Seni Rupa 2 Dimensi – Pengertian, Atom, Teknik, Sempurna & Gambar
– Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai
Seni Rupa 2 Dimensi
yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, unsur, teknik, contoh dan gambar, ambillah agar dapat kian memahami dan dimengerti simak ulasan sesudah-sudahnya dibawah ini.

Seni Rupa 2 Dimensi


Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi

Seni rupa 2 ukuran yaitu karya seni rupa punya sempadan dua sisi, yaitu sisi pangkat dan sintal. Seni rupa 2 ukuran bukan punya ruang karena lain mempunyai ketebalan maupun keagungan. Karya seni rupa 2 matra intern semangat sehari-hari contohnya paesan pada dekorasi dinding.  Sehingga, hasil mulai sejak karya seni ini hanya dapat dinikmati dari satu sisi saja.



Partikel Seni Rupa 2 Ukuran

Berikut ini terdapat beberapa unsur seni rupa 2 format, terdiri atas:


  1. Titik

Titik adalah salah satu elemen dasar seni rupa yang minimum.Semua wujud sebuah karya, awalnya dihasilkan terbit molekul tutul ini.Tutul juga bisa menjadi pusat perhatian tunggal jika berkumpul atau memiliki rona nan berbeda semenjak nan lainnya.

Baca Juga Artikel nan Mungkin Berkaitan :Seni Rupa Asli – Signifikasi, Kurnia, Jenis, Model, Dan Perbedaannya


  1. Garis

Garis yakni goresan atau limit/batas dari suatu benda, permukaan, ruang, tekstur, dandan dan tidak sebagainya. Garis koteng punya dimensi yang memanjang dan merentang n kepunyaan arah tertentu, serta mempunyai sejumlah adat, nan diantaranya: panjang, pendek, tipis, lurus, horizontal, vertikal, berombak, melengkung, putar, halus, lebat, patah-patah dan masih banyak lagi yang lainnya.


Eksploitasi garis dalam sebuah desain digunakan lakukan mencapai kesan tertentu, seperti halnya menciptakan menjadikan kesan kekar, megah, kuat, simpel atau agung.


  1. Bidang

Latar n domestik seni rupa adalah salah satu unsur seni rupa yang terbentuk ataupun dibentuk dari hubungan sejumlah garis.Bidang sendiri punya dimensi panjang dan dempak atau bisa disebut juga dengan pipih.


Sementara itu, kalau rancangan mempunyai ukuran panjang, lebar dan tingkatan, maka itu sebab itu bentuk selalu mempunyai volume ataupun isi. Jika dilihat dari bentuknya, bidang alias buram terdiri dari beberapa keberagaman, yang diantaranya: bidang biomorfosis (organis), parasan geometris, bidang tak beraturan serta bidang bersudut.


Bidang koteng bisa terbentuk karena ada dua ujung garis nan tukar bertemu ataupun bisa juga karena sapuan warna. Bidang juga dibatasi dengan kontur dan disebut kembali dengan bentuk 2 dimensi, yakni cuma terdiri dari panjang dan rata gigi cuma.


Intern seni rupa juga terdapat beberapa rataan sumber akar, diantaranya: satah segiempat, segitiga sama, lingkaran, trapesium, oval dan lain sebagainya.


  1. Bentuk

Bagan menurut artian bahasa bisa dikatakan andai pulang ingatan (shape) atau pun bagan plastis (form). Bangun (shape) merupakan bentuk benda yang bersih, seperti halnya yang nampak oleh mata, sekedar buat mengatakan sifatnya semata-mata (kotak, buntak, ornamental, atau tak beraturan).


Sedangkan bentuk plastis (form) merupakan bentuk benda nan tertumbuk pandangan dan boleh dirasakan karena adanya unsur angka (value) berbunga benda tersebut, misalkan lemari, kenap, kursi dan bukan sebagainya.


  1. Tekstur

Tekstur yakni resan satu permukaan sebuah benda.Rasam tersebut bisa berkesan kasar, halus, mengkilap, kusam, berpori, licin dan lain sebagainya.

Baca Juga Artikel nan Mungkin Berkaitan :Arketipe Seni Rupa Terapan


Kesan-kesan tersebut dapat dirasakan lewat penglihatan serta rabaan. Maka itu sebab itu, dua variasi tekstur yaitu: tekstur semu (maya) yang di mana kesan benda tersebut berlainan antara penglihatan alat penglihatan dengan hasil rabaan, serta tekstur rabaan.


  1. Rona

Teori rona yang berpegang pada terang, bisa kita tatap melangkahi tujuh spektrum rona yang terdapat kerumahtanggaan ilmu Fisika, sama dengan halnya dengan rona pelangi.


Secara teori warna bisa dipelajari lalu dua pendekatan, salah satunya dengan menggunakan teori warna yang berdasar lega pigmen warna (goethe) yaitu:


butiran renik nan terwalak pada warna. Berikut ada beberapa istilah nan harus kamu ketahui dalam teori pigmen warna.


Warna primer

  • Adalah warna pokok atau warna dasar yang tidak bisa kita peroleh dari sintesis warna lain. Warna tersebut ialah sirah, kuning dan biru.

Corak sekunder

  • Ialah warna yang didapatkan bermula hasil percampuran antara dua corak primer, misalkan warna unhu, layung (jingga) dan juga hijau.

Corak tersier

  • Yaitu warna yang dihasilkan berpunca percampuran dua rona sekunder.

Rona analogus

  • Yakni deretan corak yang letaknya berkembar dalam suatu lingkaran warna, misalkan deretan corak ungu yang menuju warna merah, deretan warna yunior mengarah warna kuning dan bukan sebagainya.

Rona komplementer

  • Yaitu warna kontras yang letaknya silih berseberangan dalam sebuah lingaran warna, misalkan dandan kuning dengan ungu, biram dengan bau kencur dan lain sebagainya.

  1. Gelap Kurat

Dalam karya seni rupa 2 dimensi, unsur liar dan terang bisa berfungsi sebagai sejumlah hal, diantaranya: menggambar benda seolah benda tersebut memiliki volume (3 matra), menyatakan kesan kedalaman alias pangsa serta memberi perbedaan kontras.


Unsur ilegal pendar n domestik karya seni rupa bisa terjadi karena intensitas wrna (daya pancar), bisa juga terjadi karena percampuran antara rona hitam dan putih.

Baca Kembali Artikel yang Bisa jadi Berkaitan :Pameran Seni Rupa – Keistimewaan, Partikel, Jenis, Tujuan dan Teoretis


  1. Ruang (Kedalaman)

Ruang, jika kerumahtanggaan karya seni 3 dimensi bisa dirasakan simultan oleh sang penikmat tersebut, seperti halnya dengan ruangan dalam rumah, urat kayu gedung dan enggak sebagainya.


Sedangkan dalam karya seni 2 ukuran ulas belaka berperilaku semu (niskala) karena didapatkan dari kesan pencitraan yang membosankan, terpesuk, menjorok, cekung, cembung, dempang, jauh dan lain sebagainya.


Maka dari itu sebab itu, dalam karya seni 2 dimensi, kesan ulas atau nan disebut juga dengan kedalaman bisa diperoleh dengan beberapa cara, nan diantaranya umpama berikut:

  • Visualisasi gempal
  • Penggunaan perspektif warna
  • Peralihan warna, gelap, terang serta tekstur
  • Pergantian ukuran
  • Pencitraan satah bertindih
  • Pergantian tampak bidang
  • Penyerongan atau pembelokan bidang, serta
  • Penambahan bayang-bayang

Teknik Seni Rupa 2 Dimensi

Berikut ini terwalak beberapa seni rupa 2 dimensi, terdiri atas:


  1. Teknik Surat tempelan

Teknik surat tempelan ini minimal sering dipakai untuk melukis.Teknik ini lazimnya mempekerjakan cat poster, cat petro akrelik yang digoreskan dengan tebal, sehingga menghasilkan warna yang padat dan pekat.


  1. Teknik Kolase

Teknik kolase merupakan teknik melukis dengan mandu menyelang kertas yang kemudian ditempelkan plong sebuah bahan tertentu, sehingga membentuk sebuah lukisan.Teknik ini akan menghasilkan lukisan yang realis atau abstrak dari potongan kertas yang telah ditempelkan. Hasil karya seni rupa dari teknik ini galibnya sering disebut dengan mozaik.


  1. Teknik Transparan

Teknik transparan merupakan teknik nan buruk perut dipakai ketika menggambar alias melukis, biasanya memakai cat air, tetapi hanya sekedar digoreskan tipis-tipis saja, sehingga akan menghasilkan tekstur nan pandang bening.


  1. Teknik 3m (Menggelapkan, Menggunting Dan Merekat)

Teknik ini ialah teknik kecurangan lembaran-kepingan jeluang yang dirangkai dengan sedemikian rupa, sehingga membuat sebuah gambar karya seni 3 dimensi.


  1. Teknik Aquarel (Sapuan Basah)

Teknik ini bisa menggunakan sasaran dengan campuran air di atas jeluang, kain, atau bidang lain. Bila menggunakan parasan gambar berupa kertas maka bisa memperalat cat air, cat poster, atau dawat bak. Akibatnya berwujud gambar yang transparan karena menggunakan sapuan tipis n domestik menggores.

Baca Juga Artikel nan Kelihatannya Berkaitan :Peredaran Seni Lukis – Ciri, Jenis, Tokoh dan Contoh Gambar


  1. Teknik Pointilis

Teknik Pointilis merupakan cara atau teknik batik atau melukis dengan menggunakan bintik-titik sebatas membentuk objek.


  1. Teknik Arsir

Dibuat dengan menorehkan potlot, spidol, tinta, atau organ tidak faktual garis-garis repetitif yang menimbulkan kesan gelap kilap, gradasi.


  1. Teknik Dussel (asah)

Adalah teknik menulis dengan cara menggosok sehingga menimbulkan kesan gelap kilat alias baplang tipis. Peranti nan digunakan antara lain potlot, crayon, dan konte.


  1. Teknik Siluet (blok)

Teknik menutup bahan gambar dengan menggunakan satu warna sehingga menimbulkan kesan siluet.


  1. Teknik plakat

Adalah prinsip menggambar dengan menggunakan korban cat air alias pencelup plakat dengan sapuan rona yang tebal sehingga hasilnya terbantah pekat dan menudungi.


  1. Teknik Injeksi

Merupakan cara melukis dengan cara memercikkan bahan pencelup cair denagn menggunakan sprayer. Untuk melukis dengan teknik ini kita harus membedabedakan kerjakan setiap kredit lukis nya.Contoh lukisan teknik semprot yaitu gambar reklame.


  1. Teknik Tempera

Teknik melukis yang dilakukan khusus pada dinding nan masih basah sehingga hasilnya akan menyatu dengan design arsiteknya.


  1. Teknik Montase

Teknik melukis nan dilakukan dengan menyela kertas menjadi bagian renik lalu potongan kertas tersebut kita tempel puas bidang lukis sehingga mewujudkan lukisan.


Media Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Berikut ini terdapat beberapa media karya seni rupa 2 dimensi, terdiri atas:


  • Potlot

Pensil merupakan alat yang dapat digunakan menggambar secara utuh ataupun tetapi sketsa saja.Jenis potlot dibedakan berdasarkan tingkat kekerasan alias kehitaman karbonnya.Lakukan pensil berkode B menandakan spesies pensil lunak dan hitam.


Terdiri mulai sejak kode B, 2B, 3B sebatas 6B, sangat tepat digunakan untuk sarana menggambar. Untuk pensil berkode H menandakan diversifikasi pensil keras.Terdiri terbit kode H, 2H, 3H sampai 6H, sering digunakan untuk menulis proyeksi.


  • Potlot Arang (Contee)

Terbuat dari sekaum arang renik dan biasa digunakan untuk batik potret.Sifatnya hitam pekat dan sangkil selit belit dihapus. Cocok kerjakan membuat gambar potret.

Baca Lagi Artikel yang Mungkin Berkaitan :“Pamrih Seni Lukis” Definisi & ( Religius – Magis – Asosiatif – Estetis – Komersil – Ekspresi )


  • Pastel dan Crayon

Dua varietas media ini secara fisik bentuknya karib sama, sehingga kita seringkali keliru saat membelinya doang sifat dan bahannya bukan setara.  Pastel (Oil Pastel) terbuat dari bahan kapur halus yang dicampur abuk warna  dan berbasis minyak.


Jejak warnanya yang dihasilkan pastel terlampau ekstrem dan langgeng serta mempunyai daya lekat yang baik pada kertas. Padahal Crayon terbuat berusul bahan kaolin (parafin) dengan tepung warna sehingga terlihat kian mengkilap dan gentur.


  • Pena

Alat gambar yang digunakan lakukan media tinta.Terbuat dari logam dengan ujung nan bermacam-jenis bentuk dan ukurannya.


  • Tarum Bak

Dikenal juga dengan sebutan mangsi Cina.Warnanya hitam pekat dan lain luntur jika kena air.Paket dawat bak ini suka-suka yang berbentuk cairan dalam botol dan berbentuk balok-balok kecil (dicairkan dulu sebelum digunakan).Prinsip menggambar dengan tinta bak ini yaitu dengan menggunakan air jeruk.


  • Pencelup

Bahan pewarna ini dibedakan berdasarkan basis pengencernya, ialah :

  1. Cat air (barbasis air)Jenisnya ada dua adalah water colour nan bersifat transparan dan poster colour nan bersifat poster ataupun lebih cerah.

  2. Pewarna Minyak (barbasis petro)Jenis cat ini resmi digunakan bikin melukis diatas kain maupun kanvas. Sifatnya tidak mudah sangar dan warnanya resistan lama.


  • Air jeruk

Perkakas yang digunakan kerjakan mengoleskan pencelup ke atas kertas alias kanvas.Format bulunya ditandai dengan nomor kode yang tertulis pada gagang kuas.  Untuk jenis kuas cat air, bulunya renik dan bentuknya menajam ketika dicelupkan ke dalam air.  Jenis kuas cat minyak, bulunya kian kasar.


  • Spidol

Tersedia dengan berbagai warna dan dimensi.Spidol berujung lunak dan dan bisa bergerak simultan.Tebal tipisnya garis dapat diperoleh sesuai dengan eksplorasi pada saat menggoreskannya.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan :“Nirmana ( Rupa Radiks ) Konotasi & ( Kosa Rupa – Cara Mengolah )


  • Palet

Merupakan meres datar nan dibuat buat mengolah pewarna. Palet cak bagi pewarna air dibuat semenjak plastik, sementara itu untuk pencelup minyak terbuat berusul tiang.


  • Komputer jinjing

Merupakan ki alat berkarya yang telah populer.Teknologi digital ketika ini memungkinkan untuk membuat teknik lembaga nan beragam.


Keberagaman Seni Rupa 2 Ukuran

Berikut ini terwalak beberapa jenis seni rupa 2 dimensi, terdiri atas:


  1. Seni Lukis

Seni lukis rata-rata dibuat di atas media kain kanvas, kertas, dan gelas.Peralatan nan digunakan dapat berupa cat patra (acrylic), cat air, cat poster, dan sebagainya. Pada  karya seni rupa zaman kuno objek yang dipilih kebanyakan berwujud rang turunan, flora dan fauna.


  1. Seni Grafis

Ialah seni menciptakan menjadikan gambar dengan alat cetak.Seni ilustratif nan nomplok ke Indonesia n kepunyaan kemujaraban ganda, yaitu sebagai teknik bikin menciptakan desain seni zakiah dan bagaikan perabot maupun teknik cak bagi memproduksi (menggandakan) karya seni. Tokoh artis ilustratif antara lain Firman Lie, Kaboel Suadi, dan Suromo.


  1. Seni Ilustrasi

Adalah seni menggambar yang lebih mengutamakan khasiat lembaga itu koteng ialah kerjakan menjelaskan suatu wacana, kalimat, naskah yang menjelaskan satu keadaan yang makin mementingkan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud ketimbang rancangan.


  1. Seni Batik

Yaitu rangka hiasan yang dibuat di atas kain sutra yang teknik untuk membuatnya mengunakan incaran lilin sebagai penutup dan alat canting.Selain canting, alat-alat yang digunakan untuk membatik yaitu gawangan/tiang penyangga reja, dan wajan sebagai tempat peleburan lilin.


Pola Seni Rupa 2 Dimensi

Berikut ini terletak beberapa contoh seni rupa 2 ukuran, terdiri atas:


  • Transendental Seni Grafis

Contoh Seni Grafis

Seni Ilustratif Adalah Cabang Seni Rupa Yang Internal Pembuatannya Membutuhkan Alat Bantu.Karya Seni Ini Juga Cabang Seni Rupa Nan Memperalat Teknik Cetak Dan Berbentuk 2 Dimensi.


Salah Satu Contohnya Merupakan Fotografi, Dimana Kita Membutuhkan Kamera Buat Menghasilkan Sebuah Karya Seni Yang Nantinya Boleh Dinikmati Oleh Banyak Cucu adam.

Baca Lagi Artikel nan Boleh jadi Berkaitan :101 Pengertian Dan Macam-Varietas Seni Menurut Para Ahli


  • Konseptual Lukisan

Contoh Lukisan

Lukisan adalah karya seni rupa 2 ukuran sreg sebuah permukaan seperti kanvas, dinding ataupun daluang. Proses pembuatannya dengan mandu memulaskan cat dengan kuas lukis, pisau palet ataupun peralatan lainnya yang digunakan lega permukaan wahana tersebut.


Lukisan merupakan sebuah hasil karya seni nan dimana privat pembuatannya membutuhkan keahlian khusus dan kreatifitas tinggi untuk menghasilkan karya seni yang nantinya dapat dinikmati oleh banyak hamba allah.


  • Contoh Kaligrafi

Contoh Kaligrafi

Kaligrafi ialah suatu seni artistik skrip bahasa arab. Dalam proses pembuatannya, kaligrafi yaitu riuk satu susuk utama ekspresi seni kerumahtanggaan konteks keagamaan dan pula beraneka rupa keberagaman budaya Islam.


Demikianlah pembahasan kita menganai pengertian, jenis, teknik serta contoh seni rupa 2 dimensi dan keterangannya.Hendaknya kata sandang ini dapat bermanfaat dan menaik wawasan dia adapun seni rupa 2 dimensi.


  • Contoh Seni Fotografi

Contoh Seni Fotografi

Seni fotografi dewasa ini kian berkembang seiring dengan kemenangan teknologi kamera. Seni fotografi menghasilkan karya berupa foto. Foto yang dibuat dengan memperhatikan unsur-unsur seni sekali lagi bisa menjadi abstrak karya seni rupa 2 dimensi.


  • Contoh Mozaik

Contoh Mozaik

Mozaik adalah remah benda kecil yang susunan dengan pola tertentu sehingga bentuknya menyerupai benda atau rancangan tertentu. Remah benda kecil yang digunakan misal bulan-bulanan normal karya ini kebanyakan maujud limbah, sama dengan alat peraba telur, serpihan kaca, kusen, dan lantai.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan :Cukilan Adalah



  • Contoh Batik

Contoh Batik

Batik adalah warisan budaya non benda safi Indonesia yang telah diakui makanya Unesco. Dibuat menggunakan teknik canting dan printing, karya seni rupa 2 dimensi ini umum digunakan bak satu daya tarik pakaian yang konvensional kita kenakan. Menggambar telah dikenal hingga penjuru dunia. Batik kini telah sungkap terbit kesan tua dan kolot berbintang terang sosialisasi yang dilakukan seluruh elemen umum.


  • Teladan Karikatur

Contoh Karikatur

Karikatur yaitu lukisan yang dibuat dengan pola keganjilan. Korban yang digambar rata-rata adalah mahluk hidup. Karya seni rupa 2 format ini selain menerimakan biji estetis lagi mempunyai nilai humoris. Dewasa ini, karikatur bukan belaka dapat dibuat secara manual. Kesuksesan komputerisasi lagi telah melahirkan keberagaman karikatur hijau nan kini semakin digandrungi. Karikatur digital.


Demikianlah pembahasan mengenai



Seni Rupa 2 Dimensi – Pengertian, Zarah, Teknik, Contoh & Tulang beragangan


 semoga dengan adanya ulasan tersebut boleh membusut wawasan dan pengetahuan anda semua, peroleh pemberian banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂