Kuesioner Dibuat Agar Memudahkan Untuk


MENDESAIN KUESIONER



Intern penelitian kuantitatif, teknik pengurukan data nan lumrah digunakan yakni menyebarkan kuesioner, yaitu daftar mandraguna pertanyaan-pertanyaan penelitian yang harus dijawab oleh responden.
[1]
 Meski terpukau mudah, sepantasnya membuat kuesioner yang efektif patut sulit; selain itu, dibutuhkan waktu dan proses yang bukan sekejap untuk menyebarkan kuesioner kepada responden. Anda perlu membuat kuesioner untuk kondusif proses pengumpulan data penelitian? Baca terus artikel ini bakal menemukan politik membuat dan mengawurkan kuesioner yang efektif.




1.



Tentukan maksud kuesioner.

 Data atau pesiaran apakah yang cak hendak Beliau kumpulkan semenjak kuesioner tersebut? Segala apa tujuan terdahulu penelitian Anda? Apakah kuesioner yakni teknik pengumpulan data yang efektif untuk jenis penelitian Anda?



o


Tentukan soal penelitian.


[2]


 Pertanyaan penelitian adalah satu maupun beberapa pertanyaan yang merupakan fokus penting dalam kuesioner Sira.



o


Kembangkan satu atau beberapa hipotesis yang mau Anda uji. Pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioner Ia harus diarahkan sedemikian rupa lakukan menguji kebenaran hipotesis tersebut.


2.



Pilih diversifikasi pertanyaan.

 Terserah beberapa diversifikasi pertanyaan yang lazim digunakan dalam kuesioner pengkajian; setiap tipe memiliki manfaat dan kekurangannya saban, serta suntuk bergantung pada data atau takrif yang ingin Engkau kumpulkan. Sejumlah diversifikasi cak bertanya nan lazim digunakan internal kuesioner:
[3]





ozon


Cak bertanya dikotomis: soal dikotomis hanya mampu dijawab dengan “ya” atau “bukan”; terkadang, suka-suka kembali kuesioner nan menyediakan jawaban “semupakat” maupun “lain sejadi”. Tipe soal ini minimal mudah untuk dianalisis, saja tidak boleh dijadikan perabot ukur yang akurat dan mendetail.


o


Pertanyaan terbuka: cak bertanya termengung mengizinkan responden untuk menjelaskan jawaban. Secara awam, varietas pertanyaan ini berjasa buat memahami sudut pandang responden, cuma terlampau sulit bagi dianalisis. Variasi cak bertanya ini sebaiknya digunakan bakal menjawab pertanyaan “mengapa”.


[4]





udara murni


Pertanyaan berupa sortiran berganda: tipe tanya ini dilengkapi dengan tiga pilihan jawaban atau lebih yang ubah berlawanan; responden kemudian diminta buat memilih suatu maupun beberapa jawaban yang menurutnya paling sesuai.


[5]





o


Cak bertanya berupa seleksian berganda boleh dianalisis dengan mudah, namun kemungkinan tidak melibatkan jawaban yang paling diinginkan responden.



ozon


Pertanyaan riil skala ordinal/perimbangan peringkat: Tipe soal ini meminta responden cak bagi mengurutkan pilihan jawaban yang disediakan. Misanya, responden mungkin diminta kerjakan mengurutkan lima buah sortiran jawaban dimulai berusul yang cacat penting sampai paling berfaedah. Tipe pertanyaan ini secara tidak langsung memaksa responden cak bagi mendiskriminasi pilihan-saringan yang terserah, namun tidak mampu mengklarifikasi alasan di bengot pilihan responden.


[6]





ozon


Cak bertanya berupa skala bertingkat: tipe pertanyaan ini memungkinkan responden untuk menilai suatu isu berdasarkan nisbah ukur yang tersedia. Anda boleh menyediakan skala ukur aktual angka 1-5; angka 1 menggantikan jawaban “adv amat bukan setuju”, sementara angka 5 mewakili jawaban “adv amat setuju”.


[7]


 Tipe pertanyaan ini habis variabel, namun tidak mampu menjawab tanya “mengapa”.
[8]





3.



Kembangkan pertanyaan kuesioner Sira.

 Pertanyaan-cak bertanya privat kuesioner harus jelas, sumir, dan lugas.
[9]
 Pertanyaan yang enggak berhanyut-hanyut memungkinkan Sira bakal mendapatkan jawaban yang lebih akurat dari responden.




o


Catat pertanyaan yang ringkas dan keteter. Hindari membuat pertanyaan yang terlalu rumit atau sarat istilah teknis; dikhawatirkan, pertanyaan tersebut akan meragu responden dan mencegah mereka memberikan respons yang akurat.
[10]





o


Olok-olokan satu tanya kerumahtanggaan satu kalimat tanya.
[11]
 Ini akan membantu menghindarkan responden bersumber kegelisahan atau kesalahpahaman.




udara murni


Waspadai cak bertanya yang bersifat personal atau sensitif seperti pertanyaan mengenai usia, berat bodi, atau riwayat hubungan seksual responden.
[12]





o


Jika terpaksa harus lamar pertanyaan yang labil watak, sedikitnya demografi data nan Dia kumpulkan harus dibuat anonim maupun dienkripsi.



udara murni


Tentukan apakah Dia akan menerima jawaban seperti “Aku tidak adv pernah” alias “Soal ini bukan cocok/tidak berlaku untukku”. Cak agar memberikan kesempatan kepada responden cak bagi tidak menjawab tanya yang tak ingin mereka jawab, pilihan semacam ini nantinya dapat mengacaukan proses analisis data Anda.



ozon


Letakkan pertanyaan yang paling penting di sediakala kuesioner.
[13]
 Seiring berjalannya tahun, perhatian dan fokus responden dapat dengan mudah teralihkan. Seharusnya Anda tetap memperoleh data yang bermakna dan dibutuhkan, gunakan metode ini.




4.



Batasi tahapan kuesioner.

 Buat kuesioner Sira sesingkat dan selugas mungkin, terutama karena insan-bani adam cenderung lebih nyaman mengisi kuesioner nan singkat. Meski demikian, pastikan kuesioner Anda tetap komprehensif dan membantu Anda mendapatkan bermacam ragam informasi penting yang diperlukan.
[14]
 Jika mampu membuat kuesioner nan doang terdiri dari 5 pertanyaan, mengapa tidak?




o


Ajukan soal yang bermoral-sopan relevan dengan pertanyaan penggalian Anda.
[15]
 Ingat, kuesioner tidak ditujukan bagi mengumpulkan publikasi akan halnya responden!




o


Hindari pertanyaan yang kurang jelas atau bertele-tele; pastikan Anda lain membingungkan responden!



5.



Identifikasi demografi mangsa responden.

 Apakah ada keramaian tertentu yang menjadi target responden Anda? Agar studi lebih tertuju, cak semau baiknya Dia terlebih dahulu menentukan demografi bahan responden sebelum mencecerkan kuesioner.
[16]





udara murni



Pertimbangkan jenis kelamin korban responden Anda. Apakah kuesioner tersebut diperuntukkan bagi maskulin dan wanita? Maupun studi Dia memang hanya membutuhkan responden pria?



udara murni


Tentukan usia target responden Anda. Apakah Engkau tetapi membutuhkan kenyataan berpunca orang dewasa? Ataupun lagi dari taruna dan momongan-anak? Sebagian raksasa kuesioner menargetkan responden dengan rentang atma tertentu yang dianggap lebih relevan dengan topik penelitiannya.



o


Pertimbangkan buat memasukkan juluran usia n domestik demografi bulan-bulanan responden Anda. Misalnya, orang-anak adam yang berumur 18-29 tahun dikelompokkan n domestik kategori dewasa muda; sementara itu, cucu adam-sosok yang berusia 30-54 tahun dikelompokkan ke privat kategori dewasa; dan orang-cucu adam yang berusia di atas 55 tahun dikelompokkan ke internal kategori manula. Niscaya, Anda akan mendapatkan lebih banyak responden jika tidak menentukan satu korban usia yang spesifik.



ozon


Pikirkan kriteria manalagi nan boleh Engkau masukkan intern demografi target responden. Apakah responden Anda harus bisa menunggang mobil? Apakah mereka harus memiliki asuransi kesegaran? Apakah mereka harus punya anak nan berusia di bawah 3 waktu? Pastikan Dia menentukan kriteria sejelas-jelasnya sebelum menyebarkan kuesioner.



6.



Pastikan Anda berlimpah melindungi kerahasiaan responden.

 Tentukan rencana pemeliharaan data responden lebih-lebih sebelum Anda membuat kuesioner; ini merupakan salah satu tahap terpenting yang tidak boleh Dia lewatkan.



o


Pertimbangkan lakukan membuat kuesioner anonim; dengan kata lain, tidak perlu meminang responden menuliskan segel mereka di n domestik kuesioner. Ini adalah persiapan sederhana bikin mencagar keterpencilan mereka, meski terkadang identitas mereka setia akan terlihat dari informasi lainnya (seperti usia, fitur jasmaniah, atau kode pos).



o


Pertimbangkan kerjakan memberikan identitas yunior bagi setiap responden Anda. Berikan identitas berupa deretan nomor khas untuk setiap lembar kuesioner nan sudah diisi oleh responden), dan memangkas responden Anda hanya dengan identitas baru tersebut. Hapus alias tersobek berbagai identitas personal yang dituliskan responden.



udara murni


Ingat, tidak dibutuhkan terlalu banyak proklamasi untuk mengidentifikasi identitas seseorang. Kebolehjadian besar, orang-orang enggan menjadi responden investigasi karena alasan tersebut; jika memungkinkan, pastikan Anda tidak menanyakan plus banyak deklarasi personal agar mampu meraih lebih banyak responden.



o


Pastikan Anda menghapus seluruh data (terutama laporan responden) setelah studi Anda radu.
[17]





Membuat KUESIONER




1.



Perkenalkan diri Anda.

 Sebutkan cap dan latar belakang Anda; jelaskan kembali apakah Ia bekerja terkoteng-koteng ataupun berkelompok. Jika kuesioner tersebut disebarkan lakukan kepentingan akademis atau profesional, sebutkan pun nama institusi pendidikan atau perusahaan yang menaungi Anda. Berikut adalah beberapa hipotetis nan bisa Anda tiru:



o



Perkenalkan, segel saya Joko Purwanto dan saya adalah pereka cipta kuesioner ini. Saat ini saya bekerja di Fakultas Ekonomi, Sekolah tinggi Muhammadiyah Ponorogo. Penelitian ini saya buat untuk manfaat akademis universitas terkait dan berfokus lega ekspansi UMKM.



o


Perkenalkan, nama saya Kelly Smith, mahasiswa tahun ketiga di Program Sarjana Perhimpunan New Mexico. Kuesioner ini saya buat dalam rancangan mengumpulkan data untuk faedah ujian penutup Statistik di perserikatan tercalit.



o


Perkenalkan, tanda saya Fuad Johnson. Ketika ini, saya berkarya sebagai Analis Penjualan dan Pemasaran di The Best Company. Kuesioner ini saya buat bikin mencacat perilaku penggunaan obat di Indonesia selama beberapa tahun terakhir.



2.



Jelaskan tujuan kuesioner Anda.



[18]


 Kemungkinan besar, responden tidak akan ingin mengisi kuesioner jika bukan mengerti tujuannya. Tidak terlazim memberikan penjelasan panjang rata gigi; cukup jelaskan tujuan kuesioner tersebut dalam kalimat yang singkat dan padat. Berikut merupakan sejumlah contohnya:



udara murni


Saya sedang mengumpulkan data mengenai perilaku masyarakat tersapu kontrol senjata api. Deklarasi yang terdata di privat kuesioner ini akan digunakan untuk kepentingan mata orasi Antropologi di Perhimpunan Maryland.



ozon


Kuesioner ini berilmu 15 soal mengenai acuan makan dan olahraga Anda. Kami madya mengumpulkan data akan halnya korelasi antara teoretis makan dan olahraga nan cegak dengan statistik penderita kanker pada orang dewasa.



o


Kuesioner ini ampuh beberapa pertanyaan adapun pengalaman Engkau berjalan dengan maskapai jagat selama bilang hari bontot. Dalam kuesioner ini, Anda akan menemukan tiga kelompok pertanyaan; kerubungan pertanyaan pertama meminta Ia buat menghitung avontur terkini Dia, pertanyaan kedua meminta Anda buat menyampaikan pikiran pada setiap pelawatan, dan pertanyaan ketiga meminta Beliau bakal menyampaikan rencana pelawatan Anda di kemudian masa. Kami menengah mengumpulkan data mengenai pengaruh manah seseorang saat bepergian dengan transportasi peledak terhadap bagan perjalanan mereka ke depannya.



3.



Pahami dan jelaskan harapan penimbunan data.

 Apakah data tersebut digunakan lakukan kepentingan pesanan kelas ataupun publikasi pengkhususan? Apakah data tersebut justru digunakan bagi meneliti pasar? Terserah beberapa hal yang perlu Anda ingatan sebelum menyebarkan kuesioner nan sangat gelimbir puas tujuan akumulasi data Anda.



o


Jika kuesioner tersebut digunakan buat kepentingan publikasi universitas, pastikan Ia malah tinggal meminta izin dewan peninjau (yang juga dikenal dengan namaInstitutional Review Board/IRB) sebelum memulai proses pembuatan kuesioner. Sebagian besar perhimpunan punya staf IRB nan ditunjuk bagi peluru kualitas penelitian di rasio sekolah tinggi.



o


Utamakan keterbukaan. Suntuk penting bagi responden untuk mengetahui proses nan terjadi setelah data bertelur terpumpun.



o


Jika perlu, lampirkan sutra persetujuan. Ingat, Anda tidak akan bisa menjamin kerahasiaan responden, doang sedikitnya Sira perlu melakukan upaya yang terbaik untuk melindungi kenyataan pribadi mereka.
[19]





4.



Ukur waktu pencantuman kuesioner.

 Sebelum responden mulai mengisi kuesioner, ada baiknya Anda memberitahukan estimasi waktunya lebih-lebih terlampau. Memberikan embaran tersebut kepada responden memperbesar kemungkinan Anda untuk memufakati kuesioner nan terisi lengkap setelahnya.



ozon


Cobalah mengisi kuesioner yang Anda lakukan sendiri dan ukur waktunya. Bilang hamba allah kelihatannya membutuhkan musim sedikit lebih lama atau lebih sebentar tinimbang Dia.



o


Alih-alih waktu yang spesifik, berikan perincian rentang waktu yang dibutuhkan responden. Misalnya, katakan kepada responden bahwa mereka n kepunyaan waktu 15-30 menit untuk mengisi kuesioner. Seandainya Ia lamar mereka bakal mengisi kuesioner dalam waktu yang spesifik (misalnya 15 menit), kemungkinan lautan akan ada beberapa responden yang tidak memintasi proses pemasangan kuesioner.



o


Semampu mungkin, buat kuesioner yang singkat, padat, dan jelas! Akan jauh lebih baik jika Sira hanya menyita 20 menit alih-alih 3 jam waktu responden, lain?



5.



Jelaskan insentif nan akan dipedulikan responden.

 Insentif adalah “ucapan terima pemberian” yang akan diterima responden setelah selesai memuati kuesioner. Bentuknya bukan harus uang; Anda pula boleh menerimakan rahmat-hadiah tunggal dan menarik, sertifikat kasih, permen, dsb. Sekadar sebelumnya, pahamilah kehilangan dan kelebihan pemberian insentif terlebih dahulu.



udara murni


Insentif berisiko menarik responden nan riuk. Bilang orang cenderung akan mengisi kuesioner dengan asal-asalan hanya agar cepat selesai dan mendapatkan insentif yang Anda tawarkan. Ini yaitu pelecok satu bahaya pemberian insentif yang harus Kamu pertimbangkan.
[20]





o


Insentif dapat memerosokkan insan-orang yang tadinya enggan mengisi kuesioner Anda kerjakan berpartisipasi. Dalam peristiwa ini, insentif dapat kondusif Beliau memenuhi kuantitas responden yang dibutuhkan.
[21]





o


Pertimbangkan ketatanegaraan nan digunakan oleh SurveyMonkey. Alih-alih membayar responden bikin mengisi kuesioner, pihak SurveyMonkey menawarkan program donasi sebesar 50 sen buat kegiatan sosial pilihan responden yang bersedia mengisi kuesioner. Menurut mereka, strategi ini mampu mengurangi kemungkinan terlibatnya responden yang hanya ki memenungkan kepentingannya koteng.
[22]





udara murni


Tawarkan kesempatan mengundi hadiah kepada responden yang bersedia mengamankan kuesioner. Anda bisa memberikan bervariasi tawaran hadiah seperti kupon diskon di kedai minum terkenal, iPod terbaru, ataupun tiket menonton di bioskop. Dengan cara ini, responden tahu bahwa mereka memiliki kesempatan lakukan memufakati hadiah, sahaja kesempatan itu tidak mutlak.



6.



Pastikan kuesioner Anda terlihat profesional.



[23]


 Raih kepercayaan responden dengan tampilan kuesioner nan profesional.



o



Kerap cek dan perbaiki kesalahan ejaan, tata bahasa, dan tanda baca dalam kuesioner Engkau.



o


Serah kepala karangan pada kuesioner. Tajuk kontributif memudahkan responden bagi memahami tujuan kuesioner.



ozon


Berikan perkataan songsong anugerah kepada responden di penutup kuesioner. Terterima kasihlah kepada responden atas hari dan usaha yang mereka berikan untuk menyelesaikan kuesioner tersebut.



Camur KUESIONER




1.



Uji kuesioner Anda.

 Mintalah sahabat atau kerabat terhampir Anda bikin memuati kuesioner tersebut (jangan menghitung hasilnya!), dan lakukan revisi jika diperlukan.
[24]
 Bikin menguji kuesioner, setidaknya mintalah uluran tangan 5-10 sahabat dan/maupun kerabat Ia.
[25]
 Sesudah mereka selesai mengisi kuesioner, ajukan soal-pertanyaan di dasar ini untuk mendapatkan umpan pesong yang Anda butuhkan :




o



Apakah kuesioner ini mudah dipahami? Apakah ada pertanyaan nan memecahkan kepala?



o



Apakah kuesioner ini mudah diakses? (Terutama jika kuesioner tersebut Beliau sebarkan daring).



o


Apakah kuesioner ini layak cak bagi diisi?



o


Apakah Dia merasa nyaman menjawab pertanyaan-pertanyaan di dalam kuesioner?



o


Apakah saran yang bisa Beliau berikan bakal memperbaiki kualitas kuesioner ini?



2.



Sebarkan kuesioner.

 Mula-mula-tama, Anda teristiadat lebih-lebih dahulu menentukan mandu paling efektif untuk menyebarkan kuesioner.
[26]
 Beberapa cara yang formal digunakan kerjakan mengawurkan kuesioner:
[27]





o


Sebarkan kuesioner melintasi situs daring, sama dengan SurveyMonkey.com. SurveyMonkey merupakan situs yang menawarkan layanan pembuatan survei dengan mudah dan cepat. Selain menawarkan kemudahan cak bagi penggunanya, SurveyMonkey juga dilengkapi dengan plural fitur yang berarti seperti fitur untuk membeli korban audiensi dan menganalisis data dengan lebih komprehensif.
[28]





o


Sebarkan kuesioner melalui pos. Jika menggunakan metode ini, pastikan Kamu kembali menyertakan amplop bertuliskan alamat pengirim kiranya responden dapat menjajari kuesioner yang sudah terisi dengan mudah. Pastikan pula tali kuesioner Anda bisa dilipat dan dimasukkan ke dalam amplop bisnis berukuran kriteria.



o


Ajukan cak bertanya melalui soal jawab lihat muka. Metode ini baik digunakan untuk memastikan Anda menjejak ilmu kependudukan target yang ditentukan. Selain itu, metode ini pun biasanya mampu meluangkan embaran dan jawaban yang makin lengkap untuk Engkau; terutama karena responden enggak akan mampu pergi maupun mengabaikan pertanyaan yang diajukan secara langsung.



o


Ejekan pertanyaan melintasi telepon. Metode ini selayaknya lewat efektif; sayangnya banyak sosok enggan merespons telepon yang berkaitan dengan kuesioner.



3.



Sertakan butir-butir mengenai perenggan pengembalikan kuesioner.

 Mintalah responden mengendalikan dan menimbangi kuesioner pada tenggat tertentu seyogiannya Anda punya waktu nan cukup kerjakan menganalisis data.



o


Tentukan tenggat yang masuk akal. Secara mahajana, 2 minggu merupakan tahun yang cukup buat memuati kuesioner. Jika lebih lama dari 2 minggu, kebolehjadian mereka akan melupakan dan mengabaikan kuesioner Anda.









o



Berikan peringatan kepada responden. Satu minggu sebelum sempadan pengembalian adalah periode yang tepat untuk memperingatkan responden. Sediakan kembali kuesioner cadangan kerjakan tanggang-tuntun jika kuesioner di tangan responden hilang atau terselip.
[29]




Source: https://www.purnomo.co.id/2018/12/membuat-kuesioner-penelitian.html