Jaringan kewedanan lokal
 (bahasa Inggris:


local area network


 biasa disingkat
LAN
)

adalah jaringankomputer nan jaringannya hanya mencakup wilayah boncel; seperti jaringan komputer jinjingkampus,gedung,maktab, dalamrumah,sekolah maupun nan makin kecil.

Contoh jaringan LAN :

Jaringan wilayah metropolitan
 atau
Metropolitan area network
 maupun disingkat dengan
MAN
 adalah suatu jaringan n domestik suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang mencantumkan berbagai lokasi sepertikampus, perkantoran,tadbir, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan berpangkal beberapa LAN. Jangkauan berpokok MAN ini antar 10 setakat 50 km, MAN ini adalah jaringan nan tepat bakal membangun jaringan antar biro-kantor dalam suatu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat nan ki berjebah n domestik jangkauannya.

Ideal jaringan MAN :

Jaringan wilayah luas (bahasa Inggris:
Wide Kawasan Network
;WAN ) merupakan jaringan komputer nan mencakup area yang besar sebagai paradigma yaitu jaringan komputer antar wilayah, daerah tingkat maupun apalagi negara, atau bisa didefinisikan juga sebagai jaringan komputer jinjing yang membutuhkanrouter dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk mencantumkan jaringan area domestik yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pemakai atau komputer jinjing di lokasi yang suatu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

Paradigma jaringan WAN :


mjrianto.blogspot.co.id/2014/04/pengertian-lan-man-wan-beserta-model.html?m=1