Kuncian Dalam Pencak Silat Adalah

Selasa, 26 Juli 2022, 19:36 WIB

Pencak silat memiliki teknik kuncian yang harus dikuasai (Foto: NOC Indonesia).

JAKARTA-Cara berbuat kuncian dalam pencak silat merupakan ilmu dasar dalam olahraga beladiri ini. Pencak Silat bisa dikatakan salah satu seni beladiri yang naik daun di kalangan awam Indonesia.

Silat bukan doang tersebar di ibu pertiwi doang melainkan lagi marak di Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina selatan dan Thailand. Bela diri dari kuntau terlak ini identik dengan teknik mengamalkan penguncian.

Tentunya agar terhindar dari serbuan saingan maka mesti membuatnya merasa kesulitan mengembalikan manuver alias tak berkutik. Galibnya teknik penguncian yang minimum dominan menjadi sasaran empuknya suka-suka di empat kawasan tubuh. Di antaranya gala, tangan, pinggang, punggung, sampai kaki.

Maka itu karena itu, Sportstars mana tahu ini akan merangkum pendirian mengamalkan teknik penguncian dalam terlak pencak. Penasaran? Marilah simak di pangkal ini;

Beberapa jenis tendangan dalam pencak silat tersaji di Pagelaran Seni Pencak Silat Korem 091/Aji Surya Natakesuma. (Foto: @korem091asn)

Cara Mengerjakan Kuncian internal Pencak Kuntau

  1. Teknik Penguncian pada Gala

Saat melakukan teknik penguncian leher wajib diusahakan agar lain lengah berasal terjangan lawan, fokus. Sangat ketika serangan nomplok sewaktu secara cepat menghindar dan tahan gempuran itu dengan satu tangan ataupun dua tangan.

Usai serupa itu satu tangan lagi ke arah leher dengan posisi menyandang dengan erat. Setelah itu teknik dari kuncian ini membuat lawan tiba-tiba tak berdaya yang mana akan mendekati ke putaran vital.

  1. Teknik Penguncian sreg Tangan

Setolok seperti mana sebelumnya di leher. Puas penguncian di daerah tangan juga harus siap untuk titik api lakukan serangan lawan nan dihadapinya. Ketika serangan itu secara mengejutkan datang dengan reflek menghampiri, di situlah harus menghindar dan posisi badan bergerak ke arah samping. Saat di samping tersebut kontan tangkap area lengan atas dan sonder berpikir panjang sambil untuk sebuah kuncian.

Berikut tadi yakni takrif mengenai cara melakukan kuncian dalam terlak silat. Semoga berguna untuk para pembaca.

Editor : Hafid Fuad

Source: https://www.sportstars.id/read/cara-melakukan-kuncian-dalam-pencak-silat-bagi-pemula-1n3q2P