Contoh Soal Peserta Mengimplementasikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran

8 UPAYA PENERAPAN PENDIDIKAN Kepribadian

Bikin PESERTA Ajar DI SEKOLAH

Sekolah bak bagan pendidikan yaitu pelecok satu sumber daya nan signifikan. Serentak mengevaluasi harapan, sangatlah penting untuk menyusun kurikulum nan secara jelas memuat pendidikan fiil.

Pendidikan karakter adalah pendidikan nilai, pendidikan akhlak, pendidikan moral, pendidikan watak nan bertujuan meluaskan kemampuan seluruh warga sekolah buat memberikan keputusan baik-buruk, keteladanan, menernakkan apa nan baik dan mewujudkan guna itu dalam semangat sehari-musim dengan sepenuh hati.

Pentingnya pendidikan karakter bagi masyarakat Indonesia haruslah ditanamkan sejak dini pada seluruh awam Indonesia. Pendidikan karakter yang baik n kepunyaan beberapa syarat dan indikator bermakna yang harus dicapai demi terwujudnya masyarakat dengan fiil yang baik. Kementerian Pendidikan Kewarganegaraan Indonesia telah merumuskan 18 ponten-nilai yang ditanamkan dalam diri warga Indonesia, khususnya siswa, kerumahtanggaan upaya membangun dan meninggikan karakter nasion. 18 nilai-nilai dalam pendidikan karakter tersebut, diantaranya ialah:

1. Religius

Sifat religius dapat dilakukan dengan menjadi hamba allah yang patuh dalam melaksanakan wahi agama nan dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama tidak. Teladan sehari hari yang dapat diterapkan adalah dengan melaksanakan sholat dhuha dan membaca quran sebelum memulai les alias ibadah enggak sesuai agama yang dianut peserta bimbing.

2. Jujur

 Dengan menjadi pribadi yang jujur, akan membuat diri kita sebagai seseorang yang camar bisa dipercaya dalam hal apapun. Perilaku jujur dalam kehidupan sehari hari bisa diterapkan dimana saja. Seperti tidak menyontek tugas atau n domestik tes, serta selalu ternganga kepada kedua ibu bapak.

3. Keluasan pikiran

Kita kehidupan di negara “Bhineka Partikular Ika”, sehingga sangatlah penting adanya aturan toleransi kepada sesama masyarakat Indonnesia. Lengkap dalam perilaku sehari-hari adalah tak memaksakan pendapat sendiri di atas kemustajaban golongan,dll

4. Loyalitas

Dengan adanya sifat kepatuhan masyarakat bisa menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai garis hidup dan peraturan. Abstrak sehari-hari yang dapat kita bagi adalah dengan menaati peraturan cara berpakaian yang sopan di sekolah.

5. Kerja Keras

Masyarakat Indonesia memiliki spirit dan kerja keras nan tinggi n domestik peristiwa apapun yang mereka lakukan. Sifat kerja keras bisa ditunjukan dengan selalu tekun dan alangkah-sungguh kerumahtanggaan mengendalikan berbagai ragam hambatan serta menyelesaikan tugas dengan sepenuhnya.

6. Kreatif

Pada era globalisasi sebagai halnya ini, pemikiran berbenda sangatlah dibutuhkan.. Karena itu kita harus bisa berfikir
outside of the box
 sehingga kita mampu menghasilkan karya yang inovatif dan berguna bagi banyak orang.

7. Mandiri

Manusia harus mampu melakukan apa segala apa sendiri sehingga kita tak mudah tergantung sreg makhluk lain privat menyelesaikan tugas-tugas. Contoh intern perilaku sehari-musim adalah mampu melaksanakan tugas sendiri bila masih bisa dilakukan seorang,

8. Demokratis

Mahajana indonesia haruslah mempunyai kepribadian nan demokratis.Contoh keteter nan dapat kita lakukan adalah dengan menyeimbangkan hak dan kewajiban, baik itu untuk diri koteng maupun makhluk enggak.

9. Rasa Ingin Tahu

Dengan timbulnya rasa ingin adv pernah yang dalam, kita selalu ingin mengetahui bertambah betul-betul tentang apa sesuatu yang telah dan dapat kita pelajari. Kamil yang bisa kita lakukan adalah dengan terus menerus belajar dan pelalah menimba ilmu hobatan yang baik.

10. Spirit Kebangsaan

Sikap semangat kebangsaan dapat ditunjukkan dengan selalu menempatkan kepentingan bangsa dan negara Indonesia diatas kepentingan pribadi. Contohnya menciptakan penampakan apapun,dll

11. Cinta Tanah Air

Sikap besar perut tanah air bisa kita tunjukan dengan bersikap, dan bersifat yang menunjukkan rasa kesetiaan, kepedulian penghargaan yang jenjang terhadap bahasa, lingkungan jasad, sosial, budaya, ekonomi, dan strategi bangsa, seperti mana dengan mengamalkan biji nilai pancasila dan UUD 1945 dalam arwah sehari hari, serta pelahap menaati peraturan yang ada.

12. Menghargai Prestasi

Sikap menghargai manifestasi haruslah ditunjukkan baik itu untuk prestasi pribadi maupun orang lain. Pola sederhana nan bisa kita lakukan adalah dengan memberi pujian kepada orang enggak atas kemenangan alias performa nan mutakadim dia jangkau.

13. Bersahabat/Komunikatif

Kita pasti akan membutuhkan hamba allah lain dalam apa urusan kita, sehingga silam utama lakukan publik bagi selalu bersekutu dalam pertemanan serta komunikatif kepada siapapun. Eksemplar yang bisaa kita lakukan adalah dengan senantiasa bersikap ramah dan sopan kepada sosok lanjut umur, n antipoda dan tetangga.

14. Cangap Berbaik

Sikap dan tindakan nan menyorong dirinya bagi menghasilkan sesuatu yang berguna bagi mahajana, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain. Contoh kerumahtanggaan perilaku sehari-hari  tidak membuat ujaran kebencian, tidak berbuat perundungan dll.

15. Gemar Membaca

 Sikap suka membaca akan menciptakan masyarakat dengan pemikiran pintar dan rajin membengang akan ilmu pengetahuan.

16. Peduli Lingkungan

Sikap peduli mileu tersebut dapat ditunjukkan dengan senantiasa menjaga lingkungan yang kita tinggali dan senantiasa memperbaiki fasad lingkungaan yang ada di masyarakat. Arketipe sehari hari yang dapat kita lakukan adalah membuang sampah puas tempatnya, dan selalu membersihkan lingkungan sekolah dan sekitar

17. Peduli Sosial

Sikap pedulu sosial sangatlah penting kerjakan umum Indonesia. Hal tersebut bisa ditunjukkan kerumahtanggaan tindakan yang selalu cak hendak memberi bantuan sreg orang lain dan masyarakat nan membutuhkan.

18. Beban Jawab

Bertanggung jawab dalam segala perbuatan dan pegangan yang kita lakukan merupakan kewajiban pada diri seorang, umum, mileu, negara dan Tuhan Yang Maha Esa. Teoretis nan dapat kita terapkan adalah dengan cak acap amanah internal peristiwa yang kita lakukan dengan sebagus baiknya,dll.

Upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam penerapan pendidikan fiil di sekolah antara lain :

  1. Menerapkan program K3 ( Kebersihan,Keindahan dan Ketertiban ) sehingga menjadi budaya sekolah yg ditekankan internal praktik. Misalnya Jumat bersih,dll.
  2. Temperatur membiasakan bagi membiasakan mengelola kelas sebelum memulai proses penerimaan dengan mandu mengatur,mencerca,dll.
  3. Guru harus menjadi teladan yang baik bakal peserta didiknya baik privat ucapan dan perilakunya. Mampu memberi contoh nyata yang baik, menganjurkan kesopansantunan yang puas kesudahannya membangun karakter peserta asuh.
  4. Hawa harus berupaya menjadi sahabat dan teman curhat bagi petatar didik,sehingga pesuluh didik gemar rela bagi memperlagakan permasalahan yg dirasakannya.
  5. Master harus mengintegrasikan materi pelajaran yang diampu dengan ponten-ponten karakter yang ada.
  6. Mengintegrasikan nilai-poin karakter dengan kegiatan-kegiatan yang  diprogramkan sekolah dalam tulang beragangan terus menanamkan dan menumbuhkan nilai-skor karakter.
  7. Guru berupaya mengasihkan kepada semua siswa cak bagi gagah mengedepankan pendapatnya di kelas,melalui kegiatan urun rembuk dan pengutipan keputusan secara demokratis.
  8. Sekolah pelalah mengadakan kegiatan upacara bendera dengan tertib dan hikmat sesuai yg diprogramkan untuk menanamkan dan menumbuhkan poin-biji karakter.

Source: https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/8-upaya-penerapan-pendidikan-karakter-bagi-peserta-didik-di-sekolah/