• Sumber akar-pangkal arsitektur komputer (CSIM601251/4 SKS)

    • Bayu Anggorojati

      M. Anwar Ma’sum

      Grafika Zakiah

      [email protected] [email protected] [email protected]

      Selamat nomplok rekan-rekan mahasiswa Universitas Indonesia. Melangkaui mata kuliah ini, Anda akan mempelajari komponen dasar dari suatu sistem komputer jinjing dan bagaimana komponen-komponen ini bekerja sama bikin menghasilkan fungsi yang diinginkan oleh konsumen komputer. Pidato akan terbagi menjadi 2 putaran. Babak pertama berusul kuliah ini akan mempelajari tentang Sistem Dijital, dan bagian kedua akan mempelajari tentang Arsitektur Komputer.

      Topik yang dicakup sreg Sistem Dijital adalah mereview representasi biner; merancang dan menganalisa rangkaian perkariban; menganalisa rangkaian sekuensial; komponen dasar lainnya seperti mana counter, register dan rekaman.

      Topik nan dibahas lega Arsitektur Komputer jinjing adalah: bahasa Assembly, putaran-babak berasal satu processor, dan siklus kerja processor. Setelah mengajuk mata kuliah ini Kamu akan mampu: menganalisis sistem digital sebagai komponen penyusun organisasi komputer serta menganalisis kinerja sistem komputer berdasarkan arsitektur yang digunakan.


    • Isi feedback pencekokan pendoktrinan perdua semester buat tiap-tiap dosen

    • Sistem pembelajaran lega PJJ DDAK gasal 2022/2021

      Dear rekan-rekan mahasiswa,

      Semester ini kita masih mengamalkan full PJJ termasuk buat alat penglihatan pidato DDAK. Sistem pembelajaran kita akan menggunakan gayutan asynchronous dan synchronous. Bikin sesi asynchronous, ada materi yang dipersiapkan berupa slide dan materi video serta forum diskusi online. Materi pembelajaran disiapkan per pekan, jadi materi untuk pekan x akan tersedia lega akhir pekan x-1, dan silakan saingan-teman untuk mempelajari dulu materi nan sudah disiapkan secara mandiri. Untuk materi video disusun dalam jalinan lesson activity yang akan menuntun padanan-teman dalam mempelajari materi yang diberikan plong pekan tersebut. Akan ada sejumlah kuis ringan di kerumahtanggaan video ataupun antar video di n domestik lesson activity, nan gunanya untuk mengecek apakah materi yang disampaikan di video benar2 boleh diikuti. Sebagai goresan, kuis ini tidak timbrung grading dan masih bisa resubmit, hanya doang jika tak diolah dengan benar maka tidak akan dapat melangkah ke materi video berikutnya.

      Kami tim dosen DDAK lalu menganjurkan p versus-teman mahasiswa untuk aktif dalam diskusi yang disediakan di forum diskusi tiap pekannya. Sekiranya ada kejadian terkait materi yang masih kurang jelas marilah ditanyakan di forum, dan siapapun kembali boleh cak bagi menanggapi pertanyaan yang diajukan. Semakin banyak response atas satu pertanyaan maka akan semakin bagus. Lebih lagi jika terserah masalah tersapu rintangan teknis dsb nan di luar materi sekali lagi silakan ditanyakan di forum. Selain itu, forum diskusi juga akan dijadikan acuan kerjakan materi nan akan dibahas pada sesi synchronous yang akan dilaksanakan pada waktu ceramah hari Paru-paru pukul 14.00 – 15.40 tiap pekannya. Tapi bukan berharga pertanyaan yang dipost pada forum sumbang saran tidak dapat dijawab makanya sesama rekan mahasiswa. Semakin aktif teman-n antipoda pada forum urun rembuk, maka akan menambah poin keaktifan. Satu lagi, sesi sync akan dibuat dalam suatu sesi kelas segara, yang artinya semua kelas akan dijadikan satu, dengan pamrih hendaknya tidak ada informasi yang terlewat. Tetapi opsi ini masih bisa jadi berubah seiring berjalannya sesi perkuliahan.

      Terakhir, kami skuat Dosen DDAK menyabdakan selamat belajar, enjoy your time studying DDAK. Loyal asuh kesehatan, stay safe, stay healthy, stay at home, jangan keluar rumah takdirnya tidak ada urusan yang ter-hormat-benar urgent. Setia semangat!!

      Salam,

      Tim Dosen DDAK

      UPDATE

      BRP DDAK 2022 update sudah diupload, silakan dibaca lakukan mengetahui detail rang perkuliahan.  Anyway, bagi kerangka tugas dan latihan relatif sudah disesuaikan dengan perubahan, bintang sartan bisa dijadikan lengkap oleh teman-imbangan.

      Terkait tugas dan les, selain panduan pekan ke-Ufuk
      yang sudah cak semau di BRP, terserah beberapa detil yang perlu diketahui seumpama berikut:


      • Tugas mandiri (PR): akan dikeluarkan pada hari
        Alat pernapasan
        minggu ke-N
        dan deadline yaitu hari
        Alat pernapasan
        ahad ke
        N+1


      • Kuis: akan dilaksanakan plong musim
        Senin
        pengetuk
        10.00

        (sesuai jadwal kuliah) pekan ke-N

      • Lab: sesi lab adalah
        Alat pernapasan 13.00 –  13.50, berdasarkan hasil polling yang dilakukan oleh asisten

      Sekali lagi saya ingin ingatkan, ikatan materi video yang ada di lesson activity yakni bakal satu pekan, dan teman-teman diharap sudah menyelesaikannya sebelum sesi sync. puas periode Rabu.

      Terdepan!!

      ==============================================================

      Teman-teman mahasiwa diharapkan untuk melihat pengumuman yang diberikan oleh para asisten di forum Pengumuman secara ajek, karena tidak sebagai halnya di Scele terserah keterbatasan role kepercayaan dosen di Emas ini. Akan lebih baik jika subscribe di forum tersebut. Yang kedua, agar teman-lawan bergabung dengan grup LINE yang dibuat tim pembantu bakal mempermudah komunikasi terkait kegiatan Lab dan sebagainya.

  • Intro to computer system and information representation

    • Kabar umum

      Selamat datang di pekan purwa syarah Dasar-dasar arsitektur komputer jinjing. Pada pekan pertama ini kita akan membahas tentang intro to computer syste dan information representation. Materi disediakan dalam rancangan slide presentasi dan video-video materi yang disusun intern lesson activity.
      Besaran
      video materi berjumlah
      12 video
      dengan
      durasi rata-rata 9 menit 7 momen. Silakan menirukan Lesson activity pekan #1: intro to computer system dan information representation, bakal melihat video materi dan beberapa tuntunan lakukan memperteguh pemahaman materi. Jangan lupa lakukan aktif berpartisipasi di Forum diskusi pekan #1 untuk menaik pemahaman tentang materi yang dibahas dan juga untuk bertanya tentang materi yang masih belum dipahami sesudah-sudahnya.

      Satu kejadian penting kembali, sesi synchronous via Google Meet akan diadakan pada hari Rabu di jam ceramah (14.00 – 15.40). Harap diketahui bahwa
      sesi sync
      nanti tidak akan mengulangi semua materi yang mutakadim dijelaskan lewat video, tapi
      fokus untuk membahas beberapa hal terkait materi pekan ini yang masih menjadi jenama tanya untuk teman-teman spontan. Agar pembahasan bertambah efektif,
      pertanyaan atau hal-hal nan ingin dibahas plong sesi sync
      mohon
      dilist di forum diskusi, paling lambat puas hari Selasa, 15 September 2022, sehingga tim dosen akan memiliki waktu cak bagi menyiapkan materi.

      Demikian intro singkat tentang perkuliahan minggu pertama. Selamat belajar, jaga kesehatan dan patuh nyawa!!

    •  Materi

    •  Perkuliahan

    • Harap gunakan akun ui.ac.id bikin mengakses video ini

    •  Tugas

    • Quiz #1 dan selanjutnya akan menggunakan server scele. Ini hanya link yang akan mengantarkan ke pelataran quiz di scele. So, pastikan sudah enroll di scele.

      Slot waktu quiz adalah Senin, 21 September 2022 pukul 10.00 – 10.30 WIB, dengan durasi pengerjaan sepanjang 20 menit (sejak tiba mengerjakan). Pastikan teman-rival lakukan mutakadim mulai berbuat, paling lambat pukul 10.10 WIB agar dapat mengintensifkan slot masa yang diberikan.

      Quiz ini bersifat open book, teragendakan semua resource nan ada di internet. Ada 17 soal di internal quiz , yang dirinci menjadi 10 cak bertanya kategori mudah, 5 soal kategori sedang dan 2 soal kategori pelik. Soal kategori mudah memiliki bobot ponten 1, soal kategori madya memiliki bobot nilai 2 dan bobot skor 5 untuk kategori sulit. Bentuk soal adalah gayutan MCQ (multiple choice questions) dan short answer.

      Selamat sparing dan berbuat!!

    • Gunakan forum ini untuk menyampaikan feedback terkait kuis. Seperti kesalahan pertanyaan, kesalahan jawaban, dsb.

      Harap magfirah jika komentar terkait kuis baru saja dibaca pagi ini.

  • Boolean algebra

    Pada topik ini kita akan membahas aljabar boolean, tersurat juga bentuk kanonik dan bentuk standar pada aljabar boolean. Materi pengajian pengkajian akan kembali disusun n domestik sebuah lesson activity yang terdiri atas
    10
    buah
    video, mulai video
    3.1
    sebatas
    4.6, serta suka-suka kuis ringan lega setiap akhir video yang berfungsi bagaikan check point dan mempersendat kesadaran dari konsep maupun materi yang disampaikan di video. Yang enggak kalah terdepan, minta berpartisipasi aktif internal diskusi di forum diskusi minggu #2 ini buat meninggi pemahaman dalam mode penelaahan aktif dan kolaboratif, baik untuk menanya maupun berbagi siaran. Kaprikornus jangan suka-suka istilah sipu cak bagi bertanya, atau seram salah privat menjawab, karena pada dasarnya itu semua merupakan adegan berpunca proses pembelajaran dan knowledge construction.

    Sesi synchronous akan lagi diadakan pada hari
    Rabu,
    23 September 2022
    pukul
    14.00 – 15.40. Berdasarkan hasil survey ketersediaan PJJ sebelumnya, ternyata ada sekitar
    30%
    dari pesuluh survey (188 dari sekitar total 220-an mahasiswa) yang memiliki hambatan internet, baik saat sesi sync maupun streaming video. Oleh karena itu, kami tim dosen seia untuk
    tak mewajibkan
    teman-teman mahasiswa bagi menirukan sesi sync. Seperti nan sudah dijelaskan sebelumnya, sesi sync akan dipakai bakal membahas materi tertentu namun terkait materi aljabar boolean, baik yang ditanyakan di forum diskusi maupun cak bertanya check point (sesuai request pada survey). Untuk yang tak dapat mengajuk sesi sync, kami berketentuan bahwa rival-n antipoda sudah dapat bertanggung jawab terhadap diri kalian koteng dan sparing secara mandiri dengan metode asynchronous.

    Anyway, selamat melanjutkan petualangan di pekan kedua DDAK. Stay safe, stay healthy dan tunak kehidupan!!

    Gubahan: ada 2 biji zakar video interaktif h5p pada lesson activity ahad ini (video 3.1 dan 3.4). Sebelumnya video h5p akan dihost di scele, lampau di embed pada halaman lesson activity di Emas. Akan semata-mata cak semau masalah dalam meng-embed video bersumber scele pada bilang browser: worst case video tidak dapat dibuka sama sekali karena “scele refused to connect”; best case video harus dibuka lega window tab baru. Kesudahannya, kami memutuskan bikin kembali bikin meng-host video h5p di Emas. Jika ada masalah dalam menjalankan video h5p (sebagai karena load nan tinggi di peladen Emas), kami sarankan lakukan klik kanan, lalu memilah-milah Copy video URL, dan paste URL tersebut di tab hijau untuk sederum menontonnya dari Youtube. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.

    • Materi

    • Perkuliahan

    • Tugas

    • Ini yaitu link bakal kuis #2 nan dihost di scele.cs.ui.ac.id

      Kuis #2 berjumlah 10 pertanyaan, nan terdiri dari 4 cak bertanya kategori mudah (bobot nilai 1), 4 sedang (bobot 2) dan 2 sulit (bobot 4). Kuis akan dibuka tanggal 28 September 2022 pemukul 10.00 – 10.45, dengan durasi pengerjaan maksimum 30 menit. Kuis bersifat open book dan semua resource nan dilakukan secara mandiri, bukan diperkenankan berkarya sepadan atau mempersunting bantuan dengan/ke pihak manapun.

      Selamat mengerjakan!

  • Karnaugh Map

    Pada topik ini kita akan membahas sebuah metode visual bagi menyederhanakan suatu fungsi boolean, nan disebut dengan Karnaugh Map (K-Map). Materi pembelajaran akan juga disusun internal sebuah lesson activity yang terdiri atas
    13
    biji zakar
    video, mulai video
    5.1
    setakat
    5.13, serta ada kuis ringan lega setiap akhir video yang berfungsi sebagai check point dan memperteguh pemahaman dari konsep atau materi nan disampaikan di video. Yang lain kalah terdepan, mohon berpartisipasi aktif dalam urun pendapat di
    forum diskusi pekan #3
    ini lakukan menambah kesadaran dalam tren penelaahan aktif dan kolaboratif, baik lakukan bertanya atau berbagi pengetahuan. Jadi jangan ada istilah sipu cak bagi bertanya, atau meleleh salah dalam menjawab, karena pada dasarnya itu semua adalah bagian berpokok proses pengajian pengkajian dan knowledge construction.

    Sesi synchronous akan kembali diadakan pada hari
    Rabu,
    30 September 2022, palu
    14.00 – 15.40 WIB. Berlandaskan lega hati di sesi sync sebelumnya, sesi sync yang akan menclok akan dilakukan per kelas, kecuali kalau nanti ada peralihan rencana.

    Anyway, selamat melanjutkan penataran DDAK, khususnya pada materi K-Maps ini. Stay save, stay healthy dan tunak spirit!!

    • Materi

    • Perkuliahan

    • Karena satu dan lain peristiwa, sesi sync hari ini masih akan digabung untuk papan bawah A, B, C.

    • Tugas

    • Terdapat 2 kode tanya:

      • Kode soal A cak bagi mahasiswa NPM ganjil
      • Kode tanya B bakal mahasiswa NPM genap

      Untuk instruksi lainnya sudah ditulis didalam berkas soal.

  • Logic gates and combinational circuits

    Plong topik ini kita akan mulai membahas tentang ki-gerbang logika (logic gates), khususnya gapura logika yang bersifat kompleks, sama dengan NAND, NOR, XOR dan XNOR. Kemudian, kita juga akan membahas mengenai desain rangkaian koalisi. Materi pembelajaran akan pun disusun internal sebuah lesson activity yang terdiri atas
    15
    biji kemaluan
    video, berangkat video
    6.1
    sampai
    7.6, serta ada kuis ringan pada setiap akhir video yang berfungsi sebagai check point dan memperkencang pemahaman mulai sejak konsep atau materi yang disampaikan di video. Yang tidak kalah penting, harap berpartisipasi aktif dalam diskusi di
    forum diskusi minggu #4
    ini lakukan menambah pemahaman dalam mode pembelajaran aktif dan kolaboratif, baik bakal bertanya maupun berbagi publikasi. Jadi jangan cak semau istilah sipu untuk bertanya, ataupun menggermang pelecok dalam menjawab, karena pada dasarnya itu semua merupakan bagian berpokok proses pembelajaran dan knowledge construction.

    Sesi synchronous akan pun diadakan pada hari
    Rabu,
    7 Oktober 2022, pukul
    14.00 – 15.40 WIB. Berlandaskan aman di sesi sync sebelumnya, sesi sync yang akan datang akan dilakukan masing-masing inferior, kecuali sekiranya nanti ada perubahan rencana.

    Anyway, selamat meneruskan pengajian pengkajian DDAK, khususnya sreg materi tentang logic gates dan rangkaian kombinasi pada pekan ini. Stay save, stay healthy dan ki ajek arwah!!

  • Combinational circuits MSI and sequential circuits

    Puas topik ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang kekeluargaan kombinasi, khususnya komponen Medium Scale Integrated (MSI) seperti Decoder, Encoder, Multiplexer dan Demultiplexer. Selepas itu kita akan tiba bertahuan dengan rangkaian sekuensial, nan merupakan komponen asal penyusun memory. Materi penataran akan kembali disusun n domestik sebuah lesson activity yang terdiri atas
    13
    biji pelir
    video, mulai video
    8.1
    sampai
    9.5, serta ada kuis ringan plong setiap akhir video yang berfungsi sebagai check point dan memperkuat pemahaman berusul konsep atau materi yang disampaikan di video. Yang tidak kalah terdahulu, harap berpartisipasi aktif intern diskusi di
    forum diskusi pekan #5
    ini bakal menambah pemahaman kerumahtanggaan mode pembelajaran aktif dan kolaboratif, baik kerjakan bertanya maupun berbagi pengetahuan. Jadi jangan suka-suka istilah sipu bagi bertanya, atau agak kelam riuk intern menjawab, karena lega dasarnya itu semua ialah bagian mulai sejak proses pembelajaran dan knowledge construction.

    Sesi synchronous akan kembali diadakan pada waktu
    Rabu,
    14 Oktober 2022, pukul
    14.00 – 15.40 WIB. Berlandaskan kesepakatan di sesi sync sebelumnya, sesi sync yang akan nomplok akan dilakukan per kelas, kecuali jika besok ada perlintasan susuk.

    Anyway, selamat melanjutkan pembelajaran DDAK, khususnya pada materi akan halnya rangkaian kombinasi MSI dan rangkaian sekuensial pada pekan ini. Stay save, stay healthy dan tunak arwah!!

  • Sequential circuits analysis, register and memory

    Sreg topik ini kita akan meneruskan pembahasan tentang kajian relasi sekuensial dan membahas mengenai komponen register dan memory secara singkat. Materi pendedahan akan kembali disusun dalam sebuah lesson activity yang terdiri atas
    11
    buah
    video, mulai video
    9.6
    sampai
    10.6, serta suka-suka kuis ringan pada setiap akhir video yang berfungsi sebagai check point dan memperkuat pemahaman dari konsep maupun materi yang disampaikan di video. Yang tidak kalah terdahulu, harap berpartisipasi aktif dalam sawala di
    forum sawala pekan #6
    ini untuk membukit kognisi dalam tren pendedahan aktif dan kolaboratif, baik untuk bertanya maupun berbagi mualamat. Jadi jangan ada istilah sipu untuk bertanya, atau mengirik keseleo dalam menjawab, karena pada dasarnya itu semua yakni putaran dari proses pembelajaran dan knowledge construction.

    Sesi synchronous akan sekali lagi diadakan pada hari
    Alat pernapasan,
    21 Oktober 2022, pemukul
    14.00 – 15.40 WIB. Berdasarkan kesepakatan di sesi sync sebelumnya, sesi sync yang akan datang akan dilakukan sendirisendiri kelas, kecuali jika nanti ada persilihan rencana.

    Anyway, selamat menyinambungkan pembelajaran DDAK, khususnya pada materi tentang rangkaian kombinasi MSI dan rangkaian sekuensial plong pekan ini. Stay save, stay healthy dan setia hidup!!

  • Introduction to computer architecture and performance

  • UTS – Pekan 8 dan 9

    • UTS dilaksanakan menggunakan scele.cs.ui.ac.id


  • Datapath

  • Introduction to AVR

    Pada topik/modul ini, Dia akan mempelajari AVR.

    Mari menonton video Intro AVR yang tersaji dalam lesson Intro AVR terserah 2 video dan hands on cak semau 2 video,  Selamat berlatih.

  • AVR Memory, Stack, & Subroutine

    Plong topik/modul ini, Anda akan mempelajari Memory, Stack, & Subroutine pada AVR.

    Silakan menonton 3 video pintar materi (2) dan hands-on (1). Selamat belajar.

  • AVR I/O

    Sreg topik/modul ini, Anda akan mempelajari Input Output (I/O) pada AVR.

    Marilah menonton video yang tersedia. Video masih akan diupdate berkala. Selamat belajar.

  • AVR Interrupt

    Pada topik/modul ini, Anda akan mempelajari Interrupt sreg AVR. Silakan menonton video nan tersedia. Video masih akan diupdate berkala. Selamat sparing.

  • AVR Timer Interrupt

    Pada topik/modul ini, Sira akan mempelajari Timer/Counter Interrupt pada AVR. Mari menonton video yang tersuguh. Video masih akan diupdate berkala. Selamat membiasakan.

  • Latihan Persiapan UAS

    Silakan gunakan resource nan suka-suka pada section ini kerjakan pelajaran awalan UAS

  • JUDUL TOPIK 16

    Plong topik/modul ini, Ia diminta lakukan
    [Catat Babak PENGALAMAN Belajar (Pembiasaan, Tuntunan UMPAN Pesong) SESUAI BRP]
    selama
    [TULISKAN ESTIMASI WAKTU Nan AKAN DIALOKASIKAN Cak bagi MEMPELAJARI TOPIK; MISALKAN 120 MENIT].
    Setelah mempelajari topik ini, Engkau akan kreatif:
    (1) [Tulis SUB CPMK 1], (2) [TULIS SUB CPMK 2] DST.

  • Evaluasi Akhir