Contoh Soal Tentang Kedisiplinan Belajar Pada Siswa

Meningkatkan Kedisiplinan Membiasakan Petatar Kelas 2 SD di Masa Pandemi Melalui Absensi Online

Oleh

Erikawati, S.Pd

Guru SD Muhammadiyah 6 Palembang

1. Latar Belakang

Menurunnya kedisiplinan pelajar di Semester 1 hari wahi 2022/2021 baik berasal segi belajar atau mengumpulkan tugas di masa pandemi karena PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) belajar di rumah jauh dari pemantauan Hawa secara sekalian dan sibuknya ibu bapak dalam membimbing anak dirumah sehingga diperlukan kebiasaan tentang kedisiplinan kelas.

Menurut Bella Puspita Sari dalam jurnalnya yang berjudul “Meningkatkan ketaatan belajar siswa melalui tata
kelas” bahwa Disiplin belajar siswa ialah keseleo satu kunci nan dapat takhlik suasana belajar menjadi kondusif dan optimal. Siswa boleh mematuhi pengelolaan tertib, menepati jadwal/musim dan n kepunyaan keikhlasan yang baik. Semakin baik pengelolaan kelas oleh suhu, maka semakin tinggi kepatuhan belajar siswa. Manajemen kelas bawah dapat memberikan pengaruh yang tinggi terhadap kesadaran peserta dan perilaku siswa internal membiasakan yang riuk satunya ditunjukkan menerobos motivasi siswa.

Penulis sebagai guru yang mau anak didiknya dapat disiplin menciptakan menjadikan perencanaan untuk Pembelajaran nan akan dilakukan di Semester 2. Ancang awal yang dilakukan merupakan berkoordinasi kepada Kepala Sekolah dan Duta Kepala Sekolah untuk perencanaan tahap memasuki tadinya semester genap tersebut. Untuk perubahan nyata ini maka pendekatan Beliau (Inkuiri Apresiatif) yang dikenal sebagai pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. Konsep IA ini pertama kali dikembangkan oleh David Cooperrider (Noble & McGrath. 2022). Sira menggunakan prinsip-mandu utama positif dan pendidikan konkret. Dengan Engkau guru berkolaborasi bersama siswa bikin melakukan perlintasan dengan berbasis kelebihan yang ada. IA diterapkan melangkaui metode BAGJA (Buat tanya penting, Ambil Latihan, Gali mimpi bersama, Jabarkan rencana, Atur eksekusi). Dengan BAGJA maka anju pembelajaran akan lebih maksimal.

2. Deskripsi Aksi positif

Setelah mendapatkan absolusi berpangkal pihak sekolah yaitu dengan berkoordinasi kepada Kepala Sekolah dan Duta Superior Sekolah umpama pemangku fungsi. Penulis melakukan workshop sekolah, Penulis mempresentasikan situasi-hal yang baik privat metode pembelajaran jarak jauh serta menyodorkan penggunaan absen online bakal kedisplinan siswa. Dan kegiatan ini diliput lagi oleh buku harian dari Halo Sriwijaya dengan link  http://halosriwijaya.com/2021/01/19/erikawati-menjadi-tutor-pembelajaran-jarak-jauh/.   Pasca- kegiatan tersebut atau sebelum masuk sediakala semester genap, Penulis menginjak mengatur metode BAGJA ialah
B (Buat Pertanyaan )
dengan membuat survei lega hati kelas berupa pertanyaan sekeliling kedisiplinan pengurukan tugas melalui google form yang dibagikan ke anak asuh didik merupakan https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSenPqT82pytbF_2ze2ZfJ3oco1Jmu_Qq4cslcOA90EN-z8dPw/viewform?usp=sf_link. Lalu metode BAGJA keduaA (Ambil Pelajaran)yakni Juru tulis menyerahkan hasil berpokok kesepakatan kelas tersebut ke grup WA(Whatsapp) supaya anak asuh didik mengetahui kesatuan hati nan akan disepakati bersama tersebut. Penyalin memandu mencuil point-point penting yang akan menjadi kesatuan hati inferior bersama antara guru dan anak ajar didalam pembelajaran. Metode BAGJA yang ketiga
G (Gali Impi), Penulis membuat kesimpulan kesepakatan kelas di Power Point yang kebal keinginan momongan didik dalam pengajian pengkajian yang mereka sukai. Metode BAGJA nan keempat
 J (Jabarkan tulangtulangan), Katib membentangkan bahwa rencana kerukunan kelas tersebut akan dibuat dalam absen online kelas. Karena dengan absen online, guru boleh memonitoring keaktifan siswa dalam penataran sesuai dengan kesepakatan papan bawah yang sudah disepakati bersama. Metode BAGJA nan anak bungsu
A(Atur eksekusi), Penulis mengeksekusi kegiatan tersebut sebelum awal penerimaan dengan memberitahu kepada anak jaga bagi sayang mengabsen setiap perian pada link sreg google form yang disediakan dan dibuat makanya penulis sendiri sesuai dengan papan bawah merupakan https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSe1f-6DgR0bHrGTy5zqYdU2GBvv3GNki1jjXH9PwRYGjYfXIQ/viewform?usp=sf_link. Sehingga pada masuk hari pertama belajar pada Semester Genap tanggal 11 Januari 2022 anak didik berangkat mengabsen online dan tampak kedisiplinan murid intern penerapan kegiatan ini.

3. Hasil Kampanye Nyata

Hasil terbit propaganda aktual ini memberikan kontribusi positif bagi kedisplinan anak didik. Dengan gerakan nyata ini anak asuh asuh makin kesetiaan baik bersumber berlatih maupun dalam reklamasi tugas. Ini terlihat dari keaktifan anak didik intern pembelajaran setiap harinya, mereka berkepastian diri untuk mengumpulkan tugasnya tepat musim sesuai lega dada kelas bawah nan telah disepakati bersama. Terlihat dari nilai pengumpulan tugas tepat musim nan dicheck list makanya guru. Bahwa hanya 3 anak dari 31 siswa yang tidak bisa mengumpulkan tugas tepat hari dan 90 % peserta dapat mengumpulkan tugas tepat musim.

Sreg pertemuan anak bungsu tentang kedisiplinan kelas maka temperatur melakukan Google Meet kepada semua siswa di kelas bawah dan memberikan apresiasi kepada siswa nan tepat waktu mengumpulkan tugas sehingga siswa yang bukan terinspirasi untuk ikut konsisten mengumpulkan tugas tepat waktu yaitu pada masa pemberian tugas. Dan hal ini membuat anak asuh semakin beriktikad diri untuk semakin baik pun dan terus termotivasi bikin kerap disiplin dalam belajar.

4. Pembelajaran nan didapat dari pelaksanaan

Keberhasilan dalam aksi aktual ini menumbuhkan kedisplinan berpokok momongan bimbing. Hawa dapat cekut nilai Borek.1 yakni aspek sosial berupa kedisiplinan. Dan Guru dapat merekap angka muatan pembelajaran PKn Kd.3.1 tentang sikap sila puas Pancasila.

Karena keberhasilan ini maka Kepala Sekolah memasrahkan tugas kepada Pencatat untuk ki memengaruhi kepada hawa di sekolah. Penulis membentuk kerumunan temperatur kerumahtanggaan proses belajar. Lalu menjadwalkan kepada hawa-guru bagi membuat absen online dengan google form yang dibuat sendiri oleh masing-masing guru. Dan ini mendapatkan respon yang kasatmata baik semenjak temperatur dan semua anak asuh jaga. Momongan didik lebih disiplin karena mengharuskan anak didik aktif dalam pembelajaran setiap harinya.

Kegiatan ini juga mengalami pil merupakan 10% anak jaga yang belum dapat tepat waktu mengumpulkan tugas nan disebabkan oleh karena tidak memegang hp sendiri sehingga harus menunggu orangtuanya pulang baru dapat mengumpulkan tugas, orangtua lupa memfoto tugas anak karena sibuk bekerja.

5. Rencana Perbaikan

Untuk kegiatan rencana perbaikan pembelajaran ini Katib berkoordinasi kepada seluruh pengampu siswa bagi lebih memperhatikan anak asuh ialah dengan prinsip orangtua boleh mempertanggungjawabkan anaknya kepada tanggungan yang bisa membimbing mereka internal belajar. Siswa dapat mengirimkan tugas pada waktu nan tepat dan guru akan selalu mengingatkan bolos dan tugas lakukan dikumpulkan plong periode yang tepat kepada orangtua yang sibuk berkreasi tersebut.

Kedisiplinan merupakan aturan yang harus ditaati dan merupakan tindakan ketaatan dan keharmonisan pesuluh kerumahtanggaan mengimak proses belajar yang dilakukan secara sadar dalam melaksanakan tugas dan beban jawabnya, sehingga peserta dapat meningkatkan prestasi belajarnya dan alhasil intensi pendidikan bisa lebih mudah bikin dicapai.

6. Dokumentasi Proses Pelaksanaan Aksi Nyata

a.     Kegiatan Workshop Pelatihan Guru
(Juru tulis sebagai pemateri salah satu materi tentang absen online) yaitu tanggal 8 Januari 2022 dan diliput oleh Kronik online Halo Sriwijaya



b.     Kegiatan yang dilakukan :


Persuaan 1

(tanggal 9 Januari 2022)

Menjatah jajak pendapat kesepakatan inferior melewati google form kepada semua siswa bagi mencurahi pendapatnya mengenai kedisiplinan belajar.


Pertemuan 2

(tanggal 10 Januari 2022)

Menentukan rang proses belajar yang sesuai dengan kesepakatan kelas dengan membentuk deduksi lega hati kelas dengan power point.


Pertemuan 3

(awal semester genap tanggal 11 Januari 2022)

Perekam membuat absen online di google form dan Mengangkut link mangkir online tersebut ke grup WA (Whatsaap).

Menjatah tugas kepada murid sederum menchecklist ketepatan waktu intern reklamasi tugas. (Tema 5 Subtema 1 Kd.3.1 dan Kd.4.1 tentang materi sikap sila privat Pancasila)

Keterangan:

28 anak dari 31 peserta dapat mengumpulkan tugas tepat waktu

28

X 100% = 90%

31

Jadi, 90% anak dapat mengumpulkan tugas tepat waktu


Persuaan 4

Membagi penghargaan terhadap anak nan bisa tepat waktu intern mengumpulkan tugas dengan melakukan Google Meet

c.      Penulis mensosialisasi kepada guru-suhu disekolah SD Muhammadiyah 6 absen online dengan membuat kelompok belajar master dan sharing keberagaman mengajar PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh)



Daftar Pustaka

Konsentrat, Bella Puspita & Hadijah, Hady Siti.  (2017).  Meningkatkan Kesetiaan Berlatih Siswa Melalui Manajemen Kelas. Bandung : Perserikatan Pendidikan Indonesia

Desanto, Opik, (2020). Melalui BAGJA Peserta Merdeka. Direktorat PPPGTK Sahabat Profesi     GTK

http://www.jejakpendidikan.com/2017/04/konotasi-disiplin-belajar.html .  (2017). Pengertian Loyalitas Sparing

Source: https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/meningkatkan-kedisiplinan-belajar-siswa-kelas-2-sd-di-masa-pandemi-melalui-absensi-online/