Soal Utbk Kimia Dan Pembahasannya

Sobat Zenius, gimana, nih persiapannya privat menghadapi UTBK? Gue harap elo setia setia, ya. Sungguhpun telah mempelajari seluruh materi dan cak bimbingan soal, enggak ada salahnya untuk
review
ulang materi dan cak bimbingan soal, lho. Biar persiapan elo makin
kece.

Kenapa? Karena di tes UTBK, kredit bagus aja nggak cukup. Elo harus bersaing untuk berkat ponten sebanyak-banyaknya dengan peserta lain.

Gue bilang sejenis itu, karena UTBK berbeda dengan tes di sekolah. Apa, tuh, bedanya? Sudahlah, seandainya konfirmasi sekolah galibnya dirancang bikin mengevaluasi hasil belajar elo dan saingan elo, ya diri sendiri. Sedangkan tes UTBK yaitu tes pemilihan yang bertujuan untuk menyaring peserta terbaik lakukan timbrung ke Perguruan Tinggi. Dan tentunya saingan elo berpokok dari seluruh penjuru negeri.

Baca Juga: Validasi Evaluasi VS Verifikasi Penyaringan

Padalah, keseleo suatu tes yang diujikan di UTBK adalah kimia. Kendati anju belajar elo lebih matang, pastikan elo pantengin terus artikel ini, ya. Tersendiri di artikel ini gue akan
sharing
soal-pertanyaan UTBK Kimia yang relasi muncul bilang tahun belakangan dan persebaran topiknya. Penasaran, kan? Makanya, silakan, simak.


Apa itu TKA Ilmu pisah?

“Duh, denger introduksi kimia aja udah pusing, apalagi belajarnya?”

Hayo,
siapa ngerasa gini, juga? Kelihatannya, salah satu penyebabnya adalah cara belajar elo nggak secara runut dan terkonsep.

Ambillah, kendati pemahaman ilmu pisah elo lebih pemenang, elo boleh cek kembali Video Materi UTBK – Kimia. Di sana elo bisa dapet banyak banget pembahasan materi dan soal kimia yang dijelaskan secara bertahap dan runut.

Di pengecekan UTBK TKA Kimia, topik-topik nan diujikan meliputi konsep struktur unsur dan sistem periodik, koalisi ilmu pisah, stoikiometri, termokimia, kelancaran reaksi, dan masih banyak pula.

Baca Lagi: Panduan Belajar UTBK Kimia

Bikin kian jelasnya terkait topik-topik nan sering unjuk di UTBK TKA Kimia, elo bisa cek di pangkal ini, ya.


Sebaran Topik UTBK TKA Kimia

Persebaran Topik TKA Kimia di UTBK Tahun 2022 - 2022
Diseminasi Topik TKA Ilmu pisah di UTBK Perian 2022 – 2022 (Sendang: Arsip Zenius)

Di atas merupakan sebaran topik UTBK TKA Kimia berpokok yang minimal sering muncul, yaitu topik ikatan kimia, sebatas yang paling selit belit muncul, yaitu struktur atom.

“Tapi, kok persebaran topiknya semata-mata tahun 2022, 2022, 2022, aja?”

Yap. Berlainan bersumber musim-tahun sebelumnya, akibat adanya pandemi, LTMPT selaku penyelenggara UTBK membelakangkan doang menguji Pemeriksaan ulang Potensi Skolastik (TPS) di UTBK waktu 2022.

Tapi, hal tersebut cuma berlangsung suatu tahun karena di waktu 2022 pihak penyelenggara kembali menguj Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Pembenaran Kemampuan Akademik (TKA), termaktub kimia.

Selain ceceran topik, elo kembali harus kenali, nih, teladan tanya dari topik-topik yang aliansi muncul di UTBK. Gue harap elo pula sambil menyedang mengerjakan, ya.

Topik: Kombinasi Kimia

Korespondensi kimia merupakan tendensi yang mengikat dua elemen alias kian untuk membentuk campuran atau zarah kimia. Nah, pertalian inilah yang bunga tasbih menjaga atom tetap bersama dalam satu senyawa yang dihasilkan.

Ngomongin mengenai koneksi kimia, topik ini menjadi topik yang paling buruk perut muncul di UTBK Ilmu pisah, lho. Sebagai gambaran, elo bisa cek contoh cak bertanya di topik ikatan kimia bilang tahun ke belakang.
Cekidot!

Contoh Soal
1

Partikel pusat Br kerumahtanggaan unsur BrF5
dikelilingi maka itu heksa- domain pasangan elektron, yakni lime domain yakni dagi elektron gayutan dan satu domain merupakan pasangan elektron objektif. Ilmu ukur molekul BrF5
adalah ….

A. Limas segiempat

B. Planar segiempat

C. Trigonal bipiramida

D. Piramida segilima

E. Piramida segitiga


Jawaban dan pembahasan:

Ilmu ukur molekul ataupun bentuk atom dapat dijelaskan dengan teori VSEPR, di mana ketika ada satu molekul terwalak pasangan elektron. Di mana pasangan elektron dibagi lagi menjadi dua, ialah pasangan elektron aliansi langsung (PEI) dan pasangan elektron bebas (PEB).

Pun ke soal, terlampau bagaimana cara mencari ilmu ukur molekul  BrF5?

  BrF5
6 PE di mana berpokok 6 PE terdapat 5PEI dan 1 PEB. sehingga, jika digambarkan maka geometri molekul BrF5
akan membentuk piramida segiempat seperti mana pada tulang beragangan di asal ini.

Bentuk Geometri Molekul
Bentuk Geometri Molekul  (Sumber: Arsip Zenius)

Sehingga, jawaban yang minimum tepat adalah
a. Piramida segiempat.

Pelajari Pula: Video Materi UTBK Kimia – Kekeluargaan Kimia

Teladan Cak bertanya 2

contoh soal ikatan kimia

Jawaban dan Pembahasan:

pembahasan topik ikatan kimia
Gambar Struktur Lewis Masing-Masing Senyawa
Struktur Lewis Masing-Masing Fusi (Sendang: Akta Zenius)

pembahasan topik ikatan kimia
pembahasan topik ikatan kimia

Kedua contoh soal terkait topik ikatan kimia di atas ikatan muncul di tes UTBK tahun 2022 dan 2022, lho.

Baca Juga: Mengenal Ikatan Ilmu pisah dan Jenisnya.

Topik: Stoikiometri

Dalam atma sehari-hari, stoikiometri silam dekat dengan kita, lho. Sebagai halnya sabun wangi nan elo pakai, merupakan salah satu produk yang dihasilkan dari proses stoikiometri. Begitu sekali lagi proses pembuatan pupuk.

Pada tes UTBK, topik ini sekali lagi burung laut muncul beberapa tahun belakangan. Tapi, apa, sih, stoikiometri? Singkatnya, kalkulasi kimia terkait sangkutan kuantitatif zat yang berkujut dalam reaksi.

Baca Pun: Mengenal Reaksi Stoikiometri dan Pereaksi Pembatas.

Contoh Pertanyaan
1

soal topik stoikiometri

Jawaban dan pembahasan:

pembahasan topik stoikiometri
pembahasan topik stoikiometri
pembahasan topik stoikiometri

Elo juga bisa cek Video Materi UTBK Kimia – Stoikiometri untuk mempertajam kognisi elo di topik ini.

Ideal Soal 2

soal topik stoikiometri

Jawaban dan pembahasan:

pembahasan topik stoikiometri

Kedua contoh soal di atas merupakan soal yang koalisi muncul di pengecekan UTBK tahun 2022 dan 2022, lho.

Selain kedua cak bertanya di atas, elo juga dapat coba bakal mengerjakan Latihan Tanya UTBK Kimia – Stoikiometri di sini, ya.

Topik: Laju Reaksi

Sebelum masuk ke contoh soal, coba tebak. Gue sekarang punya gula dan garam, masing-masing gue larutkan ke air yang farik, mana yang yang duluan larut?

Nah, kecepatan larut tiap bahan tentu nggak selalu sebabat. Dan inilah yang dinamakan laju reaksi, Sobat Zenius. Topik ini juga merupakan salah satu topik yang besar perut unjuk di UTBK, lho. Lakukan tulangtulangan soal nan pernah munculnya bisa elo lihat juga di bawah.
Eits,
gue harap elo melakukan soalnya sekali lagi, ya.

Contoh Soal
1

soal laju reaksi

Jawaban dan pembahasan:

pembahasan topik laju reaksi
pembahasan topik laju reaksi

Untuk mempertajam pemahaman elo di topik ini, elo bisa cek juga Video Materi UTBK Ilmu pisah – Laju Reaksi, ya.

Hipotetis Tanya 2

soal topik laju reaksi

Jawaban dan pembahasan:

pembahasan topik laju reaksi
pembahasan topik laju reaksi

Nah, kedua cermin soal di atas pernah muncul di tes UTBK tahun 2022. Plong dapat ngerjain, dong?

Dua soal? Mana layak! Maka dari itu, elo bisa perbanyak Kursus Soal UTBK Kimia – Laju Reaksi lainnya di sini, ya.

Topik: Sistem Periodik Unsur

Sesuai namanya, topik sistem periodik unsur berkaitan erat dengan penempatan zarah tabel berkala. Pasti sudah pada enggak asing, dong?

Topik ini pula menjadi pelecok satu topik langganan UTBK, lho. Gue mohon elo nggak hanya mengandalkan mahfuz tabel periodik, ya. Tetapi pahami konsepnya. Nah, sebagai bayangan, gue telah rangkum contoh soal tentang sistem ajek elemen beberapa tahun ke birit.

Komplet Pertanyaan
1

Data nomor atom dan nomor massa untuk panca elemen diberikan dalam diagram berikut.

Nomor Molekul Huruf angka Nomor Massa
4 M 9
8 L 16
9 Z 19
12 Q 24
20 X 40
Nomor Atom dan Nomor Komposit Kelima Atom (Sumur: Arsip Zenius)

Pasangan atom yang intern tabulasi berkala unsur terwalak dalam satu golongan adalah ….

A. M dan L

B. L dan Z

C. Z dan Q

D. Z dan X

E. Q dan X

Jawaban dan pembahasan:

  • Nomor massa: jumlah proton + jumlah neutron
  • Nomor zarah: jumlah proton dan dapat lagi didefinisikan sebagai jumlah neutron apabila anasir tersebut privat keadaan netral

Semenjak kelima anasir tersebut, kita bisa tuliskan simbolnya sebagai berikut:

Simbol Atom
Fon Atom (Sumber: Surat Zenius)

Bikin mengarifi golongan satu atom kerumahtanggaan diagram periodik unsur kita boleh lakukan dengan mandu konfigurasi elektron.

Konfigurasi Elektron
Konfigurasi Elektron (Sumber: Arsip Zenius)

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa atom yang berada sreg suatu golongan yaitu M, Q dan X. Jadi, jawaban yang tepat merupakan
E. Q dan X

Supaya persiapan elo makin oke, elo bisa cek Video Materi UTBK Kimia – Sistem Periodik Atom di sini, ya.

Contoh Soal 2

Nomor atom unsur nan memiliki enam orbital setengah penuh sreg peristiwa asal adalah ….

A. 10

B. 17

C. 24

D. 29

E. 30

Jawaban dan pembahasan:

Sebelum menjawab soal di atas, kita inget-inget sangat, nih, cak bagi membuat konfigurasi elektron pada kondisi dasar, harus mengikuti beberapa sifat, diantaranya:

  • Rasam aufbau
  • Resan Hund
  • Pantangan Pauli

Ambillah, untuk konfigurasi plong soal di atas, boleh kita lihat apalagi lampau dari per opsi.

Konfigurasi Elektron Pada Tiap Opsi
Konfigurasi Elektron Sreg Tiap Opsi (Sumber: Salinan Zenius)

Nah, dari penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa jawaban yang paling tepat adalah opsi
C. 24.

Kedua cermin pertanyaan di topik sistem periodik partikel di atas adalah soal nan sangkut-paut muncul di tes UTBK tahun 2022 dan 2022, lho, Sobat Zenius.

Baca Sekali lagi: Sistem Periodik Unsur – Materi Kimia Inferior 10.


Topik: Redoks dan Elektrokimia

Sobat Zenius, tahu nggak, sih, kenapa apel kalau sudah dipotong dan dibiarkan di udara terbuka warnanya bisa berubah? Yap, situasi ini merupakan riuk satu reaksi redoks privat kehidupan sehari-tahun.

Redoks merupakan singkatan dari reaksi rabat-oksidasi. Penjelasan kian lanjut terkait topik ini bisa elo cek di Video Materi UTBK Kimia – Redoks.

Berikut adalah eksemplar soal pada topik redoks dan elektrokimia yang pertalian muncul di UTBK.

Kamil Cak bertanya
1

soal topik redoks dan elektrokimia

Jawaban dan pembahasan:

pembahasan topik redoks dan elektrokimia

Baca Pun: Materi Denotasi Reaksi Redoks kerumahtanggaan Kimia.

Model Tanya 2

soal topik redoks dan elektrokimia

Jawaban dan pembahasan:

pembahasan topik redoks dan elektrokimia
soal topik redoks dan elektrokimia

Kedua cak bertanya tercalit topik redoks dan elektrokimia di atas pernah muncul di tes UTBK tahun 2022 dan 2022, lho, Sobat Zenius.

Elo juga boleh cek Tutorial Cak bertanya UTBK Kimia – Redoks dan Elektrokimia lainnya, di sini, ya.
So,
nggak usah merayang cari latihan pertanyaan UTBK Kimia. Oke?


Penghabisan

Gimana, Sobat Zenius? Pada berakibat jawab berapa soal, nih? Gue harap kata sandang ini boleh membantu elo buat memberi bayangan soal-pertanyaan Ilmu pisah yang pelalah muncul di UTBK, ya.

Jangan lupa pelajari topik lainnya juga, ya, Sobat Zenius. Dapat saja topik nan jarang muncul di hari-tahun sebelumnya justru makin banyak unjuk

Ayo, persiapkan strategi membiasakan terbaikmu bareng Zenius yang pastinya cak bagi elo cerdas beneran! Loyal umur dan sampai jumpa di artikel berikutnya, Sobat Zenius.

Selain itu, elo sekali lagi dapat kerjakan pelajaran pertanyaan lainnya,
lho. Cuss,
langsung klik
banner
di bawah ini aja, ya!

banner UTBK

Source: https://www.zenius.net/blog/contoh-soal-kimia-utbk-saintek-dan-pembahasan