Sebutkan Beberapa Kultivar Bunga Gladiol

Posted On October 28, 2022 at 9:38 am by /
Comments Off
on Bunga Gladiol Sebagai Bahan Tulisan Bunga

bunga gladiol

Asal Mula Bunga Gladiol

Bunga Gladiol (Gladiolus hybridus sp) sering digunakan sebagai alamat karangan rente. Gladiol yakni tanaman jenis pongkol semenjak tahunan yang terdaftar dalam tanggungan Iris (Iricaceae). Banyak didistribusikan di Eropa Tengah, Asia, Afrika tropis, dan Afrika Selatan. Gladiol berpokok dari bahasa latin “Gladius” yg berfaedah pedang kecil, nama ini diambil karena bentuk daunnya menyerupai pedang. Tanaman solek anak uang gladiol berasal berpokok Afrika Selatan & menyebar di Asia sejak 2000 tahun. Tahun 1730 tiba memasuki daratan Eropa & berkembang di Belanda.

Karakteristik Rente Gladiol

Bunga ini punya bermacam-tipe corak seperti : merah jambu, ungu terang dengan putih dengan label kontras, atau putih kegadingan, atau oranye kemerahan. Dihibridisasikan secara ekstensif nan menghasilkan berbagai diversifikasi rona dan tipe, dimana kelompok hibrida utama sudah diperoleh dari persilangan antara empat sampai lima diversifikasi, antara lain:  Grandiflorus, Primulines and Nanus. Gladiol hibrida ialah rente tikam nan silam baik, disamping warna yang heterogen kelebihannya adalah kesegaran nan dapat bertahan lama sekitar 5-10 tahun & boleh semenjak sejauh musim.

Ragam spesies anak uang gladiol yaitu :

  • Gladiolus gandavensis, berdosis segara, kombinasi bunga terbantah bertumpang tindih, tangga 90-150 cm.
  • primulinus. berukuran kecil, adv amat meruntun, bertangkai halus tetapi kuat & panjangnya mencapai 90 cm.
  • G ramosus, panjang tangkai anakan 100-300 cm.
  • G nanus, tangkai bunga melengkung, & tingkatan tetapi 35 cm.

Bilang kultivar bunga gladiol lainnya yg telah di uji di Indonesia adalah: Red Majesty, Priscilla, Oscar, Rose Supreme, Sanclere, Dr. Mansoer, Albino, Salem, Murka Api, Queen Occer, Ceker & tidak sebagainya Bunga potong sekali lagi merupakan sarana peralatan tradisional, agama, seremoni kenegaraan & keperluan formalitas lainnya.

Pasar

Sentra produksi bunga gladiol di Indonesia utk area Jawa Barat : di Parongpong (Bandung), Salabintana (Sukabumi) & Cipanas (Cianjur). Sedangkan di Jawa Paruh yaitu di negeri Bandungan (Semarang), dan  di Jawa Timur di daerah Batu (Malang). Budidaya Di Indonesia gladiol bisa ditanam sepanjang masa, baik pada tuarang maupun musim hujan, dapat tumbuh dgn baik di daerah ketinggian 500-1500 m dpl & beriklim sejuk, dengan curah hujan umumnya 2.000-2500 mm/tahun. Sedangkan jenis petak yg cocok yakni andosol & latosol yg berlambak, endut-endut & banyak mengandung mangsa organic dengan tanah n kepunyaan pH 5,5-5,9.  Perlu diperhatikan yaitu dikarenakan pohon tahapan maka diversifikasi yang dibudidayakan berselesa jatuh kalau tertular angin. Produsen dan di pasaran Sebagian besar bunga potong gladiol di pasar bunga baik di Jakarta maupun di Bandung, adalah jenis Holland (White friendship) dan jenis lokal (Dr. Mansoer, Queen Oceer, Golden Boy). Bunga potong tersebut diproduksi oleh produsen kecil di negeri Dataran, Cipanas dan Sukabumi.

Persyaratan panjang tangkai, produsen boncel : sudah menetapi barometer standar nan telah disusun oleh Kekeluargaan Bunga Indonesia (Asbindo, 1993). Di pasar dijumpai 2 ragam ukuran tingkatan tangkai :

  1. Matra 40 – < 60 cm : dihasilkan berusul anak subang yang berdiameter kian adv minim 2,5 cm. Anak subang demikian memang diproduksi untuk memenuhi permintaan gayutan anakan kusen.
  2. >60 – 90 cm lazim mendominasi pasar. Lama kesegaran : Pada hawa kamar rata-rata selingkung 4 hingga 5 hari, tersidai kerusakkan akibat hama komplikasi, kesehatan fisik dan fisiologis serta kuantitas upik yang sudah mekar.

Penjualan :  Para penanam menjualnya setelah 3 – 4 gadis mekar, namun para florist besar hanya mengamini anak uang dengan kuantitas putri yang mekar maksimum satu.   Pemasaran bunga biasanya intern bentuk sangkut-paut 10 tangkai per gabung dengan warna dan strata tangkai yang seragam.

Penggunaan : Gladiol lokal galibnya hanya digunakan untuk rangkaian bunga kayu.

Source: https://bungarumahduka.com/bunga-gladiol-sebagai-bahan/