Contoh Soal Tentang Mata Pelajaran Ekonomi Sma

wawasanpendidikan.com; kali ini sobat pendidikan akan berbagi contoh soal benar salah Mata Tuntunan Ekonomi Sekolah Semenjana Atas kelas  X Semester Genap plong Standar Kompetensi : Mengetahui uang dan perbankan. Kompetensi Pangkal : Mengklarifikasi konsep aplikasi dan penawaran uang. Adapun soalnya antara enggak:



Petunjuk Pengerjaan Soal:

Lingkarilah jawaban yang tepat (B atau S) bakal pernyataan dibawah ini.

  1. (B/S)


    Fungsi kudrati uang lelah adalah sebagai alat pendorong kegiatan ekonomi.


  2. (B/S)


    Dana yang disimpan sreg rekening Kronik di bank yang terkadang boleh digunakan untuk berbuat pembayaran dengan perantara cek, surat berharga giro disebut uang giral.


  3. (B/S)


    Ponten mangsa nan digunakan bagi membuat komisi disebut nilai riil.


  4. (B/S)


    Uang lelah yang punya nilai nominal begitu juga poin intrinsiknya disebut fiducier money.


  5. (B/S)


    Menurut J.M Keynes tiga motif nan mendasari cucu adam memiliki uang tunai merupakan motif bermusyawarah, motif berjaga-tuntun dan motif ekonomi.


Kunci jawaban soal Ter-hormat-Pelecok

1.
S

Arti zakiah uang yakni misal alat tukar dan satuan hitung. Yang tercantum kerumahtanggaan pernyataan ialah khasiat basyar uang.

2.
B

Berdasarkan rang yang mengeluarkannya, uang dibedakan menjadi dua adalah uang kartal dan uang giral. Uang kartal yaitu iang logam dan plano yang dikeluarkan oleh bank resep dan dolan umum di publik. Persen giral adalah dana yang disimpan lega rekening Koran di bank yang sewaktu-waktu dapat digunakan bikin melakukan pembayaran dengan pialang cek, sekuritas giro alias perintah mengupah.

3.
S

Konsep nilai tip dibedakan menjadi tiga yaitu poin intrinsik, nilai nominal, dan angka aktual.

Kredit intrinsik adalah skor mangsa yang digunakan bagi mewujudkan tip.

Nilai nominal adalah nilai yang tertera/tercantum pada setiap mata komisi yang bersangkutan.

Nilai faktual adalah ponten persen yang mencerminkan daya beli komisi tersebut.

4.
S

Berlandaskan neraca nilai bahann dan skor daya belinya, uang dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu full bodied money dan  fiducier money. Full bodied money adalah uang nan bahannya (skor intrinsik) sepadan dengan nilai nominalnya. Fiducier money yaitu tip yang nilai bahannya (nilai intrinsik) tidak sekelas dengan nilai nominalnya.

5.
S

Motif yang mendasari orang memiliki uang tunai yakni motif bertransaksi, motif tanggang-jaga dan motif judi.

Source: https://www.wawasanpendidikan.com/2014/10/Contoh-Soal-Benar-Sala-Mata-Pelajaran-Ekonomi-SMA-kelas-X-Semester-Genap.html