Sebutkan Kelemahan Sejarah Sebagai Seni

KOMPAS.com
– Selain memori sebagai ilmu, sejarah pula dianggap mempunyai unsur seni di dalamnya. Sehingga banyak tokoh yang menganggap sejarah ibarat seni.

Menurut M. Dien Madjid privat
Histori: Sebuah Pengantar
(2014), pelecok satu alasan sejarah andai seni karena sejarah memiliki proses pengumpulan data dan pencarian pesiaran sejarah yang danggap sebagai adanya seni di dalamnya.

Selain itu terdapat beberapa faktor lain yang memperkuat alasan memori sebagai seni, merupakan:

  • Memori memerlukan intuisi

Dalam buku
Pengantar Ilmu sejarah
(1995) karya Kuntowijoyo, dikatakan rekaman dianggap sebagai seni karena sejarah dianggap memiliki intuisi di dalamnya.

Baca juga: Sejarah Laksana Ilmu

Artinya sejarawan maupun perekam sejarah memerlukan intuisi yang berbentuk kesadaran serempak dan mempekerjakan nurani sejauh proses penelitian sejarah.

Yang perlu dicatat bahwa bentuk dari rasa hati sejarah berwujud data-data yang diingat momen membengkil dengan data-data yang tersuguh.

  • Ki kenangan memerlukan imajinasi

Sejarah sebagai seni karena dianggap memiliki imajinasi. Diartikan bahwa privat proses penelitian sejarah harus suka-suka gambaran atau bayangan mengenai bagaimana terjadinya peristiwa rekaman itu berlangsung.

  • Sejarah memerlukan emosi

Ki kenangan sebagai seni dianggap memiliki emosi di dalamnya, yang dikarenakan imajinasi saja enggak sepan dalam menguraikan peristiwa sejarah.

Baca juga: Contoh Sumber Sejarah Sekunder

Emosi berniat untuk mendekatkan perasaannya pada obyek penelitiannya. Tetapi lain dapat jebah yang bisa berdampak pada hilangnya asas akademis.

  • Album memerlukan tendensi bahasa

Gaya bahasa ialah kejadian yang diperlukan dalam signifikansi sejarah seumpama seni. Gaya bahasa yang ada di internal memori adalah bukan nan menari-nari, melainkan dengan gaya bahasa nan menuliskan detail di dalamnya.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
saban hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Benang tembaga “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://n.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install petisi Telegram apalagi dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/05/124846169/sejarah-sebagai-seni?page=all