Hasil Printer Garis Tidak Lurus

Sekitar setahun yang lalu saya membeli printer canon ip2770, karena menurut beberapa referensi printer ini bandel, abadi dan mudah perawatannya dan satu lagi yaitu bisa direset counternya. Sebelumnya saya memperalat printer mg2570 yang sudah dilengkapi dengan scanner. Namun setelah beberapa waktu terjadi eror dan solusinya harus ganti ic counternya. Akhirnya printer nganggur.

Kembali ke printer ip2770, semenjak hasil pemakaian bilang lama printer ini memang cukup bagus. Printer ini simple sonder scanner namun cukup memuaskan untuk keperluan saya sehari-waktu. Printer ini juga dapat mencetak borderless lain seperti printer saya sebelumnya. Problem muncul saat dua bulan yang silam saya perhatikan hasil cetakan kerjakan tabulasi lain lurus dan coretan sebagian ada yang miring. Akhirnya saya browsing untuk berburu solusinya. Dari hasil browsing ditemukan bahwa penyebab hasil cetakan tidak lurus dan catatan miring karena encoder terserah yang kotor rantus tinta atau lainnya. Saya bongkar printer tersebut dan mengejar encodernya yang berbentuk plastik hierarki begitu juga penggaris. Saya lepas dan saya tatap tidak ada yang kotor. Encoder tetap saya bersihkan dan saya pasang sekali lagi. Jangan sampai keseleo pasangnya, harus seperti semula yakni melangkaui sensor didepan catridge. Jika tak, setelah dinyalakan catridge akan bergerak adv amat cepat.

Setelah saya pasang encoder kemudian saya coba untuk mencetak, Alhamdulillah hasilnya masih putus-putus dan pencong. Saya berpikir dalam-dalam kali encodernya perlu diganti, Alhamdulillah di kantor suka-suka tiga printer sekaum nan mutakadim enggak dipakai, risikonya saya ambil encodernya untuk dicoba diprinter saya dan hasilnya ternyata tetap kosong.

Encoder printer canon cak semau dua, yaitu yang janjang dan nan berbentuk dok. Kedua encoder saya lihat masih bersih, jadi saya simpulkan problem lain pada encodernya. Setelah berpikir lagi barangkali penyebabnya ada lega belt catridge yang mutakadim kendor. Dengan susah lejar saya lepas belt itu dan saya saling dari printer tidak yang setinggi. Namun hasilnya konsisten nihil. Akhirnya saya menyerah dan saya biarkan printer itu sejumlah ahad.

Bilang musim yang lalu terbersit ide untuk mengedit lagi printer tersebut dengan menggunakan resetter yang banyak bertebaran di internet. Faedah resetter senyatanya untuk menguasai kelainan eror nan sering terjadi pada printer canon beberapa tipe tertentu. Saya download versi yang terbaru. Setelah itu saya coba reset printer menurut ramalan yang suka-suka. Alhamdulillah hasil cetakan printer kembali lazim. Demikan kerjakan menjadikan maklum. Terima kasih.

Source: https://ngleob.blogspot.com/2016/12/canon-ip2770-hasil-cetak-miring-dan.html