Hubungan Ekologi Dengan Ilmu Lain


Pertalian ILMU Ekologi DENGAN ILMU-ILMU LAINNYA


Di susun maka dari itu:


Nama        : Siti Amelia Hasanah


NPM         : 18513521


Kelas         : 1PA09

Fakultas Psikologi

Institut Gunadarma

T.A 2022/2014

Depok



HUBUNGAN ILMU Ekologi DENGAN Aji-aji-Mantra LAINNYA




1.



Pengertian Ilmu Ekologi





Ilmu lingkungan adalah hobatan yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan nan lainnya.

Ekologi diartikan misal mantra yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup alias interaksi antara insan hidup dan lingkungannya. Istilah ekologi pertama kali dikemukakan oleh

Ernst Haeckel



(
1834





1914
).Dalam ekologi, makhluk hidup dipelajari andai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya. Atau ekologi bisa juga diartikan sebagai ilmu yang mempelajari pengaruh-pengaruh faktor lingkungan terhadap semangat makhluk nasib.

     Berdasarkan atas komposisi jenis organisme yang dikaji maka Ilmu lingkungan dapat dibagi menjadi:

  1. Autekologi, membahas pengkajian individu organisme maupun manusia spesies yang penekanannya puas rekaman-sejarah arwah dan kelakuan dalam menyepadankan diri terhadap mileu. Misalnya, mempelajari sejarah hidup suatu spesies, perilaku maupun adaptasinya terhadap lingkungan.
  2. Sinekologi, ceratai pengkajian golongan atau antologi organisme-organisme sebagai satuan. Misalnya, mempelajari struktur dan komposisi varietas tanaman di hutan rawa, mempelajari teoretis rotasi satwa liar di hutan kalimantang, hutan wisata, atau taman kewarganegaraan.

     Berdasarkan atas habitat suatu spesies alias kelompok spesies organisme maka ekologi dapat digolongkan sebagai berikut :

  1. Ilmu lingkungan daratan (terestrial), yaitu mempelajari relasi timbal perot antara organisme dengan organisme lainnya serta dengan semua wilayah daratan tegalan, kebun, kebun, rimba lahan kering, padang rumput, atau padang pasir.
  2. Ekologi air batal (freshwater), ialah mempelajari hubungan timbal balik antara organisme lainnya serta dengan semua suku cadang lingkungan yang ada di wilayah perairan batil. Contoh provinsi perairan tawar adalah danau, kali besar, kolam, sumur, rawa atau sawah.
  3. Ilmu lingkungan bahari, merupakan mempelajari gabungan timbal balik antara organisme dengan organisme lainnya serta dengan semua onderdil lingkungan nan ada di wilayah perairan asin ataupun osean
  4. Ekologi estuarin, yaitu mempelajari hubungan timbal bengot antara organisme dengan organisme lainnya serta dengan semua komponenlingkungan nan ada di wilayah perairan payau. Abstrak distrik perairan masin adalah delta, teluk dan laguna.
  5. Ilmu lingkungan alas, yaitu mempelajari hubungan timbal balik antara organisme dengan organisme lainnya serta dengan semua komponen lingkungan nan terserah di ekosistem hutan.
  6. Ekologi padang rumput, yaitu mempelajari sangkut-paut timbal pesong antara organisme dengan organisme lainnya serta dengan semua komponen mileu yang ada di ekosistem stepa

 Bersendikan sistematikanya ekologi dibagi menjadi 5 varietas,yaitu :

4.

Ilmu lingkungan Vertebrata



3.



Kombinasi Guna-guna Ekologi dengan Ilmu Lainnya


a)


Ilmu lingkungan dengan Ilmu Ilmu jiwa




     Ekologi mempunyai hubungan dengan hobatan psikologi terutama ilmu jiwa lingkungan. Psikologi lingkungan adalah ilmu batiniah nan mempelajari perilaku manusia bedasarkan pengaruh lingkungannya, baik lingkungan sosial, dan lingkungan liwa. Kaprikornus, hubungan antara ilmu ekologi dengan ilmu psikologi lingkungan telah pas jelas, merupakan dimana psikologi lingkungan mempelajari perilaku manusia berdasarkan lingkungannya..


b)

Ekologi dengan Ilmu bisnis

Banyak ekolog menyambat ekologi dengan
ekonomi
 anak adam:

·

Lynn Margulis mengatakan bahwa studi ekonomi bagaimana manusia membuat spirit. Studi ekologi bagaimana tiap binatang lainnya membentuk umur.

·

Mike Nickerson mengatakan bahwa “ekonomi tiga perlima ilmu lingkungan” sejak
ekosistem
 menciptakan mata air dan membuang
sampah
, yang mana ekonomi menganggap dilakukan “untuk bebas”.

Ekonomi ekologi dan teori urut-urutan khalayak mengepas meragamkan pertanyaan
ekonomi
 dengan lainnya, cuma susah. Banyak basyar nanang ekonomi baru sahaja menjadi episode ekologi, dan ekonomi mengabaikannya keseleo. “Modal alam” merupakan 1 contoh 1 teori yang menggabungkan 2 keadaan itu.

c)

Ekologi dengan Aji-aji Antropologi





Antropologi merupakan tentang bagaimana tubuh dan pikiran dipengaruhi oleh

mileu
,ekologi yakni tentang bagaimana lingkungan dipengaruhi raga dan perasaan.

d)

Ekologi dengan ilmu Tanah

     Kesuburan tanah mempengaruhi keadaan tunbuhan-tumbuhan yang bersemi diatasnya. Kesuburan tanah akan berpengaruh terhadap tipe vegetasi yang terdidik serta berpengaruh terhadap keproduktifan hutan.

Oleh karena itu, petak yaitu pelecok suatu faktor pembatas pataka dan mempengaruhi pertumbuhan semua tipe tumbuhan, struktur dan atak vegetasi sehingga  bisa memberikan kekuasaan pada variasi pangan.

e)

Ekologi dengan Ilmu Fisika

     Membahas perubahan suhu,daya serap tanah karena dominasi binar matahari,proses dan pengaruh hujan abu terhadap kehidupan.

f)

Ekologi dengan Ilmu Bumi dan Antariksa

     Berkaitan dengan berbagai proses yang dipengaruhi peristiwa siang dan lilin batik, musim kering dan masa hujan, gravitasi,endapan alluvial,vulkanik dan erosi.

g)

Ekologi dengan Ilmu Kimia

     Main-main penting karena internal ekologi proses kimia begitu juga kerumahtanggaan zarah-unsur C,N,CO2 yang merupakan bagian terdahulu bagi beberapa reaksi kimia.

h)

Ilmu lingkungan dengan Ilmu Sosial Budaya

     Lingkungan sosial budaya dan ekonomi habis terdepan kerjakan kesinambungan pembangunan berkesinambungan. Sebab pembangunan dilakukan oleh dan untuk insan yang hidup di dalam kondisi sosial budaya dan ekonomi tertentu.

            Di alam terwalak proses ekologi nan menjadi penopang kehidupan kita. Rusaknya proses ilmu lingkungan itu akan membahayakan jiwa dibumi kita. Energy untuk proses ilmu lingkungan itu di dapatkan dari matahari. Beberapa proses ekologi terpenting yakni fotosintesis,penambatan nitrogen, pengendalian populasi,penyerbukan,kemampuan memperbaharui diri,dan kebaikan hidro-ologis.

                        Mantra ekologi dengan mantra lainnya saling memiliki afiliasi yang sangat erat kaitannya dan lain bisa dipisahkan,karena setiap ilmu melengkapi satu dengan lainnya supaya terciptanya keselarasan dan keseimbangan diantara cabang-cabang ilmu tersebut.

Source: https://ameliahasssan.blogspot.com/2014/05/hubungan-ilmu-ekologi-dengan-ilmu-ilmu.html