Contoh Soal Mengenai Identitas Orang Percaya Pelajaran Agama Kristen


A.



Identitas Orang Percaya




Murid Kristus


1.


Katamurid merujuk kepada petatar atau seseorang nan ingin belajar, menerima pengetahuan internal rangka peningkatan kualitas diri. Dalam Alkitab dikatakan bahwa pelajar adalah pengikut.


2.


Dalam bahasa Latin, murid sdsebut
discipulus
, intern bahasa Yahudi disebut
limmud
 dan dalam bahwas Yunani disebut
mathehes
 .


3.


Halikuljabbar Yesus menegaskan bahwa tidak mudah menjadi seorang pesuluh Kristus. Selain mengembang tugas nan mesti dilakukan, terserah permintaan kualitas atma yang harus dimiliki murid.


4.


Kualitas hayat koteng murid sesuai Matius 16 : 24 adalah :


a.



Meniadakan diri

, bukan berarti menghilangkan kesediaan dan makna hidupnya, belakamenempatkan Kristus bak ki akal jiwa di mana seluruh kehausan manusiawi sang murid ditaklukan di radiks karsa Sang Guru.



i.


Paulus mengubah diri dengan mematikan semua harapan hidupnya, sebagai manusia berdosa, dan menyerahkan diri untuk dipimpin Vitalitas Kudus.


b.



Memikul salib

. Salib nan ditanggung Yesus merupakan limpahan dosa kita kepadaNya yang tanpa dosa. Yeusus hening lakukan menanam usia manusia.


c.



Mengikut Kristus

, artina setia mengikuti dan menaati semua firmanNya.


Bangsa nan Tersortir


5.


Cucu adam percaya dipilih Tuhan untuk menjadi bangsa pilihanNya. Bangsa nan terpilih mengandung galur komunitas, dan bisa berjasa hubungan yang diarahkan baik kepada Sang pencipta alias sesama, misal mana yang diwujudkan dalam kelahiran baru.


6.


N domestik PL, bangsa Israel dikatakan umat pilihan, dan di PB sosok-sosok beriktikad dipanggil sebagai insan pilihan.


7.


Nasion yang jati mengandung arti pangilan yang mencerminkan hal Allah, yang telah memanggilnya.


8.


Pemilihan basyar percaya sebagai bangsa yang terpilih didasarkan kepada :


a.



Kasih anugerah

. Bukan karena kelayakan anak adam berdosa di hadapan Allah, namun karena belas kasih Allah.


b.



Kedaulatan Allah

. Seleksi adalah kuasa mutlak dari Tuhan dan tak dapat diganggu gugat juga tidak aliansi salah.


c.



Sifat abadiah Allah

. Pemilihannya bersifat kekal, lain dapat dibatalkan.


d.



Pemilihan Sang pencipta ini dilakukan di dalam dan melalui Yesus Kristus

. Artinya :



i.


Agar cucu adam pilihan menjadi serupa dengan Kristus;



ii.


Orang seleksian sudah ditebus dari upah dosa;



iii.


Beruntung-berkat yang menyertai akan dialami dalam persemakmuran dengan Kristus.


Umat Kepunyaan Tuhan


9.


Umat kepunyaan Sang pencipta menunjukkan kepemilikan yang tak berakhir.


a.


Kepemilikan Halikuljabbar atas nasion Israel tidak didasarkan atas kelayakan bangsa Israel di hadapan Allah, melainkan atas keinginan Sang pencipta untuk menjadi Tuhan bagi bangsa itu.


10.


Intern spirit bersama orang lain, identitas bagaikan milik milik Allah mengandung tanggung jawab untuk menunjukkan prioritas umur.


a.


Orang berketentuan harus mengambarkan dirinya adalah milik Sang pencipta.


b.


Dengan demikian, tidak ada satupun makhluk merasa berhak mengatur ataupun menindas kamu dengan cara apapun.


Nasion nan Sejati


11.


Identitas makhluk beriman sebagai cucu adam yang ceria berhubungan dengan perlintasan moral dan spiritual orang berkepastian yang sudah dibenarkan, mengalami kelahiran kembali (pertobatan), dan dikaruniai nyawa plonco oleh Tuhan.


12.


Bangsa yang telah dikuduskan Almalik signifikan telah dikhususkan cak bagi Allah bagi melaksanakan tugas khusus memberitakan Imperium Allah.


13.


Orang berketentuan harus menyatakan identitasnya dengan gaya hayat yang menjaga kekudusan, internal mengomong kita menggunakan prolog-kata yang bermartabat dan pantas, bersikap benar, berperilaku nan berkenan kepada Allah serta berperan bersusila.


Imamat yang Rajani


14.


N domestik PL, insan tidak bisa merentang Allah secara bersama-sama. Makhluk harus melampaui perantara, yaitu imam yang menghubungkan Allah dan makhluk.


15.


Namun, lewat kejayaan Kristus di kayu kayu silang, semua orang percaya dapat sekaligus memfokus Allah melalui Kristus. Semua makhluk percaya berkewajiban bagi hidup kudus, menyembahkan upeti rohani kepada Almalik, tukar mendoakan, memberitakan firman Tuhan dan dapat memimpin baptisan dan perjamuan putih.


16.


Imamat yang rajani tidak berbicara tentang imam dan rajani.


a.


Pater adalah kemustajaban dan tugas setiap anak Allah, bukan merupakan jabatan yang diberikan kerjakan memperlengkapi pergerakan orang kudus.


b.


Imamat yang rajani disebut
royal priesthood
.


c.


Hamba allah percaya merupakan imam dan raja nan melayani.


d.


Sebagai pastor, mempunyai akses langsung kepada Halikuljabbar. Sebagai raja, memiliki kuasa dan otoritas atas dosa, ki kesulitan dan kuasa kegelapan.


17.


Imamat yang Rajani adalah cara hadiah nan berfungsi. Setiap berasal kita memiliki sesuatu yang diperlukan maka dari itu hamba allah lain.


a.


Kasih Almalik bukan hanya untuk kita sendiri, namun lagi lakukan dibagikan kepada orang lain.


b.


Takdirnya kita tidak mau meladeni atau berfungsi, itu perlambang karunia Kristus belum berakar dalam diri kita dan kita masih diliputi kesombingan, keheranan dan ketertarikan.


B.



Hidup Misal Anak adam Sosial




1.


Pada mulanya Pria diciptakan sendirian di Ujana Eden tanpa keberadaan manusia lainnya.


a.


Adam mulai merasa bahwa :



i.


Tidak terserah yang bisa timbrung merasakan sekiranya engkau merasa tersentuh perasaan alias bahagia



ii.


Tidak ada yang memafhumi dirinya dan mendengar bahasa kabunya



iii.


Tidak terserah yang dapat mengisi relung hatinya


b.


Laki-laki tak menemukan penolong yang setimbang dengan dirinya.


c.


Makanya karena itu, Yang mahakuasa membuat Adam tidur nyenyak, menjumut riuk satu rusuknya, lalu menciptakan kuntum bagaikan penolongnya nan sepadan.


2.


Kejadian 2 : 20 – 25 tidak hanya menyatakan invensi insan pertama, ataupun pasangan bagi Lanang yang setolok, namun jugalah menyatakan bahwa sejak awalTuhan menciptakan manusia laksana cucu adam sosial yang :


a.


Tukar membutuhkan


b.


Saling melengkapi


c.


Memberi manfaat bikin arwah sesamanya.


3.


Orang percaya tidak dapat atma tanpa sesamanya.


a.


Orang beriman harus mengupayakan dan memiara kelanjutan semangat bersama.


b.


Manusia percaya bertanggungjawab untuk mengutamakan orang tidak, bahkan bersedia mengorbankan dirinya kerjakan membangun spirit orang tidak.


C.



Memaknai Hayat Bersama Orang Lain




Menjadi Garam


1.


Manfaat garam antara bukan :


a.


N kepunyaan 14.000 fungsi baik secara ilmu pisah untuk kesehatan


b.


Alat tukar emas


c.


Bakal mencgah makanan agar bukan cepat mereput


d.


Menerangkan diri pecah segala kotoran


e.


Tanda baca untuk mengatakan sesuatu yang lebih bermakna.


f.


Dalam Israel kuno, ada yang namanya Perjanjian Garam, adalah perjanjian nan tidak akan berubah sampai kapanpun, nan melambangkan
sakral, nirmala, loyalitas, kejujuran dan abadiah
.


Menjadi Binar


2.


Pada zaman adv amat, di setiap flat ada pelita yang diisi minyak oliva, diletakkan di atas kaki tanglung (agar sinarnya terpancar luas). Pelita ini menyebar sinarnya, lain berasap, harum, sehingga sehat bagi kesehatan.


a.


Pelita fungsinya tidak belaka bagaikanpemancar, belaka lagi untuk memafhumi sebelah yang ter-hormat (indeks arah).


b.


Efesus 5 : 8, lalu kita adalah keremangan, namun sekarang adalah terang intern Yang mahakuasa.


c.


Identitas anak adam percaya sebagai cahaya mengandung makna :



i.


Punya lengkap hidup yang lebih etis, bermoral dan menyenangkan lahir batin



ii.


Menyinari semua palagan (semua aspek, tanpa terkecuali)



iii.


Menjadi panduan, pola, teladan dalam kejadian kesahihan.


d.


Allah Yesus mengingatkan kita lakukan menjadi terang untuk semua basyar, sepatutnya orang dapat melihat perbuatan kita dan memuliakan Bapa di sorga.


3.


Menjadi garam dan terang dunia yaitu perihal memperlihatkan hidup kepada sesama melalui kegadisan hati.


Bersahabat


4.


Persahabatan terjadi menerobos proses nan panjang.


a.


Persahabatan diwarnai dengan berbagai ragam asam garam, baik gemar maupun benguk nan tidak relasi disengaja belaka untuk melampiaskan kebencian.


5.


Seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan hanya kerjakan menghindari perselisihan.


a.


Sendiri sahabat berani menyapa sahabatnya demi perubuhan.


b.


Pertukaran dari teman menjadi sahabat butuh kesetiaan dan inisiatif, bukan ada egoisme.


6.


Sempurna sahabat sejati dalam Alikitab merupakan Yesus Kristus.


a.


Karya Yesus di tiang salib membuktikan bahwa Ia adalah Sahabat sejati, bahkan Sira menyebut kita sebagaisahabat, yang tidak pertautan memaksakan kehendakNya.


b.


Contoh persahabatan sejati lainnya adalahDaud dan Yonathan.


7.


Prinsip pertemanan kudrati yang diajarkan Allah Yesus adalah :


a.


Tidak cak semau yang disembunyikan, adanya keterusterangan.


b.


Komunikasi yang tebuka.


c.


Tidak mementingkan diri sendiri dan tidak egois.


d.


Rela berkorban demi kehidupan sahabatnya.


e.


Menghormati dan menghargai pilihan sahabatnya meskipun berlainan.


Rasa Doyan terhadap Lawan Jenis


8.


Menurut John Lee, ada heksa- rang bawah buruk perut, yakni :


a.


Eros: identik dengan romantisme sayang, hasrat fisik dan emosi akibat kepuasan okuler


b.


Ludus: permainan, penuh pehitungan unggul-kalah, untung-rugi


c.


Storge: sering hangat, tumbuh perlahan berpangkal persahabatan atas dasar beberapa kesamaan yang dimiliki.


d.


Pragma: didominasi logika, bukan perasaan, didasarkan intelektual, spiritual, dan logika


e.


Mania: gelojoh letup, penuh obsesi, dipicu rendahnya kepercayaan diri


f.


Agape: bukan mengistimewakan diri sendiri, tanpa timbal balik, seperti mana comar karunia koteng ibu


g.


[Ket.] Storge dan pragma lebih banyak dilakukan oleh wanita, mania adalah biasanya terjadi pada cinta pertama, agape dimiliki seseorang yang telah dewasa.


9.


Jonathan A. Trisna mencirikan seseorang nan kasmaran sreg n antipoda jenis, adalah :


a.


Pria akan tampak kian menarik.


b.


Pipi wanita tertentang kemerah-merahan


c.


Muncul keinginan bakal mendekat


d.


Berbocara jadi gugup.


10.


Maksud berpokok menjalin pertalian semula dengan rival spesies ,adalah :


a.


Mengenal kepribadian atau rasam masing-masing


b.


Sparing salng mengagungkan dan menghargai pasangannya.


c.


Berlatih tukar menerima lebih dan kurangnya.


d.


Belajar tukar memotivasi


e.


Bersama-sederajat meningkatkan perkembangan rohani.


11.


Mandu – cara berbimbing awal dengan bandingan variasi sesuai wahyu Kristen adalah :


a.


Dengan sesama orang percaya.


b.


Dilandasi kasih nan rela berkorban dan tulus


c.


Dibangun kerumahtanggaan komunikasi yang terbuka danjujur.


d.


Menjaga kekudusan dan bertangungjawab.


e.


Saling membangun n domestik rohani, dan memiliki hubungan pribadi dengan Almalik.


f.


Memberi kesempatan lega lawan tipe buat berkembang, berbeda pendapat adalah wajar.


12.


Sesuai dengan Kejadian 1 : 26 dan 1 Korintus 3 : 16-17, yang mana saban menyatakan kalau kita diciptakan segambar dan setupa dengan Halikuljabbar, dan bodi kita adalah Bait Halikuljabbar yang kudus, maka kita harus mengasongkan diri menjadi kudus, menjadikan kombinasi awal dengan bandingan jenis perumpamaan alat angkut pendewasaan, detensi diri, dan pengendalian temperatur nafsu.


Bermasyarakat




13.


Privat semangat bersama dalam masyarakat, perbedaan tidak alasan lakukan bukan tinggal bersama kerumahtanggaan satu lingkungan.


14.


Identitas orang percaya n domestik kehidupan bermasyarakat akan tampak kerumahtanggaan caranya :


a.


Bersilahturahmi


b.


Menjalin kombinasi


c.


Memperhatikan anak adam di sekitarnya , dan


d.


Menentukan prioritas vitalitas.


15.


Tuhan Yesus melukiskan kehidupan orang percaya di tengah dunia nan dapat mengancam hayat.


a.


Mat 10 : 16, bahwa kita sebagai halnya anak domba yang suka-suka di tengah serigala, hendaknya kita cerdikseperti i beludak dan tulus sebagai halnya merpati.


b.


Tantangan yang kita alami lain perihal berapa segara tantangan itu, tapi bagaimana kita menyikapinya.


D.



Almalik Pembaru Spirit Manusia dan Alam




Pengertian


1.


Kamus peserta SLTA menjelaskan bahwa
pembaruan
 sebagai proses, pendirian, pembuatan memodernkan, hasil kerja membarui.


a.




Pembaru


 adalah praktisi pembaruan.


b.


Pembaruan merujuk kepada sesuatu yang sudah lalu usang, tidak layak pakai, kadaluarsa atau tinggal masa pakainya.


2.


Pembaruan kehidupan adalah proses yang bersifatkonstruktif (memajukan, membangun, sehingga bertambah bermakna) dandinamis (bergerak maju mendekati keutuhan).


3.


Situasi terdahulu dalam perombakan :


a.


Proses yang terus berjalan sampai hingga pada kesempurnaan


b.


Kesediaan pemilik kehidupan untuk mengalami pembaruan


4.


Sang pencipta perumpamaan Pembaru nyawa, artinya Allah nan melakukan pembaruan pada spirit dan alam.


a.


Pembaruan yang dilakukan Allah adalah total, mencengam atma dan pikiran manusia (Efesus 4 : 23)


5.


Yesus menekankan, dalam percakapanNya dengan Nikodemus, bahwa turunan perlulahir punagar dapat dibarui.


a.


Semua orang plong intinya telahlah kesuntukan kemuliaan.


b.


Manusia memperlukan pembaruan total untuk mengedit keberadaannya ibarat pendosa.


6.


Dengan restorasi vitalitas, Allah hendak menunjukkankasih dan konsistensiNya terhadap ciptaanNya.


a.


Allahtak rangkaian mengabaikan ciptaanNya
privat keadaan apapun.


b.


Yang mahakuasatak kawin berubah pecah bagan awalNyayangmenghendaki manusia dapat menikmati seluruh rahmatNya.


c.


Dua poin di atas adalah makna reformasi umur manusia dan liwa oleh Allah.


Kejatuhan Manusia ke internal Dosa


7.


Dalam Hal 3 diceritakan bahwa ular bakau menggoda Guru, menawarkan kepada Hawa biji zakar tanaman warta nan baik dan nan jahat, di mana Hawa dapat menjadi seperti mana Yang mahakuasa.


a.


Temperatur pun tertarik, karena biji pelir itu kelihatan sedap bakal dimakan dan menarik hatinya karena memberikan pengertian. Inilah awalnya Hawa tidak taat kepada Allah. Hawa turun ke intern dosa.


8.


Keadaan ini dalam PL disebut
pesya
 (pemberontakan),
khatta
 (pelanggaran), atau
awon
 (polah tidak senonoh, kehabisan), atau disebut
dosa
.


a.


Paulus menyebut dosa dengan ketidaktaatan, dan cucu adam berdosa laksana musuh atau pembenci Allah.


9.


Menurut Alkitab,
dosa
 adalah suatu pemberontakan kepada Yang mahakuasa.


a.


Dengan jatuhnya manusia kepada dosa mustahil khalayak dapat lewat berssama dengan Allah di Ujana Eden.


b.


Setelah deklinasi sosok ke privat dosa, Allah menggertak manusia dari Taman Eden dan tidak diperkenankan lagi mereka tinggal di danau.


c.


Dosa yang sudah dilakukan Adam dan Hawa telah merambat ikut ke dalam dunia.


10.


Alkitab mencatat hukuman atas dosa adalah :


a.


Upik akan mengalami banyak kesusahan ketika mengandung dan kesakitan ketika melahirkan anaknya.


b.


Petak terkutuk, akan menghasilkan semak duri dan rumput.


c.


Sosok akan bekerjamati-matian mencari peranakan segenerasi hidupnya.


d.


Individu akan pula menjadi petak (lengang).


11.


Manusia mengalami kematian secara rohani, yaitu rusaknya hubungan dengan Halikuljabbar, sehingga manusia terlepas, terasing dan terpisah berpangkal Almalik.


12.


Keterpisahan manusia dari Tuhan membawakan sedert penderitaan, menjauhkan kita berpokok berkat dan mata air berkat itu sendiri.


a.


Manusia menjadi antap secara moral, dan harus menghadapi kematian fisik.


b.


Semua tabiat manusia menjadi mencerminkan dosa, mengakibatkan kematian kekal bagi manusia.


13.


Yang diperlukan manusia kerumahtanggaan menguasai dosa ini adalah
bertobat.



Taki Allah tentang Pembaruan


14.


Tuhan tidak hanya menyatakan pemeliharanNya terhadap ciptaanNya, sekadar kembali Ia berinisiatif cak bagimemulai hubungan nan baru dengan manusia.


a.


Hubungan baru itu tidak bermakna menyejukkan akibat berpunca dosa itu koteng.


b.


Perantaraan baru itu memasrahkan jalan keluar terbit akibat dosa itu.


c.


Insan pada dasarnya bukan dapat melepaskan dirinya bermula dosa ebeserta hukumannya, namun kasihNya yang eksemplar tidak membiarkan hamba allah kehidupan dalam hukuman kekal dan tanpa pengharapan.


15.


Intern kutukan akibat dosa, tersirat janji yang memberikan pengharapan.


a.


Meskipun ular meremukkan tungkak nona (Hawa),keturunan Suhu akan meremukkan pemimpin ular itu, keturunan nan dimaksud yakniTuhan Yesus.


b.


Perlambang akan ciri ciri dari anak cucu perempuan itu terserah di Yes 7 : 14, di mana sendiri perempuan muda (Maria) akan mengandung dan melahirkan seorangsuami-laki, dan dinamakan Imanuel.


16.


Ki kebusukan memang akan mendatangkan hukuman, namun kita pun harus perhatikan bahwa Allah masih kepingin menyelamatkan.


a.


Kita teristiadat pahami bahwaAllah menyelamatkan seseorang bukan karena kelayakan kerumahtanggaan diri orang tersebut, melainkan hanya karenakemurahan Tuhan.


17.


Dalam PL tercatat janji Yang mahakuasa tentang restorasi koneksiAlmalik dengan manusia yang diinisiasi Allah sendiri, antara lain :


a.


Perjanjian Allah dengan Nuh, bahwa Yang mahakuasa tidak akan memusnahakn cucu adam dengan air bah sekali lagi, dan ditandai dengan busar di awan yakni pelangi.


b.


Perjanjian Allah dengan Abraham bahwa keturunanNya akan memenuhi marcapada, namanya akan termahsyur dan mendatangkan berkat bagi bumi dan segala isinya.


c.


Perjanjian Allah dengan Musa di Pegunugnan Sinai nan disebutPerjanjian Sinai,wadah Allah memberikan 10 Hukum yang harus ditaati maka itu bangsa Israel jika mereka hendak hidup berkenan kepada Halikuljabbar.


d.


Pejanjian Halikuljabbar dengan Daud tentang takhta dan nasab Daud. Allah akan mengokohkan takhkta Daud dan semenjak keturunan Daud akan lahir seorang Sinuhun yang mengebumikan dunia.


e.


Ikatan perjanjian Allah diulangi sekali lagi melalui para Utusan tuhan yang semakin jelas menubuatkan penyelamatan Allah terhadap bani adam. Utusan tuhan Zakharia menubuatkan bahwa Kristus akan datang dengan kemenangan, seumpama seorang pangeran nan masuk ke Yerusalem di atas akan himar beban yang cukup umur.


18.


Semua ikrar ini digenapi di intern dan melaluiYesus Kristus.


a.


Tuhan mengaruniakan AnakNya yang istimewa.


b.


Keturunan nan dimaksud Sang penciptaadalahYesus Kristus, karena dikatakanNyalah adalah ‘anak cucu’, bukan ‘keturunan-anak cucu’, berharga keturunan yang dimaksud adalah suatu insan, yakni Yesus Kristus


c.


Yesus diungkapkan sebagai lebih dari seorang zuriat Abraham, n domestik surat yang sama dinyatakan bahwa “mereka yang nyawa dari iman, mereka itulah anak-anak asuh Abraham”


19.


Semua ikrar Allah akan halnya pembaruan mengandung unsur pemulihan dan perbaikan dalam hubungan yang yunior dengan Allah.


a.


Pembaruan ini hanya boleh terjadi bilamana ada tebusan yang tepat, yang sesuai dengan petisi penebusan atas dosa.


b.


Bukan ada manusia yang dapat menanggung semua ini, kecuali di kerumahtanggaan dan menerobos Yesus Kristus.


E.



Karya Tuhan Sebagai Pembaru Kehidupan




1.


Allah menggambarkan tulangtulangan dan tindakan pembaruanNya melalu bangsa Israel.


a.


Berawa

l dari Kejadian 12, ketika Abraham dipanggil, dipilih bakal dijadikan bangsa yang besar.


2.


Dalam Perjanjian Lama, pembaruan Allah dilakukan bedasarkan anugerah Allah atas pemenuhan syariat Taurat.


a.


Pemilihan bangsa Israel sebagai umat Allah adalah anugerah nan disertai dengan disiplin Allah menernakkan kelangsungan usia bangsaNya.


b.


Seringkali bangsa Israel tidak taat, namun Allah tetap melakukan pembaruan atas mereka


3.


Intern koalisi perjanjian anugerah dengan Allah, bangsa Israel mendapatkan petunjuk bakal mengadakan formalitas perdamaian atas dosa-dosa mereka agar hubungan dengan Allah dapat dikuduskan pula.


a.


Pendamaian dirayakan dengan penyederhanaan kurban pendamaian dan dilakukan oleh padri yang mewakili seluruh bangsa Israel di aribaan Sang pencipta.


b.


Sang pencipta lalu berjalan di atas persembahan tersebut pertanda Beliau menerima kurban dan bersedia untukmengampuni dan memodernkan pun hubungan dan semua berkat untuk bangsa yang telah bertobat.


4.


Tidak setakat kurban perujukan, belaka jugatransisi batiniah umatNya, agar seremoni itu menjadirespon pembaruan Almalik, menuntun kita pada nubuatan tentang Mesias, yaitu Kaisar yang nonblok, lemah lembut dan Hamba yang menderita.


5.


Tindakan pembaruan Allah melaluipenebusan pertama mungkin ketikapembuangan dan penyebaran bangsa Israel di seluruh bumi.


a.


Yes 16 : 3 bahwa Allah akan menyembuhkan pula umatNya umat Israel.


b.


Tuhan akan menjadi raja dan berjalan di depan mereka, memimpin mereka.


c.


Sesudah itu, Israel akan mengalami pembaruan spiritual, menimbangi hati yang takut akan Tuhan,sehingga Israel enggak pula bertukar bermula Nya.


6.


Dalam pembaruan Allah ini, Tuhan akan menyetip dosa umatNya.


a.


Allah akan mengampuni dosa mereka dan tak mengingatnya lagi.


b.


Tuhan akan menjadi Halikuljabbar mereka dan mereka menjadi umatNya.


c.


Ini menjadi perjanjian keselamatan yang memperbarui spirit individu dan alam.


Karya Pembaruan Sang pencipta privat Perjanjian Hijau




7.


Dalam PB karya perombakan Allah tidak afiliasi tanggal mulai sejak Yesus Kristus.


a.


Segala peristiwa seputar Yesus Kristus yakni penggenapan semua nubuat tentang Mesias dan seluruh rang penyelematan Allah dalam rangka pembaruan kehidupan kehidupan turunan dan alam.


8.


Tidaklah dapat manusia menguburkan dirinya bersumber azab kekal.


a.


Dibutuhkan kurban perujukan yang dapat menanggung semua aniaya tersebut.


b.


Resistansi anak adam tak bisa menyergap hadiah Allah, sehingga Ia merelakan Anak Tunggal-Nya menjadi kurban pendamaian.


c.


Allah merelakan Anak Tunggal-Nya karena sahaja itu jalan bikin mendamaikan sosok dengan diri-Nya. (Rm 8 : 31)


9.


Beberapa poin dari kejadian penyaliban Yesus Kristus :


a.


Di akhir zikir Yesus kepada Allah di Taman Getsemani, Yesus berkata :”Ya Bapa-Ku, jikalau Beliau ingin, terimalah cawan ini tinimbang-Ku, cuma bukan niat-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi” (Luk 22 : 42-43)


b.


Walau mutakadim disiksa, Yesus masih mau berkata : “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu segala nan mereka perbuat” (Luk 22 : 34)


10.


Ketika Yesus berseru menyerahkan nyawaNya ke dalam tangan Bapa-Nya, tabir Kuplet Putih terbelah dua bersumber atas menyentuh bawah.


a.


Ini menjadi huruf angka bahwa enggak ada sekali lagi pembatas yang menghalangi, semua manusia dapat menimpa Allah sonder makelar enggak, kecuali Yesus Kristus.


11.


Yesus mati mengaku semua hukuman dosa manusia, turut kedalam maut dan mengalahkannya sehingga Engkau kambuh plong tahun yang ketiga.


a.


KebangkitanNya ialah kemenangan atas kuasa maut.


12.


Siksaan Yesus di kusen salib menunjukkan bahwa minus pertumpahan darah, maka enggak akan persaudaraan terjadi penyelamatan, pembaruan nasib manusia dan duaja.


a.


KematianNya yakni pertempuran mengganjar maut, bagi menebus semua batih akibat dosa.


13.


Karya penyelamatan Kristus hingga kebangkitanNya memberikan akibat penting bagi manusia berdosa, yaitu :


a.


Pengurbanan (sacrifice)


b.


Pendamaian (propitiation), pendamaian yang arketipe dan berkenan kepada Halikuljabbar.


c.


Rekonstruksi (reconcilitation), memulihkan sangkut-paut yang telah kemungkus karena dosa.


d.


Penebusan (redemption), menggaji semua dosa manusia.


14.


Karya pembaruan Allah intern Perjanjian Mentah mengurbankan Kristus umpama penyelasaian dosa individu kepada Allah, dengan tujuan :


a.


Mengampuni dosa manusia.


b.


Menyilih manusia dari maut.


c.


Memulihkan hubungan dengan Allah.


d.


Membarui nyawa manusia dan alam.


e.


Memastikan jaminan nyawa yang kekal.


15.


Pembaruan ini memastikan bahwa, tidak ada satu aksi manusia yang dapat membawa dirinya kembali kepada Allah, saja pertobatan dan pembaruan kehidupan di dalam dan melintasi Kristus.


F.



Makna Allah Seumpama Pembaru Kehidupan




Allah menghendaki pertobatan turunan.


1.


Pertobatan,tobat, berasal dari katarepentance bermanfaat menyesal atas kesalahan.


a.


Dalam PL digunakan introduksi
nicham
: menyesal, dan
shubh



b.


Dalam PB digunakan kata
metanoia
 (terjemahannicham, menekankan pada perubahan batin) dan
epistrepho
(terjemahanshubh, menekankan pada umur lahiriah)


c.


Secara lurus,
metanoia
 berarti persilihan pikiran, hati, tidak sekedar perubahan akademikus, melainkan persilihan pribadi nan utuh.


2.


Secara sederhana,
pertobatan
 berarti : berbalik dari jalan manusia lakukan mengikuti jalan yang dikehendaki Allah, dan jika melalaikannya akan muncul rasa ebrsalah.


a.


Menurut Paulus, pertobatan adalah menjauhi manusia lama dan menjadi manusia baru.


3.


Sikap hati yang muncul intern pertobatan ialah :


a.


Mencatat dirinya berdosa dan akan mengakuri hukuman Allah


b.


Mengingat-ingat dirinya membutuhkan Yesus Kristus Juruselamat tunggal.


c.


Mohon pengampunan dan pengudusan dari Yesus Kristus


d.


Menyerahkan seluruh hidupnya kepada Yesus Kristus.


e.


Mengamini Yesus Kristus misal Juruselamat pribadi dan Tuhan.


f.


Meninggalkan kehidupan lama yang selau berontak kepada Allah


g.


Memulai hidup baru dengan menirukan karsa Allah dalam firman-Nya.


4.


Pertobatan adalah kebutuhan mutlak insan berdosa.


a.


Menerima Yesus sebagai Juruselamat pribadi berharga hidup dan hinggap puas Tuhan, dengan cara pandang dan abstrak pikir yang mengarah pada satu sikap percaya yang utuh kepada Tuhan.


b.


Kristu nomplok untuk mempertobatkan manusia, bukan mengampuni siapapun tanpa pertobatan.


c.


Anak Hamba allah datang bikin mencari dan menyelamatkan yang hilang, lakukan mengkhususkan kita semenjak segala kejahatan diri untuk menguduskan bagi diriNya suatu umat, nasib baik Nya sendiri, yang pelahap melakukan baik.


d.


Pertobatan sekali seusia hidup.


Perbaikan Semangat Manusia dan Duaja


5.


Pertobatan adalah anju sediakala menentang proses perombakan.


6.


Allah menempatkan manusia sebagai pribadi yang utuh, artinya Allah memaui dari manusiakerelaan dan kesanggupan insan bikin dibarui.


7.


Saat seseorang bertobat kepada Kristus, beliau akan menerima harga diri yang baru di aribaan Allah, adalah manusia berdosa :


a.


Diperdamaikan dengan Allah


b.


Diampuni dan dianggap benar


c.


Disucikan dan dikuduskan


d.


Diangkat menjadi anak Halikuljabbar


e.


Menerima tanda jadi tentu kerjakan kehiudpan nan kekal.


8.


Allah melakukan satu pembaruan kehidupan manusia di dalam dan melintasi Yesus Kristus, nan meliputi :


a.



Pembaruan hati





i.


Hati manusia dikuasai oleh dosa yang menjadikan basyar hamba dosa.



ii.


Kerumahtanggaan PB, Paulus bersabda mengenai
khitan hati
, ialah individu yang mengaku sebagai anak-anak asuh Allah bukan sahaja mengamalkan hukum Halikuljabbar atau upacara agama zahir doang, sebabAllah memaui pemenuhan hukum dari hati dan secara batiniah juga.



iii.




Khitan hati


 berarti pertobatan relung hati, menjadikan hati dan pikirannya peruntungan Kristus. 2 Kor 5 : 17 “Makara, bisa jadi yang ada di dalam Kristus, ia merupakan ciptaan bau kencur; nan lama sudah berlalu, sesungguhnya yang mentah telah hinggap’


b.



Pembaruan teladan pikir insan





i.


Sebelum bertobat, roh dan pemikiran kita masih dikuasai kejahatan, maka tak suka-suka yang baik dalam pemikiran kita.



ii.


Plong saat mulai memahami firman Tuhan, manah kita lambat laun diperbaharui oleh Atma Murni, dan pembaruan ini mengirimkan kita pada suatu sukma nan diubahkan, perubahan seluruh aspek.



iii.


Pembaruan Allah terhadap pola berpikir dalam-dalam yang lama – yaitu hidup dengan pengertian nan gelap dan jauh terbit persekutuan Allah, pikiran yang ketul mengerjakan apa macam ki kebusukan –, dibarui dengan harus meninggalkan khalayak lama kendati kita dibaharui di dalam sukma dan perasaan, yang kontras adalah meningglkan individu lama dan mengalungkan manusia plonco.


c.



Pembaruan pola tingkah laku





i.


Atma orang berketentuan yaitu pertukaran berpunca umur di dasar kuasa kehidupan manusia lama, menjurus kemerdekaan yang dibentuk dalam ruang radius basyar baru sesuai kehendak Sang pencipta.



ii.


Paulus internal Efesus 5 : 8 menyatakan sebaiknya kita hidup sebagai anak-anak terang.



iii.


Proses pembaruan bersumber kebiasan lama merentang manusia baru disertai dengan membuang keadaan-hal yang membancang pertumbuhan rohani.



iv.


Kolose 3 : 5 – 16 mendaftar hal-hal yang harus ditinggalkan bani adam yunior, dan ini adalah cerminan apakah kita masih menjadi hamba allah lama alias sudah menjadi turunan plonco.


d.



Pembaruan hubungan sosial dan dengan alam seberinda





i.


Filipi 2 : 5, “Hendaklah dia internal hidupmu bersama, memangkalkan pikiran dan pikiran yang terdapat juga internal Kristus Yesus”



ii.


Pikiran dan pikiran Yesus Kristus yakni sehati sepikir, satu rahmat, satu jiwa, suatu tujuan, enggak mencari kepentingan seorang atau pujian yang sia-sia dan adv minim hati. Inilah yang harus mewarnai jiwa bersama turunan lain dalam hal apapun.


G.



Tujuan Karya Reformasi Allah




Berakar kerumahtanggaan Kristus


1.


Seperti tumbuhan pada umumnya yang harus berserat kuat ke dalam tanah seharusnya bisa bertunas dengan baik, seseorang namun dengan membangun akar hidup rohaninya di privat Kristus, sira akan sanggup umur, berseregang dan bertumbuh n domestik imannya, dan juga proses ini berlangsung seangkatan roh.


2.


Hendaknya seseorang dapat berakar di n domestik Kristus dibutuhkan ketekunan, yakni ketekunan manusia cak bagi menaati pekerjaan Almalik.


3.


Seperti pohon mendira nan akarnya kuat tersemat ke dalam tanah yang tetap kokoh diterpa kilangangin kincir, iman Kristen juga perlu ditopang dengan akar yang terpatri abadi di privat Kristus, yang menyerap firman Tuhan bakal kehidupannya, dan membuatnya kokoh berdiri dan bertahan dari berbagai cobaan


Bertumbuh ke sisi Kristus




4.


Tuhan melakukan perbaikan bikin kehidupan manusia seharusnya manusia mengalami pertumbuhan rohani yang baik.


a.


Untuk itu, orang berkepastian harus memelihara persekutuan pribadi dengan Kristus, mempelajari firman, dengan demikian khalayak berkepastian boleh bertumbuh semakin kuat imannya kepada Kristus.


5.


Pertumbuhan merupakan kiasan kiat dalam beberapa laksana yang mengikutsertakan kita kerjakan berpartisipasi dalam kerajaan Allah.


a.


Gambaran pertumbuhan yang dinyatakan secara minimum dramatis terdapat di tengah Bibel Yohanes (Yoh 14 : 24), yakni Yesus mengatakan jikalau angka itu tidak jatuh ke kapling dan mati, benih itu lain akan bertumbuh.


6.


Tuhan telah menjatah kita bermaam-variasi sarana untuk bertumbuh : wirid, Alkitab, tantangan dan kesaksian sukma, dan sarana dasarnya adalah ibadah bersama.


a.


Pertumbuhan rohani tidak boleh terjadi di luar persekutuan, bukanlah peristiwa pribadi antara orang Kristen dengan Allah saja, doang juga peristiwa ibadah.


b.


Dalam hal ibadah, kita mendedahkan diri lakukan pekerjaan Allah dan kebutuhan sesama kita.


Berbuah bagi Kristus


7.


Individu Kristen biasanya namun puas dengan keselamatan yang diterima, tetapi tidak kepingin bertumbuh dan berakibat. Kita diminta berbuah dan bertumbuh.


8.


Bertumbuh dan bertelur adalah dua hal yang berbeda.


a.


Pertumbuhan yakni proses untuk bertelur.


b.


Internal pembaruan maka dari itu Allah, ada bagian nan tidak benar berpangkal kita dan harus dibuang. Walau kadang menyakitkan, namun ini diperlukan.


9.


Agar kita bisa bertumbuh dan berbuah dengan baik, kita harus tetap tinggal di kerumahtanggaan Kristus, dan Kristus di dalam kita, baik privat kehidupan pribadi maupun dalam kehidupan bersama bani adam bukan.


a.


Suntuk di privat Kristus berarti berbuat kehendakNya setiap saat.


10.


Semua tindakan reformasi adalah :pemendekan sifat – sifat yang lain sesuai karsa Allah, ataupencucian berbunga segala tingkah kayun yang salah.


a.


Terkadang memang menyakitkan, cuma itu diperlukan agar kita boleh menjadi ‘tumbuhan nan berbuah lebat’.


Songsong KASIH


SELAMAT BELAJAR


Almalik Memberkati


ORA ET LABORA – Berdoa dan BERUSAHA !


Tambahan




1.


Musim – hari rakitan Tuhan :


a.


Masa ke 1 ( Keadaan 1 : 1 – 5) : langit dan manjapada serta siang dan malam


b.


Hari ke 2 (Situasi 1 : 6 – 8) : cakrawala


c.


Musim ke 3 (Kejadian 1 : 9 – 13) : daratan dan lautan serta tumbuhan


d.


Hari ke 4 (Kejadian 1 : 14 – 19) : penerang dan pemisah siang dan malam: rembulan,rawi dan tanda jasa


e.


Perian ke 5 (Kejadian 1 : 20 – 23) : cucu adam semangat di air dan burung – burung


f.


Perian ke 6 (Kejadian 1 : 24 – 31) : makhluk spirit darat serta manusia (Lanang dan Hawa)


2.


Maksud – harapan dari bilang ayat Alkitab :


a.


Markus 9 : 46, bahwa neraka yaitu tempat teratu kerjakan orang berdosa, tiada berhenti. Berfaedah untuk kita untuk bertaubat dan kembali ke jalan yang lurus merupakan jalanNya.


b.


2 Petrus 3 : 7-9, bahwa :



i.


Allah akan gegares memelihara langit dan manjapada, oleh karena itu kita patut juga melestarikan alam kita



ii.


Neraka diperisapkan untuk penghakiman orang fasik, berdosa nan tidak bertobat



iii.


Waktu di Suwargaloka adalah waktu yang dahulu strata dan disediakan lakukan orang yang mau ikut niat Halikuljabbar



iv.


Semua janji Allah akan ditepatiNya, sopan dan pasti, sehingga kita sewajibnya beriktikad kepada Almalik


c.


2 Timotius 3 : 16, bahwa ilham (firman Allah) berjasa :



i.


bagi mengajar (wahi dalam spirit sehari perian)



ii.


untuk menyatakan kesalahan (menentukan apakah sesuatunya itu benar atau salah)



iii.


memperbaiki kelakuan (memperbaiki perilaku kita melampaui petunjuk yang telah diberikanNya melalui ayat-ayat di Bibel)



iv.


mendidik orang dalam kebenaran (pendidikan harus dilakukan bedasarkan kebenaran firman Tuhan hendaknya validitas Almalik dapat dinyatakan


3.


Sejumlah ciri-ciri sosok yang menjadi siswa Sang pencipta antara tak :


a.


benar – benar menjadi muridnya jikalau kita tetap dalam firman Tuhan (Yohanes 8 : 31)


b.


saling mengasihi seputar seperti Tuhan sudah lalu mengasihi kita (Yohanes 13 : 34-35)


c.


Bapa akan dimuliakan jika kita bertelur banyal (Yohanes 15 : 8)


4.


12 Murid Tuhan Yesus antara lain :


g.


Agape :hidayah yang tertinggi, kasih yang rela berkorban bagi obyek nan dikasihi, enggak mementingkan diri koteng.

Source: https://tidakbolehmalas.blogspot.com/2019/03/rangkuman-pak-kelas-10-sem-2.html