Gambaran Naga Pada Batik Melambangkan

Batik Pesisiran atau menulis yang berkembang di daerah rantau utara Pulau Jawa mencadangkan beragam motif nan banyak dipengaruhi maka dari itu budaya luar Indonesia. Salah satu dominasi adalah dari budaya Tionghoa. Pada tadinya abad 20, banyak hamba allah anak cucu Tionghoa di Indonesia yang menjadi pengusaha menggambar.

Lain seperti batik Belanda yang hanya menitikberatkan sisi keindahan, Batik Tionghoa punya banyak ragam hias, komposisi, serta warna yang memiliki makna dan filosofi. Batik Tionghoa demap menampilkan ragam solek sato-hewan, polah anakan, serta warna-warna cerah yang solo nan mempunyai manfaat tertentu.

Mari kita mempelajari makna dari perbuatan solek menggambar Tionghoa yang tentunya akan menambah pemahaman kita akan kayanya makna nan terkandung berusul kepingan kain batik Indonesia.


SimbolHewani

  1. Naga

naga

(Photo: Batik PesisirPusaka Indonesia, KPG KepustakaanPopulerGramedia, 2022)

Naga biasa disebutLiong. Susuk naga China mempunyai kepala seperti jaran alias unta, bergigi jirus, bermata mencolok. Memiliki empat tungkai bercakar. Kuantitas cakar merepresentasi kedudukan. Raja lima kuku, pejabat catur cakar, dan insan halal tiga cakar. Hantu bumi dipercaya n kepunyaan pengaruh dan kesaktian. Dianggap laksana pelindung, penangkal barisan, pemberi rezeki dan kesuburan. Banyak ibu bapak Cina yang mengharapkan putranya menjadi Ular besar.

  1. Burung Hong

burung hong

(Photo: Menulis PesisirPusaka Indonesia, KPG KepustakaanPopulerGramedia, 2022)

Internal Bahasa mandarin disebutfenghuang, secara mahajana dikenal sebagai burungphoenix.

Biasanya berwarna biram atau warna warni, lima rona melambangkan sifat baik, hitam lambang kesetiaan, putih lambang keterbukaan, merah lambing kesantunan, hijau lambang keadilan, dan kuning lambang keikhlasan hati.

Kalau naga berkarakter yang, burung hong bersifat yin, merepresentasi feminimitas, kelembutan dan keindahan. Burung hong pada batik sekali lagi dianggap perumpamaan penolak pasukan. Dragon yang bersanding dengan butuh hong melambangkan kesenangan ijab nikah.

  1. Kilin

kiin

(Photo: Batik Pesisir Pusaka Indonesia, KPG Pustaka acuan Populer Gramedia, 2022)

Kilin adalah turunan bertubuh seperti rusa tapi bersisik seperti ikan mas. Kepalanya sebagai halnya dragon bertanduk satu atau dua. Cakar suku sebagaimana kuku sapi atau kuda. Ekor sebagaimana ekor sapi. Kadang digambarkan berapi-jago merah. Kilin melambangkan kabar baik, kemurnian, kebenaran, keadilan, kemakmuran, dan kedamaian. Kamu lagi dianggap sebagai pemberi kesuburan kepada orang-orang yang mandul.

  1. Limpa-kura

kura

(Photo: Batik PesisirPusaka Indonesia, KPG KepustakaanPopulerGramedia, 2022)

Tempurung kura-kura bagian atas dianggap umpama kubah langit atau kayangan, dan penggalan radiks disebut bumi. Lelabi adalah lambang pahit darah alias kelestarian, kegigihan, kekuatan, dan tak tertembus musuh. Labi-labi kembali dianggap ulem makanan dan hak.

  1. Kupu-kupu

kupu

(Photo: Batik PesisirPusaka Indonesia, KPG KepustakaanPopulerGramedia, 2022)

Menyimbolkan gelojoh remaja dan cinta sejati nan lain terpisahkan. Kupu-kupu disebut,
hudiedandie
lagi berjasa vitalitas 90 tahun, sehingga dijadikan lambang umur tingkatan. Kupu-kupu pelalah diasosiasikan dengan cerita Sam Ter Eng Tay, yang mengisahkan percintaan Sam Pek dan Engtay. Pada penutup cerita dikisahkan mereka berdua berreinkarnasi menjadi kupu-kupu.

  1. Kontol

Melambangkan kegembiraan. Kontol katai disebutxi que
(magpie), jika digambarkan menukik berarti kepelesiran (xi) sudah nomplok.

  1. Bangau

bangau

(Photo: Menggambar Pesisir Pusaka Indonesia, KPG Kepustakaan Naik daun Gramedia, 2022)

Aslinya berwarna hitam, tapi dibuat berwarna warni agar menjujut. Melambangkan keberhasilan, kebijaksanaan, keterpelajaran, keningratan, ketinggian, tekad abadi, aset, dan kekuasaan.

Kalau digambarkan berdampingan melambangkan kesetiaan, atau hidup akad nikah yang hierarki. Bangau sekali lagi dianggap ibarat tunggangan roh manusia menuju kayangan.


Huruf angka Dunia tumbuhan

  1. Beras dan poin-bijian.

Melambangkan kemakmuran dan kesuburan.

Dalam menggambar cak semau perbuatan hias latar pantat atau isen-isen yang sebut beras mawur, dele kecer

  1. Buah delima

Melambangkan kesuburan, banyak anak dan keturunan, serta kejernihan. Dijadikan pemberian pernikahan.

  1. Magnolia

Menandakan wanita elok. Keranjang berisi buah-buahan atau bunga melambangkan kekayaan dan pengusir roh jahat.

  1. Anak uang Narcissus/daffodil atau
    shuixian

Melambangkan kekekalan alias umur panjang

  1. Bunga Plum alias Meihua

Melambangkan bunga nan mekar di musim semi sehingga melambangkan kepahlawanan dan tujuan akan peruntungan. Lima tajuk anak uang melambangkan lima kebahagiaan atau kemenangan adalah semangat panjang, kekayaan, kesehatan, kebajikan, dan keinginan untuk meninggal wajar di jiwa lanjur.Bunga plum bermekaran dengan kupu-kupu melambangkan umur tataran dan kecantikan.

  1. Bunga Lotus

lotus

(Photo: Batik PesisirPusaka Indonesia, KPG KepustakaanPopulerGramedia, 2022)

Melambangkan keaslian. Walau hidup dikelilingi lendut, ia tetap mempertahankan kesucian dan kemungelan. Lotus melambangkan ketidak peduliaan pada keduniawian dan dianggap ceria karena Buddha cerbak digambarkan duduk diatasnya.Engkau sekali lagi dianggap bagaikan harmoni yang berkesinambungan

  1. Bunga Seruni/Krisan

krisan

(Photo: Batik PesisirPusaka Indonesia, KPG KepustakaanPopulerGramedia, 2022)

Bunga seruni yang mekar di musim gugur melambangkan ketabahan menghadapi hal. Seruni sekali lagi menyiratkan umur panjang, kebahagiaan, dan kesejahteraan di usia tunggang.

  1. Bunga Botan maupun Peony

Disebut fu gi hua, rente mal dan kehormatan. Ia dianggap mengundang kebahagiaan, kesetiaan, kemungelan abadi dan hayat panjang.

  1. Bunga Anggrek

Melambangkan sifat luhur, moral tinggi, kerendahan lever, dan ketampanan.

  1. Bunga Anyelir / carnation

Melambangkan pernikahan, kesuburan, dan rezeki berlimpah. Sering muncul di menulis pantai sebagai riasan penting atau penghias got, terutama sreg batik Lasem dan disebut serunai atau celuki


Simbol Benda atauGeometris

  1. Pisau penebang

Disebut
fu
mirip artinya dengan kebahagiaan, menyimbolkan kekuatan serta kemampuan membasmi kejahatan

  1. Lengkap Geometris Swastika / Banji

banji

Batik Lasem Motif BanjiKepalaBuketan (photo:  Menulis Design, Pepin Van Roojen,  The Pepin Press, 2001)

Melambangkan kesenangan, keberuntungan dan umur panjang.

Prolog
ban
berarti sepuluh dan
dzi
berarti beribu perlambang murah rejeki atau kebahagiaan yang berlipat ganda. Swastika tersebut dihubungkan satu ekuivalen lain dengan garis-garis. Ragam hias swastika memvisualkan lambang aliran bintang-bintang dan lebih khususnya merupakan lambang peredaran matahari.

  1. Gunung

Menandakan tempat yang pangkat yang makin dekat dengan para dewa. Besar dan tingginya mengandung arti lain rendah

  1. Awan Distilasiawan distilasi

Batik Lasem Motif BanjiKepalaBuketan (photo:  Batik Design, Pepin Van Roojen,  The Pepin Press, 2001)

Melambangkan kemenangan dan diasosiasikan sebagai negara kerumahtanggaan situasi damai. Dalam motif peledak mendung gegana pula dapat dimaknai sebagai harapan dan berkah.

SimbolWarna

  1. Berma

Warna abang melambangkan antusiasme, usia dan keberuntungan.

  1. Kuning / Emas

Warna Asfar merepresentasi kepatuhan, kesungguhan dan kegadisan. Kuning lagi merupakan simbol dari pengaruh kekaisaran serta kedaulatan.

  1. Mentah

Hijau berkaitan dengan alam dan lumrah dikaitkan dengan kemakmuran, keteraturan, dan kesegaran.

  1. Spektakuler

Merupakan dandan yang juga mewakili alam serta pembaharuan, menunjukkan kekuatan dan sukma. Namun, rona spektakuler dalam palsu melambangkan kejadian duka seperti upacara kematian.

  1. Putih / Perak

Warna kudus dalam budaya Cina ternyata menyimbolkan kematian, nasib buruk, pil dan kebodohan. Sejak jaman dahulu, kalis merupakan warna dominan yang ditampikan di pemakamanCina.

  1. Hitam,

Warna hitam melambangkan keagungan, kesetaraan, keseimbangan dan kesungguhan. Dalam drama tradisional Cina, aktor yang wajahnya di pencelup hitam, memainkan peran karakter nan benar dan adil. Biasanya misal hakim.

Penulis    :  Pasattimur Fajar Dewa

Wacana:

  1. Menulis PesisirPusaka Indonesia, KPG KepustakaanPopulerGramedia, 2022
  2. http://kebajikandalamkehidupan.blogspot.co.id/2011/07/warna-dalam-budaya-cina.html
  3. http://sejarahklasik.blogspot.co.id/2010/03/simbolisme-batik.html
  4. https://m.tempo.co/read/news/2014/01/31/215549967/makna-warna-n domestik-budaya-cina

Source: https://museumbatikpekalongan.info/?p=620#:~:text=Naga%20dipercaya%20memiliki%20kekuasaan%20dan,bala%2C%20pemberi%20rezeki%20dan%20kesuburan.