Doa Istighfar Untuk Orang Tua

CARA
beristighfar kerjakan orangtua yang sudah meninggal memang bisa kita lakukan. Namun, bukan dengan membaca istighfar seperti yang kita baca sreg umumnya.

Kalau mendaras istighfar seperti resmi, itu lebih diperuntukkan bikin memohon maaf kepada Tuhan subhanahu wa ta’ala secara pribadi. Sementara untuk orangtua yang sudah meninggal dapat dilakukan dengan puji-pujian Rabbighfirlii.

Dalam suatu titah disebutkan, “Sungguh, Allah etis-sopan mengangkat derajat seorang hamba-Nya yang shalih di surga,” Maka sira pun bertanya, “Wahai Rabbku, bagaimana ini bisa terjadi?” Allah menjawab, “Bernasib baik istighfar anakmu bagi dirimu.” (HR. Ahmad, no. 10232)

Baca juga: Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar

Istighfar tersebut dimaksudkan sebagai permohonan lepas kepada Allah ta’ala berpokok sendiri anak buat orangtuanya dalam bentuk doa.

Penjelasan kerumahtanggaan perkataan nabi lain, dari Duli Hurairah radhiallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam berkata.

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Saat seorang sosok meninggal, maka putuslah amalannya darinya kecuali berusul tiga hal, (yaitu) sedekah (amal) jariyah, atau guna-guna nan dimanfaatkan, dan anak shalih nan mendoakannya.” (HR. Muslim, no. 1631)

Doa istighfar kerjakan orangtua dalam Arab, latin, dan artinya perumpamaan berikut.

رَّبِّ اغْفِرْلِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيراً

Rabbighfirlii waliwalidayya warhamhuma kamaa rabbayani saghira.

“Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orangtuaku. Kasihanilah keduanya sebagaimana mereka mengasihi aku sewaktu masih kecil.”

Doa beristighfar untuk orangtua dapat dibaca sesudah kita mendirikan shalat atau di masa kapan cuma. Semakin rajin kita merinaikan doa ini semoga semakin banyak abolisi nan Allah subhanahu wa ta’ala berikan untuk orangtua kita yang sudah lalu meninggal. Aamiin. [Wnd]

Source: https://chanelmuslim.com/quran-hadis/cara-beristighfar-untuk-orangtua-yang-sudah-meninggal