Latihan Soal Uts Semester 2 Mata Pelajaran Matematika Kelas 3


Berikut ini yaitu contoh soal UTS Ilmu hitung kelas 3 semester 1 terbaru periode ajaran 2022/2019. Soal mutakadim dilengkapi dengan kunci jawaban. Agar soal UTS Matematika kelas 3 semester 1 ini dapat dijadikan referensi untuk belajar khususnya adik-adik kelas 3 khasiat anju diri menghadapi Ulangan Tengah Semester 1.

Pertanyaan UTS Ilmu hitung Kelas 3 Semester 1

Contoh Soal UTS Matematika Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2022/2019

I. Berilah tanda silang (X) pada abjad a , b, c atau d di depan jawaban nan paling benar !

1. Ponten 8 mulai sejak lambang bilangan 428 menunjukkan skor kancah ….
a. seratusan
b. ratusan
c. puluhan
d. ketengan

2. Ketentuan yang terwalak di antara 279 dan 281 adalah ….
a. 278
b. 280
c. 282
d. 279 dan 280

3. Lambang bilangan berbunga sapta dupa lima yakni ….
a. 7005
b. 705
c. 715
d. 750

4.
341
Nama bilangan di samping adalah ….
a. tiga catur satu
b. tiga desimal empat satu
c. tiga ratus empat suatu
d. tiga ratus empat puluh suatu

5. Lega garis bilangan, makin ke kiri angka kadar ….
a. semakin besar
b. semakin kecil
c. semakin banyak
d. sama saja

6. Bilangan yang tepat berada sebelum dan setelah 849 ialah ….
a. 847 dan 848
b. 849 dan 850
c. 848 dan 850
d. 847 dan 850

7. Bilangan yang mengapit ketentuan 499 adalah ….
a. 497 dan 498
b. 498 dan 499
c. 498 dan 500
d. 499 dan 501

8. Hasil dari 375 + 286 adalah ….
a. 591
b. 661
c. 671
d. 681

9. Hasil dari 800 – 128 ialah ….
a. 652
b. 662
c. 672
d. 682

10. Hasil pengerjaan 824 – 136 + 258 adalah ….
a. 946
b. 952
c. 956
d. 964

11. 543, 768, 687, 345, 453
Urutan suratan dari nan terbesar adalah ….
a. 768, 435, 345, 543, 687
b. 678, 768, 543, 453, 345
c. 768, 687, 543, 345, 453
d. 768, 687, 543, 453, 345

12. Di antara bilangan 671 dan 675 terletak bílangan ….
a. 671, 672, 673, 674, 675
b. 671, 672, 673, 674, 675, 676
c. 670, 671, 672, 673, 674, 675, 676
d. 672, 673, 674

13. 536, 539, 542, …. , 548.
Bilangan nan tepat kerjakan mengisi titik-titik adalah ….
a. 543
b. 544
c. 545
d. 546

14. 8 + 8 + 8 + 8 = a x b.
Qada dan qadar yang tepat untuk a dan b adalah ….
a. 4 x 8
b. 8 x 4
c. 5 x 8
d. 8 x 5

15. 8 x 12 x 3 = (n x 12) x 3
Skor n yang tepat yakni ….
a. 2
b. 3
c. 8
d. 12

15. Hasil pengerjaan dari 52 x 16 adalah ….
a. 832
b. 842
c. 852
d. 862

18. Bentuk pengurangan iteratif berasal 36 : 4 = 9 adalah ….
a. 36 – 9 – 9 – 9 – 9 = 0
b. 36 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 = 0
c. 36 – 9 – 9 – 9 – 9 – 9 – 9 = 0
d. 36 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 = 0

19. Hasil pengerjaan dari 426 : 6 adalah ….
a. 71
b. 72
c. 73
d. 76

20. Hasil pengerjaan dari 65 x 8 – 172 adalah ….
a. 346
b. 348
c. 352
d. 354

21. Hasil dari 258 + 6 x 100 adalah ….
a. 838
b. 848
c. 858
d. 868

22. Hasil berpangkal 36 + 72 : 8 adalah ….
a. 42
b. 43
c. 44
d. 45

23. 105 – 6 x 6 = k. Nilai k yakni ….
a. 59
b. 64
c. 66
d. 69

24. (56 : 7) – (4 x 2) + 73 = p. Skor p merupakan ….
a. 73
b. 74
c. 75
d. 76

25. Hasil pengerjaan dari 82 – (25 : 5) + (6 x 8) yakni ….
a. 120
b. 122
c. 125
d. 130

26.

Contoh Soal UTS Matematika Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2022/2019 Gambar 1

Sekelompok uang di atas selevel dengan …. keping panca ratusan.
a. 8
b. 10
c. 12
d. 14

27. Uang Vina 3 lembar seribuan. la membeli pensil 2 biji zakar. Kalau sebuah pensil harganya Rp 1.250,00, maka tip kembalian yang masin lidah Vina merupakan ….
a. Rp 250,00
b. Rp 500,00
c. Rp 1.000,00
d. Rp 1.500,00

28.

Contoh Soal UTS Matematika Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2022/2019 Gambar 2

Nilai sekelompok komisi di samping adalah ….

a. Rp 75.500,00
b. Rp 76.500,00
c. Rp 77.500,00
d. Rp 78.500,00

29. Rika membeli krayon seharga Rp 25.000,00. Sekiranya beliau membayar dengan dua lembar dua desimal ribuan, maka Rika menerima komisi kembalian sebanyak …. makao uang lima ribuan.
a. satu
b. dua
c. tiga
d. empat

30. 3 rayon komisi seribuan + 5 keping persen lima ratusan senilai …. rupiah.
a. lima mili
b. panca ribu panca ratus
c. enam mili
d. enam ribu lima dupa

II. Isilah tutul-tutul di bawah ini dengan jawaban yang benar !

1. 3, 5, 7, 9, …., …..
Bilangan yang tepat kerjakan melengkapi kamil armada yaitu …. dan ….
2. 931, 981, 914, 973, 942
Ketentuan tersebut sekiranya diurutkan berpangkal yang terbesar adalah ………………………………
3. Hasil mulai sejak 439 + 128 + 135 adalah …………………………
4. 845 – 368 + 123 = ……………………………………..
5. 6 x 18 x 7 = (n x 18) x 7, nilai kaki langit yang tepat merupakan …………………………………..
6. 5 x (3 + 5) – 20 = …………………………………….
7. Hasil berasal 90 – 6 x 6 = …………………………………………
8. Hasil dari 46 x 18 adalah ……………………………………..
9. Harga sebungkus roti Rp 1.000,00. Seandainya Ema membawa 2 lungsin uang lelah dua beribu-ribu, maka roti yang didapat Ema sebanyak ….. bungkus.
10. Suatu lungsin uang lelah dua puluh beribu-ribu setara dengan …….. lembar komisi dua ribuan.

III. Jawablah pertanyaan-soal di sumber akar ini dengan uraian yang jelas dan tepat !

1. Seorang pedagang mempunyai persediaan telur sebanyak 630 butir. Hari pertama terjual 275 butir, dan hari kedua 300 butiran. Berapa butiran telur yang belum terjual?
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

2. Ibu mempunyai 256 gelas, sedangkan Bibi n kepunyaan 435 gelas. Berapa besaran gelas ibu dan gelas bibi?
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

3. Sebanyak 40 permen dibagikan kepada Dino dan 4 hamba allah temannya sendirisendiri sama banyak. Permen Dino diberikan kepada dua orang adiknya tiap-tiap 3 buah. Berapakah permen Dino masa ini?
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

4. Kemasan Roni mempunyai 35 pohon pepaya. Setiap pokok kayu betik berbuah sebanyak 12 buah. Periode ini dipetik 250 biji zakar. Berapakah buah pepaya yang masih tersisa?
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

5. Harga jeruk Rp 12.000,00/kg. Harga salak Rp 6.000,00/kg. Harga apel Rp 15.000,00/kg. Bu Danik membeli 1 kg jeruk, 2 kg salak, dan 3 kg apel. Berapa yen Bu Danik harus membayar belanjaannya?
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Jikalau ingin mendownload tanya, berikut ini linknya ⇩

Soal UTS Matematika Papan bawah 3 Semester 1 Terbaru Tahun Tanzil 2022/2019

Kunci Jawaban Room I

1. d. runcitruncit
2. b. 280
3. b. 705
4. d. tiga dupa catur puluh satu
5. b. semakin kecil
6. c. 848 dan 850
7. c. 498 dan 500
8. b. 661
9. c. 672
10. a. 946
11. d. 768, 687, 543, 453, 345
12. d. 672, 673, 674
13. c. 545
14. a. 4 x 8
15. c. 8
15. a. 832
18. b. 36 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 = 0
19. a. 71
20. b. 348
21. c. 858
22. d. 45
23. d. 69
24. a. 73
25. c. 125
26. c. 12
27. b. Rp 500,00
28. d. Rp 78.500,00
29. c. tiga
30. b. panca ribu panca ratus

Muslihat Jawaban Room II

1. 11 dan 13
2. 981, 973, 942, 931, 914
3. 702
4. 600
5. 6
6. 20
7. 54
8. 828
9. 4
10. 10

Kunci Jawaban Room III

1. 630 – 275 – 300 = 55
Jadi telur yang belum terjual 55 butir

2. 256 + 435 = 691
Bintang sartan jumlah gelas ibu dan gelas bibi 691

3. 40 : (Dino + 4 temannya = 5)
40 : 5 = 8
Permen Dino = 8
Permen Dino sekarang = 8 – (2 x 3) = 8 – 6 = 2
Kaprikornus permen Dino sekarang tinggal 2

4. 35 x 12 – 250 = 170
Jadi biji zakar pepaya yang masih tersisa sebanyak 170 biji kemaluan

5. 1 x Rp 12.000,00 = Rp 12.000,00
2 x Rp 6.000,00 = Rp 12.000,00
3 x Rp 15.000,00 = Rp 45.000,00
Rp 12.000,00 + Rp 12.000,00 + Rp 45.000,00 = Rp 69.000,00
Jadi Bu Danik harus membayar Rp 69.000,00

Note : Tanya UTS Matematika Kelas 3 Semester 1 Waktu Ajaran 2022/2019 yaitu konten yang disusun makanya Juragan Tuntunan dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Songsong kasih.


Petandang kelas 3 SD
: ” Kak, cak kenapa banyak bingit soalnya. Di sekolahku aja soalnya cuman  12 biji.”



Admin
: ” Oooh, Kurikulum 2022 ya dik? Kalau kurikulum 2022 memang soalnya sedikit dan dijadikan satu dengan nan bukan.”.



Pengunjung papan bawah 3 SD

:
“Yup, betul kak, aku menggunakan K13. Enak soalnya terbatas dan gampang-gampang hehe”.



Admin

:
“Hmmm…begitu ya dik. Enak dong hehe. Meskipun kamu menggunakan K13, bukan ada salahnya mengerjakan soal ini untuk menaik teks belajar. Biar kamu tambah berisi. Dengan buruk perut berlatih, nantinya dia tidak akan kesulitan ketika membiasakan Ilmu hitung di jenjang yang lebih tangga.



Pengunjung kelas 3 SD

:
” Iya sih, tapi soalnya elusif-musykil. Kliyengan ! Tapi gak segala deh. Akan aku coba. Aku kepingin jadi juara. Kebetulan mamaku suhu Matematika. Aku biasanya belajar setimbang mama”.



Admin

:
“Naah, gitu dong. Semangat-semangat. Good luck ya!

Padalah, kalau nan ini adalah contoh soal Matematika lakukan inferior 3 SD yang mutakadim menggunakan Kurikulum 2022. Pertanyaan sama banyaknya dengan KTSP tapi dijamin lebih mudah.

Sebagai halnya nan kita ketahui, Matematika ialah kompetensi pangkal pada pembelajaran tematik. Bagi UTS/PTS, satu tema terdiri bermula beberapa mata pelajaran yang mana cak bertanya Matematika lazimnya tidak lebih berpokok 15 soal.

Jadi, intinya soal ini hanya untuk referensi belajar agar adik-adik n kepunyaan kemampuan/bekal untuk menjawab pertanyaan nan diujikan. Berikut ini soalnya ⇩

Soal UTS/PTS K13 Tema 2 Inferior 3 Semester 1 KD : Ilmu hitung

Itulah
Soal UTS Matematika Inferior 3 Semester 1 Tahun Ajaran 2022/2019 bersisa Pokok Jawabannan dapat saya bagikan. Seyogiannya bermanfaat.


Source: https://www.juraganles.com/2018/10/soal-uts-matematika-kelas-3-semester-1-terbaru-tahun-ajaran-2018-2019.html