Sebutkan Contoh Perangkat Storage Data

KOMPAS.com
– Dalam
Kamus Besar Bahasa Indonesia
(KBBI), komputer diartikan sebagai alat elektronik yang berkreasi secara sistematis dan cermat untuk mengolah plural variasi data. Sebagaimana data ponten, suara minor, dan gambar.

Dilansir dari situs jamak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pengertian komputer adalah peranti elektronik nan menerima pemerolehan data, merebus data dan memberikan hasil eks dalam kerangka infomrasi, baik berupa rancangan, bacaan, suara, atau video.

Pada sebuah komputer terwalak beberapa komponen nan bekerja dan tukar kontributif, salah satunya hardware.

Komponen komputer hardware (peranti keras) yakni perangkat komputer jinjing dengan wujud fisik, sehingga bisa disentuh. Seperti motherboard, prosesor, memoy, dan masih banyak lainnya.

Hardware umumnya terbagi menjadi empat bagian, merupakan input device (perangkat masukan), output device (perangkat mantan), proccesing device (perangkat pemrosesan), dan storage device (perangkat penyimpanan).

Baca juga: Manfaat Komputer privat Manjapada Pendidikan

Berikut penjelasan masing-masing suku cadang, yaitu:

Input device

Menurut Shelly Cashman Vermaat dalam buku
Discovering Computers: Menjajah Dunia Komputer (Edisi 3)
(2007),
input
adalah perangkat keras nan digunakan cak bagi memasukkan data serta perintah ke dalam komputer.

Berikut merupakan alat perolehan atau input berbunga komputer jinjing yaitu:

  • Keyboard

Raya Fahreza n domestik gerendel
Belajar Mudah Merakit Komputer untuk Pemula (2008)
mengklarifikasi jika keyboard ialah papan berisikan tombol aksara dan ponten. Keyboard burung laut digunakan untuk memberi perintah kepada komputer, mengetik dokumen, atau menjalankan proses input lainnya.

  • Mouse

Merupakan instrumen yang bisa digunakan cak bagi mengendalikan pergerakan kursor nan terserah di layar. Mouse memiliki dua bagian cembul yang saat diklik bisa menghasilkan perintah tertentu. Fungsi utama mouse ialah memprakarsai kursor, membuka dan menutup programa, dan lain sebagainya.

  • Mikrofon

Perkakas input ini belalah dipakai untuk mengegolkan data atau perintah internal rangka kritik. Mikrofon juga comar digunakan bakal merenjeng lidah dengan tampin bicara yang terhubung dengan internet.

  • Scanner

Merupakan alat yang cerbak dimanfaatkan untuk mengubah materi cetak, seperti teks atau bentuk, ke tulang beragangan yang boleh dibaca atau dilihat di komputer.

Baca lagi: 5 Onderdil dari Sistem Gawai Gentur Komputer jinjing

  • Web cam

Alat ini cinta dipasang di adegan atas komputer jinjing ataupun laptop. Web cam dimanfaatkan bakal cekut dan gambar atau video dan kemudian dikirim ke manusia lain.

  • Joystick

Merupakan salah satu organ
input
komputer yang dapat digerakkan ke berbagai ragam arah. Dalam Bahasa Indonesia, joystick sering disebut tuas yuridiksi. Lazimnya joystick dipakai oleh gamers, seharusnya lebih leluasa momen bermain.

Output device

Mengutip dari taktik
Pengantar Teknologi Informasi (2014)
karya Edy Irwansyah dan Jurike V. Moniaga,
output
merupakan organ keras nan digunakan cak bagi menyodorkan informasi kepada satu orang atau lebih.

Komplet output n domestik suku cadang komputer jinjing ialah:

  • Monitor
    Monitor adalah adegan unit komputer yang mengutarakan visual data, tulangtulangan alias programa yang sedang dijalankan. Monitor terdiri atas berbagai diversifikasi, ada nan LCD, flat dan lain sebagainya.
  • Speaker
    Speaker sering lagi disebut pengeras suara. Lazimnya speaker dipakai untuk mendengarkan musik, suara alias tulangtulangan audio lainnya.
  • Printer
    Adalah alat output komputer jinjing nan camar dipakai bikin memproduksi data kerumahtanggaan bentuk jasad. Data yang bisa dihasilkan lewat printer diantaranya wacana, rancangan dan tangkapan jib video.
  • Plotter
    Yaitu perabot output komputer yang dimanfaatkan untuk mencetak hasil desain ilustratif dalam dimensi besar. Fungsinya hampir sekelas seperti printer, hanya saja plotter berfokus lakukan mencetak hasil ilustratif dengan ukuran lautan.
  • Proyektor
    Alat ini sering digunakan cak bagi membentangkan data ke dalam rancangan tampilan yang makin ki akbar. Proyektor digunakan dengan cara dihubungkan ke komputer atau laptop, untuk cucur proyektornya bisa faktual dinding atau cucur putih besar.
  • Headset
    Headset adalah peralatan
    output
    nan boleh digunakan di laptop, komputer ataupun gadget. Khasiat alat ini adalah buat mendengarkan suara dan berbicara.

Baca juga: Sistem Operasi Komputer: Signifikansi, Keefektifan, Jenis, Cara Kerja, dan Contohnya

Processing device

Processing
yaitu peralatan atau onderdil komputer yang digunakan untuk menjalankan aktivitas maupun perintah. Keseluruhan komponen processing harus dirakit dengan benar dan tepat.

Contoh processing dalam komponen komputer adalah:

  • Prosesor

Prosesor dapat pun disebut CPU (Central Processing Unit). Prosesor merupakan komponen elektronik nan digunakan untuk meniadakan serta menjalankan perintah. Prosesor menjadi episode terpenting dalam komputer jinjing nan menjadi pengontrol aktivitas.

  • Motherboard

Sering disebut lagi mainboard. Motherboard merupakan papan peredaran nan terdiri atas semua komponen terdepan dalam komputer, seperti CPU, VGA Port, USB Port dan lain sebagainya.

  • Power supply

Adalah perangkat yang digunakan bagi mengisi daya atau tegangan ke dalam suku cadang komputer jinjing. Power supply berfungsi kerjakan menyangkal tegangan AC ke taraf voltase lainnya.

  • RAM

Yaitu singkatan dari Random Access Memory. RAM yakni media penyimpanan sementara bakal komputer. RAM sahaja bekerja saat komputer jinjing dalam kondisi menyala, ketika sudah lalu tenang maka penyimpanannya akan kosong kembali.

Baca juga: Jaringan Komputer: Pengertian dan Manfaatnya

Storage device

Storage device
adalah peralatan atau suku cadang komputer yang digunakan bikin penyimpanan, baik data, file ataupun acara komputer jinjing.

Contoh
storage device
dalam komponen komputer yakni:

  • Floppy disk
    Yaitu perangkat penyimpanan yang berbentuk tipis, bulat dan ditutup plastik berbentuk segi empat. Floppy disk bisa menyimpan makin pecah 1,4 juta karakter.
  • USB flash drive
    Adalah perangkat penyimpanan yang bentuknya kecil dan tergolong mudah dibawa. Jika dibandingkan dengan floppy disk, USB memiliki ukuran tubuh yang makin katai, tapi kapasitasnya jauh lebih besar.
  • Hard disk
    Hard disk adalah perangkat penyimpanan yang format dan kapasitasnya jauh lebih besar dibanding floppy disk dan USB. Biasanya hard disk disimpan di n domestik rancangan komputer jinjing, hanya ada pula yang diletakkan di luar alias hard disk eksternal.
  • CD
    CD adalah perangkat penyimpanan yang bentuknya pipih dan bulat. CD terbuat dari bahan logam dan dilapisi plastik. Suka-suka banyak diversifikasi CD, contohnya CD-ROM, CD drive dan lainnya.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
saban hari dari Kompas.com. Mari berintegrasi di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Beliau harus install aplikasi Telegram terlebih lewat di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2021/06/22/132451769/komponen-komputer-input-output-processing-dan-storage-device?page=all