Tema Pertunjukan Pemain Kostum Properti

Pasca- teknik atraksi, aspek tak nan terlazim kamu pahami adalah prosedur pergelaran. Prosedur dapat dipandang bagaikan pendirian-kaidah tertentu untuk menyempurnakan suatu tindakan. Dalam hal ini, tindakan yang dimaksud yakni pertunjukan. Oleh karena itu prosedur pertunjukan dapat diartikan sebagai pendirian-mandu tertentu untuk memenuhi pertunjukan. Hal-hal apa saja yang bisa menyempurnakan satu atraksi?

Cak bagi membuat satu pergelaran yang baik maka kamu harus menentukan buram kolaborasi seni dengan tema nan jelas. Agak-kira 3 – 6 wulan sebelum pertunjukan. Selepas tema yang jelas sudah lalu disepakati maka tindakan lebih lanjut adalah
menyeleksi permainan musik atau lagu­lagu

dan instrumen
yang akan digunakan internal tontonan. Kemukakan bagan ia kepada hawa yang akan melanjutkan rencana tersebut ke Kepala Sekolah. Takdirnya memungkinkan, guru bisa meminta pihak sekolah buat menyisihkan pelatih, baik lakukan anak komidi musik, penari, alias pemeran lakon.

Tahap selanjutnya yaitu membuat
jadwal latihan. Hal permulaan nan dilakukan dalam jadwal latihan adalah melatih permainan musik dengan memperalat alat-instrumen yang sudah ditentukan, latihan gerakan dengan irama, dan kursus memerankan lakon yang sesuai dengan peran yang akan dimainkan. Selepas permainan irama, gerakan, dan memerankan lakon mutakadim dianggap cukup baik maka jadwal selanjutnya adalah
menggabungkan

seluruh unsur itu intern suatu kesatuan atau kerja sama seni.

Tahap selanjutnya yaitu
merancang kostum
dan properti
yang akan digunakan oleh seluruh gerombolan anak tonsil. Kostum tersebut moga disesuaikan dengan tema tontonan. Perhatikan rang berikut:

Tema Per­

tunjukan
Pemain
Seragam

Properti

Musik

Penari

Pemeran Lakon

Kira-duga dua bulan sebelum pelaksanaan pertunjukan, agar mulai membuat
keputusan tentang
latar dan properti panggung yang sesuai

dengan tema yang telah ditentukan. Sesudah disepakati, mulailah membentuk latar dan nasib baik panggung. Apabila latar dan kepunyaan palagan telah selesai dibuat, kamu perlu belajar diri dengan kedua elemen tersebut menjelang pelaksanaan pertunjukan.

Ilustrasikan kerangka kostum dan properti yang akan digunakan oleh anak bangsawan musik dan penari sesuai dengan tema pertunjukan dalam kolom di dasar ini:

Apakah kamu bercita-cita hendaknya pertunjukan nada yang kamu rencanakan akan dilihat orang? Segala apa yang perlu kita lakukan untuk menginformasikan pertunjukan nada tersebut? Penyebaran informasi tentang pertunjukan kepada masyarakat. Mudahmudahan pertunjukan musik yang akan ia rencanakan diketahui maka itu bani adam-basyar lain maupun umum maka tindakan selanjutnya ialah mempersiapkan pemberitaan atau publikasi. Bagaimana publisitas pertunjukan musik bisa dia lakukan?

No
Keberagaman Keterangan
Alasan

1. 2. 3.

Coba kalian sebutkan tiga cara untuk menginformasikan pertunjukan musik yang akan kalian lakukan ke masyarakat. Uraikan secara ringkas mengapa cara-cara itu nan kalian diskriminatif dalam kolom di bawah ini:

Ilustrasikan latar dan properti wadah pertunjukan musik sesuai dengan

tema pertunjukan nan dipilih:

Selain itu, engkau sebaiknya juga
mempersiapkan rancangan buku

acara pertunjukan ataupun daya acara. Bagaimana bentuk kancing program pertunjukan? Apa kegunaan daya program pementasan tersebut? apa sekadar nan perlu dicantumkan dalam buku program pementasan tersebut?. Perhatikan contoh buku program pertunjukan Sandiwara boneka Musikal Nahawayang di bawah ini:

Ilustrasikan poster pertunjukan musik yang sesuai dengan tema pertunjukan

nan kalian pilih:

Sumber: Dok. panitera

Gambar 11.12 Buku acara pergelaran Drama Musikal Nahawayang

Mendekati periode pelaksanaan pertunjukan, perbanyaklah buku acara

tersebut sesuai dengan perkiraan kamu terhadap jumlah penonton yang akan hadir. Apabila sekolah mengizinkan, sira dapat merencanakan
pembuatan

tiket pertunjukan. Harga tiket semoga terjangkau oleh para murid karena tujuan dari penjualan tiket n domestik tontonan nada bagi siswa di sekolah bukan lakukan kepentingan memikul. Tiket bisa diperbanyak bersamaan dengan melipatkan pusat program.

Ilustrasikan buku program atraksi irama yang akan kamu lakukan:

Coba anda lihat beberapa sosi programa pertunjukan, kemudian ilustrasikan rahasia program pertunjukan musik nan akan anda untuk dalam kolom berikut.

Hal terdahulu lainnya yang perlu dipersiapkan adalah
pembentukan tim

panitia pertunjukan. Berdasarkan sejumlah gambar pertunjukan musik yang sudah dicantumkan privat bab ini, apakah nan dimaksud dengan panitia pertunjukan? apa peran mereka dalam tontonan musik? dan, mengapa suatu pertunjukan nada memerlukan tim panitia?

No
Golongan panitia
Peran
Alasan

1. 2. 3.

Bagi memperlancar proses pertunjukan, kamu lagi perlu mempertimbangkan tersedianya ira buat para anak komidi mengerjakan pemanasan atau berkumpul dan ruang bikin menggilir kostum.

Prosedur bontot yang harus dilakukan adalah
memeriksa seluruh

Uraikan penjelasan dia tentang harga tiket pertunjukan musik siswa di

sekolah yang harus sesuai dengan kemampuan siswa lakukan membeli tiket

tersebut:

Coba kamu lihat beberapa susuk pertunjukan musik yang dicantumkan n domestik bab ini. Berdasarkan rang-kerangka itu, buatlah penggolongan panitia, peran masing-masing golongan dalam pertunjukan musik, dan jelaskan keistimewaan keberadaan mereka dalam pertunjukan musik. Tuliskan penggolongan panitia itu dalam kolom berikut.

peralatan nan akan digunakan, seperti peralatan (termasuk peranti), sound system, properti, tirai panggung, menyetem instrumen, dan memeriksa keamanan lantai panggung. Selain itu, menjelang dimulainya pertunjukan musik, anda harus melakukan adv minim pemanasan mudahmudahan tubuh engkau menjadi kian rileks, baik dalam permainan irama atau meronggeng.

D. Pertunjukan Nada

Pada bagian A sebatas dengan C kita sudah mengepas mengerti konsep, teknik, dan prosedur tontonan nada. Masa ini, bagaimana seandainya kita mencoba mempersiapkan suatu pertunjukan yang menggabungkan beberapa unsur seni di dalamnya, yakni seni musik, tari, rupa, dan seni teater. Mari kita rancang pertunjukan itu beralaskan teknik dan prosedur pertunjukan yang telah kita pelajari. Tema pertunjukan misalnya bersambung dengan ketertarikan ia terhadap satu kejadian di sekolah.

Tuliskan rancangan pertunjukan itu intern kolom berikut.

Buram Pertunjukan: Partisipasi Empat Unsur Seni
Tema:

… Macam nada yang akan dimainkan:

Manuver nan digunakan:

Tema: Suatu situasi ‘menarik’ di sekolah

Buatlah rancangan pertunjukan yang mengkolaborasikan empat bidang seni dengan menerapkan pemahaman kamu tentang teknik dan prosedur pertunjukan yang telah kita bicarakan intern bagian B dan C.

Properti para pemain:

Properti panggung:

Kostum pemain:

Manajemen panggung:

Siasat program:

Ilustrasi buku acara dan surat tempelan:

Relasi panitia:

1. Penilaian Pribadi
Nama : ………… Kelas : ………… Semester : ………… Waktu penilaian : …………
No
Pernyataan
1

Saya mengamati sempurna yang diberikan oleh guru dengan cermat

☐ Ya ☐ Lain

2.

Saya berusaha mengerti konsep, teknik, dan prosedur tontonan musik bagi siswa di sekolah

☐ Ya ☐ Tidak

3 Saya mencoba menerapkan teknik dan prosedur pertunjukan ☐ Ya ☐ Tidak

4

Saya mengajukan soal seandainya ada yang tak saya pahami ☐ Ya ☐ Bukan

5

Saya berperan aktif intern kelompok ☐ Ya ☐ Enggak

6

Saya berusaha bagi bahaduri mengemukakan pendapat ☐ Ya ☐ Tidak

7 Saya berusaha bekerjasama dengan baik dalam kerubungan ☐ Ya ☐ Bukan

8

Saya menghargai permainan musik yang dilakukan kelompok tidak ☐ Ya ☐ Tak

9 Saya meluhurkan dan menghargai hawa ☐ Ya ☐ Tak

10

Saya menghormati dan menghargai pendapat teman atas permainan saya, baik secara perorangan maupun dalam kerubungan

2. Penilaian Antarteman

Merek : ………… Kelas : ………… Semester : ………… Waktu penilaian : …………
No
Pernyataan

1 Mengamati komplet nan diberikan oleh guru dengan gemi

☐ Ya ☐ Tak 2

Berusaha mengarifi konsep, teknik, dan prosedur pertunjukan musik bagi siswa di sekolah

☐ Ya ☐ Tidak 3

Mencoba menerapkan kognisi adapun teknik dan prosedur pergelaran

☐ Ya ☐ Tidak

4 Mengajukan cak bertanya sekiranya ada yang enggak dipahami ☐ Ya ☐ Tak

5 Bermain aktif n domestik kelompok ☐ Ya ☐ Tidak 6 Bagak mengemukakan pendapat

☐ Ya ☐ Tidak

7

Bisa bekerjasama dengan baik intern permainan irama secara berkelompok

☐ Ya ☐ Tak

8 Menghargai permainan musik kelompok tidak ☐ Ya ☐ Tidak

9

Menghormati dan menghargai guru ☐ Ya ☐ Lain

E. Rangkuman

Pertunjukan musik yakni satu kegiatan yang lampau bermanfaat untuk siswa. Namun, berbeda bermula pertunjukan musik untuk musisi profesional, hakikat tontonan irama bagi petatar sekolah yaitu bikin memberikan kesempatan bagi para pelajar buat menunjuk-nunjukkan hasil sparing yang telah mereka peroleh di dalam kelas. Oleh karena itu, maksud terbit pertunjukan musik bikin siswa di sekolah lain bakal kepentingan bisnis, tetapi umpama penggalan dari pendedahan musik siswa di sekolah.

Perumpamaan bagian dari pembelajaran musik, siswa dapat memperoleh pengalaman dalam mempersiapkan, mengolah, dan takhlik temuan- temuannya dalam bentuk pertunjukan musik melewati pendekatan-pendekatan ilmiah, sama dengan mengamalkan pengamatan, memperdalam pemahaman, mengumpulkan data tentang obstulen/ gerak/ekspresi/properti, mengasosiasikan obstulen-bunyi ke dalam elemen seni musik, tari, rupa, dan teater serta mengkolaborasikan keempat unsur seni itu dalam suatu pertunjukan musik.

N domestik teknik pertunjukan, siswa sparing tentang menciptakan tema pertunjukan, membentuk kelompok yang akan dilibatkan intern pergelaran (anak ningrat irama, penyanyi, penari, ataupun pemeran lakon), membuat jadwal tuntunan, dan merencanakan penempatan anak komidi (blocking) di panggung pertunjukan.

Pesuluh bukan hanya belajar tentang konsep dan teknik tontonan, tetapi juga prosedur pertunjukan irama. Dengan dimilikinya kesadaran tentang prosedur pertunjukan, maka siswa memperoleh pengalaman tentang kaidah- cara yang digunakan untuk memenuhi suatu pertunjukan musik, seperti mengidas spesies publikasi, menciptakan menjadikan buku program, dan membuat tiket atraksi. Prosedur atraksi nan dipelajari juga mencengam kesadaran petatar terhadap pentingnya tim panitia yang memiliki tugas berlainan, seperti panitia penjualan tiket, penerima tamu, tenaga teknis, penata lampu, penata panggung, dan lain-tak.

Setelah kesadaran tentang konsep, teknik, dan prosedur sudah dimiliki maka siswa kemudian mengaplikasikan pengetahuan itu n domestik bentuk pertunjukan nada yang mengkolaborasikan keempat zarah seni. Pertunjukan musik ini dapat dipandang bak perwujudan pengetahuan yang diperoleh siswa melalui pengalamanpengalaman empiris dalam lingkungan sehari-hari dan pemahaman mereka atas konsep-konsep di permukaan nada yang diperoleh internal pengajian pengkajian musik di sekolah.

F. Refleksi

Pertunjukan nada nan dilakukan oleh petatar di sekolah nan satu tentu akan ogok perbedaan dengan pertunjukan irama yang dilakukan maka dari itu siswa di sekolah lain. Hal ini boleh dipahami karena masing-masing kelompok siswa n kepunyaan lingkungan sosialbudayanya seorang. Perbedaan lain dapat dipandang umpama sesuatu yang terus-menerus dipermasalahkan. Perbedaan tambahan pula membuat Bangsa Indonesia dikenal berbenda karena keragamannya. Kesadaran petatar terhadap arti dari kemajemukan mereleksikan sanjungan mereka terhadap perbedaan, baik sosial-budaya, ekonomi, teknologi, maupun agama; sikap ubah menghormati umpama makhluk Tuhan yang berpendidikan mulia dan berakhlak mulia, mandiri, menghargai dan melestarikan nilai-nilai estetik intern masyarakatnya, menghargai pendapat orang lain, mengutamakan keakuran dalam kelompok, bertanggung jawab, kepatuhan, dan bukan-lain.

G. Uji Pertandingan

Tuliskan teknik dan prosedur pergelaran di bawah ini.

Tema:

… Macam musik yang akan dimainkan:

Usaha yang digunakan:

Hak para pemain:

Properti kancah:

Kostum anak bangsawan:

Tata tempat:

Publikasi:

Daya program:

Ilustrasi buku acara dan poster:

Susunan panitia:

Semester 2

Source: https://apaartidari.com/mengapa-properti-dan-kostum-untuk-pertunjukan-musik-harus-sesuai-dengan-tema-yang-ditentukan