Contoh Soal Pembelajaran Biologi Pada Psikomotorik

Berikut ialah contoh-kamil kursus soal SBMPTN Biologi lengkap dengan pembahasan jawabannya.

Nah, setelah sebelumnya gaung sempet bahas tips belajar untuk ujian kebangsaan SMA Biologi. Waktu ini ini gw mau kasih tips SBMPTN Biologi nih dengan pendirian kita bahas tuntas segala aja sih yang dibahas di soal SNMPTN tahun lalu.

Berikut ini adalah catatan (ga terlalu) ringkas SNMPTN Biologi 2022

Selesai rekaman pembahasan SNMPTN Ilmu hayat 2022, ada dua hal yg mau gw untuk. Minum air putih yang banyak karena serak abis ki kenangan lama dan nulis beberapa kesan di Blog. Bayangin aja, bermula 30an bab di SMA ditambah materi-materi pengayaan di luar sekolah harus dipelajarin. Tapi yang di testimoni dan diuji di SNMPTN / SBMPTN, tetapi keluar maksimal 15 soal.  Mungkin kalo gw sempet bakal gw tulis strategi menghadapi SNMPTN Bio di blog zenius.net. Tapi yg sekarang lu baca adalah kesan yg gw dapet per tanya di SNMPTN 2022.


Contoh Tanya SBMPTN Biologi Nomor 1.


Tanya mengenai ATP, yang ditanya fungsi dan kaitannya dengan energi. Pembahasan soal ini ada di
rekaman Bio SNMPTN 2022.

soal snmptn 2022

Menurut gw soal ini masuk kategori “lumayan”. Pesuluh ujian diuji untuk senggang apa itu ATP tidak dengan hafalan terminologi yang ada di buku sekolah. Tapi menurut gw, bakal level Ujian Pemilihan, pertanyaan ini kurang dalem, terutaman di bagian pilihan jawaban. Ga perlu langka, tapi serentak menghujam kemampuan pesuluh ujian. Usulan gw? Kaya gini baru level ujian SNMPTN

ATP yaitu molekul ilmu pisah hasil Pernapasan yang berenergi tahapan serta bersifat labil karena mudah..

A. Menyerap energi, karena ialah hasil dari proses Fosforilisasi Oksidatif dan Daur Krebs

B. Mudah mengeluarkan ion Fosfat inorganik, nan dibutuhkan lakukan proses metabolisme.

C. Membantu pemuasan Ion Hidrogen oleh NADP+


D. Bereaksi dengan enzim ATP Sintase

E. Melepaskan gugus Adenosin dan merubah ATP menjadi ADP

Saringan A akan dipilih sama anak-momongan yg kerjanya ngapalin jawaban soal aja terbit bimbel ataupun dari TO. Pilihan B, jawaban yg betul, tapi gw bikin kandidat ragu karena terserah istilah fosfat inorganik. Nan ga dalemin materi energetika lakukan ga ngeh ini jawaban bener. Pilihan C juga haring untuk yg hafal mati, dan ga bisa bedain Respirasi seimbang Pernapasan.  Seleksian D dipilih oleh anak2 yg sering latihan soal tanpa tahu bawah-dasarnya. Bungsu, E dipilih sama yg jawabnya uber-uber atau yang ingin nembak soal, karena ada kata ATP ke ADP.


Ideal Soal SBMPTN Ilmu hayat

Nomor 2.


Nomor 2 ngebahas klasifikasi kingdom Plantae. Masuk kategori lumayan juga, karena yang dilihat adalah “Bagaimana paku dan lumut dibedakan”. Gw paling sebel kalo pertanyaan-soal paku dan kulat yang ditanyain yaitu “dari tipe di pangkal, manakah yang turut pada paku-pakuan” dan pilihan jawabannya adalah tanda-nama latin yg asing banget.

soal snmptn 2022-2

Kalo dilihat dari sortiran jawaban, Kandidat yg ngerti klasifikasi (bukan apal
loh
ya), bakal mengeliminasi saringan A, B dan C. Kenapa? Karena itulah penyelaras Kulat yg
Thallophyta
dan Paku yang
Tracheophyta
(tanaman berpembuluh). Terus, tau Thallo dan Tracheo pita-pitaan itu dari mana?
Ambillah,
itulah pentingnya skema pohon filogeni yg gw saranin kian diajarain di sekolah. Dibanding mahfuz nama variasi dan klasifikasi tingkat kelas atau Ordo, macam
Merchantia
atau
Psilophyta

Plantae

Gambar Filogeni tumbuhan.

Catatan lakukan soal ini setia ada. Saringan D, Bersifat heteropora bisa jadi masih bisa diperdebatkan karena adanya spesies-diversifikasi paku dan lumut yg sama-sama n kepunyaan spora berbeda. Saran gw untuk pembuat soal, hindarilah sortiran jawaban kontroversi sebagaimana ini. Kalaupun cak hendak dibuat, berkonsultasilah dengan pakar Botani di Herbarium Bogor. Ribet amat pake konsultasi? Ya iyalah.. kalo jawabannya digugat sama kandidat yg jawab bener tapi disalahin gimana? Udah gitu digugat satu Indonesia pun 😀


Acuan Soal SBMPTN Biologi

Nomor 3.

Bersumber pengamatan gw, SNMPTN kadang ngeluarin soal nan menguji kosa-kata yang suka-suka di Ilmu hayat. Kalo ini kasusnya maka gw n kepunyaan solusinya nan ampuh juga kerjakan ngatasin pertanyaan-soal TPA verbal. Strategi yg gw maksud yaitu latihan pelajarin akar susu kata.  “Trus dimana gw dapat tutorial tipe gitu?”, emang aga rumit bakal ngerangkum bejibun materi akar prolog. Tapi lu bisa follow  twitter @zeniusenglish atau baca blognya. Rajin  ada bahasan penjelasan dari akar susu kata & contoh kata-pengenalan yg diturunin berpunca akar tunjang kata itu.

soal snmptn 2022-3

Di rekaman pembahasan nomor 3 gw coba kasih sedikit tekniknya. Mulai dari kata Absisi yang berawal dari perkenalan awal
Abscess
nan artinya putus alias hancur. Sampe pengenalan
Dormansi

yang berawal berusul pembukaan
Dorm
yang artinya tidur. Inget arti
Dormitory
mulai sejak bahasa Inggris? Artinya? Ya bener Tumpangan.. loh ko beda? Ya Asrama artinya buat tidur, lain kerjakan begadang belajar..
padalah
hayo tidur, tutup laptop dan bukunya 😀


Acuan Pertanyaan SBMPTN Biologi

Nomor 4.

Untuk Nomor 4, goresan gw ada lega pilihan jawabannya. Selevel sama dengan nomor 1, soal ini masuk kategori “lumayan”. Di soal ini kandidat diuji bakal bedain jaringan di pokok kayu. Walau jujur, gw sendiri awalnya males berlatih tumbuhan (Nilai kuliah struktur tumbuhan gw saja dapet B :D), tapi selepas liat gambaran lautan, gw bintang sartan paham. Pembagian struktur pohon gw rangkum kaya gini:

meristem

Gambar peta konsep jaringan tumbuhan.

Karena suntuk gw belajarnya “cuma” bikin daftar ciri-ciri tiap jaringan barang apa aja, nggak heran gw nggak mudeng-mudeng dan gagal paham. Sekarang dengan dibuat peta konsep nan bener, di otak gw cak semau skema pembagian jaringan berpegang gosokan proses diferensiasinya. Nah kritik gw puas soal cak semau di pilihan A dan B. Bisa tatap di cak bertanya berikut:

soal snmptn 2022-4

Pilihan B sebenarnya bisa ikut kandidat sortiran jawaban. Kalimat
Mengandung kloroplas dan tanin
bermula pilhan B makin berorientasi membidik ke jaringan Parenkim, dengan spesialisasinya Klorenkim nan jelas-jelas enggak ciri Kolenkim. Jawaban A  pun bisa jadi jawaban yg etis, karena kolenkim tidak punya dinding sel sekunder. Jadi, suka-suka dua jawaban yg mungkin donk? Iya kalau mengacu pada buku wacana Botani.


Contoh Soal SBMPTN Biologi

Nomor 5.

Soal-tanya Evolusi di SNMPTN perlu revisi yang cukup dalam. Soal-soal Evolusi sebenarnya bisa menjadi barometer nan bagus untuk menguji kemampuan kandidat. Terutama pemahaman mereka
plong konsep-konsep Evolusi yang bermartabat, dan menjadi fondasi embaran sains kandidat.

soal snmptn 2022-5

Soal nomor 5
menguji mualamat kandidat mengenai Evolusi mikro dan makro.  Banyak resep yang kesulitan membahasakan konsep ini buat mudah dimengerti. Saran gw, bisa make grafik semenjak www.talkorigin.org bikin kemudahan penjelasan.

evolusi makro & mikro

Bentuk perbedaan Evolusi Mikro dan Makro

Pula-pun, saran gw soal ini dapat diperbaiki untuk kian menguji permakluman kandidat dengan diubah dikit berpunya gini:

Evolusi yaitu proses transisi varietas dalam perian nan lama. Dengan dua mekanismenya, yaitu Mutasi rawak & Seleksi non acak. Evolusi dapat terbagi menjadi Makro evolusi dan mikro evolusi.

Faktor manakah nan
bukan
merupakan penyebab mikroevolusi internal populasi…


A. Adanya Aliran gen antar dua kelompok populasi

B. Terjadi alih tugas spontan dalam populasi nan menyebabkan perbedaan fenotip.

C. Terwalak pemilihan tunggul pada dua kelompok populasi yang cenderung pada spesiasi

D. Peristiwa hanyutan genetik (Genetic drift) yg menyebabkan perlintasan frekuensi alel

E. Adanya preferensi rangkaian bikin macam ataupun fenotip tertentu dalam populasi, yang menyebabkan perkawinan bukan acak.

Transisi yg gw lakukan ialah ngubah redaksi penulisan supaya kandidat yg emang ngerti evolusi nggak menjadi taksa makanya sedikitnya informasi di soal. Kalo masih make kalimat pecah soal aslinya, bisa-bisa kandidat yg ngerti makara jawab salah. Bukan karena nggak paham, tapi karena bahasa tanya yg rancu.


Arketipe Soal SBMPTN Biologi

Nomor 6.

Cak bertanya ini gw suka karena kesederhanaanya. Tapi tidak berarti nggak ada restorasi.

soal snmptn 2022-6

Soal nomor 6
sebetulnya kelihatannya sarana untuk menguji wara-wara dan kemampuan kandidat untuk materi biokimia dan membaca grafik. Coba kalo soalnya dibuat berbenda gini:

Tulisan: Diagram ini gw ambil dari forum sumbang saran tentang pemanasan global yg ngomongin komposisi ruang angkasa sejak jaman Dinosaurus 😛

Perhatikan grafik berikut:

grafik persentase oksigen masa lampau

Grafik persentase Oksigen dari waktu lampau


Dari data peralihan komposisi atom-partikel tabun di atmosfer, sama dengan di gambar. Maka Alga yang yakni bagian terbit Protista berklorofil, mempunyai peran terdepan dalam ekosistem. Peran terdepan tersebut karena Alga menghasilkan tabun….. dari proses….. yang ditunjukan pada nomor….

A. Oksigen, Respirasi, 3

B. Oksigen, Fotosintesis, 4

C. Oksigen, Respirasi, 1

D. Oksigen, Asimilasi, 2

E. Enggak ada kombinasi yg tepat

Kalo kayak di atas, jelas mahfuz jadi nggak perlu. Kemampuan baca grafik, informasi metabolisme terlalu taksonomi rendah, diperlukan untuk milih jawaban yang bermoral. Dengan satu cak bertanya, penguji dapat luang sejau mana 3 kemampuan kandidat di daerah tersebut.


Arketipe Soal SBMPTN Biologi

Nomor 7.


Soal ekologi yang muncul di SNMPTN udah cukup bagus. Soal nomor 7 menguji ilmu mantik dan pengetahuan kandidat mengenai perbedaan Oligotrofik dan Eutrofik.

soal snmptn 2022-7

Gw sendiri saat kepingin bahas pertanyaan ini inget tulisannya Om Carl Zimmer -penulis sains populer favorit gw- di blognya  tentang ekosistem tasik. Pembahasan di soal ini gw fokuskan ke runtutan situasi terjadinya Eutrofikasi. Gw mikir, gimana kalo tanya ini direvisi cak sedikit meski, lebih kena menguji daya nalar dan
train of logic
kandidat.

Pendangkalan haud di sejumlah tempat di Jawa perdua, menyebabkan volume air buat Irigrasi terhambat. Akibatnya bayak sawah yang mengalami gagal panen. Peritiwa tersebut selain disebabkan musim kemaru yang panjang pun oleh peristiwa lain. Peritiswa yang dinamakan Eutrofikasi. Badan air dapat mengalami 2 kondisi, oligotrofik dan Eutrofik. Pernyataan manakah yg tepat adapun tasik Oligotrofik dibanding Eutrofik?

A. Kadar nutrisi di danau Eutrofik lebih tekor.

B. Konsentrasi Nitrogen di haud Oligotrofik lebih tinggi

C. Laju Fotosintetis di tasik Eutrofik lebih rendah

D. Konsentrasi Oksigen terlarut (DO) di danau Oligotrofik lebih stabil

E. Alamat organik plong sedimen danau Oligotrofik makin banyak.


Contoh Soal SBMPTN Biologi

Nomor 8.

Gw tawar hati berat dengan penyortiran soal genetik yang ditampilkan oleh panitia SNMPTN 2022 mana tahu ini. Sebelum lanjur gw mau teriak “Buat panitia SNMPTN 2022, GW KECEWA BERAAAAT!!” ..ehem.. ok udah.

soal snmptn 2022-8

Soal nomor 8

ga sekelas sekali mencerminkan kualitas tes evaluasi. Jika melihat pembahasan gw, soal ini bisa dikerjakan n domestik masa minus dari 10 saat (5 detik buat ngitemin lembar jawaban). Lain bermanfaat gw sok dan lebih senang tanya yg musykil. Tapi gini, udah tau soal yg bisa ditampilin Cuma 15, ya pilihlah nan dirasa boleh menguji kualitas kandidat peserta SNMPTN. Kandidat ujian juga kesel, udah membiasakan genetika mendel secara serius plus cak bimbingan soal. Tapi yg keluar soal yang bisa diselesaikan sama orang2 yg ga belajar.

Kalaupun mau bakal soal yang simpel tapi menguji kedalaman kesadaran kandidat murid ujian. Gw akan untuk cak bertanya seumpama berikut. Soalnya sederajat pendeknya, ga teristiadat hafalan, bisa dikerjain dengan pendirian sahih (tapi akan makan waktu buaaanyak). Tapi kandidat yg reseptif Genetika dan Probabilitas matematika akan bisa ngerjain dalam masa pendek. Ini soalnya..

Organisme bergenotip  (AaBBCcDeEE)  disilangkan dengan genotip  (AaBbCcDDEe). Seandainya terdapat sifat Intermediet puas Gen A dan C. Maka berapakah kebolehjadian F1 nan bergenotip  (AABbccDeEE)

A.  1/32

B.  1/16

C.  1/64

D.  1/8

E.  1/128

Mau dikerjain dengan pendirian lumrah, cari gametnya, buat tabel persilangan, dan cari genotip yang ditanya? Silahkan tapi gw perkirakan akan bersantap perian 15 menit dan kandidat akan frustasi duluan (belum juga kalo ga teliti). Tapi kandidat yg kritis akan make cara ancangan probabilitas dua alias lebih kejadian yang ubah independen bagi penyelesaian soal ini. Kesimpulannya, gimana dengan kualitas soal nomor 8 yg membahas genetik di SNMPTN 2022? Tidak memuaskan 😀


Contoh Tanya SBMPTN Biologi

Nomor 9.

Gapura Taksonomi di SNMPTN diwakili makanya soal ini. Gw bilang soal nomor 9 ini ikut kategori “lumayan” deh, karena nanya prinsip berpunca Binomial tata nama di klasifikasi.

soal snmptn 2022-9

Tapi lagi-lagi, emang gw sukanya ngritik pembentuk pertanyaan 🙂 , soal ini bisa diperbaiki dalam peristiwa misal berikut:

  1. Tes kemampuan kandidat dengan membuat perbandingan 2 keberagaman. Yang satu dari kingdom Animalia dan yang satu semenjak Kingdom Plantae.
  2. Serah seleksian jawaban nan menguji pengetahuan perbedaan Varietas dan Ras alias Sub Tipe
  3. Membeda-bedakan cap latin dimana kandidat tidak terlalu damping, karena fokusnya tak mengarifi apa kekuatan nama latinnya, cuma mengetahui sistem penamaannya.

Dengan meluluk 3 kejadian tersebut, soal akan memberikan data yg cukup akurat adapun deklarasi klasifikasi kandidat terhadap sistem Binomial tata nama. Kandidat nan menghafal puluhan tera, tidak akan bernasib baik keuntungan.


Contoh Soal SBMPTN Biologi

Nomor 10.

Bioteknologi unjuk di tanya nomor 10. Kualitas soalnya menurut gw bagus. Kandidat akan di uji mekanisme dari perbanyakan dengan kultur jaringan. Keberagaman pertanyaan sama dengan ini bakal lakukan orang-cucu adam yg mau belajar buat tes PTN ga cuma tuntunan soal saja.

soal snmptn 2022-10

Tapi baca mondial proses-proses nan ada di Bioteknologi. Catatan kecil ada plong (sebagaimana biasa) redaksional soal. Kalau pilihan 1,2,3 & 4 lebih dielaborasi, akan lebih baik. Walau sebenarnya gw lebih mengharap prosedur PCR atau kloning yang ditampilkan di pertanyaan. Tapi toh soal genetika udah keluar di nomor sebelumnya.


Contoh Soal SBMPTN Biologi

Nomor 11.

Bab Ilmu faal manusia diwakilin sama pintu Revolusi yang ngebahasa talenta, jantung dan kapiler. Kualitas cak bertanya yang ditampilin turut kategori sahih-biasa aja dan malah menghadap separas dengan soal Tentamen Nasional. Tingkat kedalaman soal disini masih masuk tingkat permukaan. Tiap kandidat yg diseleksi seharusnya bisa diuji lebih dari ini.

soal snmptn 2022-11

Pertanyaan nomor 11
adegan pernyataan jelas ialah fakta umum yang diketahui lebih dari 80% kandidat peserta.  Bagian alasannya , di bagian bawah, lumayan menguji pemahaman kandidat tentang babak-bagian jantung berikut cara kerjanya.


Komplet Soal SBMPTN Ilmu hayat

Nomor 12.

Ada kecurigaan yg untuk gw buka-buka taktik referensi Fisiologi reproduksi saat kerjakan pembahasan
Cak bertanya nomor 12
ini.

soal snmptn 2022-12

Bukan karena soalnya yg rumit, atau jawabannya yang ga ada di soal. Melainkan kerancuan bahasa nan dipakai di soal. Dan lagi pertanyaan-pertanyaan yg muncul semenjak gw koteng :

“Apa pembuat soal sampe segitu mendalamnya nanya?”

“Jangan-jangan soal ini menguji kedalaman pengetahuan pelajar adapun Meiosis?”

“Bisa aja penggubah soal sepatutnya ada ga tau tentang fakta yg gw tau (uuh.. ko jadi mencacau?)

“Atau gw aja yg paranoid dan berlebihan?”

Persoalan ada di pernyataan pertama yg dapat lu lihat di pertanyaan. Untuk pernyataan sebab sih nggak ada komplikasi, sanding semua kandidat tahu bahwa pembentukan sel kelamin adalah hasil proses Meiosis.

Nah, udah lihat cak semau yg aneh? Belum? Bintang sartan gini informasi masyarakat nan didapat murid SMA adalah andai berikut. Telur adalah sel sel kelamin berpunca lebah ratulebah. Pembentukan Gamet melalui proses Meiosis. Pembelahan Meiosis terjadi melangkaui 2 proses. Proses di Meiosis I dan II meliputi. Profase, Metafase, Anafase dan Telofase. Kesimpulannya? Jadi pernyataannya bener donk? Nah coba dengerin album pembahasannya untuk luang keburukan yang mungkin timbul.


Teoretis Soal SBMPTN Ilmu hayat

Nomor 13.


Tipe-tipe soal yang harusnya punah seiring dengan jaman adalah keberagaman pertanyaan di nomor 13.

soal snmptn 2022-13

Kalo lu liat soalnya, mudahmudahan lu ngerasa kesinggung. Kenap kesinggung? Karena panitia SNMPTN nganggep penggerak lu setinggi dengan
flashdisk
yang  belaka buat nyimpen fakta dan data. Otak lu ga dianggap kaprikornus mesin pemroses data yang pelik nan dapat menyibuk kausalitas dan kamil serta pengambilan keputusan. Jenis cak bertanya kaya gini, ngajarin cara belajar yang:

1. Apalin semua merek latin (walau lu ga tau bentuk dan hubungannya di tanaman filogenetik)

2. Didik baik2 apalan di pengarah lu itu sampe ujian (pake Helm kalo perlu)

3. Keluarin fakta itu pas eksamen. Sukur-sukur yg ada di ingatan yg keluar di soal

4. selesai ujian, format induk bala lu, lupain semuanya.

5. Lu dapat jawab soal, tapi abis itu ga ngerasa terserah kenaikan di informasi lu.

Kalo soal ini ingin menguji deklarasi kandidat tentang Antibiotik, jangan disuruh ngapal label organisme pelaksana Antibiotik. Pengetahuan ini ga dipake juga, walau untuk jurusan medis atau Biologi, apalagi jurusan tak. Coba kita lihat cak bertanya dari Kurikulum tetangga jauh di Inggris. Tanya dari kurikulum A-level Ilmu hayat Paper 1 tahun 2005 tentang Antibiotik:

Many doctors now restrict prescriptions for some antibiotics. They keep the most effective antibiotics in reserve for the most serious outbreaks of treatable diseases. What is the main reason for this?

A Antibiotics are not as effective as other medicines.

B Antibiotics are only effective against diseases caused by bacteria.

C Resistant strains of bacteria may develop.

D Taking antibiotics may weaken the immune system.

Cak bertanya tersebut nguji warta kandidat tentang resistensi Antibiotik yg ialah isu penting. Selain fakta dasar kalo antibiotik ampuh bikin bakteri, pula di uji logika kandidat buat menghubungkan fakta di buku dengan masalah maujud di marcapada sains. Penilaian gw cak bagi tanya nomor  13? Dulu jelek. Saran gw? Lebih baik cak bertanya macam ini ga ada lagi di ujian Biologi manapun lagi. Punah seperti Dinosaurus 65 juta musim lalu 😀

*catatan: tidak suka-suka dinosaurus yg terluka dalam pembuatan goresan dan pembahasan cak bertanya ini*


Contoh Soal SBMPTN Ilmu hayat

Nomor 14.

Selepas kesel dengan soal hafalan, gw adv minim seneng dengan cak bertanya nomor 14. Lagi-lagi tanya ini menguji pemahaman kandidat tentang klasifikasi nan boleh digambarkan dengan pohon filogeni.

soal snmptn 2022-14

Berulang siapa gw tekanin kalo ngajar Taksonomi atau klasifikasi, “Nan berarti tuh, kita tau alesan kenapa die dimasukin ke kelompok ntu”. Trus kalo cak semau yg nanya “Nah label-nama spesiesnya yg pake latin gimane?” jawab gw “Cuekin dulu aja tong.., ntar juga apal sendiri”.

Tujuan gw, yg utama adalah sistem klasifikasinya, lain titik api ke objeknya. Padalah di pembahasan soal, gw jelasin tuh gimana belajar sistem klasifikasi kingdom Animalia. Dengan belajar konsep sumber akar klasifikasi, kita bisa menjawab cak bertanya-cak bertanya abstrak gini. Sungguhpun rangka pertanyaan-soalnya berubah-ubah.


Contoh Soal SBMPTN Biologi

Nomor 15.

Puiiih.. risikonya sampe di nomor terakhir.  Sayangnya pengembaraan kita menjadi antiklimaks di
nomor 15
ini.

soal snmptn 2022-15

Layaknya film Trilogi The Matrix yang endingnya buat kita bilang “heh? Gitu doank?”.  Seperti juga Trilogi komidi gambar The Matrix, nan punya banyak potensial, seperti soal ini. Pertanyaan adapun Metabolisme dapat dibuat simpel tapi mengandung makna yang kerumahtanggaan sebagaimana cerita Neo dan Morpheus di dunia Matrix. Ok gw janji ini tamsil terakhir menggunakan bioskop The Matrix.

Terlihat di soal, selayaknya nan akan diuji oleh panitia yakni pengetahuan kandidat tentang asimilasi Anaerob. Pilihan jawaban yang tidak tepat membuat tanya ini makara sedikit rendah.  Boleh didengerkan di pembahasan kok ada jawaban yang tidak tepat di soal ini. Soal spesies ini akan membuat kandidat yg n kepunyaan makrifat dan congah menjawab menjadi ragu-ragu.  Soal ini dapat diperbaiki menjadi sebagaimana ini

Fermentasi fruktosa oleh Saccharomyces cerevisiae dapat menghasilkan zat yang ekuivalen dihasilkan oleh respirasi aerob sel-rumah tahanan otot ketika berolahraga. Manakah dari zat-zat berikut nan dihasilkan kedua jalur metabolisme tersebut?

(1) Asam Laktat

(2) Adenosin Tri Fosfat

(3) Etanol


(4) Karbondioksida

Kandidat yang hafal aja atau uber-buru jawab, akan jawab pilihan 1 dan 3 karena terarah kata peragian di soal. Kandidat yang ga teliti tapi abnormal ngeh akan jawab 1,2 dan 3. Kandidat yg nembak maupun yg mikirnya kejauhan akan jawab 1,2,3,4 mikirnya ”Ya udahlah, bener semuanya aja”. Tapi jawaban yg sopan adalah 2 dan 4. Saringan jawabannya memang nggak sesederhana yang kita pikirkan. Sama dengan nggak terduganya dengan memilih pil spektakuler dan merah di Film
The Matrix.. eh upps.. 🙂

Lampiran editor:


Bagi nan mau belajar untuk anju SBMPTN, disarankan banget bakal review ulang
teori biologi persiapan SBMPTN di zenius.pukat dan kerjain kursus soalnya.





Source: https://www.zenius.net/blog/contoh-pembahasan-soal-sbmptn-biologi