Naskah Drama Pendek 10 Orang

WHITE N’ BLUE

Cast of Story:

  • Maria
  • Roro
  • Handina
  • Kurniawan
  • Ridho
  • Fatia
  • Dini
  • Fauzi
  • Bungkusan Guru
  • Penasihat Sekolah

Camera 360

Bonus pict ^^

#Well… ini adalah naskah sandiwara radio nan bertema honesty,friendship and love yang murni 100% buatan sendiri. Gara – gara pengen ujian praktek bahasa Indonesia, -_- loh? jadi curhat. Yaudahlahya, kita sekaligus cekidott aja…#
nb: berbanggalah lo yang jadi cast sandiwara tradisional bareng gue, HAHAHA
======================================================
Satu hari, di sebuah sekolah yang bernama Pamrih Bangsa. Ada seorang anak perempuan menengah duduk dan membaca trik di kelas . Tiba – start ada 2 orang momongan dara datang menghampirinya.

Roro : “Pagi anak cupu, lagi ngapain lo?” (mengejek)

Fatia : “(Diam)”

Handina : “Eh! Kalo ditanya jawab dong! Punya perkataan gak sih!”

Roro : “Hahahaha… anak berlambak gini mah, mana boleh ngomong sih. Hahaha.”

Tiba – tiba munculah 2 cucu adam anak laki-laki beraura hitam dengan gaya nan sok cool. Tapi, sepan keren. Hehe .

Roro : “Hai kece, tumben dateng pagi.”

Kurniawan : “Barang apa sih lo, doyan – gemar gue kali!”

Handina dan Roro : “What? Tumben lo kayak gini. Lagi dapet ya!”

Ridho : “Hehe.. biasalah, badmood pagi. Gak usah dipikirin oke,.. yu masuk.” (ngerangkul )

Handina : “Yaudahlahya, Ngomong – ngomong buruk rupa yang satu lagi kemana yak? Belum dateng?”

Roro : “Nyebur balong kali. Stt.. eh tuh dia dateng. Siapin – siapin. Eh kurniawan mana yang semalam?”

Kurniawan : “ Nih, ayo. Kita kerjain sira.”

Anak nan dimaksud pun setakat di depan gapura dan mulai – tiba..,

(BRUUKK..)

Fauzi : “Aduuuh.. sakitt!” ( meringis )

Handina, Roro, Kurniawan : “hahahahah.. ! aduh sakit ya! Kasian !”

Kurniawan : “Kalo gue makara lo sih, mending gue pulang !”

Di lain lokasi, di depan gerbang smp Harapan Bangsa. Ada 2 turunan anak perawan yang sedang asik mencaci kejadian sekolah itu dengan terkagum- kagum.

Maria : “Waah! Ini sekolah aku ya kak. Bagus ya kak .”

Dini : “Iya, ini sekolah ia yang baru, kiranya sira betah ya ssekolah di jakarta.”

Maria : “Iya kak, makasih ya,”

Dini : ”Iya, yaudah sana masuk. Jangan pangling, nemuin penasihat sekolah dulu ya.”

Maria : “Oke , dadah, “ (melambaikan tangan)

Karenanya anak tersebut masuk ke dalam sekolah dan ke ira kepala sekolah untuk berlanggar dengan Majikan Sekolah.

Maria : “Selamat pagi pak .” (mengetuk ki)

Kepala Sekolah : “Ya, selamat pagi. Jadi kamu nan namanya Maria, silahkan duduk.”

Maria : “Trima hidayah pak,”

Penasihat sekolah : “Jadi, ceritakan akan halnya sira.”

Maria : “Merek saya, Maria Patricia Hylena, dulu saya bersekolah di SMP Kapling Air .Saya pindah ke Jakarta bersama kakak saya .”

Komandan Sekoah : “oh seperti itu. Yasudah sejemang juga lonceng masuk berbunyi ,cak agar Cangkang Guru nan menghantarkanmu masuk ke internal kelas bawah.”

Cangkang Guru : ”ayo maria kita ke kelas .”

Maria : “Ya teima kasih Pak.” ( bepergian mengimak Pak Hawa )

Tengg…teng….teng…teng

Bel masuk lagi berbunyi

( Di papan bawah )

Ridho : “Ehh…ehh Pak Temperatur dah dateng tuh !”

Pak Guru : “Pagi anak-anak, Pagi ini kita kedatangan pesuluh mentah, ayo nak masuk dan perkenalkan diri beliau.”

Maria : “Hay lawan-musuh perkenalkan saya maria , saya dari dari jawa barat “

Bungkusan Guru : “Nah ini teman kalian , sapa nan cak hendak kenalan ?”

Kurniawan : “ Yahh anak jawa, dapet anak kampung lagi dah !”

( Anak sekelas ) : “hahahahahahaha !!”

Buntelan Guru : “Sudah momongan-anak asuh sudah, maria yuk duduk .”

Maria : “Ya Paket.”

Fatia : “maria , dia duduk di sini aja samping aku.”

Maria : “Ya makasih ya, merek aku Maria etiket beliau siapa ?”

Fatia : “jenama aku fatia oh ya kenalin juga nih bandingan aku.”

Fauzi : “hay nama aku fauzi,salam kenal.”

Pak Guru : “Baik anak – anak asuh mari kita mulai pelajaran tahun ini , lepaskan buku kalian.”

Anak – anak asuh pun belajar sampai istirahat.

Teng..teng..teng… Bel kembali berbunyi,

Fatia : “Maria, ia gak ke kafe?”

Maria : “Gak aku bawa pelepas kok. Aku mau cuci tangan dulu ya.”

Detik medium berjalan menentang wastafel, Maria bertabrakan dengan Handina dan Roro.

Roro : “Aduh, lo kalo jalan pake mata dong!” (memegang bahu)

Maria: “Loh bukannya kalo perkembangan itu pake kaki?” (sano)

Roro: “Ish, bawah lo anak kampung”

Maria: “Loh bukannya kalo jalan itu emang pake tungkai ya? Mana bisa jalan pake ain?”

Roro: “Yaudalaya berat ngomong sama anak kampung kayak lo”

Handina: “Sono deh menyingkir jauh-jauh”

Roro: “Eh eh Han, lo nyium bau-bau gitu gak?”

Handina: “Iya nih. Kayak bau kambing.”

Roro&Handina: “Baunya KAMSEUPAY IYUUUUUUH. Hahahaha” (pergi ninggalin Maria)

Maria: (Jalan kekelas masih dengan terdiam)

Didalam kelas Maria duduk dengan wajah murung

Fatia: “Mar, kamu kenapa? Kok murung gitu?

Maria: “Tadi di wastafel aku ketemu Roro sama Handina. Mengapa kayaknya mereka gak suka sama aku ya?”

Fatia: “Udah lah gausah dipikirin. Mereka emang kayak gitu orangnya.”

Maria: “Iya deh.”

Tanpa mereka sadari, ada nan memperhaikan mereka sedari tadi berasal luar kelas. Bel masuk juga berbunyi, mereka lewat belajar sampai lonceng pulang berbunyi.

Dini: “Gimana Mar tadi sekolahanya?

Maria: “Asik sih kak. Aku tadi dapet temen namanya Fatia selaras Fauzi. Tapi mereka kayak dikucilkan sama momongan satu papan bawah gitu kak. Terus aku lagi ketemu dua anak asuh cewek, mereka cantik sih kak, tapi galak. Kak kak aku pengen deh bisa jadi elok kayak mereka.” (menghayal dia jadi rupawan)

Dini: “Oh gitu. Dia kepala dingin aja dahulu, mungkin mereka pula kesel sama insan. Eh dek ikut kakak yuk.” (narik tangan Maria)

Maria: “Kemana kak?”

Dini: “Udah timbrung aja sangat. Kalo udah ikut ntar karuan tau mau kemana.”

Ternyata Dini mengajak Maria kesebuah pusat penggalasan terbesar dan terlengkap di Jakarta. Dan kamu pun mengajak Maria meninggalkan kesebuah salon untuk merubah penampilannya.

Keesokan harinya, penampakan Maria berubah menjadi lebih cakap berpunca sebelumnya. Sehingga kamu memiliki layak kepercayaan diri bikin membalas Roro dan Handina.

Roro: “Pagi semua.” (memanggil semua individu yang ada dikelas)

Handina: “Pagi kece, pagi cupu, pagi buruk rupa, pagi KAMSEUPAY”

Roro&Handina: “Iyuuuuuuh . Hahaha.” (menghina)

Seketika dari belakang…

Maria: “Hah? Apa? Kamseupay? Gak ingat diri ya lo. Liat sekarang kali yang lebih kamseupay? “

Roro: “Hah? Ngomong barang apa lo barusan? Gue kian kamseupay dari lo? Lo gak tau, walaupun dandanan lo udah berubah, nan namanya kamseupay tetep aja KAMSEUPAY.”

Handina: “Ternyata si anak kampung udah bagak nih ngelawan kita. Gak tau siapa kita, sira?”

Maria: “Emang kalian siapa? Anak Presiden? Bukan barangkali-siapa kan? Lo lega gak pantes nge bully gue dan temen-temen gue.” (nyolot)

Roro: “Lancang banget tuturan lo. Anak kampung tuh harusnya ngehargain dan sopan sama momongan kota kayak kita.” (menginjak naik darah). “Kayaknya emang lo harus dikasih pelajaran.” (hendak menampar maria)

Kurniawan yang sedaritadi melihat keadaan itu dari tempat duduknya kontan menahan tangan Roro yang hendak menampar Maria.

Kurniawan: “Udah lo bertiga apa-apaan sih? Pagi-pagi udah kerjakan onar aja. Lo turut gue sekarang.” (narik tangan maria)

Roro: “Eh lo apaan sih? Gue teko belom selesai sederajat tuh bocah kamseupay. Ish ngapain sih Kurniawan itu?”

Kurniawan dan Maria juga tetap melanglang meninggalkan Roro dan Handina.

Handina: “Ih ngeselin banget sih Kurniawan.”

Roro: “Tau tuh. Eh kita ikutin aja mereka.”

Sementara itu didepan platform upacara Kurniawan dan Maria sedang berbicara.

Maria: “Ih apaan sih main tarik-tarik tangan sosok aja. Sakit tau.” (memangkal berjalan, menarik dan memegangi pergelangan tangan nya)

Kurniawan: (berhenti dan menoleh kearah Maria) “Gue pengen ngomong sebabat lo.”

Maria: “Lo kalo cak hendak ngomong disini aja. Emang lo mau ngomong apaan sih?”

Kurniawan: “Hmmm… Sebenernya gue demen sama lo. Terbit pertama gue ngeliat lo. Lo cak hendak gak jadi pacar gue?”

Maria: “Hah? Mendalam?” (salting)

Kurniawan: “(mengangguk)”

Maria: “Tapi sory, gue gak boleh.”

Kurniawan: “hah? Kenapa?”

Maria: “Maaf ya, gue gak bisa. Gue dateng kesini bikin fokus berlatih, bukan buat pacaran.”(tersenyum)

Kurniawan: “Tapi kita mana tahu antitesis kan?”

Maria: “Iya dong.” (menjengukkan jari kelingking)

Kurniawan:(menjulurkan jari kelingking)

Darurat itu dari bab kelas, Roro dan Handina menguping pembicaraan Kurniawan dan Maria, Roro yang kaget akan hal itu langsung berlari dan menangis di toilet.

Roro: “Kenapa harus ia? Kenapa gue kalah! Gak boleh! Ini gak boleh terjadi! Gue benci maria ! Dasar anak kampung gak tau diri! Gue harus bikin rekapitulasi setimpal dia.”

Bel timbrung kelas lagi berbunyi. Siswa – pelajar sparing dengan hendaknya. Namun, ada 2 orang anak sedang mempersoalkan sesuatu rencana yang akan mereka lakukan sepulang sekolah…

Dan akibatnya tibalah saat yang di tunggu – tunggu, Lonceng pulang sekolah

Maria : “Daah teman – teman, aku pulang dulu ya.”

Handina : “Eh, lo ikut gue masa ini!” (menarik secara paksa)

Maria : “Tunggu, kepingin kemana? Ngapain?”

Maria ternyata dibawa handina ke ruang LAB IPA yang sudah tidak terpakai lagi. Disana maria berjumpa dengan roro yang telah menunggu duluan.

Maria : “Lepasin! Mau apa sih? Roro? Pula ngapain anda disini?” (terkejut)

Roro : “Huh! Sumber akar, anak kampung sok kecakepan! Gak mempunyai harga diri! Gue tau, lo di tembak setara kurniawan centung! “

Maria : “Hah? Bukan cak kenapa,”

Handina : “Halah, gak usah bohong deh. Kita udah tau semuanya. Ternyata lo emang centil.”

Roro : “Eh, gue peringatin ya sama lo! Kurniawan itu sahabat gue. Dia gak pantes sama lo! Jadi gue saranin lo gak usah kegatelan deh!”

Handina : “Maka dari itu, kalo gatel itu di garuk! Dan mending kita saranin lo keluar dari sekolah ini ataupun kita yang akan ngeluarin lo secara paksa!”

Maria : “Kalian gak usah agak kelam, gue gak akan nerima kurniawan cak kenapa. Nan gue pengen kita tuh temenan , gak berlambak gini. Gue pengen kita jadi temen nan baik.”

Roro : “Galibnya ngomong lo! Pokoknya camkan ucapan gue!” (mendorong maria)

Maria : (menggelandang berasimilasi)

Roro dan handina pergi menyingkir maria sorangan. Mereka pun berniat untuk pulang dengan menumpang bis sekolah. Mereka berjalan menuju halte bis yang bakir tidak jauh dari sekolah.

Handina : “Ro, optimistis apa nan kita lakuin tadi bisa lakukan beliau jera? tapi kasian juga ya. Kalo dipikir emang sira punya salah barang apa sama kita, tiba – tiba kita musuhin dia.”

Roro : (melamun)

Handina : “wooy !” (menimbuk bahu roro )

Roro : “apaan? Mana sih bisnya kok gak dateng – dateng!”

Handina : “Dasar, bentar lagi kali tunggu aja.”

Tanpa mereka sadari, ada beberapa individu adam mendekat dan tiba – tiba,..

Pria : “Serahkan uang dan ponsel kalian maupun nyawa kalian melayang!” (menodongkan pisau )

Roro dan handina : “Aaaahh! Iya baik, tapi jangan sakiti kami.”

Maria dan fatia yang tadi tidak sengaja lewat dan melihat kejadian itu langsung memberitahu warga sekitar cak bagi membantu Roro dan Handina.

Penduduk : “Maling… maling.. maling.”

Maria dan fatia : “(berlari ke roro dan handina) Kalian gak apa – segala?”

Roro : “Nggak cak kenapa, gue baik – baik aja, makasih ya maria, fatia, Kalian udah nolong kita.”

Handina : “Iya makasih ya, kalo gak terserah kalian gue gak tau segala apa yang terjadi selanjutnya. Thanks ya,” (meringis)

Maria : “Iya gak segala – segala apa, sesame tampin kan harus cerbak menolong.”

Roro : (memeluk maria) “Makasih ya, maafin gue karna gue gemar jahat ekuivalen lo.”

Handina :”Maafin kita ya maria, fatia.”

Maria dan Fatia : “iya, udah kita maafin kok.”(senyum)

Dan datanglah Kurniawan, Ridho, Fauzi,Prematur dan Sampul Guru yang tadi telah dihubungi maka itu Fatia.

Kurniawan : “Kalian gak segala apa –apa?”

Ridho : “iya, kami khawatir banget.”

Handina : “Iya kami baik – baik aja kok, ini berkat maria dan fatia.”

Kurniawan : “Trimakasih ya.” (tersenyum)

Fatia : “iya, “

Fauzi : “Jadi kita sekarang temenan?”

Sekaligus : “Iya dong.”

Dini : “Huh, syukurlah kalian semua sekali lagi berteman baik.”

Kemasan guru : “Iya sememangnya kian baik berteman bermula pada musuhan terus . Iya kan?”

Sederum : “Iya, hahahaha…”

Kurniawan : “Sekarang kita makan – bersantap ayo, antap gue yang traktir.”

Roro : “Halah, modus! Ntar juga gue yang suruh bayar.” (menjitak kurniawan)

Pak Guru : “Aduh sudah lalu, bagaimana kalo bapak nan traktir?”

Serempak : “Asikk, bolehlah pak kalo serupa itu.”

Akhirnya karna kejadian itu, roro da handina mengubah sikapnya menjadi baik terhadap maria beserta p versus – temannya dan mereka semua pula menjadi teman baik

=================== END====================

from my sub blogger justhandina.blogspot.com

Source: https://soshifields.wordpress.com/2014/09/07/white-n-blue/