Olahan Kolang Kaling Untuk Diet

Gizi

Kolang-kaling, Sajian Ldulfitri Adv minim Kalori

Foto: Galengan. Primarasa

Manisan kolang-kaling warna-warni boleh jadi sajian mesti di masa Lebaran.  Dari sejak Ramadhan, kolang-kaling menjadi salah satu panganan yang laris di kacangan. Saja, tahukah Anda berusul mana kolang-kaling itu bersumber?

Kolang-kaling merupakan angka buah aren yang telah diproses hingga bisa dikonsumsi. Selain berasal ponten buah aren, cak semau juga kolang-kaling yang berasal berusul biji biji kemaluan nipah. Rajah kolang-kaling dari aren, kecil dan lonjong. Padahal kolang-kaling dari biji nipah yang jarang dijumpai dipasaran lebih raksasa dan bundar.

Nira dan nipah yaitu palma tanaman persisten yang berhasil sepanjang hari. Jadi, sepantasnya Anda bisa menikmati kolang-kaling setiap saat, tak hanya di rembulan Ramadhan alias pada detik Ldulfitri saja. Namun aplikasi pasar detik Ramadhan memang melonjak dibanding waktu lainnya.

Pematang. Wikipedia.org

Tidak Tahan Lama

Kadar air di kolang-kaling sangat tinggi, mencapai 93,8% dalam setiap 100 gram-nya, sehingga dapat meningkatkan aktivitas bakteri di dalamnya dengan cepat. Karena itulah, kolang-kaling pun mudah berbau cemberut, berlendir, dan berwarna kekuningan hingga kecokelatan. Kolang-kaling tidak tahan lama disimpan dalam hawa ira.

Untuk memanjangkan gerendel tahannya, bisa dilakukan dengan beberapa kaidah, yaitu direndam dan menggilir air rendaman setiap 2-3 kali sehari, disimpan dalam kulkas, dibuat manisan, dibuat menjadi kolang-kaling kering, dan lainnya.

Rendah Kalori

Kolang-kaling ternyata mempunyai banyak kebaikan bagi kesehatan. Kadar kalorinya sangat rendah, kandungan karbohidratnya pun bisa memberikan rasa kenyang bagi nan mengonsumsinya, sehingga seia dijadikan sebagai menu diet.

Kolang-kaling lagi mengandung serat janjang dan bisa melampiaskan pencernaan. Selain itu, kolang-kaling n kepunyaan kandungan kalsium mulai sejak golongan nabati dan dipercaya boleh mengobati linu sendi serta menyegarkan tubuh.
(P)

Share

REVIEW

VIDEO

Source: https://www.primarasa.co.id/gizi/kolang-kaling-sajian-lebaran-rendah-kalori