Cermin Cak bertanya

Karakteristik Geografis dan Sukma Negara-Negara ASEAN – IPS SD

Sampel materi untuk guru nan ingin cari soal latihan. Temukan bank pertanyaan lengkap dan update dengan mandu mendaftar percuma. Kirim soal-soal ini ke pesuluh di kelas Bapak/Ibu Hawa lewat Google Classroom, n domestik bentuk kuis online, tautan kuis, file kuis, atau cetak serta merta!

Pilih Kelas

    1.

    Pertemuan nan dilakukan untuk membahas hak perempuan dan anak asuh di ASEAN adalah ….

    Pembahasan:

    Permasalahan sosial terkait milik kuntum dan anak menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh negara-negara di Asia Tenggara. Persoalan tersebut dapat konkret kekerasan, perdagangan perempuan dan anak yang meresahkan setiap negara. Perdagangan tersebut pelahap terjadi di negara berkembang dan dapat disebabkan oleh kemiskinan, ketimpangan gender, dan kurangnya pendidikan.

    Pada tahun 2022, ASEAN mengadakan persuaan di Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam dalam rangka membahas perlindungan kepunyaan perempuan dan anak. Setiap anggota ASEAN turut berpartisipasi dalam pertemuan
    ASEAN
    Commision on the Promotion and Protection of the Rights of Women and Children
    (ACWC)

    ke-19.

    Pertemuan ACWC dilakukan terkait upaya membantu dan melindungi properti-kepunyaan perawan dan anak di ASEAN. Para negara anggota ASEAN mengerjakan pertemuan ACWC laksana bentuk komitmen buat meningkatkan kedamaian perempuan dan anak di ASEAN. ACWC cocok bakal melaksanakan kampanye umum regional mengenai perniagaan cucu adam dan kekerasan terhadap perempuan. Selain itu, kembali telah disusun rencana untuk lima musim ke depan n domestik mengutamakan hak penyandang disabilitas.

    Jadi, persuaan nan dilakukan untuk mengomongkan properti pemudi dan anak asuh di ASEAN yakni
    ASEAN
    Commission on the Promotion and Protection of the Rights of Women and Children
    (ACWC).

    2.

    Distrik di Kamboja yaitu daerah nan suntuk berbenda karena dialiri maka dari itu ….

    Pembahasan:

    Kamboja merupakan negara di Asia tenggara yang terwalak di Semenanjung Indocina. Babak tengah negara Kamboja adalah dataran rendah yang dikenal dengan Dataran Kurang Besar Tonle Sap. Dataran adv minim tersebut merupakan keseleo satu kenampakan alam terunik di Kamboja.

    Di sekeliling dataran rendah terdapat pegunungan dan n baruh strata (dataran tinggi). Puncak tertinggi di Kamboja yakni Gunung Cardamom dengan ketinggian mencapai 1.813 mdpl. Provinsi di Kamboja merupakan daerah nan adv amat subur karena dialiri oleh
    Sungai Mekong.


    sumber: idntimes.com

    Sedangkan, Wai Merah, Kali besar Irawadi, dan Sungai Chao-Phraya mengaliri negara ASEAN lainnya.

    *Sungai Merah
    → yaitu sungai nan mengaliri dataran rendah negara Vietnam.

    *Sungai Irawadi
    → merupakan sungai yang mengaliri bagian tengah negara Myanmar.

    *Bengawan Chao-Phraya
    → yakni sungai nan mengaliri ceduk tekor negara Thailand.

    Ingin coba latihan soal dengan kuis online?

    Kejar Kuis

    3.

    Kesamaan karakteristik geografis di negara-negara ASEAN salah satunya yaitu ….

    Pembahasan:

    Association of Southeast Bernasib baik Nations
     (ASEAN) merupakan organisasi kerja sama regional negara-negara di wilayah Asia Tenggara. Awalnya, ASEAN dibentuk oleh negara-negara yang memiliki rekaman nan sama ialah menjadi tempat kolonialisme (kecuali Thailand). Negara anggota ASEAN terdiri pecah 10, yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Laja, Myanmar, Brunei Darussalam, Kamboja, Singapura, dan Vietnam.

    ASEAN dibentuk dengan tujuan menjalin kerja sama antarnegara yang mewah di area Asia Tenggara dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, politik, dan pendidikan. Karakteristik geografis di negara-negara ASEAN umumnya punya kesamaan yaitu:

    • provinsi dengan dataran rendah nan luas,
    • memiliki iklim tropis,
    • mempunyai banyak sungai,
    • dilewati jalur Pegunungan Sirkum Pasifik sehingga memiliki banyak giri api

    Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban nan benar mengenai riuk satu kesamaan karakteristik geografis di negara-negara ASEAN pada soal di atas ialah
    n kepunyaan iklim tropis.

    4.

    Umumnya kegiatan perekonomian penduduk di Singapura bergerak di bidang ….

    Pembahasan:

    Singapura adalah salah suatu negara terkecil di dunia. Sahaja, Singapura termasuk dalam kategori negara beradab karena perekonomiannya yang berkembang pesat dan memiliki pendapatan terala di Asia Tenggara.

    Intern gana bendera, Singapura termasuk negara yang memiliki sendang daya kalimantang yang sangat minim, sehingga umumnya perekonomian di Singapura digerakkan makanya meres
    jasa, industri, dan perdagangan.
    Singapura menyadari kekurangannya dalam sumber ki akal alam, sehingga negara tersebut berfokus pada pengembangan industri dan mengimpor sumber kiat standard dari negara lain buat memenuhi kebutuhan bahan halal industrinya.

    Selain itu, Singapura juga kaya membentuk daratan plonco yang begitu banyak dengan berbuat pengumpulan (pengurukan) tepi laut untuk menggampar jumlah penduduk nan semakin bertambah.

    Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang ter-hormat mengenai kegiatan perekonomian pemukim di Singapura secara mahajana bergerak di bidang
    jasa, industri, dan perdagangan.

    *Sementara itu,
    kehutanan, persawahan,
    dan
    pertambangan

    tidak teragendakan perekonomian yang dijalankan maka itu Singapura karena keterbatasan sumber sendi alam.

    Ingin cari cak bertanya-soal HOTS?

    Soal HOTS

    5.

    Upaya nan bisa dilakukan ASEAN internal aksi pencegahan kekerasan terhadap anak adalah ….

    Pembahasan:

    Keseleo satu upaya ASEAN dalam mengamankan persoalan kekerasan terhadap anak di negara anggotanya, yaitu mengamalkan Rencana Gerakan Regional ASEAN untuk Penghapusan Kekerasan terhadap anak/
    ASEAN Regional Plan of Action on the Elimination of Violence against Children
     (ASEAN RPA on EVAC).

    Aksi tersebut terdiri dari (1) Pencegahan, (2) Perlindungan, Tanggapan dan Layanan Dukungan, (3) Gambar Syariat, Penuntutan dan Sistem Peradilan, (4) Pertambahan Produktivitas, (5) Penelitian dan Partisipasi Data, (6) Tata, Kesepadanan, Pemantauan dan Evaluasi, (7) Kemitraan dan Partisipasi, (8) Tinjauan dan Komunikasi Regional.

    Upaya nan dilakukan ASEAN dalam mengamalkan persuasi pencegahan yaitu umpama berikut.

    • Berekspansi pedoman ASEAN tentang pendekatan tanpa kekerasan dalam memelihara dan merawat anak, bagi perkembangan anak di semua situasi (sekolah, masyarakat, pokok kehakiman anak asuh, lembaga pengasuhan alternatif).
    • Meningkatkankan kesadaran masyarakat tentang efek berbahaya dari bentuk kekerasan anak

      melalui pendidikan formal dan informal (misalnya lewat media sosial dan tradisional).
    • Memperkuat peladenan pengasuhan batih alternatif dalam kerangka mengurangi kekerasan anak asuh di dasar roh tiga periode (misalnya adopsi, pengangkatan anak).
    • Mengembangkan langkah penangkalan terhadap kekerasan di dunia abstrak (perundungan dan pemakaian genital) dan memastikan langkah pencegahan tersebut diperluas termasuk kondominium, sekolah, masyarakat, dan sektor kulak.

    Jadi, upaya nan boleh dilakukan ASEAN dalam aksi pencegahan kekerasan terhadap anak asuh yakni
    meningkatkan kesadaran mahajana mengenai efek berbahaya dari kekerasan anak.

    6.

    Kerapatan penghuni yang tinggi di suatu negara dapat disebabkan oleh ….

    Pembahasan:

    Kepadatan penduduk merupakan penyakit sosial yang diakibatkan tingginya jumlah penduduk di suatu wilayah. Kepadatan pemukim juga dialami maka dari itu negara-negara di ASEAN.

    Kepadatan penduduk yang tataran dapat disebabkan oleh beberapa faktor yakni:

    • tingkat kelahiran yang strata,
    • pembangunan yang tak merata,
    • kondisi alam dan iklim nan tidak kondusif, dan
    • keamanan kewedanan.

    Bersendikan penjelasan tersebut maka jawaban yang benar mengenai faktor penyebab kerapatan penduduk adalah
    pembangunan yang tidak merata
    .

    *Pembangunan nan enggak merata menyebabkan masyarakat memilih pindah ke wilayah lain yang lebih baik dari segi kemudahan, sarana, dan perekonomian. Contohnya merupakan Pulau Jawa yang menjadi muslihat pemerintahan dan perekonomian menjadi resep tarik untuk umum di pulau lain yang masih tertinggal.

    Ingin cari tanya-soal AKM?

    Hubungi Kami

    7.

    Di pangkal ini nan termasuk dalam tindakan kriminalitas ialah ….

    Pembahasan:

    Kriminalitas tercatat dalam tindakan kejahatan nan dilakukan cak bagi memenuhi kepentingan tertentu dengan cara melanggar hukum dan merugikan makhluk lain. Sanksi tegas terhadap tindakan kriminal boleh berupa hukuman kerangkeng atau denda.

    Tindakan kriminal contohnya yaitu pencurian, perampokan, pemerkosaan, melakukan penyelewengan, dan genosida. Motif ataupun penyebab seseorang melakukan tindakan kriminal cukup beraneka rupa, ada yang disebabkan faktor ekonomi, mengejar keuntungan ataupun kekayaan, mengejar kekuasaan alias jabatan, motif balas dendam, atau sekedar berburu perasaan.

    Berlandaskan penjelasan tersebut, maka yang termasuk tindakan kriminal adalah

    melakukan korupsi.

    Korupsi merupakan tindakan yang dapat merugikan basyar banyak dengan menyalahgunakan jabatannya demi kepentingan sendiri atau golongannya.

    8.

    Pencemaran air akan berhasil buruk bagi lingkungannya,

    kecuali

    ….

    Pembahasan:

    Pencemaran air termasuk salah satu ki aib yang seringkali dihadapi oleh setiap negara termasuk ASEAN. Aktivitas nan menyebabkan timbulnya pencemaran air sangat beragam, yakni membuang sampah di perairan (sungai, laut, danau), membuang limbah detergen, membuang limbah pabrik pabrik nan belum diselesaikan sehingga berkepribadian racun, tumpahan patra dari kapal, serta membuang kotoran dan cirit perut ternak ke perairan.

    Kontaminasi air akan berbuah buruk buat lingkungan sekitarnya, yaitu:

    • mengancam kesehatan manusia. Sumber air yang telah tercemar dan tetap dikonsumsi maka itu turunan akan bertelur buruk bagi kesehatan, seperti kolera, disentri, diare, hepatitis A, keracunan imbang, malaria, polio, dan infeksi netra;
    • hilangnya air asli nan dibutuhkan masyarakat. Sumber air suci nan sudah lalu tercemar lain bisa dikonsumsi maka itu makhluk karena telah bersifat racun;
    • terganggunya ekosistem di kerumahtanggaan air. Benda nan mencemari air akan takhlik air bersifat venom dan mengganggu keadilan ekosistem di dalamnya, contohnya kematian ikan dan hewan air lainnya.

    Jadi, yang

    tidak

    teragendakan dampak dari pencemaran air yakni
    berkurangnya udara ceria.

    *Berkurangnya mega suci yakni dampak berbunga pencemaran udara.

    Ingin tanya tutor?

    Tanya Tutor

    9.

    Keseleo satu masalah sosial di semua negara ASEAN yang berkaitan dengan tindakan menimbangi hukum dan merugikan cucu adam tak adalah ….

    Pembahasan:

    Negara ASEAN merupakan negara yang memiliki tujuan yang sama dalam memajukan kehidupan masyarakat di negaranya. Karakteristik geografis negara ASEAN yang memiliki ekualitas, membuat masalah sosial di negara-negara ASEAN menjadi serupa.

    Salah suatu masalah sosial yang cak semau di semua negara ASEAN yang berkaitan dengan tindakan melawan hukum dan mudarat orang tidak yakni
    kriminalitas. Tindakan kriminal contohnya yakni pencurian, perampasan, pemerkosaan, melakukan manipulasi, dan pembunuhan. Motif atau penyebab seseorang berbuat tindakan kriminal layak beragam, ada nan disebabkan faktor ekonomi, mencari keuntungan alias mal, mencari kekuasaan atau jabatan, motif balas dendam, atau sekedar mencari ingatan.

    10.

    Mayoritas penghuni di Brunei Darussalam memeluk agama ….

    Pembahasan:

    Brunei Darussalam adalah negara di Asia Tenggara nan terwalak di pantai utara pulau Kalimantan dan satu daratan dengan Indonesia. Brunei Darussalam berbatasan dengan Laut Tiongkok Selatan dan Malaysia. Brunei n kepunyaan luas wilayah sekitar 5.765 km
    2
    .

    Besaran penduduk Brunei sampai tahun 2022 mengaras

    437.479 jiwa. Penduduk Brunei Darussalam didominasi oleh bani adam Jawi, selebihnya adalah nasab Tionghoa dan Dayak. Agama yang dianut oleh penduduk Brunei sebagian lautan adalah

    Selam,


    sementara agama lain yang dianut yaitu Buddha dan Kristen.

    Jadi, mayoritas pemukim di Brunei Darussalam memeluk agama

    Islam.


    Daftar dan dapatkan akses ke puluhan ribu soal lainnya!

    Untuk Akun Gratis