Jawaban Contoh Soal Excel Sulit Di Belajar Excel

Microsoft Excel
Foto: Microsoft Excel (Dok. Microsoft)

Jakarta, CNBC Indonesia
– Microsoft Excel merupakan software yang paling sayang digunakan dalam bumi kerja. Detik ini, banyak pekerjaan yang menyantumkan syarat memintasi Excel buat para pelamarnya, begitu juga akuntan, data analyst dan marketing.

Excel digunakan untuk mengelola data sederhana sampai rumit, mengelola pustaka dan membuat diagram ataupun grafik.


Mempelajari Rumus Excel

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Rumus Excel yakni hal yang wajib dikuasai untuk menjalankan aplikasi Excel. Setiap rumus Excel harus diawali dengan tanda setimbang dengan (=).

Rumus Excel dibagi menjadi dua, adalah rumus Formula dan rumus Function. Apa perbedaannya?

Rumus Formula: rumus Excel nan diketik secara manual oleh para pengguna aplikasi ini. Seperti rumus “=B1+B2+B3” maupun “=C1-C2/C3”.

Rumus Function: template rumus yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel. Seperti rumus “=SUM(A1:A3)” maupun “MIN(A1:A5)”.

Dalam dunia profesional, kedua rumus tersebut sering digunakan. Rumus formula biasanya digunakan pada data-data yang berkepribadian tersisa. Padahal rumus function galibnya digunakan bikin ki menggarap data dengan skala besar.

Sreg dasarnya, di mayapada kerja rumus Excel yang sering digunakan yaitu rumus function. Keadaan ini dikarenakan rumus function lebih heterogen dan mudah digunakan.

Rumus Excel function mempunyai banyak khasiat yang ditawari cak bagi mempermudah pemakaian Excel, di antaranya yaitu:

  • Mendapatkan perhitungan hasil yang akurat detik harus mengkalkulasi banyak data.
  • Mewujudkan pelukisan data untuk kebutuhan presentasi.
  • Melempengkan dan menyortir data-data kerumahtanggaan jumlah banyak menjadi lebih beres.
  • Mempersingkat waktu saat mengolah data.
  • Simple dan praktis bagi mendidik data dalam jumlah besar.


Kumpulan Rumus Function di Excel

Kerjakan menggunakan rumus Excel, suka-suka tiga komponen yang harus digunakan. Adalah tanda setara dengan “=”, nama function (SUM, MIN, IF) dan sel yang diambil datanya seperti klik lokap A1 setakat A3 (A1:A3). Tapi cak semau cara tidak nan kian mudah untuk menggunakan rumus Excel loh!

  1. Klik sel yang menjadi ajang hasil data antisipasi akan dimunculkan.
  2. Pilih menu “Formulas” di toolbar Microsoft Excel.
  3. Klik pilihan menu “AutoSum” dan pilih rumus yang ingin digunakan.
  4. Memperbedakan sel yang kepingin dikalkulasikan datanya.
  5. Tekan enter puas keyboard, hasil akan muncul.

Agar bisa mengaplikasikan Microsoft Excel dengan baik, pelajari 20 rumus Excel di dasar ini bagi mempermudah pekerjaanmu dan ketahui fungsinya!

1. SUM

SUM adalah rumus Excel yang digunakan bikin menjumlahkan skor pada sel-sel tertentu. Contohnya jika Anda kepingin menjumlahkan angka pada sel A2 sebatas sel A10 maka rumus nan digunakan yakni:

=SUM(A2:A6)

2. MAX dan MIN

MAX dan MIN adalah rumus Excel yang digunakan untuk mencari skor tertinggi alias terendah di kerumahtanggaan deretan sel yang berisi angka.

Contohnya jika Sira ingin berburu poin tertinggi dan terendah dari hasil penjualan rembulan Januari 2022 – Januari 2022, masukkan hasil penjualan data plong 1 sel deret ke bawah ataupun ke samping (sebagai interniran A2 sampai sel A13). Lalu Anda bisa menggunakan rumus:

Terbesar: =MAX(A2:A13)

Terkecil: =MIN(A2:A13)

3. AVERAGE

Rumus Excel AVERAGE berfungsi untuk menotal rata-rata angka sreg bilang jumlah sel. Contohnya, Dia medium mencari rata-rata kredit mata kuliah nan ada pada sel A2 setakat A20, Anda bisa menggunakan rumus:

=AVERAGE(A2:A20)

4. COUNT

Rumus COUNT pada Excel berfungsi lakukan menghitung jumlah pengasingan nan ampuh biji. Contohnya yaitu data sreg interniran A1 sampai sel M1 terwalak data angka dan data huruf. Lakukan menghitung besaran sel nan berisi angka maka Anda bisa menggunakan rumus ini:

=COUNT(A1:M1)

5. COUNTA

Karib sebagai halnya COUNT, rumus Excel COUNTA digunakan tidak hanya menghitung kuantitas kamp yang berisi kredit, tetapi kembali kamp berisi apapun. Sehingga Anda bisa menghitung total sel yang tak kosong.

Contohnya, Anda mempunyai data angka dan juga kata pada sel A1 sampai dengan sel P1. Di antara pengasingan tersebut terdapat sejumlah sel yang kosong. Untuk menghitung jumlah sel yang berisi data, Ia bisa menggunakan rumus Excel:

=COUNTA(A1:P1)

6. TRIM

Rumus Excel TRIM berguna bikin menyetip spasi nan berlebih sreg kalimat yang terserah di rumah pasung. Rumus ini hanya bisa diaplikasikan sreg suatu sel saja. Eksemplar rumusnya yaitu:

=TRIM(A3)

7. IF

Rumus IF merupakan rumus Excel yang digunakan untuk memainkan logika tertentu. Rumus ini memang memadai kompleks untuk digunakan. Galibnya rumus ini digunakan untuk menganalisis data etis/salah dan memasap/tidak lulus.

Contohnya sekiranya Anda ingin mendapatkan data mahasiswa yang lenyap dan nan mengulang sesuai dengan biji umumnya yang ditentukan, Beliau bisa menggunakan rumus logika ini:

=IF(A2>75;”Lucut”;”MENGULANG”)

8. AND

Rumus Excel AND digunakan bakal menentukan benar (TRUE) atau salah (FALSE) pada data yang ada di sel menggunakan rumus logika.

Contohnya detik Anda ingin mencari tahu “apakah nilai A1 makin berpokok 75 dan kurang dari 100?” maka bisa menggunakan rumus ini. Seandainya data sreg tangsi memenuhi kriteria maka akan unjuk hasil dengan goresan TRUE serupa itu sebaliknya. Rumusnya adalah:

=AND(A1>75;A1<100)

9. OR

Hampir seperti mana rumus AND, rumus OR juga berfungsi untuk menentukan salah atau benarnya data yang suka-suka di sel. Bedanya, rumus AND harus memenuhi semua standar yang ada di rumus logika, sedangkan rumus OR bisa memenuhi riuk satu tolok rumus logika.

Contohnya jika Beliau mempunyai data skor, dan ingin mencari sempat “apakah nilai A1 sedikit dari 60 alias lebih berbunga 90?”. Seandainya memenuhi salah satunya maka akan muncul hasil TRUE. Begini rumusnya:

=OR(A1<60;A1.90)

10. NOT

Rumus Excel NOT adalah kebalikan dari rumus AND dan OR. Karena rumus ini akan memunculkan jawaban TRUE lega data yang tidak ikut kriteria.

Contohnya Anda mencari tahu “apakah kredit A1 enggak kian berbunga 100?” jika angkanya merupakan invalid dari 100 maka akan muncul hasil TRUE. Rumusnya adalah:

=Not(A1>100)

11. VLOOKUP

Rumus satu ini memang memadai susah dan ribet. Tapi, jika mengerti maksud dan pengusahaan rumus ini, pekerjaan akan lebih mudah dan ringkas. Rumus Excel VLOOKUP digunakan untuk mencari data secara vertikal atau tegak. Dengan rumus berikut:

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

Keterangan:

Lookup_value: Isi interniran alias angka nan diketik.

Table_array: Sel atau grafik yang digunakan untuk rujukan pencarian.

Col_Index_num: Kolom nan ditunjukkan untuk mencoket nilai.

Range_Lookup: Boleh dikosongkan, boleh juga diisi dengan “True” untuk tabel nan disusun berurutan dengan pengejaran diartikan laksana sama dengan maupun bertambah kecil. Bisa diisi dengan “False” bikin tabel yang bukan harus berurutan dan diartikan laksana sejajar persis.

12. HLOOKUP

Setimpal halnya dengan VLOOKUP, rumus Excel Hlookup digunakan lakukan mencari data, bedanya rumus ini ditujukkan untuk data-data horizontal atau mengufuk. Dengan rumus yang digunakan yakni:

=HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

13. CHOOSE

Rumus Excel ini digunakan untuk memintal dan menampilkan suatu nilai pada satu list nilai. Rumus ini digunakan untuk memintal 1 skor hingga 254 sesuai dengan nomor indeks.

Contohnya, nilai 1 – 7 yaitu nama waktu dalam satu minggu, rumus ini akan menaruh keunggulan salah suatu hari kalau menunggangi nomor indeks 1 sampai dengan 7. Rumusnya adalah:

=CHOOSE(index_num,value1,[value 2],…..)

14. PRODUCT

Rumus Excel ini berfaedah bikin melakukan multiplikasi pada data yang suka-suka di suatu range. Rumus Excel ini ditulis begitu juga di bawah ini:

=PRODUCT(numb1_numb2)

Contohnya, sekiranya ingin mengalikan data pada kolom B3 dan B9, maka rumusnya menjadi =PRODUCT(B3,B9).

15. POWER

POWER digunakan untuk menghasilkan takdir tataran, misalnya Dia medium mengejar adv pernah 6 jenjang 12, letakkan angka 6 misal pada kolom A3 dan angka 12 pada B2, maka gunakan rumus di bawah ini:

=POWER(A3,B2)

16. SQRT

Rumus yang berfungsi bakal menghasilkan nilai akar tunjang dari bilangan. Misalkan Anda ingin mengejar luang akar berbunga 144, maka dapat menunggangi rumus:

=SQRT(144)

17. CONCATENATE

Rumus Excel ini digunakan untuk menggabungkan data. Misalkan Anda ingin menggabungkan data di rubrik C1 dan C2, maka rumusnya yaitu:

=CONCATENATE(C1;C2)

18. CEILING

Rumus ini digunakan bikin membulatkan angka puas kelipatan deka- ke angka atas terdekat. Misalkan Engkau mencantumkan data di B2 sebesar Rp 36.399, jika memperalat rumus ceiling, akan menentukan hasil pembulatan ke angka atas terdamping menjadi Rp 36.400, dengan rumus:

=CEILING(B2;10)

19. COUNTIF

Rumus COUNTIF merupakan rumus Excel yang digunakan cak bagi menghitung jumlah sel yang memiliki kriteria sejajar untuk kebutuhan sortir data.

Misalkan Anda medium melakukan jajak pendapat dan cak hendak tahu kecenderungan orang membaca berita (Online alias Koran), berpangkal 100 responden, berapa anak adam yang makin menaksir mendaras berita melalui harian. Kalau data responden suka-suka di rubrik B2 setakat B101, maka rumusnya yaitu:

=COUNTIF(B2;B101;”Koran”)

20. PROPER

PROPER berfungsi untuk mengingkari huruf mula-mula puas teks menjadi huruf kapital, misalnya Engkau menggambar “warga negara indonesia” di el A2, maka gunakan rumus excel ini:

=PROPER(A2) bakal menghasilkan teks “Warga Negara Indonesia”.

Demikian rumus Excel transendental berpangkal perebusan data dasar sebatas yang menggunakan logika. Dengan menguasai rumus Excel tentunya akan cak semau poin tambah pada diri Anda dan menjadikan penggarapan data lebih pendek serta mudah.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Cek Guys! 10 Rumus Excel di Dunia Kerja


(roy/roy)


Source: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20211119130752-37-292851/20-rumus-excel-yang-sering-dipakai-dalam-dunia-kerja