Doa Singkat Yang Menyentuh Hati

Ustadz Yusuf Mansur
Ustadz Yusuf Mansur

Aku tahu ya Rabb, rizkiku tak mungkin diambil cucu adam lain, maka hatiku tenang. Dedikasi-amalku tak bisa jadi diambil orang, maka aku sibukkan diriku untuk bersedekah. Aku luang Allah senantiasa melihatku, maka aku malu bila Tuhan mendapatkanku sedang maksiat. Aku tahu bahwa kematian menantiku, maka aku persiapkan bekal bagi berdapat Rabbku, maka aku munajat kepada-Mu, khusnul khatimahkan diakhir hayatku. Amin.

Ya Rabb, kami memohon kepada-Mu agar mensucikan hati-lever kami dari geladir timburu dan iri hati, kecenderungan kepada keburukan dan nista, penyakit dendam dan benci, serta tanamkanlah rasa cinta dan rahmat cak acap ke lubuk hati kami, penuhilah dengan kekuatan dan anugrah, serta segerakanlah dengan perasaan belas kasihan. Amin.

Marilah bersama merengkuh penyucian jiwa dan raga dengan bangun malam. Tidak melewatkan waktu kecuali dengan solat, dzikir dan munajat, minta kepada sang khaliq dengan khusyu dan tawaddu. Sesungguhnya Halikuljabbar dekat dengan kita. Amin.

Ya Allah, bukakanlah keatas kami hikmat-Mu dan limpahkanlah keatas kami khasanah rahmat-Mu, Wahai Halikuljabbar Rabbul Izzati yang maha penyayang juga maha penyayang, tambahkanlah ilmuku dan luaskanlah kefahamanku, Wahai Rabbana, lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah urusanku, terimalah pemohonanku Ya Rabb. Amin.

Duhai Dzat nan memiliki siang dan lilin batik, manakala malam menudungi kegelapannya kami bersujud dengan mumbung harap atas ridho-Mu, Ya Rabb terimalah ibadah kami dan sucikanlah hati kami. Amin.

Ya Tuhan, ampunilah aku, belas kasihanilah aku dan cukupkanlah segala kekuranganku dan tingkatkanlah derajatku dan berikanlah rizki kepada ku, Ya Rabb aku bersujud dan bersimpuh berserah diri kepada-Mu.Turunkanlah pemaafan-Mu. Amin.

Ya Tuhan, ditempat ini aku bertaubat kepada-Mu dari dosa kecil dan dosa besar, berusul kesalahan yang tertumbuk pandangan dan yang tersembunyi, dari tergelinciran yang lama dan yang baru, dengan tobatnya orang yang tak menghendaki lagi melakukan kemaksiatan dan tidak berniat pula kepada kedurhakaan, Ya Rabb hanya Engkaulah Maha Pengampun. Amin.

Ya Raab, saya tidak ragu atas rahmat-Mu, engkaulah pelindungku di dunia dan akhirat, wafatkanlah aku Ya Raab intern keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang nan sholeh. Ya Halikuljabbar, karuniakanlah keikhlasan dalam jiwa kami. Jadikanlah kami hamba-Mu yang senantiasa peduli dengan hamba yang lainnya. Ya Tuhan bantulah kami, buat mendekati-Mu dengan amal-amal yang ceria. Kebajikan yang membersihkan kami dari dosa dan menjaga kami berpunca mengulangi celaka. Amin.


Ya Allah, limpahkanlah lilin lebah-lilin batik barakah kepada hamba-hamba-Mu ini. Lilin lebah dimana hamba-Mu senantiasa bersujud kepada-Mu, malam dimana hamba-Mu dengan khusyu’ menghadap-Mu dengan munjung linangan air mata berharap ampunan dan ridho-Mu, sementara banyak hamba-hamba-Mu yang lain menengah terbuai mimpi dalam tidur mereka. Amin.

Ya Yang mahakuasa, berikan aku wahyu untuk mensyukuri nikmat yang telah Engkau karuniakan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan agar dapat beramal sholeh yang engkau ridhoi, jadikanlah ketrunanku turunan-sosok nan sholeh. Sepantasnya Aku bertaubat kepada-Mu dan sesungguhnya aku tercatat orang-orang yang berserah diri. Amin.

Ya Halikuljabbar, jadikanlah aku dan keturunanku orang-hamba allah yang mendirikan sholat, Ya Sang pencipta kabulkanlah do’aku, kasihi kesendirianku dihadapan-Mu. Menggigil hatiku karena gentar kepada-Mu. Goncangan tubuhku karena takut kepada-Mu. Dosa-dosaku wahai Tuhanku, mutakadim membawa kepada medan kerendahan dihadapan-Mu. Amin.

Ya Allah, jadikanlah pendengaran kami, rukyat dan kekuatan kami menyenangi jalan petunjuk-Mu dan jadikanlah hawa nafsu kami patuh pada ajaran nan dibawa oleh kekasih-Mu Muhammad SAW, Ya Almalik berilah kami hidup yang baik di bumi dan akhirat. Amin.

Ya Allah hapuskanlah segala dosaku, dosaku perumpamaan batu halus sebatas tak mampu menghitungnya, Ya Rabb jauhkanlah kami terbit wejangan sengketa, caci dan duri kezaliman, Engkaulah Ya Rabb Maha mengetahui akan halnya kelemahan hamba-Nya. Sebab itu Ya Rabb kuatkan imanku agar tidak mudah berbuat maksiat. Amin.

Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam menjalankan agama, sehat bandannya, bertambah ilmunya, berkah rizkinya, adv pernah bertaubat sebelum mati, berbahagia karunia saat mati, bernasib baik magfirah selepas mati, Ya Rabb hanya engkaulah medan hamba memohon, selamatkan keluarga kami nan masa ini sedang internal menanti kesembuhan atas kehendak-Mu. Amin.

Kami bertawasul denganmu kepada Allah dan memohon syafaatmu kepada Allah dan mengharap denganmu kepada Allah Duhai Rasulullah SAW. Dipundak kami terpikul hutang-hutang dan bahara jawab anak keturunan dan tiada yang memadai beban tersebut, melainkan harapan dan anugrah Halikuljabbar, Engkau Maha pembri kepada yang lamar, Engkau Maha mengabulkan segala aplikasi. Amin.

Ya Rabb, kami memohon kepada-Mu semoga mensucikan pilih-pilih kami mulai sejak kotoran dengki dan hasad lever, kecenderungan kepada keburukan dan nista, penyakit dendam dan benci, serta tanamkanlah rasa cangap dan hadiah sayang ke lubuk hati kami, penuhilah dengan faedah dan anugrah, serta segerakanlah dengan perasan izin. Amin

Ya Allah kalau imanku kemasukan syakwasangka atau syak wasangka, sedangkan aku tidak luang mengapa demikian ataupun memang aku mengetahuinya, maka dengan ini aku beratubat dan memberikan diri kepada-Mu sambil mengucap La ilaha Illallah Muhammadur Rasululah Shallallahu ‘Alayhi Wasallam. Amin.

Ya Almalik, Ampunilah semua dosa yang telah kulakukan, semua kesalahan yang telah kuperbuat dan aku datang menjalari-Mu dengan memahfuzkan-Mu, aku memohon uluran tangan melalui diri-Mu dan kemuruahan-Mu, dekatkan aku keharibaan-Mu, sempatkan aku untuk berlega hati dan bimbinglah aku untuk gelojoh mengingat-Mu. Amin.

Ya Allah, sesungguhnya aku berlabuh kepada Engkau berpokok kesulitan dan kesedihan, aku berlindung kepada Engkau berpunca kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada Engkau dari kekikiran dan berhati pengecut, aku berlindung kepada Engkau berbunga terbelit tunggakan dan tertindas insan lain. Amin.

Ya Almalik, Aku memohon kepada-Mu dengan permohonan hamba yang rendah, hina dan ketakutan, maafkanlah aku, sayangilah aku. Jadikan aku selalu rela dan puas dengan pemberian-Mu, selalu tunduk dan kukuh kepada-Mu dalam segala keadaan. Ya Rabb, aku memohon dengan permintaan orang yang berat keperluannya. Amin.

Duhai Dzat yang Maha Pemurah dengan belas kasih-pemberian, wahai pemberi bantuan dan pertolongan. Anugrahkanlah Shalawat serta anugerah-Mu kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, ciptaan-Mu yang paling luhur budinya, ampunilah dosa-dosa kami di malam ini, aduhai dzat yang Maha sani terimalah munajat kami. Amin.

Ya Tuhan, Maha besar kuasa-Mu, Maha Hierarki kedudukan-Mu, bosor makan tersembunyi rencana-Mu. Ampunilah dosa-dosaku yang menahan do’a. Ampunilah dosa-dosaku yang mendatangkan bencana. Aduhai Dzat nan memiliki langit dan bumi serta isinya, Aku memohon kepada-Mu melalui kemuliaan-Mu jangan Engkau tolak doaku. Amin

Aduhai sembahanku, kini aku mengahadap-Mu, memohon ampun dan berserah diri dengan cacat hati mengakui segala kenistaan. Tiada tepat beristirahat untuk mengendalikan masalahku, kecuali Engkau menerima persaksian masalahku. Ya Halikuljabbar, ambillah pengakuanku ini, kasihanilah aku yang menanggung beratnya kepedihan. Amin

Wahai Tuhan pemberi kasih, Ia tahu aku sangat lemah untuk menanggung beban siksa dunia meski hanya sedikit, sungguhpun semua bencana dan kejelekan dunia teramat singkat masanya. Serta teramat berat cak bagi anak adam yang menanggunnya, semua itu tidak terjadi kecuali karena murka-Mu. Ya Rabb dengan melembut aku memohon ampunan. Amin.

Maha Suci Engkau Aduhai Sembahanku, sayangilah kami nan sahaja berbekal tujuan, senjatanya hanya rengekan. Wahai Yang Maha Tahu tanpa diberitahu. Anugrahkan Kirana yang menerangi yang terjebak dalam kegelapan. Ampunilah dosa-dosa kami di malam ini, Wahai Yang Maha Luhur. Amin.

Ya Sang pencipta jangan putuskan harapanku untuk mujur karunia-Mu, lindungilah aku dari kejahatan Jin dan Manusia musuh-musuhku, Wahai Yang Maha Cepat Ridho-Nya. Ampubilah orang yang hartanya hanyalah doa, Wahai yang asma-Nya adalah kekayaan, limpahkan Rahmat-Mu. Amin.

Engkau Ya Rabb, telahmewajibkan hamba-hamba-Mu cak bagi beribadah kepada-Mu, Dia perintahkan mereka lakukan berdoa kepada-Mu, Engkau janjikan kepada mereka ijabah-Mu. Karena itu aku hadapkan wajahku kepada-Mu. Aduhai Tuhan! Aku ulurkan tanganku demi kebesaran-Mu. Maka perkenankan doaku, sampaikan aku lega cita-cita ku. Amin.

Ya Allah! Aku ketuk pintu Kasih-Mu dengan tangan harapanku, aku berlari merentang-Mu untuk meminta rimbunan mulai sejak hawa nafsuku yang merajalela. Aku ikat kisi cintaku dengan ujung-ujung tali-Mu. Ya Rabb, ampunilah ketergelinciran dan kesalahan yang sudah lalu kuperbuat, selamatkanlah aku agar bukan terjerumus ke n domestik fasad. Amin.

Ya Rabb, kupasrahkan kendali jiwaku dengan tali kehendak-Mu! Kutanggalkan beban-beban dosaku, kumusnahkan ia dengan ampunan dan Rahmat-Mu! Kulepaskan hawa nafsuku yang menokoh, kugantikan engkau dengan karunia dan hadiah-Mu. Ya Almalik, tetapkanlah bagiku malam ini sepatutnya mendatangiku bertabur kilap nubuat dan keselamatan dunia dan darul baka. Amin.

Ya Tuhan, bukalah utntuk kami patera-patera portal magfirah-Mu di malam ini . Ya Allah kenakanlah kepadaku toga-toga visiun dan kesalehan yang minimum cemerlang. Melampaui keagungan-Mu, tanamkanlah di dalam lubuk hatiku sumber-sendang kekhusyu’an, alirkanlah bulir-bulir bening air mataku karena takut akan keagungan-Mu. Amin.


Beliau Ya Rabb, telah mewajibkan hamba-hamba-Mu buat beribadah kepada-Mu, Beliau perintahkan mereka untuk berdoa kepada-Mu, Engkau janjikan kepada mereka ijabah-Mu. Karena itu aku hadapkan wajahku kepada-Mu. Duhai Tuhan! Aku ulurkan tanganku. Demi kebesaran-Mu, maka perkenankan doaku, sampaikan aku pada cita-citaku. Amin.

Ya Allah! Aku ketuk bab karunia-Mu dengan tangan harapanku, aku berlari menuju-Mu bakal meminta rimbunan bermula hawa nafsuku yang bercabul. Aku ikat deriji-jari cintaku dengan ujung-ujung sutra-Mu. Ya Rabb, ampunilah ketergelinciran dan kesalahan nan telah kuperbuat. Selamatkanlah aku agar tidak terpesona ke dalam kerusakan. Amin.

Ya Rabb, kupasrahkan cais jiwaku dengan tali kehendak-Mu! Kutanggalkan beban-kewajiban dosaku. Kumusnahkan dia dengan pembebasan dan rahmat-Mu! Kulepaskan hawa nafsuku yang menyesatkan, kugantikan sira dengan rahmat dan belas kasih-Mu. Ya Halikuljabbar tetapkanlah bagiku lilin lebah ini seharusnya mendatangiku peroi seri ramalan dan keselamatan dunia dan akhirat. Amin.

Ya Allah, bukalah untuk kami daun-daun pintu magfirah-Mu di malam ini. Ya Sang pencipta kenakanlah kepadaku toga-toga ajaran dan kesalehan yang paling kecil cemerlang, melalui keagungan-Mu. Tanamkanlah di privat lubuk hatiku sumber-sumber kekhuusyu’an, alirkanlah bulir-bulir bening air mataku karena takut akan keagungan-Mu. Amin.

Ya Allah, sertailah kami! Jadikan kami memanjakan-Mu, musim-perian kami, jadikanlah waktu-periode yang bahagia Ya Allah, dan hidup kami kehidupan yang tentram lagi diridhoi. Amin.
Ya Tuhan, berilah petunjuk kepadaku dari sisi-Mu, limpahkan kepadaku hadiah-Mu, curahkan rahmat-Mu dan turunkanlah kepadaku berkah-Mu. Amin.

Ya Allah, kini malam-Mu sudah menjelang dan siang-Mu sudah ajal. Inilah suara orang-insan yang menyeru diri-Mu dan datangnya doa-doa kepada-Mu, aku harap izin bagi diriku. Amin.

Ya Tuhan, selamatkan aku dari neraka dan berilah ampunan di malam dan siang. Ya Allah aku memohon kepada-Mu kebebasan bermula nereka dengan selamat. Masukkan aku kesurga dengan tentram. Amin.

Ya Allah, Perbaiki kontak antar kami, rukunkan antar hati kami, tunjuki kami perkembangan keselamatan. Selamatkan kami dari ketaksaan kepada terang didunia dan akhirat. Amin
Ya Yang mahakuasa, Wahai yang memudahkan segala apa yang sukar dan yang menyambung segala yang patah. Wahai yang menggauli semua yang unik dan pengaman segala nan takut. Aku mohon hadiah-Mu. Amin

Aduhai Tuhan nan tidak memerlukan penjelasan dan penafsiran. Cerih kami kepada-Mu amatlah banyak, Beliau Maha Tahu dan Melihat. Kami samar muka kepada-Mu selamatkan kami dari siksa-Mu. Amin

Ya Almalik, hamba memohon melalui tanda-Mu. Wahai Yang Maha Pengasih dan Pengasih. Aduhai Yang Maha Arif dan Bijaksana. Maha Suci Engkau. Wahai nan mengamini segala Taubat. Amin

Ya Sang pencipta, kasihi kami dengan kudrat kuasa-Mu atas kami, jangan binasakan kami, karena Engkaulah harapan kami, ajar kami dengan ain-Mu yang tiada tidur, lindungi kami dengan perawatan-Mu yang tak tertembus. Kami hamba-hamba-Mu, anak-anak hamba-Mu. Berlaku pasti atas kami hokum-hukum-Mu. Adil pasti atas kami keputusan-Mu. Amin

Ya Allah, Dia adalah Tuhanku, tiada Tuhan selain Anda dan telah jadikan aku adalah hamba-Mu, aku menurut perintah dan janji-Mu sesanggupku. Aku mohon perlindungan bahanya dosa yang aku perbuat, aku memufakati enak-Mu kepadaku dan mengakui pula banyaknya dosaku, maka ampunilah aku, karena tidak cak semau nan bisa mengampuni dosa kecuali Engkau. Amin

Ya Allah! Aduhai Dzat yang memiliki anugrah, wahai dzat yang memiliki keluhuran dan izzah. Tiada Almalik melainkan Ia Yang Maha mulia, padalah amal ibadah kami. Amin

Ya Yang mahakuasa, ampunilah kami, ibu bapak kami, anak-anak asuh kami, guru-guru kami, ari-ari-tembuni seagama, sahabat-sahabat kami, manusia-orang nan mencintai kami karena Engkau, turunan-sosok yang berbuat baik kepada kami dan bagi kabilah muslimin muslimat, mukminin dan mukminat, wahai Tuhan penguasa jagat rat. Sesungguhnya Kamu Maha mendengar ratib. Amin

Ya Allah, sama dengan Engkau telah memiara wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, Ya Allah peliharalah wajah kami dengan akomodasi makanan dan jangan Engkau merendahkan kami dengan kesempitan rezeki-Mu. Maka peliharalah diri kami semenjak meminang-minta endap-endap kami kecuali kepada-Mu dengan kemurahan dan kaunia-Mu. Duhai dzat yang paling penyayang. Amin

Wahai Dzat Yang Maha Jiwa, Wahai Dzat yang terus menerus mengurus anak adam-Nya, dengan anugerah-Mu kami mohon pertolongan, terimalah doa kami, Wahai Almalik Kekalian Kalimantang. Amin

Ya Halikuljabbar, peliharalah kami berpokok musibah yang Engkau turunkan, berikanlah kami eco-sedap-Mu dan jadikanlah kami hamba-hamba nan mendapatkan kebaikan, bukan hamba-hamba yang mendapat ujian, dengan anugerah-Mu, Wahai yang minimum penyayang diantara yang penyayang. Anugerahkan kepada kami kebugaran lahir dan bathin. Amin

Wahai Yang Maha Lumat, Tuhanku, ampunilah aku dan terimalah tobatku. Senyatanya Engkau Maha Menerima tobat lahi Maha Pemurah.Amin


Ya Almalik, yang menyingkirkan kesulitan, yang menyejukkan kesedihan, yang memenuhi aplikasi orang-turunan yang internal keadaan terpaksa, Yang Maha Pengasih dan Penyayang di manjapada dan alam baka. Amin.

sumur: wisatahati.com

Saya ialah manusia protokoler yang menjalani hidup dengan sederhana dan membentuk prasasti kesediaan saya dengan blog ini. Selamat membaca dan cak dapat rahmat mutakadim mampir, meski tetapi sejenak. View all posts by deltapapa



Source: https://deltapapa.wordpress.com/2008/07/16/doa-doa-penyejuk-hati/