diajarkan adv amat sulit. Berkaitan dengan grammar. Masih mengenai penggunaan de, intinya ada transendental klausa yang harus diterangkan. Misalnya kita batik “yang berkata bahasa mandarin adalah yuemei”. Artinya yumei berucap bahasa mandarin. Contoh bukan “yang kontributif ibu memasak adalah ayah”. Intinya cak semau transisi posisi verb dan subject pada struktur kalimat. Hari ini seperti biasa kami lanjutkan dengan mengulang narasi dialog dulu kami diberikan pr bikin direkam. Selain itu kami mendapatkan PR tambahan yang harus kami kumpulkan selasa depan. jumlah soalnya lumayan banyak. Selasa depan kami akan ada dua kuis yakni dialog 2 dan materi adapun grammar yang kami pelajari hari ini.

Persuaan 11 (22 Maret 2022)

Orasi hari ini butuh langkah banyak karena kami memiliki dua PR yakni video dan catat tangan. Selain itu cak semau kuis dialog 1 chapter 10. Dialognya cukup panjang dan butuh waktu ekstrak untuk mengingat dan memahaminya baik terbit arah coretan, cara pengucapan dan artinya.

Diaolog 2 chapter 10
M: 你跟你奴朋友上個月去花蓮玩,好玩嗎?nigen ninu pengyou shang ge yue qu hualian wan, hao wan ma?
Kaki langit:很好玩. 你看,這些是我拍的照片 Hen hao wan, nikan, zhe xie shi wo pai de zhaopian

M:你們笑得很開心!哪一個是你奴朋友?Nimen xiao de hen kaixin! Na yi ge shi ninu pengyou?
T:穿紅衣服的這個。穿黃衣服的是魯館 老闆的太太 Chuan hong yifu de zhe ge. Chuan huang yifu de shi luguan laoban de taitai
M:他們兩個多很票亮。這兩個男的是誰?Tamen gua ge duo hen piaoliang. Zhe lubang ge yang de shi shei?
T:矮的是魯館的老闆, 高的是他弟弟 Ai de shi luguan de laoban, gao de shi ta didi

M: 那家魯館怎麼樣?Na jia luguan zenmenyang?
T: 很乾淨,從窗戶往外看,是藍色的大海 Hen ganjing, cong chuanghu wang wai morong, shi lanse de dahai

M: 真不錯! 那家魯館貴嗎?Zhen bucuo. Na jia luguan gui ma?
Horizon: 因為現在去玩的人比較少,所以魯館不太貴 Yinwei xianzai qu wan de ren bijiao shao, suoyi luguan bu tai gui.
M: 下次我也想去住 Xia ci wo ye xiang qu zhu

Pengetahuan baiknya, hasil kuis saya kamis lalu bisa skor paling tinggi yakni 29 daro maksimal 30. Kesalahannya dalam penulisan introduksi ni, adv minim curek dikit. Dosennya sangat cermat mengidentifikasi kesalahan tata catat walaupun kecil. Sesudah kuis seperti baku kami mengulang bacaan dialog yang dikuiskan kemudian dosen akan meminang kami untuk acung ketika tahu kalimatnya. Pengetahuan baiknya hari ini saya dapat dua kesempatan menjawab dan mendapatkan uang-uangan 300. Setelah itu kami break dan dilanjutkan dengan materi baru yakni vocabullary 1 chapter 11. Selasa depan kuisnya adalah vocab tersebut suka-suka seputar 21 alas kata yang harus dihafal baik cara penulisan hanzi, pinyin maupun artinya. Kabar baiknya hari ini tidak ada PR selain langkah kuis lakukan pekan depan.

Pertemuan 12 (24 Maret 2022)

Masa ini kuis vocab 1 lesson 11, ada banyak budi yang harus kami hafal prinsip penulisan hanzi dan pinyinnya antara lain: Zu 租, Fangdong 房東, Keting 客㕔, Chufang 㕑房, Zuobian 左邊, Youbian 右邊, Yushi 浴室, Chaoshi 超市, Zoulu 走路, Fenzhong 分鐘, Jiu 就, Dao 到, Jian 間, Kong 空, Fangjian 房間, Taofang 套房, Huiqu 回去, Xiang 想, Zai 再, Dianhua 電話, Gei 给, Reben 林, Da dianhua 打電話

Alhamdulillah dapat mengerjakan semua soalnya, meskipun biasanya gelojoh terserah catatan dari dosen yang dapat mengurangi nilai. Kabar baiknya hasil kuis 1 Selasa semalam dapat 28/30, sahaja hasil kuis nan kedua hanya dapat 10/20. Terserah banyak pengkhitanan nilai karena beberapa kata menggunakan pinyin. Perian ini kami boleh info bahwa UTS akan dilaksanakan tanggal 12 April 2022. Soalnya kasatmata soal grammar yang telah kami pelajari tentang pemanfaatan S+V+De+O dan V…De+S. Minggu depan kami cak semau PR dan harus persiapan bagi kuis dialog 1. Moga diberikan kepantasan untuk belajarnya.

Pertemuan 13 (29 Maret 2022)

Kuliah hari ini dimulai dengan pembagian hasil kuis dan PR Kamis lalu, alhamdulillah kerjakan kuis bisa skor 19,5/20 sedangkan lakukan PR terserah banyak catatan karena jawaban nan saya berikan tidak disertasi dengan verb, sehingga terbiasa diperbaiki untuk langkah mid term. Hari ini kami kuis dialog 1 lesson 11. Lumayan panjang dialognya dan banyak alas kata nan harus dihafalkan sebagaimana nan telah kami periksa plong perjumpaan sebelumnya. Alhamdulillah semua tanya dapat dijawab semoga semua jawabannya bermoral.

Dialogue 1 lesson 11 sebagai berikut:

A: 林先生, 你好, 我是白如玉, 来看房子
B: 白小姐 妳好 請進
B: 這裡是客聽,㕑房在左邊,右邊有浴室
A: 房子很不错
B: 這裡很房便, 附近有超市han 捷運站,走路五分鐘就到了
A: 現在有人住嗎?
B: 有。還有两間空房間,一間套房,一間不是
A: 我想看套房,房間裡面可以上網嗎?
B: 可以,妳䁷得這間房間怎嚒樣?妳想租嗎?
A:我回去想想,再打電話给你

Tahun kami belajar grammar baru akan halnya eksploitasi 有 nan ditempatkan puas situasi yang tidak terprediksi. Hipotetis penggunaannya misalnya: Menurutmu kapan kita mengasa bahwa restoran itu menunya nikmat? maka jawabannya: you hen duo ren de shihou, wo juede nage chanting hen hao chi. Ideal lainnya, menurut mengapa waktu ini bukan akan ada kelas bawah? maka jawabannya: mei 有 ren de shihou zai class, wo juede jin tian mei you ke. Intinya pengenalan 有 dihadapkan dengan perkenalan awal yang mengindikasikan noun yang tidak terprediksi. Setelah itu kami praktek lakukan dialog 1 dan sebagaimana biasa menjadi PR kerjakan direkam dan di upload di group line kelas. Perjumpaan berikutnya ada kuis vocab dan dialog 2 pada lesson 11. Musim hanya 2 perian sebaiknya diberikan akomodasi.

Pertemuan 14 (31 Maret 2022)

Kuliah musim ini lumayan presure walaupun hanya punya satu PR substansial video tapi hari ini kami harus kuis vocab dan dialog secara bersamaan. jumlah soalnya panjang dan angka maksimalnya 50. Perian yang tersedia semata-mata dua tahun. Dengan memeras tenaga menghafal semua kata dan kalimat puas lesson 11 dialog 2. Kuis pertemuan sebelumnya boleh skor 28,5/30. Ada 3 karakter nan mandu penulisannya belum cermin sehingga terjadi pengurangan skor. Sehingga sampai kini bellum aliansi benar 100%. Seharusnya pada kuis berikutnya.

Tentang berikut ini adalah dialogue 2 lesson11:

A: 喂, 房東先生, 你好, 我是白如玉,你收到我的房租了嗎?
B: 我 已經收到了, 谢谢. 你習慣了嗎?
A: 習慣了. 可是, 有一個問題, 熱水器 的水好像不熱
B: 今天我會去看看. 你什嚒時候有空?晚上可以嗎?
A:不好意思, 今天晚上我有事
B: 没關係, 明天下午呢?
A: 好,我在家等你
B: 那我明天下午两點到. 還有問題嗎?
A: 我想買電視, 請問可以幫我装有線電視嗎?
B: 可以, 不過妳得自己付錢
A: 好的,谢谢你

Dan ini adalah vocabulary 2 lesson 11.

wei 喂, Fangzu 房租, yijing 已經, Xiguan 習慣, Wenti 問題, Reshuiqi 热水, Haoxiang 好像, Hui 會, Deng 等, Na 那, Zhuang 装, Buguo 不過, Fu 付, Shoudao 收到, Buhao yisi 不好意思, Mei guanxi 没關係, Youxian dianshi 有線電視.

Selepas kuis kami berlantas dengan sparing vocab disertai dengan cermin penggunaannya. Seperti biasa kami diminta bikin mencari partner. Namun sayang hari ini teman-teman lain kian kehidupan untuk menjeput point. Perian ini kami belajar adapun penggunaan Xiguan 習慣 , Hui 會. Kami juga mendapatkan dua PR kerjakan dikumpulkan pada Kamis pekan depan. Adapun agenda pertemuan selanjutnya yakni review materi dan korban persiapan untuk midterm. Semoga diberikan kemudahan dan kepantasan.

Perjumpaan 15 (5 April 2022)

Masa ini tidak ada kelas karena ada spring break.

Perjumpaan 16 (7 April 2022)

Sesuai tulangtulangan sebelumnya hari ini kami ada pembahasan preview soal untuk UTS. Dosen mengasihkan empat lembar soal dan kita diminta simulasi bagi melakukan soalnya silam dibahas bersama jawabannya. Soalnya bisa dilihat pada tautan ini. Suka-suka beberapa putaran soal yang harus kami isi. Karena saya tidak dapat berbuat semuanya di kelas. Saya pelajari diasrama beberapa hari kemudian simultan buat mempersiapkan diri pada UTS yang sebenarnya. Saya berharap soalnya sekufu persis dengan yang diujicobakan.

Pertemuan 17 (12 April 2022)
Mid-term

Hari ini yaitu hari dimana saya merasa berpasrah diri dengan kemampuan mandarin saya khususnya kemampuan menghafal karakter yang sudah lalu terbius. Pekan ini pula yakni pekan yang saya tunggu, karena saya enggak n kepunyaan bayangan bagaimana tipe soal UTS dari dosen ini. Saya bukan punya kenalan yang bisa ditanya. Hasilnya hari ujian saya kesulitan buat tipe soal menulis kepribadian berpunca pengenalan nan disebutkan dosen. Tapi kabar baiknya dengan persiapan yang telah dilakukan, saya bisa memahami selingkung 95% budi berusul seluruh pertanyaan. Namun sepertinya dalam menjawabnya masih belum boleh dipastikan memahfuzkan banyak soal grammar yang lebih selit belit dari sreg hanya test soal rumpang.

Tanya yang keluar masa ini saya pikir jauh bertambah berat bersumber preview soal yang dibahas pada pertemuan sebelumnya. berpunca jumlah soal dan variasi rang soal pun bertambah sulit. Tapi apa pun itu saya bersyukur masih boleh mengerti semua soalnya dan boleh keluar bukan sebagai pelajar minimum akhir. Sungguhpun hasilnya mungkin lain seperti yang saya harapkan. Kaprikornus tipsnya cak bagi kelas dosen ini adalah harus mengingat semua pengenalan yang perpautan dipelajari berbunga Lesson 8-11. Anda akan memilih kata secara acak, sangat tidak terkira. Sekiranya tak hafal hanzinya maka setidaknya kita dapat menggambar pinyinnya. Tipe cak bertanya yang diberikan cak semau 5 babak. Pertama pertanyaan listeting. Dosen membacakan dialog singkat dua orang kemudian kita diminta memilih jawaban yang tepat. Kedua soal listening dan writing, dosen akan menamakan 10 karakter mandarin dan kita diminta lakukan menuliskannya baik khuluk ataupun hanzinya. Setelah itu ke 10 karakter tersebut dimasukan kerumahtanggaan 3 tanya yang pintar 11 kata rumpang. Artinya kita harus mengerti silsilah kisah dari soalnya. Ketiga soal dialog textual cak semau 10 soal yang sakti kalimat A dan B, Dan kita diminta mengisi kunci jawaban A, B, C. Keempat model soal dialog kalimat panjang antara dua orang. Artinya kita harus menjawab cak bertanya alias membuat tanya alias jawaban yang diberikan. Jumlahnya sebanyak 5 soal. Lalu yang terakhir merupakan soal grammar tentang penggunaan ….的 +N. Jumlahnya ada kurang lebih tiga cak bertanya. Saya lain mengingat berupa jumlah besaran soalnya tapi sepertinya sedikit lebih ada 43 atau 45 cak bertanya. Masing-masing bagian soal memiliki bobot yang berbeda ada yang 20%, ada yang lebih dan ada yang kurang.

Persuaan 18 (14 April 2022)

Periode ini kami ada kuis vocab 1 Lesson 11. Ada 22 karakter yang harus kami hafalkan hanzi dan pinyinnya. Terserah 10 karakter yang keluar saya pangling karakter 希 pada prolog xiwang. Berikut ialah beberapa karakter pada vocab 1 Ls 12:

Jihua 計畫, nian 年, Jiu 久, Shijian 時間, Xian 先, Nian 念, Daxue 大學, Xuyao 需要, Hua 花, Jiangxuejin 奖學金, Chengji 成績, Xuefei 學費, Gongsi 公司, Ti 替, Xiwang 希望, Yihou 以後, Dao 到, Shangban 上班, Nianshu 念書, Lei 累, Yuyan zhongxin 語言中心, Jiayou 加油

Agenda pidato hari ini seperti biasa dimulai dengan kuis kemudian membahas vocab satu persatu beserta contoh penggunaan dalam sehari-hari. Selain itu ada pengenalan grammar she….De. Kabar baiknya periode ini kami mengumpulkan uang paling kecil banyak. Kebetulan saya suatu gerombolan dengan manusia Vietnam yang sangat camar sanggang tangan. Kami berhasil mengumpulkan 1.500; saya berkontribusi sebanyak 500. Koin terbanyak sejauh ini mungkin kebetulan banyak yang bukan hadir. Dari 16 mahasiswa hanya suka-suka 10 yang hadir. Info lainnya kuis lega 2 pekan lalu saya dapat skor 45/50. Angka nan lumayan. Agar kuis berikutnya taat di atas muara perenggan 90/A+. Kerjakan mengungkit biji mid-term nan entah bagaimana hasilnya. Katanya akan diumumkan minggu depan.

Persuaan 19 (19 April 2022)

Kuliah hari ini sedikit bersedih karena angka UTS saya tidak sesuai harapan, belaka masih sesuai estimasi dan target paling. Nilai yang cukup sulit buat mengumpil hendaknya bisa nilai A+ sreg mata kuliah ini. Skor yang nyaris menjadi yang paling bawah, untung masih ada satu teman papan bawah nan jarang turut yang skornya jauh lebih invalid di radiks saya. Saya taat puas dengan hasil mid-term saya walaupun lain membahagiakan, sedikitnya saya sudah lalu berusaha maksimal dan saya sudah lalu melakukannya dengan meyakinkan. Pelajaran berharga bakal lebih banyak belajar dan belajar. Saya akui kualitas soalnya memang tidak kuningan-tin. Jauh lebih sulit bermula contoh soal yang diberikan.

Kuliah waktu ini dimulai dengan kuis dialog lesson 12. Alhamdulillah saya dapat mengisi semua karakter dengan optimistis, walaupun biasanya selalu ada gubahan dari dosen yang menjadi pengurang nilainya. Semoga nilainya masih boleh skor di atas 90%. Kuis pertemuan lalu bisa 18.5/20. Masih masuk estuari batas lega hati. Keterangan baiknya hari ini saya juga bisa nilai 500 karena dapat menjawab sebanyak 5 mungkin dari soal dialog 1 pada lesson 12. Kredit akhirnya kalah 100 dari 1 gerombolan tak, tetapi masih boleh cemilan. Pertemuan selanjutnya akan ada kuis dialog 2 dan vocab 2 pada lesson 12. Waktu 2 hari untuk belajar. Moga boleh dipersiapkan maksimal minus menghambat pekerjaan yang lain. Tahun ini pula kami dapat didikan tentang final persentation, dimana kami harus secara berkelompok bakal mempersentasikan satu kota di depan kelas.

Dialog 1 lesson 12

中:安同:你計畫在臺彎學多久的中文?
同:五年
中:溈什嚒要這嚒久的時間?
同:我先在語言中心念一年,再念四年大學, 所以需要五年
中:這得花不少錢
同:對,不過我有奖學金,要是成績不好,就没奖學金了,你呢?
中: 我學費是公司我付的
同:你打算學多久呢?
中:打忋两年,是公司決定的
同:希望我以後也可以到這嚒好的公司上班
中: 我又要上班,有要念書,镇的很累
同:我們一起加油吧

Pertemuan 20 (21 April 2022)

Kabar baik hari ini adalah hasil kuis saya persuaan Selasa bisa angka sempurna 30/30. Ini kelihatannya pertama saya mendapatkannya. Semoga menjadi senawat lakukan kuis berikutnya. Hari ini kami suka-suka kuis dialog 2 dan vocab 2 lega lesson 12. Berikut ini sejumlah vocabnya.

Gongzuo 工作 towork, Qunian 去年 last year, Zuo 做 todo, Shengyi生意 business, Yihou 以後 afterwards, Hao 好 easy to, Zhao 找 to look for,Zheyang 這樣 this kind of, Guojia 國家 country, Shi 試 to try, Nan 難 hard to, Name 那嚒 then, Zai 再 again, Shishikan 試試看 to try and see what happens

Sepertinya kuis hari ini bukan mana tahu acuan karena ada bilang penulisan pinyin yang saya tengung-tenging lagi. Agenda ceramah seperti biasanya, dan ada PR menciptakan menjadikan video dan berbuat cak bertanya untuk dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya. Tulisan ini dibuat tepat sesudah beberapa menit mengapalkan hasil revisi terbaru terbit skrip JCAL ke Prof. Wang. Sebaiknya beliau segera membaca dan memberikan jawaban dan semoga dapat langsung maju ke tahap proofreading agar segera dikirimkan ke jurnalnya.

Pertemuan 21 (26 April 2022)

Kuliah hari ini sebenarnya sirih dapat kejutan karena tidak menyangka hasil kuis Kamis lalu dapat skor 48,5/50 di atas ekspektasi saya yang merasa tekor percaya diri dengan pendirian saya menulis pinyinya. Tapi ternyata alhamdulillah aman. Tahun ini kami kuis nan tidak kalah menantang yakni harus belajar 40 kepribadian mulai sejak semua vocab sreg lesson 13.

Vocab 1 lesson 13: Shengri 生日, Kuaile 快樂, Huilai 回来, A 啊, Zenme 怎嚒, Wangle 忘了, Jide 記得, Dangran 當然, Yuyan 語言, Jiaohuan 交换, Name 那嚒, Rexin 熱心, Xibanya wen 西班牙文, Yiyang 一樣, Guo 過, Zuoyou 左右, Menkou 門口, Wo jiu shi 我就是, Haojiu bujian 好久不見, Bubi keqi 不必客氣, Tai keqi 太客氣

Vocab 2 lesson 13: Liwu 禮物, Jinnian 今年, Ding 訂, Le 了, Zhujiao 猪腳, Mianxian 麵線, Dan 蛋, Yidian 一點, Chuantong 傳統, Nianqing 年輕, Dangao 蛋糕, Dui 對, Zhu 祝, Nali, nali 哪里哪里, Da bufen 大部分, Wanshi ruyi 萬事如意, Xinxiang shicheng 心想事成.

Penataran kali ini kami meributkan semua vocab pada lesson 13 yang ceratai akan halnya hari jadi. Dan puas permulaan sesi membiasakan kami diminta cak bagi menebak copot lahir dosen, dan jawaban saya paling kecil menumpu hanya beda dua hari. Kami dapat uang mainan 500 haha. Tapi detik saya sarankan kami menebak tahun lahirnya kamu tidak berkenan haha. Kami dapat suatu PR dan persiapan untuk kuis dialog 1 lesson 13.

Pertemuan 22 (28 April 2022)

Khotbah hari ini cacat invalid puas karena nilai kuis saya di radiks ekspektasi, saya terka hanya salah satu namun sehingga nilainya bisa dapat 29 ternyata suka-suka bilang fiil lain yang dikomentari sehingga nilainya belaka 25.5/30. Masih internal uluran nilai memadai tenang dan tenteram buat A ataupun A- sebelum dikombinasikan dengan komponen bukan sebagai halnya nan sudah saya rancang sreg tautan ini. Syarah hari ini dimulai dengan kuis dialog 1 ls 13. Kemudian dosen menghabiskan banyak waktu dengan ceratai vocab yi A jiu B. Kami diberikan selembar kertas yang digdaya beberapa kata kerja kemudian kami secara bergerombol diminta untuk membuat saingan dulu kami diminta ke depan bakal menyerupakan dan yang tak menebak jawabannya. Cukup menarik dan membuat kami banyak tertawa. Tapi ada nan cacat, saya kira hari ini akan terserah kuis untuk menghafal dialog tapi sepertinya ditunda ke periode selasa depan. Hari ini ada PR 10 nomor dan seperti biasa cak bagi minggu depan sepertinya ada kuis dialog 2 tapi dosen tidak luang menyebutkannya waktu di kelas. Kita tatap saja apakah anda akan mengumumkan via grup line alias tak. Berikut ini adalah dialog 1 lesson 13;

對話 1 lesson 13

怡君:喂,安同嗎?
安同:是我就是,怡君,好久不见, 聽說妳去花蓮?
怡君:我没去花蓮,我刚從臺東回来
安同:找我有什麼事?
怡君:明天是你的生日,對不對?
安同:啊,我怎麼忘了,最近太忙了,謝謝妳還記得
怡君:當然記得!語言交換的時候,你那麼熱心教我西班牙文
安同:不必客氣,妳也一樣
怡君:明天我想請你吃晚飯,給你過生日
安同:妳太客氣 了!我們在哪裡見面呢
怡君:明天我一下課,就去妳們學校找你
安同:大概機點?
怡君:五點左右
安同:好,我會在學校問口等妳

Info tambahan nan disampaikan perian ini yakni bahwa kegiatan final exam akan dilaksanakan lega hari Selasa 14 Juni, sedangkan pertemuan terakhir akan dilakukan final presentation tiap-tiap kelompok sejauh 10 menit membahas suatu kota.

Pertemuan 23 (3 Mei 2022)

Permakluman baik pecah pidato hari ini adalah tidak ada kuis tapi puas saat yang sama jadinya tidak mempersiapkan diri sebagai halnya galibnya. Hasil kuis Kamis dahulu boleh biji 28/30. Ternyata masih ada dua kesalahan dalam penulisan karakternya sehingga mengurangi 2 biji pecah poin maksimal. Persuaan berikutnya akan kuis dialog 2. Periode ini kami belajar grammar tentang penggunaan V了 yang menunjukkan bahwa suatu aktivitas sudah dilakukan. Lawan berbunga V了 adalah 没 V. Artinya belum melakukan V. Misalnya 去了 somewhere, maka lawannya adalah 没去. Selain itu juga kami berlatih tentang perbedaan antara penggunaan 不 dan 没 . 不 digunakan lakukan menunjukkan action verb, state verb, dan Vs verb, sedangkan 没 digunakan untuk menunjukkan introduksi tak lega action verb perian lampau, process verb. Beberapa komplet kata untuk state verb misalnya : piaoliang, hao xiang, xihuan, hui, gen, keyi, tingshuo, zhidou. Padahal process verb antara enggak jueding, wang (ji), gei dan enggak-lain.

Agenda berikutnya yakni pertanyaan tentang pendudukan informasi yang terkandung dalam sebuah dialog khususnya sreg dialog 1. Modelnya berbeda kebanyakan kami diminta angkat tangan yang bisa menghafaz dialognya, masa ini kami harus menjawab sekeliling 12 pertanyaan yang berhubungan dengan informasi pada isi dialog. Intinya makin ke penguasaan warta. Sepertinya polanya akan begitu terus sampai lesson 15.

對話 1 lesson 13

怡君:喂,安同嗎?
安同:是我就是,怡君,聽說妳去花蓮?
怡君:我没去花蓮,我刚從臺東回来
安同:找我有什麼事?
怡君:明天是你的生日,對不對?
安同:啊,我怎麼忘了,最近太忙了,謝謝妳還記得
怡君:當然記得!語言交換的時候,你那麼熱心教我西班牙文
安同:不必客氣,妳也一樣
怡君:明天我想請你吃晚飯,給你過生日
安同:妳太客氣 了!我們在哪裡見面呢
怡君:明天我一下課,就去妳們學校找你
安同:大概機點?
怡君:五點左右
安同:好,我會在學校問口等妳

Pertemuan berikutnya kami akan ada kuis dialog 2 lesson 13. Selain itu juga akan cak semau grammar dan sepertinya harus siap menjawab pertanyaan pun seperti pertemuan hari ini.

Pertemuan 24 (5 Mei 2022)

Pidato tahun ini dimulai dengan kuis dialog 2 lesson 13. Proses pengerjaan kuis melanglang lancar. Beberapa teman kelas sempat mengira kalau hari ini tidak suka-suka kuis karena dosen tidak mempertegas waktu perjumpaan lalu. Tapi akhirnya ada kuis. Tentang dialognya yakni laksana berikut.

Dialog 2 Lesson 13

安同:怡君,謝謝妳請我到這麼有名的餐廳吃飯
怡君:哪裡,哪裡!這是我给你的禮物
安同:谢谢!真開心,今年有臺彎朋友给我過生日
怡君:你想吃什麼?有沒有不吃的東西?
安同:我什麼都吃
怡君:我已經訂了猪腳麵線和蛋. 等一下你多吃一點
安同:臺彎人過生日是不是都吃這些東西
怡君:對啊!這是傳統,不過,現在大部分年輕人過生日不吃這些東西了
安同:那嚒,你們過生日吃什嚒呢?
怡君:跟你們一樣,吃蛋糕,今天我也訂了一個生日蛋糕
安同:妳對我真好
怡君:安同,祝你生日快樂,萬事如意心想事成
安同:谢谢!谢谢!

Sesudah kuis kami belajar beberapa materi adapun grammar merupakan akan halnya penggunaan introduksi 多 and 一點. Selain itu kami juga belajar adapun penggunaan 多 and shao. Yang berarti memperbanyak atau mengurangi. Misalnya ketika badan kita menjadi gendut maka kita bisa mengurangi makan dan atau melipatkan olah tubuh. Ketika biji kurang bagus, maka kita bisa mengurangi main, nonton youtube dan melipatkan waktu belajar. Pada sesi akhir kami boleh PR dan pimpinan cak bagi persiapan kuis pertemuan selanjutnya yakni vocabulary 1 dan 2 plong lesson 14.

Pertemuan 25 (10 Mei 2022)

Hari ini kami kuliah online untuk dua pekan ke depan. Kami tetap ada kuis Vocabulary 1 lesson 14. Hanya dengan mandu yang berbeda. Dosen membuat soal enggunakan google form. Pertanyaannya menggunakan pola baru karena tidak menggunakan audio seperti galibnya. Tema pada lesson 14 yakni tentang kurat di Taiwan. Sehingga perkenalan awal-pembukaan yang muncul berbimbing dengan pendar. Cak semau 18 karakter nan harus kami hafalkan padam vocab 1 dan 17 fiil lega vocabulary 2 sehingga total ada 35. Umumnya yang akan keluar belaka sebanyak 15 khuluk cuma. Artinya tetap harus dihafal semuanya baik penulisan hanzi maupun pinyinnya. Berikut ialah vocabulary 1 terdiri berpunca kata: Tianqi 天氣 weather, Leng 冷 cold, Feng 風 wind, Huaxue 滑雪 to ski, Chuntian 春天 spring, Xiang 想 to miss, Xinnian 新年 new year, Kuai 快 soon, Fumu 父母 parents, Dongtian 冬天 winter, Mingnian 明年 next year, Qiutian 秋天 autumn, Hongye 紅葉 red maple leaves, Zhi 只 only, Yushan 玉山 yushan, Niuyue 紐約 new york, Xiayue 下雪 to snow, Shieryue di 十二月底 the end of december.

Adapun Vocabulary 2 ls 14 antara bukan: Yu 雨 rain, San 傘 umbrella, Taifeng 颱風 typhoon, Yao 要 will
Xiatian 夏天 summer, Shi 濕 wet, Taoyan 討厭 annoying, Xinwen 新聞 news, Geng 更 even, Dajia 大家 everyone, Xiaoxin 小心 be careful, Kepa 可怕 scary, Ting 停 to stop, Xiayu 下雨 to rain, Zhe ci 這次 this time, Shang ci 上次 last time, Man zou 慢走 bye, take care.

Pertemuan berikutnya kami suka-suka kuis dialog 1 lesson 14. Belum terbayang seperti apa model pertanyaannya. Semoga tidak kian sulit berbunga rata-rata.

Pertemuan 26 (12 Mei 2022)

Ceramah waktu ini dimulai masih dilakukan secara online menggunakan webex. Kuliah dimulai dengan kuis dialog 1 lesson 14. Berikut ini adalah teks dialognya.

如玉: 外面風那嚒大,我覺得今天比作天冷
明華:很高的山會下雪。玉山常下雪。美國呢?開始下雪了吧?
如玉:還没有。每年差不多十二月開始。下雪的時候,我常去山上滑雪
明華:我怕冷。我比較喜歡春天
如玉:春天不错,天氣很舒服
明華:我去年五月在纽约玩了两個星期。那個時候,天氣很好,風景也很漂亮。我玩得非常開心
如玉:我在臺彎住了半年多了,有一點想家
明華:新年快到了。想回去看父母嗎?
如玉: 我打算十二月底回去。想跟我去美國完嗎?
明華:冬天太冷了。不過,我想明年秋天去看红葉。對了,妳什嚒時候回来?
如玉:因溈我們只放十天的家,所以一月五號回来

Sebelum perjumpaan kuliah dimulai, dosen menanyakan kami buat mempelajari grammar 1-3 pada lesson 14. Masa ini kami membahas grammar ini. Soal kuis ada 10 soal kerumahtanggaan musim 15 menit. Polanya sama menggunakan google form. Pencaplokan kita tentang pemahaman adapun dialog suntuk berwibawa terhadap kemampuan menjawab soal. Pertemuan berikutnya kami cak semau kuis dialog 2 lesson 14. Dengan abstrak soal yang sepadan.

Pertemuan 27 (17 Mei 2022)

Ceramah hari ini dimulai dengan kuis Dialog 2 lesson 14, soal kuis seperti pada kuis sebelumnya. Ada sekitar 10 pertanyaan nan diberikan dosen menggunakan google form. Soal harus diolah kerumahtanggaan durasi 15 menit. Akan halnya bahan pertanyaannya diambil berpokok dialog 2 lesson 14. Berikut adalah dialog 2 lesson 14.

明華:如玉,雨下得這嚒大,妳怎嚒没带傘呢?
如玉:我作天带了,可是今天忘了带
明華:台風快要來了
如玉:我已經聽說了
明華:這裡每年夏天都有台風。台風來的時候。風和雨都很大,做什嚒都很不方便
如玉:是啊!哪裡都濕濕的。真討厭
明華:電視新聞說,這次的台風會比上次的更大,晴大家多少心
如玉:希望這次的没有上次的那嚒可怕
明華:如玉你看,雨停了
如玉:太好了!谢谢你的傘,再見
明華:不客氣,小心慢走

Sehabis kuis kami lanjut membahas materi grammar A 比 B + 更 +Vs, kemudian A 没有 B + 那嚒 + Vs. Kami mengerjakan diskusi kerumunan dan menebak pernyataan pelecok bersumber catur opsi per kerumunan. Persuaan berikutnya kami terserah PR materi yang setara, silam terserah kuis dialog 1 lesson 15. Kabar terbaru minggu ini bahwa kuliah online akan diperpanjang setakat akhir semester.

Perjumpaan 28 (19 Mei 2022)

Ceramah hari ini dimulai dengan kuis vocab 1 pada lesson 15. Menurut saya ini vocab nan paling elusif diingat karena pendirian penulisannya lalu complicated. Secara umum dialog 1 ini bercertia mengenai kondisi kesegaran nan sedang tidak baik-baik saja. Kuis tahun ini hanya ada 7 soal. Belaka kuis diberikan di akhir perkualiahan. Berikut ini adalah bilang budi lega vocab 1 lesson 15

Yisheng 醫生 doctor, Yizhi 一直 continuously, all the way, Liu 流 to flow, Bishui 鼻水 snot, nasal mucus
Tou 頭 head, Tong 痛 painfull, Weikuo 胃口 appetie, cha 差 poor, bad, Houlong 候龍 throat, Fayan 發炎 to be inflamed, Shengbing 生病 to fall ill, Fashao 發烧 to have a fever, Ganmao 感冒 to catch/have a cold, Yao 藥 medicine, Yaoju 藥局 pharmacy, drug store, Na 拿 to get, Ba 把 disposal marker, Shui 水 water, Xiuxi 休息 to take a rest, Shuijiao 睡覺 to sleep, Zao yidian 早一點 a bit earlier

Sebelum kuis kami menginjak dengan review dialog 1 dan dialog 2 pada lesson 14. Kami membaca setiap kalimat secara bergantian kemudian kami diminta menjawab bilang pertanyaan. Selain itu dosen juga menyisihkan game untuk mengumpulkan persen digital detik bisa menjawab pertanyaan dengan baik. Setelah itu kami membahas kepribadian lega vocab 1 lesson 15 kemudian diakhiri dengan kuis. Pertemuan selanjutnya ada kuis dialog 1 lesson 15. Dan kami diminta mempelajari grammar 1-3.

Persuaan 29 (24 Mei 2022)

Hari ini terserah peralihan, kami tidak kaprikornus kuis, melainkan melanjutkan membahas vocabulary 1 dan 2. Selain itu kami pun melakukan urun pendapat berkawanan. Bahan urun pendapat kelompok bakal latihan menjawab soal. Kami diminta memberikan jawaban sumir terhadap beberapa soal. Lalu dimintai pendapat mana yang paling bagus, mana yang tidak bagus, dan mana yang tidak penting. Pertanyaan selingkung saran buat nan linu dan semisalnya.

Berikut ini adalah dialog 1 lesson 15 nan akan dikuiskan bersamaan dengan dialog 2 para persuaan pekan depan.

醫生:白小姐,妳哪裡不舒服?
如玉:我一直流鼻水,頭很痛,胃口很差,什嚒東西不想吃
醫生:大概多久了?
如玉:已經四,五天了
醫生:我看看妳的候龍,候龍有一點發炎
如玉:請問我生的是什嚒病?
醫生:妳有一點發烧,是感冒, 不過没有什嚒關係
如玉:請問我得吃藥嗎?
醫生:藥,妳到藥局去拿藥
如玉:好的,請問我的病什嚒時候 會好?
醫生:回去把藥吃了,多喝水,多休息,早一點睡覺,很快就好
如玉:好的,謝謝您

Adapun buat kuis lega persuaan selanjutnya merupakan vocabulary 2 pada lesson 15. Dengan demikian kami cuma tersisa suatu kuis yaitu dialog 1 dan 2 lesson 15.

Pertemuan 30 (26 Mei 2022)

Kuliah hari ini dimulai dengan kuis vocab 1. Soalnya saja 6 namun masa 1 menit tidak cukup cak bagi mengerjakannya. Akhirnya kami diberi adendum masa menjadi 15 menit. Dan waltu demikian sepertinya banyak jawaban kami yang tak sesuai maksud dosen.

Berikut ini merupakan Vocabulary 2 lesson 15 yang terdiri bersumber 23 kata.

Lianse 臉色 putih lesi, Nankan 難看 not look good, Duzi 肚子 stomach, Tu 吐 to throw up, Ji 幾 few, Ci 次 occurrences, Pei 陪 to go to stay, Kanbing 看病 to see a doctor, Jiankang 健康 health, Baoxian 保險 insurance, Gen 跟 to, You 油 oily, greasly, Bing 冰 icy, Bie 别 dont use, Guanxin 關心 tobe concern about, Duda 包 messure word for bags, Shui 睡 to sleep, Xiaoshi 小時 hour, Zenme le 怎嚒了 whats wrong, Buyong le 不用了 not necessary, Jiankang zhongxin 健康中心 health center, Huijia 回家 go home dan Zuihao 最好 would be best.

Selain kuis kami pun membiasakan beberapa grammar yang lumayan kontol banyak pengulangan. Karena struktur kalimatnya tidak seperti mana dalam bahasa Inggris. Beberapa diantaranya membahas adapun S + 沒/不+ V + QW + Obj. tentang bagaimana kita menjawab cak bertanya yang sesungguhnya tidak mau kita katakan yang sebenarnya atau memang faktanya demikian. Kemudian S + 把+ Obj. +lV 了 給sb…., V1了(O),就V2……:V1結束了,V2(很快)開始, penggunaan 一點, sangat V 一點(點) O ←→ V 很多O. Kemudian 這些情形,應該是V一點O?還是N 很少?, lalu tentang perbandingan 4.2.(A 比 B) Vs 一點 a little bit more…./less…, sb./sth. 有一點 Vs: 不可以是「好事 」!,. Selanjutnya tentang V得+ comment [比….].

Persuaan berikutnya kami akan melakukan kuis dialog 1 sreg lesson 15. Sepertinya akan menjadi kuis kedua terakhir di netra kuliah ini. Tinggal kuis dialog 2 pada lesson 15 yang akan dilakukan puas pertemuan setelahnya. Setelah itu kami akan persiapan untuk final presentation dan final exam. Musim ini kami ada PR sebanyak 8 soal yang harus diselesaikan via google doc.

Pertemuan 31 (31 Mei 2022)

Khotbah waktu ini pun ada kejutan, karena dosen enggak jadi menyediakan kuis alasannya karena dia mau fokus pada materi grammar sreg lesson 15. Perian ini kami belajar menunggangi perbedaan antara 有一點+Vs, V一點O dan 很多/很少. Masing-masing punya kegunaan yang berbeda-beda. Misalnya 有一點+Vs digunakan untuk menyatakan sesuai secara bersusila, dan membidik bernada negatif. Misalnya
Agak cacat pedas (you yi dian la), agak sedikit mahal (you yi tanglung guy), agak rendah panas (you yi dian re). Tentatif V一點O digunakan bagi menyatakan maksud memulai sedikit, sehinga fokusnya ke Vnya. Misalnya Saya mau tidur, sekadar saya lapar, sehingga saya masak. Maka
wo xiang shuijiao, keshi wo xiang chi, soyi wo zho yi dian fan. Tentang cak bagi 很多/很少 biasanya digunakan lakukan menyatakan makna dagi dari kalimat sebelumnya. Misalnya Saya tidak suka ngobrol, sehingga teman saya sangat invalid
(Wo bu xihuan shuo hua, soyi wo de pengyou hen shao). Pertemuan seterusnya kami akan kuis terakhir yang digabungkan antara dialog 1 dan 2 ditambahkan dengan materi grammar hari ini. Setelah itu kami masih ada dua grammar lagi yang harus dipelajari pecah lesson 15. Selain ada final presentation dan final exam.

Pertemuan 32 (2 Juni 2022)

Kuliah hari ini dimulai dengan kuis dialog 1 dan dialog dua pada lesson 15 disertai kuis salah suatu grammar pada lesson 15 mengenai eksploitasi V一點O :

Berikut adalah dialog 2 lesson 15 yang lengkap.

如玉:你怎麼了臉色這麼難看
安同:作天晚上肚子很不舒服,吃了東西就吐,還吐了好幾次
如玉:你這麼不舒服,我陪你去看病,好不好?
安同:不用了,我在臺灣沒有健康保險
如玉:那麼,我陪你去學校的健康中心,哪裡的醫生很好。對學生也很客氣
安同:謝謝妳, 我想去藥局買藥就好了
如玉:你真的不去看病嗎?
安同:我想回家休息,請妳跟老師說我生病了不能上課
如玉:好你自己要多小心,油的,冰的東西最好都別吃
安同:謝謝妳的關心

如玉:我來看你了,現在覺得怎麼樣?好一點了嗎?
安同:謝謝妳,好多了, 我吃了一包藥已後,睡得比作天好
如玉:不錯。你睡了幾個小時的覺以後,現在臉色比早上好的多了

Alhamdulillah secara publik soal kuis dapat terjamah semua. Meskipun waktu yang dibutuhkan lebih lama dari yang direncanakan. Awalnya sekadar diberi musim 20 menit, namun karena belum pada selesai akhirnya diperpanjang menjadi 27 menit. Ada 16 soal dan suka-suka sekitar 8 soal yang berhubungan dengan grammar sedangkan sisanya berhubungan dengan dialog 1 dan dua. Sesudah kuis kami sparing grammar baru tentang pemanfaatan de untuk membandingkan. Misalnya
Ta che fan che de hen kuai, ye hen duo. Wo jue de ta che fan che de bi wo hen kuai ye hen duo.
Persuaan seterusnya kami ada dua PR sebanyak 16 soal nan akan diberikan via google classroom. Kemudian ceramah berikutnya adalah review materi termasuk review audio. Pada pada pertemuan masa Kamis tidak ada kelas secara formal, namun akan tetap dibuka kelas untuk per kelompok berlatih lakukan final presentation.

Pertemuan 33 (7 Juni 2022)

Lektur hari ini adalah review materi audio dan grammar yang telah dipelajari, cak semau bilang soal yang diberikan kerjakan dikerjakan. Polanya masih seperti plong menjelang mid term. Dan saya menduga cak bertanya yang diberikan waktu final exam akan lebih rumpil terbit pola soal yang diberikan. Bedanya kini modelnya online. Belum terpikir bagaimana cara penyajian soalnya. Apakah ditampilkan oleh dosen dan kita mengisi plong google form atau seperti barang apa. Semoga semua diberikan kemudahan untuk bisa menjawab moralistis.

Pertemuan 34 (9 Juni 2022)

Malam ini sesungguhnya kuliahnya mana suka, dosen membuka kelas buat yang kepingin menyoal saja. Lain semua teman inferior masuk. Saya bertanya tentang script untuk penyajian dan adapun final exam. Rupanya script saya masih terlalu pendek. Harus meninggi beberapa kata dan kalimat sehingga bisa mencukupi cak bagi 5-8 menit. Kami diminta bikin mengirimkan scriptnya. Adv amat dosen akan mencurangi dan mengoreksi. Malam ini dan esok kami harus menambahkannya.


Selepas perjumpaan ini tinggal tersisa 1 pekan dua pertemuan, adalah final exam dan final presentation.

Perjumpaan 35 (14 Juni 2022)

Akhirnya pertemuan yang saya nantikan dari pertama ambil kelas ini kesannya cak bertengger pula. Tahun ini kami melaksanakan final exam. Ada 5 bagian cak bertanya nan harus kami kerjakan. Bagian purwa merupakan 10 soal listening dimana kami harus melembarkan tiga jawaban yang paling bermartabat mulai sejak setiap pertanyaan sesuai dengan dialog yang dibacakan makanya master. Sesudah disubmit kita dapat sedarun melihat poin balasannya. Alhamdulillah plong bagian pertama saya dapat menjawab benar 8 berpunca 10 soal. Namun sedihnya puas pertanyaan bagian dua ialah grammar saya mengalami rintangan periode mengerjakan disebabkan karena masalah internet yang bukan stabil. Saya agak pelecok strategi karena menggunakan webbex dan mengamalkan cak bertanya memperalat laptop sehingga menjadi musykil. Alhasil dari 10 pertanyaan saya hanya boleh menjawab benar 3 tanya dan ada 1 soal yang tidak sempat terjawab karena ke unchecklist tahun mau mengirim jawabannya. Ini soal yang paling sulit karena masalah grammar nan sangat rigid.


Untuk tanya bagian tiga kami diberikan data tabulasi mengenai kemampuan siswa sreg beberapa aspek. Kami harus menjawab 5 soal menggunakan gammar yang diberikan. Saya belum tahu jadinya tapi semoga bisa asian kredit yang bertambah baik. Untuk bagian ke empat cak semau 5 pertanyaan juga yang harus dijawab menggunakan beberapa grammar nan disediakan. Saya nyana tekor yakin dengan jawaban soal ini. Karena ada beberapa yang rasanya sulit cak bagi diterapkan privat kalimat sesuai tanya nan disediakan. Adapun bagian pengunci kami harus menjajari surat uleman pesta ulang periode. Ceritanya kita enggak bisa hadir karena dalam situasi linu dan harus membalas email itu minimal privat 100 prolog. Wah ini pengalaman berharga pertama bisa jadi menggambar sebanyak itu dalam musim pendek. Saya tak memperhatikan grammar dan penyelenggaraan bahasa. Saya sekadar menulis apa yang terserah privat pikiran. Sebaiknya kesudahannya maksimal setidaknya bisa lakukan bekal sirna dari mata lektur ini.

Pertemuan 36 (16 Juni 2022)

Alhamdulillah akhirnya kisah perjumpaan ke 36 atau perjumpaan minimal penutup dari ain khotbah ini dapat saya tuliskan. Artinya perjalanan kuliah mandarin yang sangat menantang mutakadim dilalui dengan beraneka macam suka, duka, senang dan bahagia. Tugasnya yang banyak, harus menghafal banyak karakter bakal langkah kuis, kemudian harus ujian tengah semester dan penghabisan semester dengan tingkat kesulitan yang luar biasa. Ditambah dengan tugas penyampaian penghabisan yang cukup menyita pikiran dan masa. Salah satu objek dari alat penglihatan kuliah ini ialah saya memutuskan cak bagi menunda pelaksaan qualification exam saya ke semester depan. Tapi insyaAllah ini yakni keputusan yang terbaik yang mutakadim dikomunikasikan dengan instruktur. Di samping saya masih menunggu kata sandang diterima dan terbit serta menunggu data hasil jajak pendapat dapat terkumpul.

Final presentation malam ini cukup menjujut, setiap gerombolan diacak mempresentasikan kotanya masing-masing. Kami kebagian urutan paling kecil akhir. Antara doyan dan tersentuh perasaan karena di edisi penghabisan kami harus berusaha lakukan memastikan rival-teman mau menyimak dan bisa menjawab pertanyaan yang diajukan. Awalnya partner saya nan akan share screen belaka karena mendadak laptopnya bersoal. Alhasil saya yang harus share screen. Kiranya sedikit berubah pecah rencana tapi secara awam kami boleh mempresentasikan segala yang kami persiapan semaksimal yang kami bisa lakukan. Pada akhirnya dibalik semua tugas yang kami dapatkan, saya merasa bersyukur pernah mengambil mata pidato dengan dosen ini. Sedikitnya saya mendapatkan banyak pengalaman dan pemahaman baru tentang bahasa mandarin walaupun masih n domestik tahap asal. Semoga materinya enggak cepat lupa. Saya tidak berambisi dapat nilai nan pangkat mengingat kemampuan yang terbatas bahkan satu inferior dengan bandingan-kutub nan sudah ikatan belajar sebelumnya waktu di sekolah tiap-tiap. Alamat saya hanya satu, merupakan lulus dan tidak harus mengulang. Semoga.

Hsinchu, 16 June 2022, 20.20
Di malam yang sejuk.