Deskripsi Kesulitan Belajar Dalam Menyelesaikan Soal Matematika

Authors


  • Dian Rizky Utari


    Jurusan Pendidikan Temperatur Sekolah Dasar, Fakultas Hobatan Pendidikan, Perserikatan PGRI Semarang

  • M. Yusuf Setia Wardana


    Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Sumber akar, Fakultas Didaktik, Universitas PGRI Semarang

  • Aries Tika Damayani


    Jurusan Pendidikan Temperatur Sekolah Dasar, Fakultas Mantra Pendidikan, Sekolah tinggi PGRI Semarang

DOI:


https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311

Keywords:


kesulitan berlatih, cak bertanya cerita

Abstract

Siswa berkesulitan sparing matematika sayang berbuat kekeliruan dalam belajar berhitung dan kekeliruan dalam menuntaskan cak bertanya cerita. Kesulitan nan sering dialami oleh siswa yaitu kesulitan detik mengamalkan tanya cerita karena abnormal mampu mengetahui tujuan cak bertanya dan kebingungan saat menentukan operasi hitung yang akan dipakai. Harapan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesulitan berlatih ilmu hitung yang dialami siswa, faktor nan mempengaruhi kesulitan membiasakan, dan mendedahkan upaya yang dapat dilakukan kerjakan menyelesaikan kesulitan belajar ilmu hitung di papan bawah IV Sekolah Radiks. Metode pengkajian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yaitu petatar kelas IV sebanyak 10 orang dan temperatur kelas IV. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, konsultasi, teknik tes dan dokumentasi. Hasil Penggalian menunjukkan bahwa pelajar kelas IV nan berjumlah 10 siswa dari 15 siswa mengalami kesulitan belajar ilmu hitung dalam menyelesaikan soal cerita. Kesulitan belajar matematika mengendalikan soal kisah yang terjadi di kelas IV SD menutupi kesulitan memahami konsep, kesulitan n domestik kesigapan, dan kesulitan memecahkan keburukan. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika berasal dari faktor n domestik dan faktor eksternal. Faktor kerumahtanggaan yang berpunca mulai sejak siswa meliputi IQ alias intelegensi, sikap murid intern belajar matematika, motivasi membiasakan siswa nan masih rendah, kesehatan tubuh yang tidak optimal, dan kemampuan pengindraan siswa yang kurang. Sedangkan faktor eksternal yang berasal dari luar pesuluh antara lain kurangnya variasi mengajar guru, pemakaian media pendedahan yang belum maksimal, sarana infrastruktur di sekolah, serta lingkungan keluarga.

References

Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bakal Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta.

Ahmadi, Abu dan Supriyono, W. (2013). Psikologi Membiasakan. Rineka Cipta.

Darjiani, Falak. N. Y., Meter, I. G., & Negara, I. G. A. Udara murni. (2015). Kajian Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Papan bawah V Kerumahtanggaan Implementasi Kurikulum 2022 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2022 / 2022. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5070

Departemen Pendidikan Kewarganegaraan. (2006). Qanun Menteri Pendidikan Kewarganegaraan Republik Indonesia No.22 tahun 2006 tentang Standar Isi. Depdiknas.

Guntoro, E. . (2014). Evaluasi kualitas vitamin kulit dan biji buah durian fermentasi dengan Phanerochaete chrysosporium dan Neurospora crassa. Fakultas Peternakan. Institut Andalas. Padang.

Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Berlatih Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas bawah XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Buletin Pendidikan Ilmu hitung), 1(1), 18–36. http://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/232

Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Ghalia Mulia.

Moleong, L. (2012). Metodologi Pengkhususan Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nugroho, R. A. (2017). Analisis Kesulitan Peserta dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Bongkahan Ditinjau berusul Penceraian Keburukan Polya.

Rifaldiyah, M. Y. S. W. Y. (2019). Penerapan Model Keburukan Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Pemecahan Ki aib Ilmu hitung. TSCJ, 2(1), 19–26.

Roebyanto, G. & S. H. (2017). Pemecahan Masalah Matematika Untuk PGSD. PT Mulai dewasa Rosdakarya.

Runtukkahu, J. Lengkung langit. (2014). Pembelajaran Ilmu hitung Dasar bagi Anak Berkesulitan Belajar. Pustaka Pesuluh.

Slameto. (2010). Membiasakan dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Syafiudin, M. A., Hartoyo, A., & Nursangaji, A. (2014). Kesulitan peserta menuntaskan soal mengenai jarak dalam bangun ira berdasarkan transendental kesulitan newman.

How to Cite

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Membiasakan Matematika dalam Mengamankan Pertanyaan Cerita.
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar,
3(4), 534–540. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311

Source: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/22311