Sinopsis Novel Bahasa Sunda Sangkuriang

Wisata Sanghyang Tikoro

Dalam artikel Wisata Bandung Barat sebelumnya, sudah banyak sekali arena wisata di Bandung yang menjadi teks anda semua. Sekarang saya akan jelaskan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ialah Sanghyang Tikoro, Tamasya Sanghyang Tikoro merupakan ajang pelancongan di bandung barat yang menyediakan wisata batang air dan Goa sebagai pamrih atau wadah wisata di Bandung.

sanghyang tikoro

Sanghyang Tikoro Bandung Barat adalah satu diantara tempat wisata di Bandung nan misterius serta kontroversial. Konon cerita ditempat ini, momen itu Air Danau Bandung Purba bablas di satu tempat misterius bernama Sanghyang Tikoro.

Sisa danau yang bintang sartan kering ini, lalu menjadi awal terbentuknya lokasi Bandung Raya. Serta dari Sanghyang Tikoro ini dipercaya munculnya satu peradaban yang begitu tenar di Indonesia dan menjadi khas Jawa Barat, yakni suku Sunda di Bandung.

Sanghyang Tikoro yaitu sebuah Goa dengan jaringan batang air. Disinilah aliran batang air citarum memasap seperti ditelan bumi. Konon kabarnya, air danau berpokok Bandung Purba pun terhisap kesini. Keunikan pan-ji-panji inilah yang membuat sanghyang tikoro menjadi wadah pelancongan di bandung nan wajib untuk dikunjungi.

Baca Juga : Wisata Menara air Saguling

kredit mobil toyota bandung

Anda Mau Vakansi di Bandung dengan Kredit Mobil Toyota Bandung !!!

Mitos Sanghyang Tikoro

Menurut kisah mitos, banyak cucu adam yang menyadran ke Sanghyang Tikoro bukan semata-mata untuk berwisata, namun ada bilang yang bertafakur atau semedi untuk melakukan ritual-ritual tertentu di tempat tersebut. Arena ini sangatlah memiliki banyak narasi yang menghela buat dikunjungi. Karena banyak sejarah yang terjadi dan dikemas menjadi sebuah mitos di tempat ini.

wisata sanghyang tikoro

Menurut saga yang terjadi, Sanghyang Tikoro dulu terbimbing karena akibat meletusnya Gunung Sunda pada zaman terlampau. Dahsyatnya ledakan tersebut menyebabkan semua rataan tubuhnya bertarai sampai tidak cak semau yang tersisa. Setelah letupan itu, nan primitif hanyalah tikungan-kelukan nan internal disertai dengan muntahan laharnya nan sangat begitu seksi.

Sehingga mengakibatkan sungai di kawasan Batujajar, Cililin, dan Area Padalarang tertimbun, serta berubah menjadi lahar hambar yang mengalir.

Baca Juga : Wisata Situ Ciburuy

Lokasi Wisata Sanghyang Tikoro

Lokasinya tak jauh berusul waduk saguling. Lokasi berorientasi sungai Sanghyang Tikoro dari Bandung diperkirakan mencapai 30 sebatas 40km . Takdirnya dihitung musim kurang bertambah suatu sampai dua jam perjalanan, tergantung kondisi jalan dan seberapa cepat Anda membawa kendaraan.

Patokannya adalah pasca- menemukan Desa Citatah, Anda akan disajikan dengan debu jalanan nan tebal dan panas menyengat, sertaratusan truk kontainer pengangkut bujukan yang berjalan menuju pabrik.

Sekiranya dari Jalan Gatot Subroto condong Waduk Saguling, lokasi sanghyang tikoro ini sangatlah mudah diakses. Sepan literal saja mengikuti jalan besar sambil mengintai petunjuk jalan. Patokannya adalah, Desa Citatah, Cipatat, dan Desa Raja Mandala. Dari Cipatat, maka hanya bercerai sekira 6 km akan bertemu sebuah pasar dengan portal besar Reservoir Saguling.

Setelah bertemu dengan gapura Waduk Saguling, dia membutuhkan musim sekeliling sepuluh menit untuk mendekati Sanghyang Tikoro. Patokannya adalah tempat pengeboran pusat power house di intim gedung Waduk Saguling. Bikin menjejak lokasi tersebut, Ada dua jalan pertigaan. Untuk menuju Sanghyang Tikoro, anda pilih pertigaan kedua karena jaraknya lebih rapat persaudaraan menuju lokasi.

Baca Juga : Pariwisata Stone Garden Padalarang

susu peninggi badan bandung

Anda kepingin terlihat lebih tataran saat selfie di liburan kamu !!!





Source: https://vanjavabandung.wordpress.com/tag/resensi-novel-bahasa-sunda-sangkuriang/