Kliping Renang Gaya Kupu Kupu

kacapengetahuan.blogspot.com – Penjas


Portal 1


Pendahuluan











A.



Bidang Pinggul


Renang sudah dikenal sejak masa prasejarah. Lukisan dari zaman bencana sudah lalu ditemukandi dalam gaung para pemenang dempang WadiSora (sura) penggalan barat daya mesir.

Referensi gubahan yang semenjak dari 2000 hari yang dahulu sebelum masehi, termasuk Gilgamesh, Iliad, dan lainya. Puas tahun 1538 Nicolas Wynman, mahaguru bahasa batik buku tentang renang purwa kali, yang berjudul “Colymbetes”. Kompetisi renang di Eropa dimulai sekeliling tahun 1800 nan sebagian menggunakan kecenderungan dada.

B.

Rumusan Keburukan

1.

Pengertian Renang tendensi kupu-kupu

2.

Album renang gaya kupu-kupu

3.

Teknik renang gaya kupu-kupu

1.

Memahami pengertian renang kecondongan rama-rama.

2.

Mengetahui memori renang kecenderungan kupu-kupu.

3.

Mengethui teknik renang gaya rama-rama

4.

Mengetahui maslahat renang.

Tendensi kupu-kupu



adalah salah satu dari catur mode



renang



yang diperlombakan dalam



Olimpiade. Karena propaganda kakinya, tendensi ini juga dikenal seumpama



kecenderungan lumba-lumba /
dolphin

.

Tren ini merupakan turunan berpangkal



gaya dada / gaya katak. Dengan posisi



dada



menghadap ke bawah, kedua belah



lengan



secara bersamaan ditekan ke bawah, lalu ke birit, dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan di atas meres air. Pron bila voltase tangan ke pantat, kedua belah kaki secara bersamaan mengimpitkan ke bawah. Gerakan tungkai dan tangan ini dilakukan untuk mendorong fisik bersirkulasi ke depan (atau ke atas rataan air untuk menjeput nafas). Lega saat kepala masuk pun ke dalam air, tangan mengikuti masuk, dan tungkai kembali menindihkan ke pangkal. Gerakan kaki naik-roboh menyerupai usaha radai ekor



siketumba. Udara dihembuskan abadi-kuat dari mulut dan indra sebelum komandan unjuk berpunca air, dan mega dihirup lewat tuturan ketika penasihat berada di luar air. Berbeda bermula gaya lainnya yang umumnya mudah dikuasai, perenang pemula memerlukan waktu kian lama untuk mempelajari penyelarasan gerakan tangan dan kaki dalam gaya kupu-kupu. Sebagian besar pemula juga menganggap gaya kupu-kupu sebagai tren tersulit untuk dipelajari. Dibandingkan ketiga tendensi berenang lainnya, teknik gerakan yang buruk kerumahtanggaan gaya kupu-kupu bukan dapat ditutupi dengan besarnya tenaga yang dikeluarkan perenang.



Dibandingkan tren renang lainnya, berenang gaya kupu-kupu memerlukan manfaat nan osean berpangkal perenang. Perenang tercepat gaya kupu-kupu boleh berenang lebih cepat dari perenang




gaya bebas. Kederasan renang tendensi rama-rama didapat bermula ayunan kedua belah tangan secara bersamaan. Kecondongan kupu-kupu yaitu gaya renang terbaru dalam pertandingan renang. Perenang tendensi rama-rama pertama kelihatannya ikut dalam lomba renang pada waktu



1933.


2.



Sejarah Renang Gaya Kupu – Kupu

Pada akhirusanah

1933
, perenang Amerika Perseroan bernama Henry Myers berenang kecondongan kupu-kupu di perlombaan renang Brooklyn Central YMCA.




Kecenderungan rama-rama merupakan hasil ekspansi

gaya dada
. Pelatih renang David Armbruster terbit

Perhimpunan Iowa



meneliti masalah hambatan air sewaktu berenang kecondongan dada. Pada tahun 1934, Armbruster diduga telah mengoreksi metode mengayunkan lengan ke depan sederum berenang gaya dada. Armbruster menjuluki gaya “baru” tersebut sebagai kecondongan “kupu-kupu”. Sungguhpun tendensi kupu-kupu sulit dipelajari, perenang gaya kupu-kupu bisa berenang lebih cepat. Lega tahun berikutnya (
1935
), perenang

Jack Sieg



dari Universitas Iowa melebarkan teknik menendang seperti sirip ekor iwak, Sieg berenang dengan tubuh dimiringkan ke pelecok suatu sebelah. Ia menyebut tendangannya sebagai “tendangan sirip ekor lumba-lumba”. Armbruster dan Sieg lalu bersama-sama mengembangkan kedua teknik ini menjadi tren renang nan habis cepat. Satu buai lengan kupu-kupu dipadu dengan dua tendangan lumba-lumba. Richard Rhodes mengklaim bahwa Volney Wilson yaitu orang nan menciptakan “tendangan lumba-lumba” setelah mempelajari persuasi ikan. Volney Wilson mencoba gerakan barunya di penyaringan wakil Amerika Sindikat untuk Olimpiade 1938. Karenanya, Wilson dihinggapi diskualifikasi.


3.

Teknik Berenang Kecenderungan Rama-rama (Buterfly Stroke)


https://2.bp.blogspot.com/-dVcUJwJw48k/VkRQw3jRwyI/AAAAAAAAAD8/oRUKNr4cGpw/s1600/Gaya%2Bkupu.jpg

Dalam berbuat
Olahraga renang
 Posisi jasmani merupakan bagian nan sangat terdepan karena posisi badan ini sangatlah menentukan sempurnanya gerakan nan kita lakukan, dalam
Sport renang
ini posisi jasmani diusahakan lakukan sedatar mungkin dengan meres air, akan tetapi dalam melakukan renang gaya Kupu-kupu ini terjadi gerakan menanjak dan runtuh secara Vertikal dan sesuai dengan irama kaki yang dihentakan secara bersamaan. Usaha naik runtuh ini memang tidak kita jumpai pada gaya renang lainnya sehingga sebagian besar basyar sangat lah kesulitan n domestik melakukan teknik renang gaya Kupu-kupu ini, dengan adanya gerakan naik dan turun ini menjadikan tahanan depan akan kian samudra, akan namun perenang harus tegar berusaha menjaga keseimbangan dan menjada agar badan teguh menjemukan dengan meres air.



Kerumahtanggaan mengamalkan renang Gaya Kupu-kupu ini ada 2 hal nan harus di buat diantaranya :

> Putaran Pengarah


Cak bagi mempermudah dalam melakukan pangambilan nafas diusahakan semoga bagian kepala mendaki sedikit doang asalkan mulut sudah berada di atas permukaan air dan memadai bikin mengambil nafas, dan saat kita telah selesai mengambil nafas maka dengan cepat superior tunduk kembali agar tubuh tetap datar dengan latar air.

> Kaki

Ketika mengerjakan pukulan Dolphin yang dilakukan makanya kedua kaki sebaiknya kaki tidak menggampar terlalu dalam, karena jika pukulan terlalu dalam maka akan mengakibatkan interpolasi narapidana ke bagian depan, tendangan suku terssebut dilakukan dengan menekuk kedua kaki pada buku-buku Lutut yang kemudian di luruskan juga dengan berkanjang (seperti ekor lauk paus).

Kedua hal tersebut haruslah dilakukan dengan sempurna sebaiknya posisi badan kita taat di permukaan air dan untuk menghemat tenaga sewaktu melakukan gerakan Renang tendensi Kupu-kupu.




https://2.bp.blogspot.com/-Rh_B_vmVXyM/VkRQxGqZ8ZI/AAAAAAAAAD4/dsXeqJXVndU/s640/gaya%2Bkupu.png




2. Gerakan Kaki.

Operasi tungkai pada Renang Gaya Kupu-kupu ini hampir sebagaimana
Renang gaya bebas
 perbedaannya adalah plong Renang gaya Kupu-kupu operasi kaki di dilakukan secara bersamaan padahal pada gaya renang misalnya tendensi nonblok propaganda tungkai dilakukan secara bergantian.

berikut adalah teknik dalam melakukan renang kecenderungan Kupu-kupu adalah ibarat berikut :

  • Posisi kaki harus literal dari pangkal sampai ujung tungkai.
  • Propaganda kaki dilakukan dengan sedikit menekuk bagian lutut akan tetapi enggak terlalu pengkar.
  • Gerakan kaki (Tendangan) dilakukan dengan gentur terutama pada punggung tungkai nan dilakukan dengan melempengkan suku nan semula dibengkokan.
  • setelah kaki di dayung (ditendang) kebawah suku sekali lagi di luruskan dan kembali ke posisi awal.

3. Kampanye Lengan

Dalam berbuat Renang Tendensi Kupu-kupu ini sangat lah terdahulu karena gerakan lengan sangatlah menentukan kemajuan dan laju lega renang gaya Kupu-kupu ini. Lengan pada gaya Kupu-kupu ini harus digerakan secara bersamaan antara lengan kanan dan lengan kidal dan kampanye lengan plong Gaya Kupu-kupu ini dibagi menjadi 2 (dua) bagian yaitu :

a. Kampanye Recovery


Operasi Recovery lega lengan adalah gerakan yang dimulai dari penutup manuver mendayung dan berakhir detik akan menciau. sehabis tangan keluar setelah tangan keluar dari permukaan air lewat tangan menginjak dilemparkan ke depan dengan posisi yang tekor, buat lah manuver tersebut dengan rileks, kedua tangan masuk ke air sedikit diluar bahu, sreg operasi ini gerakan tangan harus kontan dan simetrisantara lengan kanan dan kiri.

b. Persuasi Dayungan Lengan


Gerakan mendayung puas rengan kecondongan Kupu-kupu terdiri mulai sejak gerakan menarik dan kampanye menunda, takdirnya kita perhatikan operasi menarik dan mendorong ini dempet seimbang dengan tendensi Bebas akan tetapi pada Renang tendensi Kupu-kupu ini lengan digerakan secara bersamaan dan pula simetris antara lengan kanan dan kiri.

dibawah ini yaitu cumbu persuasi lengan pada kecondongan Rama-rama diantaranya :

  1. Lengan pada intiha dayungan bersiap lakukan melakukan usaha Recovery.
  2. pada saat melakukan gerakan Recovery lengan dilemparkan kearah samping latar air.
  3. pada saat memasuki akhir recovery kedua tangan masuk kedalam permuakaan air lega garis bahu di depan kepala.
  4. kedua lengan masuk kedalam air dalam posisi sikap menyerah.
  5. kedua tangan mulai buat berbuat aksi tarikan ke arah luar.
  6. Kedu alengan mulai bergerak ke arah dalam dan posisi lengan masih menekuk pada persendian (Sikut)
  7. Kedua lengan mulai mengerjakan dorongan ke arah intern
  8. Pada akhir dayungan posisi kedua belah ibu jari menyentuh paha.
  9. kembali lega gerakan recovery.

4. Pernafasan

Peroses pengambilan nafas pada rengan gaya rama-rama hampir sebagai halnya pada
Renang Gaya Dada

yaitu dengan mengangkat kepala ke atas permukaan air, teknik mengangkat kepala sreg renang kecenderungan Kupu-kupu ini dilakukan pron bila pengunci tegangan, pada saat melakukan pemungutan nafas diusahakan seyogiannya pejabat menaiki sedikit di parasan, dan pasca- selesai maka dengan cepat kepala diturunkan kembali kedalam air agar narapidana depan tak sesak osean, kerjakan pengeluaran air dilakukan di sumber akar air dengan menggunakan indra.

5. Rekonsiliasi Gerakan

privat mengamalkan renang Mode Kupu-kupu aksi antara lengan dan kaki harus sesuai khususnya pron bila tubuh naik turun di parasan air, puas 1 putaran lengan harus terjadi 2 kali episode kaki (Keras & Rengsa), ketika permulaan persuasi tendangan kaki harus dilakukan dengan keras sementara itu pada saat mengamalkan galakan gerakak kaki dilakukan dengan rengsa.

BAB III

Inferensi

Olahraga renang sejak dahulu kala telah dikenal. Renang permulaan kali dikenal maka dari itu bangsa barat. Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa teknik renang tendensi kupu-kupu berbeda dengan renang tendensi dada. Jangan sampai hari kita berenang menggunakan teknik tersebut dengan pelecok, karena bisa mengakibatkan gangguan pada tubuh. Renang lagi berjasa untuk kesehatan badan seperti mana, meningkatkan kualitas jantung dan arus darah, meningkatkan kesegaran paru-paru, dan mempengaruhi otot menjadi berisi.

Source: http://kacapengetahuan.blogspot.com/2016/06/makalah-renang-gaya-kupu-kupu.html